Tujuan dan Manfaat NISN


NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Depdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Departemen Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online melalui web operator. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN.

Format Pengkodean

AAAXXXYYYY (10 karakter berupa angka)

Keterangan:

  • AAA : tiga karakter angka menunjukkan tahun lahir
  • XXXYYYY : tujuh karakater angka menunjukkan nomor urut yang terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu:
    • XXX : tiga karakter angka untuk pengelompokan oleh sistem, dan
    • YYYY : empat karakter angka nomor urut dalam pengelompokan XXX.

Tujuan dan Manfaat

  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Depdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.
Iklan

28 Tanggapan

  1. kk gmn nisn saya di sma skrg beda dg yg d smp, tp wkt dicek yg nisn sma yg keluar, tgll lhr, j klmn btul di nisn, tp nisn ny beda dengn thn lhr itu gmn?
    guru blg udh pke nisn itu aj.. kn yg pntg datany sesuai. itu ktny., tp sy ttp kpkrn.
    tlg d jwb kk ya…!

    Suka

    • Untuk kepastian, seharusnya, operator sekolah konfirmasi ke operator dinas Pendidikan Kabupaten. Tujuannya, ada kepastian NISN yang aktif. Jika keduanya aktif, operator Dinas akan melakukan entri penghapusan salah satu NISN.

      Disukai oleh 1 orang

  2. sekolah pernah memberikan nisn ketika sd setelah dilihat diweb nama ada sedikit kemiripan Dian menjadi diah tpt lahir berbeda, tanggal dan tahun sama, setelah saya mencari di web berdasar nama yang sebenarnya muncul nomor nisn yang berbeda dengan no NISN di awal, nama yg muncul sesuai tempat lahir sesuai dan tanggal tahun sesuai, jadi yang dipakai yang mana tx

    Kak Ichsan:
    Sebaiknya tetap memakai NISN yang selama ini dipakai. Tentang kesalahan pada web/database NISN bisa saja terjadi, jika ingin memperbaiki data yang keliru silakan laporan ke Dinas Pendidikan Kab.

    Suka

  3. saya sudah lulus dari smk kak, tapi sampai sekarang saya belum menerima ijasah dg alasan nisn nya tdk ada, saya sudah meminta nisn ke smp dan sd dan ternyata tidak ada juga,. selama hampir setahun lulus belum juga terima ijasah dari smk yang bersangkutan. Bagaimana solusinya ya kak, terima kasih sebelumnya..

    Suka

  4. sya sudah lulus smk pak tapi sekolah tidk bisa memberikan ijasah kelulusan saya dengan alasan tidak ada nisnnya, saya sudah ke smp dan sd tapi tidak ada nisnnya?? bagaimana solusinya ya pak, krena sampai sekarang saya belum terima ijasah smk saya. terima kasih

    Suka

  5. Tanggal lahir di kartu NISN benar tapi waktu di cek ke webnya Bulannya salah..,kartunya masih bisa digunakan tidak??

    Suka

  6. Kak ica NISN saya berisi data orang lain kak,, saya cari NISN lewat nama jga ngak d tmukan dta sya, sdangkan sya sda kelas 3 sma dan uda mau UN,, gma tu ka ??
    tlong slusi nya kak…

    Kak Ichsan:
    Silakan hubungi pengelola pusat agar mendaptkan info yang jelas.

    Suka

  7. assalamualikum. Kak nisn sya bermasalah . nisn di di sd dan smp sama. tp ketika sya lulus sma nisn nya berbeda dgn nisn sd dan smp. bagaimana ya kk? karena nisn yg di ijazah sma ini tdk ada di daftar nisn nasional. sdngkan nisn sd dan smp ada data diri saya. apakah yg hrus sya lakukan kak? mhon solusinya . trmakasih

    Kak Ichsan:
    Silakan kontak ke alamat berikut (jelaskan permasalahan dan tanya langkah perbaikan):
    PUSAT DATA DAN STATISTIK PENDIDIKAN
    Gedung E Lantai 1 Jalan Jenderal SudirmanSenayan, Jakarta 10270
    Telp. (021) 57905777 (021) 57904804 Email: pdsp@kemdikbud.go.id

    Suka

  8. anak saya yg No. 1, SMA kls 11 & yg No. 2, SMP kls 7 , nama & tempat lahir d NISN salah,, unt memperbaikinya saya hrs kemana ya Pak,,? bingung & pusing nih,,

    Kak Ichsan:
    Coba hubungi operator di Dinas Pendidikan Kab atau hubungi pengelola NISN Pusat di Telp. 021-57905777, Email: pdsp@kemdikbud.go.id

    Suka

    • Unt anak yg masih SMP, saya sdh menghubungi operator SD,,Beliau minta scan Akte Kelahiran, “akan d usahakan diedit,”..katanya. Dua hari kemudian Beliau memberi tahu bahwa nama sdh berubah sesuai dng yg diusulkan,,”Cek lah Pak, ditempat aku sdh berubah”,,katanya.
      Saat itu jg aku cek di layanan Cek NISN, ternyata nama masih seperti yg dulu, artinya belum berubah. Ku hubungi operator lg,, katanya: ” Sudah berubah Pak,,” Aduuuh gimana ini Kak..? Apa pengeditan data hrs mendpt persetujuan dr Operator Dinas?
      Nama anak saya seharusnya : ANINDA AULIASURI
      NISN : 0020455212.

      Kak Ichsan:
      Menurut saya perlu datang ke operator dinas karena operator Dinas memiliki akses terhadap database NISN.

      Suka

  9. Kak Ichsan, Saya sudah punya NISN dari sd, Juga di web sama kayak yang di Sd, Tapi begitu saya kelas 9 smp, NISN saya berbeda, Cuma Sama depan nya doang karna saya lahir tahun 2000 jadi Nomor depan Nisn nya 000, tapi setelah itu digit nomor nya beda. Saya dikit lagi lulus, dapet ijazah SMP, bermasalah bggak tuh? bagaimana solusinya?
    harap bales, terimakasih

    Kak Ichsan:
    (1) Dengan ada dua NISN, jelas ada masalah. Solusinya, salah satu harus dilaporkan untuk dihapus. Silakan lapor ke operator dapodik SMP.

    (2) Sebelum lapor operator, Coba cek dulu pada database NISN, klik di sini, kemudian masukkan kedua NISN.
    a. Jika dua NISN ada semua, lapor ke sekolah, kemudian sekolah akan menindaklanjuti ke Dinas Pendidikan Kab untuk menghapus salah satu NISN.
    b. Jika ada satu NISN, juga lapor ke sekolah beritahu nomor NISN yang ada pada database NISN. (NISN pada database sama dengan ketika di SD atau yang baru).

    Suka

  10. kak.. NISN saya diraport dan di SKHU sementara saya dr SD sampai SMA sama, ketika saya cek di DAPODIK dan di Sekolah SD saya berbeda dengan yang ditulis diraport dan SKHU bagaimana kak?

    Kak Ichsan:
    Alternatif langkah mencari kejelasan:
    (1) Konfirmasi ke SD, minta bantuan cek dokumen NISN yang ada di SD. Bisa jadi, salah tulis yang belum diketahui. Kalau di SMP dan SMA karena mengkuti data yang ada dari SD.
    (2) Tanya ke operator NISN di Dinas Pendidikan Kab.
    (3) Saya akan coba bantu melacak, tapi perlu data: NISN, Nama, tempat dan tgl. lahir, serta nama SD, SMP, dan SMA.

    Suka

  11. kak, kalu NISN tanggal lahir n bulannya tertukar gmn ya?
    sya lahir tanggal 04/02/1995.
    tp, di NISN sya tertulis 02/04/1995.
    gmn ya? ap gpp ?

    Kak Ichsan:
    Mungkin ini tidak tertukar, tapi format tanggal dengan urutan bulan/tanggal/tahun. Andaikan benar tertukar, NISN tetap sah, tapi perlu perbaikan data tanggal lahir. Lapor perbaikannya ke Dinas Pendidikan Kab.

    Suka

  12. kak. NISN ku kan tempat lahirnya salah, bagaimana itu kak?

    Kak Ichsan:
    Silakan ajukan perbaikan, dengan mengisi formulir perbaikan data. Meskipun ada kesalagan data, NISN tetap berlaku.

    Suka

  13. sekedar info
    saya pernah mengajukan pertanyaan kepada guru BP
    tentang siswa yang tidak mempunyai/belum mengetahui NISN
    jawabanya jangan terlalu khawatir
    mungkin dengan jawaban itu bisa saya ditarik kesimpulan NISN bisa digantikan dengan kode lain….
    maaf jika salah

    Kak Ichsan:
    Penjelasan guru BP itu tidak salah. Sampai saat ini, belum ada peraturan yang isinya bahwa siswa peserta ujian harus punya NISN.
    Baca info “NISN Bukan Syarat UN”

    Suka

  14. kak sya udh ikut Ujian Nasional SD dan SMP tpi smpai skarang saya sdah klas 3 SMK blm pnya NISN. sya sdh cari d SD, SMP, d internet pun tidk ada. dn guru sya sudah ke dinas tpi katanya tidak bsa buat NISN bru.. ini bagaimana kak sdangkan sbntar lgi sya akn UN tngkat SMK.. MOHON BANTUANNYA ya KAK ….

    terimakasihh..

    Kak Ichsan:
    Tolong baca info di sini

    Suka

  15. saya ingin mengikuti snmptn undangan tetapi NISN saya bermasalah. ketika memasukan NISN saya yang muncul data siswa lain. jadi solusinya bagaimana?

    Kak Ichsan:
    Coba ditanyakan ke sekolah asalh terbitnya NISN, atau tanya ke operator NISN Dinas Pendidikan Kab.

    Suka

  16. NISN kalau namanya ada singkatannya gmana?
    Namaku : astri fatima ramadina,
    tapi di web astri fatima r.
    Makasih

    Kak Ichsan:
    Tidak masalah, NISN tetap sah dipakai. Cuma perlu usul perbaikan data. Selama proses usul perbaikan atau pun belum usul perbaiakan, NISN bisa dipakai.

    Suka

  17. Assalamualaikum..
    kak ichan gmna bgi siswa pndhan dri luar negeri, gmna dpatkan Nisn???

    Kak Ichsan:
    Syarat/cara usul NISN baru silakan lihat tulisan dengan klik poster NISN di sisi kanan halaman blog tunas63

    Suka

  18. kak kok nisn saya tidak ditemukan saat pencarian di DAPODIK

    Suka

  19. NISN saya ada dua, tapi nama, tanggal lahir dan tempat lahirnya sama. yang beda cuma font nya, satu besar semua, satunya besar kecil, bagaimana itu pak ?

    Kak Ichsan:
    Ini salah satu kelemahan aplikasi pada web NISN, dengan dua NISN tetapi sama nama, tempat lahir, dan tanggal lahir maka kita tidak bisa memilih. Tapi, coba Firman bandingkan NISN dengamn NISN teman satu sekolah, barangkali ada digit tertentu yang sama. NISN itu terdiri 10 digit, 3 digit pertama sebagai kode tahun lahir. Misal tahun lahir 1997 maka NISN akan diawali 997XXXXXX

    Suka

  20. anak saya sudah punya nisn dari pindahan sekolah lama,saya lihat di pencarian berdasarkan no nisn tidak ditemukan.nisn nya:0013432198.bagaimana solusinya mohon bantuan bapak,trimakasih….

    Kak Ichsan:
    Meskipun dicari melalui website tidak ditemukan, NISN yang sudah ada tetap berlaku. Hal ini terjadi bukan data NISN tersebut hilang melainkan website yang belum bekerja normal

    Suka

  21. kalo NISN saya salah bagaimana??
    solusinya nagaimana?

    Kak Ichsan:
    Kalau ada data yang sesuai, dapat diperbaiki melalui sekolah kemudian sekolah mengusulkan ke operator NISN Dinas Pendidikan Kab.
    NISN yang ada, tetap berlaku meski ada data yang salah.

    Suka

  22. mau nanya dong,,,
    NISN SMPN 2 HUTABAYURAJA, situs web nya dimana??
    bagi yang tau komen secepatnya yaaaa
    trims

    Suka

  23. anak sy sdh kls 4 sd tp NISN nya blm ada, gimana solusinya Pak?? di takutkan nti bs ikut UN???

    Kak Ichsan:
    Minta ke sekolah untuk mendaftarkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

    Suka

  24. anak sy sdh ikut UN SD tp NISN nya blm ada gimana solusinya pak? Apa nti tdk ada mslh…?

    Kak Ichsan:
    Sebenarnya tidak masalah, hanya kadang sekolah membuat keadaan menjadi “rumit”. Solusinya:
    (1). Daftar NISN baru melalui SD. Bila SD sudah memiliki operator NISN, dalam waktu 1 menit NISN sudah terbit (karena proses online). Bila sekolah belum punya operator, maka sekolah yang mendaftarkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota.
    (2). Daftar melalui sekolah baru (SMP/MTs) dengan cara seperti di atas.

    Suka

  25. saya membaca NISN itu dgunakan untuk UAN . saya sdah klas 3 sma tpee nama saya di NISN saya nama x salah. tanggapan anda gimana? saya takut tidak lulus cuma masalah NISN saja dan membuat saya malas belajar

    Kak Ichsan:
    Nama yang salah di NISN bisa diperbaiki yaitu lapor melalui sekolah atau Dinas Pendidikan Kab.

    Suka

  26. KNPA TUHAN NISN Q NGK DA EA

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: