NISN Bukan Syarat UN


Untuk kepentingan UN 2013, kini sudah mulai persiapan pendataan peserta. Bagi yang belum memiliki NISN, tidak perlu risau, karena belum punya NISN pun bisa mengikuti UN.

Sebenarnya pemerintah telah menyediakan layanan NISN, namun website itu, hingga saat ini, belum bekerja normal. Usul NISN baru belum terlayani dengan baik meskipun mekanisme usul telah ditentukan.

Juga, layanan pencarian NISN belum memberikan hasil sebagaimana harapan. Siswa yang nyata sudah memiliki NISN pun, jika dilacak, hasilnya “nihil”.

Posting pada blog tunas63 tentang layanan pencarian NISN, setiap hari diakses oleh puluhan yang bertujuan mencari NISN, dan hingga kini sudah 1.000 lebih komentar yang bertanya/meminta bantuan NISN.

Untuk mencoba melacak NISN, silakan masuk di sini

 

Berikut pengalaman usul NISN

Pada Oktober 2012, saya kirim usulan NISN baru ke PDSP Kemdikbud dengan prosedur dan syarat yang diminta namun sampai saat ini belum memperoleh tanggapan.

Kemudian, 6 November 2012, saya kirim “pengaduan” ke Lemdikbud perihal proses usul NISN. Atas aduan saya ini, pada 7 November 2012, saya mendapatkan balasan yang pada intinya, “siswa diperbolehkan mengikuti UN meskipun belum punya NISN“.

Berikut email yang saya terima dari layanan pengaduan kemdikbud (klik poster untuk memperbesar).

Mutasi Siswa Tidak Harus Memiliki NISN

Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi siswa yang belum memiliki NISN sehingga bisa konsentrasi untuk belajar menghadapi UN.

Dan, bagi sekolah/kantor Dinas agar memahami/memaklumi untuk tidak menuntut NISN sebagai syarat mutlak peserta UN, juga syarat mutasi siswa.

Mutasi siswa, cukup dengan syarat keterangan mutasi dari Kepala Sekolah. Klik poster berikut untuk melihat sumber resmi informasi.

 

 

 

 

 

 

 

26 Tanggapan

  1. kak tolong cariin nisn aku ya
    nama: andi muh.al fayed
    ttl:watampone, 07/12/1997
    alumni thn 2010 di sdn 13 biru
    kabupaten bone provinsi sul-sel

    klo udh ditemukan kirim aja di no.q kak. 085145228881

    wassalam.

    Suka

  2. nomor nisn saya 9978752242, nama yang keluar bukan nama saya tapi malah nama teman SD saya. sekarang saya udah kelas 3 sma.
    dan ngecek nama tempat&tanggal lahirgak ketemu juga.

    Suka

  3. kak sy mau nanya tnda tngan sy di ijazah & Skhu berbeda gara” wktu tnda tngan salh fokus. apa ada pengaruh?

    Kak Ichsan:
    Pengaruh ada, setidaknya menimbulkan tanda tanya atau “diragukan”. Saran Kakak, mintah surat keterangan dari sekolah yang isinya menerangkan adanya perbedaan tanda tangan pada ijazah dan SKHU adalah benar-benar satu pemilik.

    Suka

  4. Ka ichsan aku udh punya nisn dari sd tapi waktu di cek di website nisn nama saya ga ada, waktu dicari pake nisn nya juga ga ketemu. Itu kira kira kenapa ya? Terimakasih

    Kak Ichsan:
    Maaf, bagaimana masalahnya, saya tidak paham. Tapi, ketika cek memasukkan NISN dan data tidak ditemukan, pasti munculketerangan untul menghubungi Pengelola NISN Pusat. Untuk itu, silakan hubungi alamat yang ada agar mendapatkan keterangan yang tepat.

    Suka

  5. Assalamu’alaikum Kak Ichsan,
    Operator SD sdh memperbaiki nama yg salah unt NISN anak saya (anak saya sdh SMP kls 7). Nama sdh di edit, di kotak Referensi nama sudah benar, di kotak Konfirmasi Data sudah disetujui kira2 lima hari yang lalu. Tapi setelah saya Cek dng Cek NISN mengapa nama anak saya masih salah..?? Mohon jawabannya Kak,,
    Terima Kasih..Wassalamu’alaikum

    Kak Ichsan:
    Coba bukti hasil perbaikan dari operator di-scan kemudian file kirim ke pengelola NISN Pusat via Email: pdsp@kemdikbud.go.id. Jangan lupa, jelaskan permasalahan yang terjadi.
    Atau telepon pengelola NISN Pusat di 021-57905777.
    Semoga segera ada hasil. Terimakasih, salam silaturahim semoga sehat selalu dalam rahmat Allah SWT.

    Suka

    • Terima kasih Kak Ichsan,, informasinya sangat membantu. Setelah kami kontak dng pdsp,, nama anak kami di NISN sudah benar. Sekali lagi terima kasih, semoga Allah SWT selalu melimpahkan RahmatNya unt Kak Ichsan Sekeluarga.. Aamiin..

      Kak Ichsan:
      Alhamdulillah .. .salam silaturahim semoga sehat selalu dalam rahmat Allah SWT.

      Suka

  6. Mas/mbak sampai saat ini masih belum nemuin NISN saya,,, kalau bisa tolong bantuin cari ya,,,,
    nama: IWAN KURNIAWAN
    tempat lahir: TASIKMALAYA
    tanggal lahir: 06/06/1996

    Suka

  7. kak ichsan, di mohon bantuan untuk di carikan no nisn keponakan saya atas nama: Deliana Hanifa Nurulhaq, ttl : Tasikmalaya 28 Juli 2002 yang sebelumnya sekolah d SDN Bunisari Cibining Bogor sekarang sudah pindah ke SDN 1 Manonjaya Tasikmalaya

    Suka

  8. tolong cariin NISN an FEBRIAN VIERI SUNARYA tempat lahir bandung, 09 pebruari 2001, asal sekolah SDN cibuntu 3 bandung

    Suka

  9. KALO AKU PUNYA CARA CEPAT KAK tapi untuk yang siswa baru BISA DI BUKTIKAN DI http://refpd.data.kemdikbud.go.id/ref_nisn/ekp_xls.php?kode=NPSM SEKOLAH ASAL DI ISI DISINI

    Suka

  10. Pak,minta tolong carikan NISN saya
    Sella Yuliska
    SMP N 20 Pontianak
    angkatan 2010
    kota pontianak
    kalimantan barat
    soalnya pnting untuk pendataan Ujian Nasional di SMK

    Suka

  11. Kak, saya mohon informasinya terkait pelaksanaan UN tahun 2013 ini. Adik saya saat ini adalah pelajar kelas 3 SMA dan harusnya mengikuti UN. tetapi masalahnya ijazah SMP adik saya keluaran tahun 2011, karena ketika tidak lulus UN SMP, dan harus mengikuti ujian paket B.

    Saat ini adik saya terancam tidak bisa ikut UN 2013 karena ijazahnya dianggap blm mencukupi syarat, dan dianjurkan ikut UN tahun 2014 saja.

    mohon bantuan sarannya ya kak. Terima Kasih

    Kak Ichsan:
    Ya, Via, memang syarat usia ijazah sesuai POS UN 2013 seperti itu, yakni Penerbitan ijazah sekurang-kurangnya 3 tahun sebelummengikuti ujian sekolah/madrasah, atau sekurang-kurangnya 2 tahun untuk peserta programakselerasidan/atau SKS.
    Syarat UN selengkapnya dapat dilihat di sini.

    Suka

  12. Assalamualaikum, pertma sy ucapkn mksh mas udah ngeposting artikel ini, lo boleh sy mau minta saran dan pendapatnya nih, sy punya adik di kelas 6 SD yg sbntar lg mau mngikuti UN, yg jadi masalahnya dia belum punya NISN, Ini karna adik sy ini siswa pindahan jd gurunya tidak mendaftarkannya mungkin mengira kalau adik sy sudah memiliki NISN dr sekolah asal. Sebelumnya Sy sudah tanyakan ke gurunya dan belau pun sudah berusaha sdmkian rupa, namun hasilnya nihil. Beliau hanya berkata bahwa beliau msh akan terus mengusahakan hal ini dan meminta agar adik sy tidak patah semangat dan belajar lebih giat dan berdoa agar bisa mengikuti UN. Jd sampai skrg nasib adik sy belum mndpatkan kepastian. Hal inilah yg membuat sy terus kepikiran, sy tidak bisa membayangkan kalau2 adik sy tidak bisa mengikuti UN. Dan kami kluarganya pasyi akan sngt brsedih bila hal itu bnar2 terjadi.

    Oleh karna itu dengan sgt rendah hati sy meminta pertolongan dari mas, agar adik saya bisa mengikuti UN thn ini. Bantuan dr mas sngtlah berharga bagi kami.
    Akhir kata sy ucapkan terima ksh, mudah2an budi baik mas mendapat ganjaran yg berkali2 lipat. Wassalam..

    Kak Ichsan:
    Syarat utama peserta UN adalah peserta yang sedang belajar di kelas terakhir (kelas 6) dan oleh sekolah telah didaftarkan melalui pendataan dikdas. Kasus siswa belum punya NISN itu kasus nasional, jadi bila NISN menjadi syarat UN dampaknya nasional. Yang pasti, aturan sudah ada dan tidak ada syarat peserta UN wajib punya NISN.
    Silakan baca syarat peserta UN di sini.
    Semoga info ini bermanfaat.

    Suka

    • Trima kasih atas infonya, sangan membantu. Nanti saya akan konfirmasikan ke guru adik sy mngenai hal ini,

      Suka

  13. sulit banget cari NISN sekarang .. !
    hufffffftttttt ..
    tolong cari’in NISN saya ..
    nama saya Moch. Amin Faruk ..
    ok saya tunggu konfrmasinya ..
    trima kasih ..

    Suka

  14. Kurangnya pelayanan dari operator pusat saya rasa menjadi faktor kurang siapnya melayani dalam pengajuan NISN…

    Salam hangat dari Garut
    http://gurumuda.info

    Suka

  15. kak tlong cariin nisn saya,sdh berkali2 sya cek di ninternet gk ktmu,dan sya cek di sd dan smp itu nmoernya 9950253837 tapi stelah saya cek di internet itu bukan nama saya,…tlong cariin y kak
    Nama: UMI SITI MAHMUDAH
    Tempat lahir:WARINGIN TIMUR
    Tanggal lahir:03/06/1996
    pliss kak tlong bntu sya ya,sya tkut gk bisa ikut ujian,
    08973486749,ini nomer sya
    mkasih sblumnya

    Kak Ichsan:
    Benar, setelah Kakak cek, NISN 9950253837 atas nama AnggieAlviandri, te,pat lahir Ponorogo.
    Nama UMI SITI MAHMUDAH tidak ditemukan pada daftar NISN.

    Suka

    • Kak tlong to,….pliss gmna caranya

      Kak Ichsan:
      Petunjuk cek NISN, silakan klik poster NISN di sisi kanan halaman blog tunas63

      Suka

  16. Ass..Kak Ichsan yang SMARTmohon petunjuk kami sudah mengusulkan pengajuan NPSN ke Diknas Kabupaten sudah lebih dari dua bulan ketika di tanya katanya untuk NPSN madrasah sudah di urus oleh Kemenag, kami bingung karena tahun pelajaran 2012/2013 ini kami sudah ada kelas 6 (pesesta UN ). Sedangkan No Ujian Nasional Siswa tidak bisa keluar kalau tidak ada NPSN, jadi gimana solusinya? terima kasih

    Kak Ichsan:
    Coba kirim pertanyaan online melalui web NPSN PDSP di sini

    Suka

  17. Maaf pak, tapi hasil rapat Puspendik tanggal 8-9 November 2012 menyatakan harus punya NISN bagi siswa dan NPSN bagi penyelenggara.

    Suka

  18. Assalamu’alaikum, Mohon penjelasan, bagaimana prosedur UN untuk tahun ajaran 2013/2014 apabila sekolah yang didikuti belum mendapat izin operasional. atas tanggapannya kami sampaikan terima kasih.

    ________________________________

    Kak Ichsan:
    Maksudnya tahun pelajaran 2012/2013, ya?
    Tahun lalu, sekolah yang belum punya izin operasional, tidak berhak menyelenggarakan ujian. Untuk tahun ini, petunjuk operasional penyelenggaraan ujian belum diterbitkan.

    Suka

  19. makasih informasinya

    ________________________________

    Suka

  20. benarkah NISN bukan syarat UN?

    ________________________________

    Suka

  21. apakah benar itu saudara? NISN bukana syarat UN?

    ________________________________

    Suka

  22. Ass. saya mohon kalau bisa saya dikirimi BSE PAI SD. Saya sangat membutuhkannya. Makasih sebelumnya.

    ________________________________

    Suka

  23. Mereka sendiri yang membuat sesuatu yg mudah menjadi sulit. Dikemanakan kemana dapodik???

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: