Pengalaman/Kesan PLPG


Polling pengalaman PLPG

Jajak pendapat ini khusus bagi yang telah mengikuti PLPG. Tujuannya, dapat sebagai gambaran manfaat PLPG dan menjadi pedoman bagi yang akan mengikuti PLPG.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah aktivitas yang paling “bernilai” dan “populer” di kalangan guru. Bagi yang belum sertifikasi, giliran untuk masuk kuota sertifikasi adalah harapan yang sangat ditunggu.

Bagi yang segera berangkat PLPG, berbagi pikiran menyelimuti persiapan, mulai dari rasa gembira karena masuk kuota, juga cemas, tegang, bahkan takut menumpuk jadi satu. Nah, bagi Bapak/Ibu guru yang sudah mengikuti sertifikasi pasti memiliki kesan dan pengalaman yang manarik untuk diceritakan sehingga bermanfaat bagi kesiapan rekan-rekan yang menunggu giliran PLPG.

Secara umum, PLPG 2011 dapat dikelompokkan dengan kegiatan sbb.:

  1. Pretes
  2. Penyajian materi (2 hari)
  3. Menyusun silabus dan RPP (3 hari)
  4. Praktik mengajar (3 hari)
  5. Menyusun proposal PTK (1 hari)
  6. Postes

Tidak hal yang perlu “ditakuti” dalam mengikuti PLPG. Masing-masing peserta memiliki cerita yang berbeda: ada yang megatakan biasa, cukup ribet, dan bahkan ada yang menilai sangat melelahkan. Membuat RPP merupakan kewajiban guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Sehingga, pengalaman pernah menyusun RPP akan mendukung tugas di PLPG.

Tulisan ini dimaksudkan sebagai:

  • Bagi yang sudah mengikuti PLPG, sebagai sarana menulis kesan selama mengikuti PLPG
  • Bagi yang akan mengikuti PLPG dapat sebagai sarana “curhat” demi persiapan mengikuti PLPG
  • Jadi, melalui tulisan ini dijarapkan dapat menjadi ajang komunikasi, saling memberi-menerima.

Petunjuk

Bagi yang ingin berbagi pengalaman PLPG

  • Harap menyebutkan Rayon dan kota/kab di mana PLPG diikuti, kemudian lengkapi hal-hal yang perlu diinformasikan (yang bermanfaat)
  • Dilarang menulis yang tidak ada kaitannya dengan PLPG.

Bagi yang ingin bertanya

  • Selain identitas lengkap, tulis pertanyaan yang diperlukan, dan lengkapi dengan Rayon PLPG di kota/kab mana akan diikuti.

Semoga bermanfaat dan dirahmati Allah SWT.

Iklan

20 Tanggapan

  1. Alhamdulillah aku diberikan kesempatan membaca pengalaman teman2 yg ikut plpg, awalnya sama dapat info yg macem2 stlh searching di media maya ternyta teman2 enjoy, mhn doa ya pagi ini saya ikut plpg, smg diberikan kekuatan untuk menjalani, trim bagi teman2 yg sdh berbagi salam sukses
    Amrozi sby plpl angkatan 5 di hotel amerta tuban jawa timur

    Suka

  2. kapan ya , q tamat SEKOLA ……….
    Bỉar bisa ngerasain PLPG ,

    Yang membuat q tergiur masuk PLPG

    HAHAHA………

    Suka

  3. plpg unnes kok banyak ya yang tidak lulus? penyebabnya apa dan harus bagai mana untuk mengulang ujian tertulis lagi?

    Suka

  4. mengikuti plpg melelahkan tapi menyenagkn, plpg membuat guru makin bermutu !

    Suka

  5. plpg yes…yes…yes, memang jalur tux guru menjadi profesional itu yg saya rasakan saat bersama rekan guru dr berbagai daerah dimana saling berbagi pengalaman mengajar dan bisa sharing dr permasalahan yg dihadapi disekolah utama sekali saat pembuatan rpp semua saling beri masukan shg saat praktek mengajar rata2 sudah ok, ndak ada hal sulit yg saya rasakan saat plpg dibanding sebelum ikut plpg, itu karena kebersamaan rekan2 plus pemberi materi yg membuat saya lebih ngerti, proviciat and salam indikator.

    Suka

  6. Dua pekan telah berlalu ..saya mengikuti PLPG . PLPG sangat bermampaat disini saya banyak menemukan pengalaman pengalaman baru dan tentunya mendapat ilmu yang baru. baik dari segi untuk meningkatkan kinerja saya ,maupun berbagi pengalama dgn teman teman satu kelompok yang saya anggap baru. dalam PLPG saya banyak memperoleh ilmu mulai dari pretes ,membuay RPP.SILABUS,bahkan sampai membuat proposal PTK .alhamdulilah berkat bimbingan tutor ..yang sabar dan akhirnya saya cukup percaya diri untuk membuat hal tsbt .dalam peraktek mengajar saya juga menemukan hal baru karna yang ditekankan selain materi yg lebih utama adalah METODE PEMBELAJARAN .dengan menggunakan metode pembelajaran yg tepat ,saya beranggapan ank akan lebih cepat mengerti dan tidak bosan ,sehingga anak akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan atau KD tercapai .satu saran saya buat teem panitia untuk POSTES tingkat kesulitan lebih tinggi baik bentuk soal maupun waktu yg tersedia , kasian dong ..rekan guru yang tua …Ok thx , semoga ada mampatny bagi yg sempat singgah membacany .. jangan lupa kunjungi email saya . wasalam.hormat kami dari BANJARMASIN KALSEL .

    Suka

  7. Purwanto PLPG Rayon 113 UNS Surakarta Tahap 4 Rombel 1
    PLPG bermanfaat,guna peningkatan kwalitas pembelajaran.

    Suka

  8. banyak yang bilang PLPG serem, menakutkan ada yang sampai keguguran atau melahirkan dll…tp setelah saya ikut PLPG semua cerita yang serem-serem g terbukti bahkan dengan PLPG banyak ilmu pengetahuan baru yang saya dapatkan, terutama dalam hal pengajaran dan PTK… Dosen dan teman teman di PLPG juga OK sangat membantu. terutama para dosen, sangat sabar membimbing. trimakasah so much to semuanya….

    Suka

    • betul – betul

      Suka

  9. Dua minggu telah berlalu, sy usai mengikuti PLPG, kesan yang sangat bermanfaat, saya sekarang lebih pandai, pergi PLPG saya belum punya e-mail, sekarang saya sudah dapat menggunakanya, saya juga banyak mendapat file-file penting kiriman dari teman-teman, dan yang lebih penting lagi jangan takut menggunakan laptop, kalau selalu takut laptopnya kena virus,,,,lebih baik pulang saja,,,ya nggak,,,? semua pasti baik-baik saja,,,,,, dan hasil dari PLPG sungguh luar biasa khususnya saya,,,dan mudah-mudahan teman seprofesi juga,,,,,,

    Suka

  10. ikut PLPG sangat menyenangkan, slain sebagai ajang reuni n silaturrahmi, kita juga dpt share dan berbagi dg tmen2 pengalaman mengajar di tempat tugas. slain itu kita mendptkan banyak ilmu2 yg sangat bermanfaat dari para assesor yg dpt kita aplikasikan di tmpat tugas nantinya.. sesi paling menyenangkan pada saat teaching, disana kita bs menilai sejauh mana tingkat kemampuan kita dan kemampuan tmen2 seprofesi pada saat melaksanakan tugas mereka. buat tmen2 yg belum PLPG,,,masih banyak waktu untuk mempersiapkan diri.
    Tips dari saya agar teaching brjalan lancar adalah “menguasai materi yg akan di ajarkan pada saat teaching nantinya”.
    Salam semangat buat tmen2 yg blm PLPG…!!!
    (NTB).

    Suka

  11. I like PLPG

    Suka

  12. dapat memacu guru untuk berinovasi dalam pembalajaran

    Suka

  13. saya seneng banget sudah selasai PLPG, sangat bermanfaat sekali, selain dapat ilmu dari para dosen, juga dapat dari teman-teman sesama guru terutama penguasaan ICT dan model-model inovasi pembelajaran, pokoknya OK deh

    Suka

  14. yuk mari gabung dengan angkatan 3 plpg di lokasi La macca, mohon sampaikan pengumumannya lulus plpg?

    Suka

  15. apapun alasannya yang namanya PLPG lebih oke dibanding dengan tuk mendapatkan sertifikat pendidik dg melalul jalur protofolia bila perlu yang tlah dinyatakan lulus melalui jalur portofolio jg di plpg juga
    triiiiiiiiiiiiiiiiiiimmmmmmmmmmmmmmm

    Suka

  16. Akhir 2007 saya mengikuti PLPG sebab nilai portofolio saya kurang sedikit lagi, untuk LULUS, awalnya ribet, tegang, dan bingung apa yang akan diperbuat nantinya saat PLPG, setelah cek in, Alhamdulillah kesan pertama kita dapat teman baru, dari berbagai kota dan kabupaten, bisa ngobrol dan saling kenal, dalam satu kelas satu mata pelajaran, satu kamar tidur di Hotel tempat penginapan. hal yang menyenangkan lainnya jika dosen pemberi materi sangat memotivasi dan terstruktur dengan baik dan mudah dicerna oleh peserta, kesan lainnya saat teaching, ada ketegangan karena belum dapat giliran maju, ada kegembiraan saat menjadi guru praktek teaching dapat ngerjain temen-temen yang ngantuk karena kelelahan, dukanya harus menyelesaikan tugas-tugas yang harus tepat waktu, dan istirahat yang kurang, sebab dari pukul 08.00 pagi hingga 21.00 harus mengikuti semua materi PLPG. ada hal lain yang aku sendiri belum pernah mengalami saat di bangku sekolah, saat praktek teaching, aku di daulat oleh temen-temen untuk menjadi ketua kelas dalam kelompok kecil, terpaksa deh, jika ada teman yang maju praktek aku harus siap-siap dengan kebiasaan ketua kelas, pasti tahu khan… di tempat duduk, siap Grak, beri salam…! begitu setrusnya..dan pada saat aku sendiri yang maju praktek….wah, wah.. tidak ada yang menyiapkan untuk memberi salam…. sampai dosen pemberi materi berucap :lho mana ketua kelasnya…?! teman-teman bersama-sama berucap : Ketua kelasnya udah jadi guru pak ?!!!!…….

    Suka

  17. saya setuju sekali, ini sangat penting… jangan sampai ada diantara guru merasa : masuk ke PLPG seperti memasuki gerbang neraka……. Trims atas idenya………….

    Suka

  18. Syukron Katsir ya Akhi alkabir…., Ide jenengan sangat Jreng banget (bagus n bermanfaat) mg2 bagi temen2 yang memiliki tugas mendidik anak bangsa bisa mengaplikasikan apa yang telah di dapat dari hasil PLPG. bagi yang belum pernah merasakan PLPG seperti aku, ayo belajar pada temen2 yang yang pernah PLPG. banyak sekali yang dapat diambil dari PLPG. rugi kalau gak belajar…… hidup anak bangsa…….

    Suka

  19. Kak Ichsan, ide untk polling ini sangat bagus. Tentu saya akan memvote ” sangat bermanfaat” , meskipun sy tidak mengikuti PLPG, krn sy lulus lewat jalur portofolio tahun 2007.
    Salam hormat dari NTB

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: