Pedoman PLPG Sertifikasi Guru 2011


PLPG untuk sertifikasi guru tahun 2011, pada prinsipnya sama dengan pelaksanaan PLPG tahun-tahun sebelumnya.

Berikut rambu-rambu PLPG sebagai Buku 4 Sertifikasi Guru 2011.

Penyelenggaraan PLPG dilakukan berdasarkan proses baku sebagai berikut.

  1. PLPG  dilaksanakan  oleh  LPTK  penyelenggara  sertifikasi  guru  dalam jabatan yang  telah ditetapkan Pemerintah dan didukung oleh Perguruan Tinggi  yang  memiliki  program  studi  relevan  dengan  bidang  studi/mata pelajaran guru peserta PLPG.
  2. PLPG  diselenggarakan  selama  minimal  10  hari  dan  bobot  90  Jam Pertemuan  (JP),  dengan  alokasi  22  JP  teori    dan  68  JP  praktik.  Satu  JP setara dengan 50 menit.
  3. Penentuan  tempat  pelaksanaan  PLPG  harus  memperhatikan  kelayakan (representatif dan kondusif) untuk proses pembelajaran.
  4. Rombongan belajar (rombel) PLPG diupayakan satu bidang keahlian/mata Pelajaran.
  5. Satu  rombel  maksimal  36  orang  peserta,  dan  satu  kelompok  peer teaching/peer  counseling/peer  supervising  maksimal  12  orang  peserta. Dalam  kondisi  tertentu  jumlah peserta  satu  rombel atau  kelompok peer teaching/peer counseling/peer supervising dapat disesuaikan.
  6. Satu kelompok peer teaching/peer counseling/peer supervising difasilitasi oleh satu orang instruktur yang memiliki NIA yang relevan termasuk pada saat ujian.
  7. PLPG  diawali  pretest  secara  tertulis  (1  JP)  untuk mengukur  kompetensi pedagogik dan professional awal peserta.
  8. Pembelajaran  dalam  PLPG  dilakukan  dalam  bentuk   workshop  yang didahului  dengan  penyampaian  materi  penunjang  workshop  dengan menggunakan multi media dan multi metode yang berbasis pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).
  9. PLPG  diakhiri  uji  kompetensi  dengan  mengacu  pada  rambu-rambu pelaksanaan PLPG. Uji kompetensi meliputi uji tulis   dan uji kinerja (ujian praktik).

MATERI

Materi PLPG disusun dengan memperhatikan empat kompetensi guru, yaitu: (1)  pedagogik,  (2)  profesional,  (3)  kepribadian,  dan  (4)  sosial.  Standardisasi kompetensi  dirinci  dalam materi  PLPG  ditentukan  oleh  LPTK  penyelenggara sertifikasi  dengan mengacu  pada  rambu-rambu  yang  ditetapkan  oleh Dirjen Dikti/Ketua  Konsorsium  Sertifikasi  Guru  dan  hasil  need  assesment.

UJIAN

Penyelenggaraan  PLPG  diakhiri  dengan  ujian  yang  mencakup  ujian  tulis  dan ujian  kinerja. Ujian  tulis bertujuan untuk mengungkap  kompetensi profesional dan  pedagogik,  ujian  kinerja  untuk  mengungkap  kompetensi  profesional, pedagogik,  kepribadian,  dan  sosial.  Keempat  kompetensi  ini  juga  bisa  dinilai selama proses pelatihan berlangsung. Ujian kinerja dalam PLPG dilakukan dalam bentuk  praktik  pembelajaran  bagi  guru  atau  praktik  bimbingan  dan  konseling bagi guru BK, atau mengajar & praktik supervisi bagi guru yang diangkat dalam jabatan  pengawas.  Ujian  kinerja  untuk  setiap  peserta  minimal  dilaksanakan selama 1 JP. Rambu-rambu Ujian PLPG disajikan pada Lampiran 10.

1.  Uji Tulis

a. Ujian  tulis  pada  akhir  PLPG  dilaksanakan  dengan  pengaturan  tempat duduk yang layak  dan setiap 36 peserta diawasi oleh dua orang pengawas.

b. Naskah soal ujian tulis terstandar secara nasional yang pengembangannya dikoordinasikan oleh KSG.

c. Pelaksanan  uji  tulis  harus  sesuai  dengan  rambu-rambu  uji  PLPG  yang disajikan pada Lampiran 10.

2.  Ujian Praktik

a.  Peserta  dalam  rombel  dibagi  menjadi  kelompok-kelompok  kecil,  setiap kelompok  terdiri  dari  12  peserta,  selanjutnya  setiap  kelompok  kecil melakukan hal-hal berikut.

UJIAN ULANG

Ujian ulang diperuntukkan bagi peserta sertifikasi yang belum mencapai batas nilai kelulusan. Ujian ulang pada hakikatnya sama dengan ujian pertama yaitu meliputi ujian tulis dan atau ujian praktik. Apabila peserta ujian ulang praktik untuk mata  pelajaran  tertentu  jumlahnya  sedikit, maka    dapat  digabungkan dengan  peserta  dari  mata  pelajaran  yang  serumpun.  Ujian  ulang  hanyadilakukan satu kali, peserta yang tidak lulus ujian ulang dikembalikan ke Dinas Pendidikan untuk dilakukan pembinaan.

Buku Pedoman

Buku pedoman sertifikasi 2011 terbagai dalam 4 bagian seperti tahun sebelumnya:

  • Buku 1 Pedoman Sertifikasi 2011
  • Buku2 Juknis Sertifikasi 2011
  • BUKU3_Pedoman Penyusunan PF Guru Sergur 2011
  • BUKU3_Pedoman Penyusunan PF Pengawas Sergur 2011
  • BUKU4_Rambu-rambu PLPG Sergur 2011

Bila berminat mengunduh buku pedoman di atas silakan klik di sini

About these ads

13 Tanggapan

  1. nice Info,
    thanks gan

  2. apabila tes awal lulus ,terus menjalani plpg mendapatkan materi selama 10 hari juga ada tugas-tugas materi dan praktik mengajar selanjutnya juga evaluasi (tes akhir biasanya teori ) bagaimana misal tes praktik sendiri & tes teori sendiri salah satu tidak lulus apakah mengulang atau gagal , tes praktek lulus tes teori tidak lulus bagaimana keteria selanjutnya ini hanya berlaku hanya guru bagaimana kepala sekolah & dosen

    Kak Ichsan:
    Untuk syarat lulus PLPG silakan baca tulisan di sini

  3. dalam pelaksanaan PLPG ini, apakah tidak diperbolehkan berkomunikasi dgn keluarga di rumah? Kemudian, ada berita bahwa setelah diadakan PLPG ada beberapa orang yang masuk rumah sakit dgn berbagai macam keluhan dan bahkan diberitakan ada yg sampai meninggal juga stres. Apa itu benar? Sebenarnya apa saja kegiatan selama PLPG selain kegiatan-kegiatan tersebut di atas? Maaf apabila kurang sopan, karna saya selaku anak yg dimana ibu saya mau menjalani pelatihan ini sangat kuatir apalagi ditambah dgn berita-berita demikian. Terima kasih.

    Kak Ichsan:
    Berbagai kesan/pengalaman PLPG dapat di baca di sini

  4. Terima kasih, saya Tahir, telah mengambil beberapa file yg berkaitan dgn PLPG.

  5. Asmkm, mohon maaf pertanyaan saya agak riskan, bolehkah seorang yg tidak memiliki NIA menjadi instruktur PLPG, sedang yang telah memiliki NIA sejak awal sergur tidak dilibatkan/diberi jadwal, ini terjadi di kampus kami ytc UNJ.

    Kak Ichsan:
    Wah peraturannya belum membaca. Tapi, tepatnya pertanyaan ini disampaikan ke Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG). Untuk itu, silakan masuk ke website KSG kemudian klik “forum” untuk menulis pertanyaan. Wensite KSG, silakan klik di sini

  6. kira-kira kapannya kak untuk pelaksanaan plpg rayon 43, kok belum ada kabar sama sekali.

  7. Kirimi sy tentang info sertifikasi terbaru 2011 dgn pola PLPG pada gmail sy setiap ada informasi baru terima kasih sebelunnya

    Kak Ichsan:
    Untuk dapat menerima setiap info baru dari blog tunas63, silakan daftarkan email melalui menu “Berlangganan Blog” di sisi kiri atas halaman tunas63!

  8. tolong dongk kisi-kisi test awal pola portofolio

    Kak Ichsan:
    Sedang usaha tapi belum mendapatkan sampai saat ini.

  9. kok di jaktim blon ada pengumuman plpg y

    Kak Ichsan:
    Saat ini jadwal belum dipublikasikan.
    Sewaktu-waktu ada info segera saya posting pada tunas63,

  10. Kak Ichsan tolong ya data kuota sertifikasi 2011 dan jadwal pelaksanaan PLPG serta tempatnya tolong infonya please!

    Kak Ichsan:
    Semoga mendapat datanya, bila ada segera saya posting.

  11. terima kasih atas informasinya, semoga banyak membawa manfaat bagi semua orang yang membutuhkan. amin

  12. Terima kasih atas ilmu/informasinya.
    Semoga ilmu ini berkah dan yang memberikannya mendapat pahala. Amin

  13. [...] http://tunas63.wordpress.com/2011/05/02/pedoman-plpg-sertifikasi-guru-2011/ [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.021 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: