Puisi: Aku (Chairil Anwar)


Aku (Chairil Anwar)

Kalau sampai waktuku
‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

Iklan

118 Tanggapan

  1. Thank,.. izin kopas yaa

    Suka

  2. Di sini Judulnya Aku, di blog lain saya baca judulnya Semangat om? Ini yang mana yang benar sih? Mohon koreksi, sedang ngumpulin puisi karya chairil anwar nih 🙂 Thanks!

    Disukai oleh 1 orang

    • Yang benar, puisi ini judul Aku. Maaf, tidak ada link balik ke blog tunas63 sehingga saya tidak tahu. Blog lain yang berisi iklan biasanya mengambil link tulisan yang populer dan dengan tambahan informasi/judul yang dikehendaki. Hal seperti ini, menjadi jebakan pengunjung. Kadang antara judul dan isinya juga tidak nyambung.

      Suka

  3. ijin copy buat tugas sekolah

    Suka

  4. wow! bagus nih puisinya 🙂

    Suka

  5. Keren I like you

    Suka

  6. lok bleh tau ap simbol, dan mitos dari puisi tersbut….????

    Suka

  7. puisi karya chairil anwar yang lain nya ada ga?

    Suka

    • Ada. Antara krawang bekasi

      Suka

  8. Wah, Ini puisi legend , sering pas di sekolah di suruh maju karena puisi ini , :3

    Suka

  9. siapa yang tau analisispuisi AKU dalam semantik

    Suka

  10. […] Puisi: Aku (Chairil Anwar) […]

    Suka

  11. Keyakinanmu sudah terjawab,walaupun kalian terbuang kesana kemari seperti kambing yg menjadi tawanan serigala.akhirny dpt lepas juga dr cabik2kannya..kalian bs melihat ank cucu yg sudah freedom biar kata seribu tahun di alam baka sana..terima kasih ya Tuhan,Engkau kirimkan di bumi pertiwi ini para pejuang yg rela mati demi kehidupan ank cucunya hingga 1000thn lamanya..

    Suka

  12. bagus puisinya

    Suka

  13. bagusss banget ya puisinya

    Suka

  14. siapa yang gag suka karyanya….? perlu diperiksa kejiwaannya

    Suka

    • Yaya

      Suka

  15. penuh makna,puisi chairil anwar membawa kita semangat dalam dalam hidup walau banyak yang meremehkan,bahkan tak menganggap kita.aku yakin setiap perjuangan pasti ada hasil yg memuaskan.

    Disukai oleh 1 orang

  16. mau hidup seribu tahun lgi

    Suka

  17. Maknanya bisa di liat disini http://pancarobablizz.blogspot.com/2013/12/apresiasi-puisi-oleh-khairil-anwar.html

    Suka

    • apa cie makna dari puisi itu

      Suka

  18. keren banget kak, langsung kena di hati

    Suka

  19. majas’a di tulis doong, biar kita semua paham, akan arti’a/ makna

    Suka

  20. Aku di jaman edan ini…
    Memang dari kumpulan yang terbuang
    namun aku bukan binatang jalang
    fakta jika aku tidak ada uang
    aku pasti tersedu sedan
    kalau pelor menembus kulit ku
    mana bisa pedih perih kubawa lari
    ngesot aja susah
    hai kamu…
    bayangkan wajah nenek kakek kau yg usia 80 keatas kisut, pikun pula…
    Apalagi hidup 1000th
    hiiii aku tidak mau hidup seribu tahun

    (mudahan puisi ini bikin Chairil Anwar senyum2 di alam kubur)

    Suka

    • Haiiii -_- kemari kau tak patheeeniiii sini !!!

      Suka

  21. puisi ini menggambarkan tentang kehidupannya yang singkat,,,,
    aku kagum dgn puisi ini…..

    Suka

  22. ku prna juara pke puisi nih

    Suka

  23. ada g ya contoh berpuisi chairil anwar soalnya mau dipake praktek b. indonesia ?

    Kak Ichsan:
    Ayo siapa bisa bantu Amal Ichsan?

    Suka

  24. indah.. kata2nya mantap ! tpi makna yg terkandung dlm puisi itu ap ya ???

    Suka

  25. Dialog dengan-NYA …

    Suka

  26. Masalah pelajaran biologis

    Suka

  27. mksd dri pesannya ap ya..aku kurang ngerti..

    Suka

  28. gak seru ah

    Suka

  29. Puisinya bagus. Tapi ada yg tau tidak artinya apa?

    Suka

  30. ada yang tau makna dari puisi itu apa ?
    berbagi yah

    Suka

  31. mudah-mudahan dengn puisi ini aku juara,.,,.,.,,,amin..

    Suka

  32. puisina oke dah

    Suka

  33. ad contoh parafrasenya gx ?

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa punya parafrase untuk puisi Aku?

    Suka

  34. bagus banget puisinya. mau dijadiin musikalisasi puisi nih. tapi iramanya nya yang cocok gimana ya? Lagu apa yang cocok? bantu dong 🙂

    Kak Ichsan:
    Musik iringan untuk puisi yang baik sederhana/tidak ramai.
    Mungkin lagu Tanah Airku (Maladi) bisa dipertimbangkan untuk bacground puisi Aku.

    Suka

  35. puisi’a bagus bangetttzzzzz,,dan mnyentuh bangetz dye hati aqhu

    Suka

  36. puisi ini keren…..

    Suka

  37. puisi nya buat aku sadar
    akan semua yg aku punya
    vbuat aku dpt menyadari
    klau aku gx haruz berbuat kehendak yg bod0h
    thanks taz puisi nya

    Suka

  38. asekkk bgt puisi nya brayyy

    Suka

  39. hebat…………….. karya yg bagus… dan menyentuh

    Suka

  40. Puisi AKU tak kan lekang oleh waktu.,,,

    Suka

  41. emeng bagus bgt sampe di suruh cari sm pak guru

    Suka

  42. Setiap bait puisi Chairil Anwar mengandung makna begitu dalam, sprti puisi “AKU”,. Aq suka bgt puisi nie..

    Suka

  43. bgus x mank puisi karya chairil anwar ini,,,,;lll
    kpan lakh aq bsa sprti thu eahh.,.,,…
    aq mw lakh jdi pnulis puisi trknal kyk dy.,,.
    bntuin aq donkkkkkkkkkkkkkkkkk.,..,.,.
    i love you chairil
    igin aq mmelukmu,.,..:D

    Suka

  44. Aku adalah sebuah puisi karya Chairil Anwar, karya ini mungkin adalah karyanya yang paling terkenal dan juga salah satu puisi paling terkemuka dari Angkatan ’45. Aku memiliki tema pemberontakan dari segala bentuk penindasan. Penulisnya ingin “hidup seribu tahun lagi”, namun ia menyadari keterbatasan usianya, dan kalau ajalnya tiba, ia tidak ingin seorangpun untuk meratapinya.

    Suka

  45. emang oke

    Suka

  46. bagus ya puisi nya…ampe merasuk ke dlam htie..#Lebay.!!

    Suka

  47. keren puisi y

    Suka

  48. kya ny lbh bgs yg kerawan bekasi dehh

    Suka

  49. kenapa ya,dari sekian banyak puisi. yg paling gue suka itu puisi “aku” 😀
    bagus bgt sih 🙂 LIKE

    Suka

    • ya gitu dechh

      Suka

  50. Salut Bangat Gw liat Nya
    Benar’ pujangga..hati yah…..

    Suka

  51. perjuangan yang tiada henti….

    Suka

  52. Chairil Anwar itu buyut nya tetanggaku

    Suka

    • ia apa

      Suka

  53. aduh puisi ini membuat hati ku bergetar

    Suka

  54. bagusnya puisi

    Suka

  55. bagus! bagus! bagus bgt! 🙂

    Suka

  56. krn ametsssssssssss puisi chairil anwar

    Suka

    • saya sdh mmbckn puisi nih d dpn tmn2 saya

      Suka

  57. suatu saat nanti , aku ingin membaca puisi ini di dpan org org itu

    Suka

  58. I LIKE IT

    Suka

  59. puisi ini … puisi yang bagus..

    semua karya chairil anwar emang bener” baguss

    jempool deh buat diyya

    Suka

  60. aku juga binatang payah
    dari tumpukan sampah-sampah
    andai kau membujuk dengan susah
    aku tetap berjalan menuju satu arah
    membantingkan jiwa-jiwa yang marah
    memangku diri yang terpapah
    andai aku bersimbah darah
    akan ku jadikan jubah
    untuk menebus salah

    Suka

    • Kacau

      Suka

    • BRAVO!

      Suka

  61. andai dia msih hdup….ak pst brtanya….kenapa aku bukan kamu?

    Suka

    • HAHAHA……………………………….. MASA SIH MAU TANYA APA SIH ……

      Suka

    • SAMA DEH…

      Suka

  62. Puisi ini berisi kemarahan jadi BERHENTI MEMBACANYA DENGAN CARA MENDAYU-DAYU.

    Suka

    • MASA SIH GILA DEH

      Suka

  63. “Aku” adalah puisi yang berisi kemarahan. Jadi kalau ada orang yang membacakannya dengan mendayu-dayu berarti dia tidak mengerti perasaan Chairil Anwar pada saat membuat puisi itu. “Aku” berarti keegoisan seseorang akan sesuatu, kemarahan yang memuncak membuatkan tidak lagi peduli pada tata krama jadi mulai sekarang BERHANTI MEMBACA PUISI INI DENGAN CARA YANG SALAH itu.

    Suka

  64. puisi yg indah,
    tpi ada yg tau gak tema puisinya apa dan isi puisinya apa?

    kak Ichsan:
    Hayo, siapa punya apresiasi, apa tema puisi Aku?

    Suka

  65. puisinya keren,,,
    coba saya bisa buat seperti ini,,,!!
    ^_^
    keren euy

    Suka

  66. puisinya keren,,,
    coba saya bisa buat seperti ini,,,!!
    ^_^

    Suka

  67. Saya bangga dengan Chairil Anwar 🙂

    Suka

  68. guruku suruh gw cari puisi aku karya chairil anwar

    Suka

    • ama donk, gw jga

      Suka

    • sama..
      kurang kerjaan amad ngapalin puisi beginian

      Suka

  69. tolong parafraseny dong , q kok ga mudeng -,-

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa yang siap membantu Annie menyusun parafrase “Aku”?

    Suka

  70. AKU’
    mau seperti DIA’

    Suka

  71. Wow Nice Blog, Keep Posting 🙂

    Suka

  72. baguss bgtttttt ni puisi!!aku ampe inget pas aku ama pacar ku baca puisi ini…huhuhuhuh aku jadi rindu deh ama dyaaa….skarank kan aku udh putus ama dy jadi klo stiap kali aku baca puisi aku dri chairil anwar yang dia bacakan pas pertama kali dy mw mencium aku dengan mesra”nyaa akuu jadi rindu dan kangen bgt ama dyy 😦 waduhhh aku kgnn dan rindu beneran bgtt ama dyy!! luphh u bebb skarank dy mantan aku jadinya skarank gak bisa i luph u i luph u lg dehhh kan skarank dy udh punya pacar baruuu jadi skarank puisi aku yg dlu dy baca pas mw pertama kali ciuman mesra keapus dehh wahhhhh aku sekarang jadi sedih bgttt!!! 😦 maaf ya semuanyaa 😦 aku mw minta maaf atas smua kesalahan kuu 🙂 minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin ya smuanyaa…. 🙂 makasih yaa chairil anwar.. engkau telah memberikan aku bnyak sekali kenangan dengan pacar akuu terutama bagi ciuman pertama ku dengan dyyy waahhhh aku jadi sedih bgt dan rindu dan kangennnn ama dy skarankk 😦

    Suka

    • kerren nhi puisi gw baca di klas
      nilai gw plg tinggi

      Suka

      • ia gue suka di FB adja gue jadi’ih status….
        ampe 978 orank yg menyukai, n’ gk ad komentar……

        Suka

      • klo w guru suruh cari

        Suka

    • aduh……………………………….kasian tapi sabar y………..hidup yo emang gitu x ada pertemuan pasti da perpisahan jadi aq doain km dapet pengganti dya.secepatnya n yang pasti lebi baek.ok!!!!!!!!!!INGET YANG SABAR……………………..

      Suka

  73. mmmmppppphhhhh ,,,,,

    apa iiiaaa ???
    salut dech buat seniman kaya chairil anwar ….

    Suka

  74. Ak ska in puisi … waktu ujian ak dapet nilai tertinggi gra”2 bca ni puisi ..

    Kak Ichsan:
    Oke, selamat untuk Jean, semoga terus berprestasi pada pelajaran yang lain.

    Suka

    • chairil anwar is the best deh ,aku adalah pengemar berarnya

      Suka

  75. Wah, menurutq msh bagusan puisi “menyesal”. Maknax lebih dalam

    Suka

  76. aku sangat menyukai puisi ini aku suka sekali membaca puisi ini gara2x aku membaca puisi ini aku jadi banyak mengetahui ilmu puisi terima kasih sekali pak khairil anwar selaku yg membikin puisi ini

    Suka

  77. Hoohoohoo.,.,.,.,.,.,.,.Chairil Anwar mang yg t’baex!!? mga nag ddik indonesia sa tambah smangat & pande”ya,,,,,,,,,,kyax Q!!????heehooheehooheehoo

    Suka

  78. puisinya sangat bagus

    Suka

  79. keren bgt sumpah puisi’a

    Suka

    • wahhhhhhhhhhhhhhhhhhh puisi bgni hrs di sejarahkan

      Suka

  80. W salut bgd ma Chairil Anwar,,, Biarpun Bliau tlah tiada… tapi semangat & kharismanya sbgai s’org seniman tetap bersinar smpi skg…!!!

    tQ…!!!

    Suka

  81. teu ngarti yeuh =___=
    lieur aing bacana

    Suka

  82. pAsss…………
    bn9et nH pUisi nA,,,uNtuk bWt maKalah y9 d sRuh 9uru aQ & mUdah-MdaHan jA guRu iLa mW nGasih niLai ba9us…..???

    d0ain jA ya….??

    Suka

  83. Puisi ‘aku’ ini adalah sebuah ekpresi sikap apatis.,.,.,.!! tpi inilah pertanyaan nya???
    terhadap siapakah ia tak peduli..
    pada cintanya.,.kematiannya.,.,.atau pada para pujangga angkatan ’45 yang dia dobrak tata tertibnya???
    mngkin kita bisa lanjut tanya
    pada bung Rosihan Anwar………..

    Suka

  84. makasih buat puisinya.

    Suka

  85. keerrreeeennnn …..
    numpang buat tugas b.indo yaaa …..
    musikalisasi puisi 🙂
    doakan smoga hasilnya baguuuss …..
    semoga gurunya suka yaaaa …….
    sayangnya cuma pake gitar sbg alat musik …
    kalo ga pasti lebih keren …
    hahahaha . bikin puisi yang laen yaaa ….
    yang bagus . good luck !!

    Kak Ichsan berkata:
    Ok, Cha Kakak doakan. Kakak yakin hasilnya bagus . . .
    Tapi, nanti jangan lupa, kuenya . . .

    Suka

  86. bagus

    Suka

  87. cairil anwar puisimu sabagus namamu

    Suka

  88. emang sang pujangga sejati yah,,
    salut dahhh..

    Suka

  89. gw salut dengan puisi mu.numpang lewat y omm

    Suka

  90. Puisi karya – karya pujangga baru perlu dilestarikan, aku suka dengan syairnya yang sulit untuk diterjemahkan dan memerlukan pemahaman yang bagus untuk mengerti isi yang tersirat.

    Suka

  91. puisi bagus banget kok,tapi sayangnya aku tidak terlalu mengerti apa maksud puisinya??bisa jelaskan

    Suka

  92. Clazzz 2.1 SMPS Yapena OK….!!!!!

    Suka

  93. Maknanya apa sih?

    Ichsan berkata:
    Hayo, siapa bisa bantu Lia!

    Suka

  94. puisi ini pas dihati saya

    Suka

    • mksdny apa pas dihatimu, new fren

      Suka

  95. puisi ini bagus banget.

    Suka

    • chairil anwar.
      kamu memang sosok sangat di kagumkan aku bangga buat puisi kamu kamu hebat skali membuat puisi puisi kamu dapat membuat aku teringat kembali masa-masa laluku yang lampau trima kasi bnyak sobat buat puisinya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: