Kalender: Nama Bulan Masehi, Hijriyah, dan Jawa


Berikut info  nama bulan hijriyah dan masehi, juga software konversi hijriyah-masehi atau sebaliknya, praktis penggunaannya.

Pernahkah Anda mendengar istilah Sura, Sapar, dan Ruwah? Atau, Muharam dan Rajab? Kelompok yang pertama adalah nama bulan Jawa dan berikutnya adalah nama bulan dalam kalender Islam. Orang Jawa bilang “sasi Jawa” (bulan Jawa). Jumlah hari dalam satu tahun ternyata sama yaitu 354 atau 355 hari. Sedangkan jumlah bulan Jawa, Islam, dan Masehi dalam satu tahun sama yaitu 12 bulan. Bagaimana urutannya?

Program Konversi

Untuk mengetahui/melihat/mengonversi waktu masehi ke hijriyah atau sebaliknya, dapat dengan mudah menggunakan software konversi.

Software konversi ini sangat praktis. Bila tanggal masehi diubah maka secara langsung tanggal hijriyah berubah, begitu sebaliknya. Berikut bentuk tampilan program:

Untuk mengunduh software, silakan klik teks berikut:

Bulan Masehi

Hari

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

Januari hari

Februari

Maret

April

Mei

Juni

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

31

28/29

31

30

31

30

31

31

30

31

30

31

Jumlah                365/366

Bulan Hijriyah

Bulan Jawa

Jumlah

hari

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

Muharam

Shafar

Rabi’ulawal

Rabi’ulakhir

Dzulhijah

Jumadilakhir

Rajab

Sya’ban

Ramadlan

Syawal

Dzulqaidah

Jumadilawal

Sura

Sapar

Mulud

Bakdamulud

Jumadilawal

Jumadilakir

Reheb

Ruwah

Pasa

Sawal

Sela

Besar

30

29

30

29

30

29

29

29

30

29

30

30

J u m l a h

354/355

Tahun Kabisat (http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Kabisat )

Tahun Kabisat (Bahasa Inggris: Leap Year) adalah sebuah Tahun Syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari.
Satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari, 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap empat tahun akan kekurangan hampir satu hari.
Maka untuk mengkompensasi hal ini setiap empat tahun sekali (tahun yang bisa dibagi empat), diberi satu hari ekstra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).
Terdapat algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan sebagai berikut:

  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.

Tahun Kabisat menurut definisi ini ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian.

Mencari Hari Pasaran

Berikut aplikasi sederhana untuk mencari hari pasaran wage, kliwon, legi, pahing, pon. Aplikasi ini bantuan dari teman yang saya lupa dan asalnya.

Bagi yang membutuhkan, dan seandainya mencoba ternyata hasil tidak dirasa tidak tepat, maka anggap saja aplikasi ini tidak ada. Ini, hanya upaya manusia, dan dalam kelender Islam juga tidak dikenal.

Wallahu a’lam … semoga kita senantiasa dirahmati Allah SWT.

  • Aplikasi ini dilengkapi petunjuk. Cari mencari hari pasaran cukup menulis tanggal, bulan, dan tahun, lalu enter! hasil sudah dapat diketahui.
  • Unduh Kalender Hari Pasaran (Penanggalan Jawa)

Biasakah Anda Berterimakasih?

Pastikan Anda adalah bagian dari responden jajak pendapat yang diselenggarakan blog tunas63. Jajak pendapat ini memberi banyak manfaat, antara lain sebagai “instrospeksi” dan “motivasi”.

Terimakasih bagi yang telah berpartisipasi.

Bagi yang ingin tahu hasil atau berpartisipasi, silakan klik di sini.

863 Tanggapan

  1. […] File Name: Kalender: nama bulan masehi, hijriyah, dan jawa | tunas63 Source: tunas63.wordpress.com » DOWNLOAD « Kalender jawa | yang ringan – ringan tentang mikrobiologi Dalam kalender jawa kita mengenal […]

    Suka

  2. kak ichsan makasih infonya,aku mau unduh softwarenya tapi gagal terus,jadi mau tanya aja dech kalo tanggal jawanya
    a.10 september 1976 ,sama
    b. 7 november 1985 dan
    c.19 september 2011.terimakasih ya kak….
    dijawab lewat email dan lewat sms ya kak 089622010076
    mudah2an kakak dpt pahala

    Kak Ichsan:
    a.10 September 1976 = Jum’at, 16 Ramadhan 1396
    b. 7 November 1985 = Kamis, 24 Safar 1406
    c.19 September 2011 = Senin, 21 Syawal 1432

    Suka

    • Assalmu alaikum wr wb…….
      Mohon bantuanya pak ikhsan:
      16 Rajab 1421 H itu hari apa ?dan bertepatan dengan tanggal, bulan dan tahun be5rapa pada kalender masehi atau miladiyahnya? terimakasih bnyak pak ikhsan atas bantuanya, mohon dibalas secepatnya ke hp 087857250513 atau ke yambwi@yahoo.co.id
      terimakasih Wassalam……………….

      Kak Ichsan:
      16 Rajab 1421 = Senin, 13 Oktober 2000

      Suka

  3. KA ICHSAN KALO 10 NOVEMBER 1990 ITU TANGGAL HIJRIAHNYA BERAPA YA

    Kak Ichsan:
    10 NOVEMBER 1990 = 22 Rabi’ul Akhir 1411 H

    Suka

  4. kak, kLaw 11 November 1958, tanggal berapa hijriah???

    Kak Ichsan:
    11 NOVEMBER 1958 = 29 Rabi’ul Akhir 1378 H

    Suka

  5. kalo 29 april 1998 dan 21 mei 1997

    Kak Ichsan:
    29 april 1998 = 3 Muharram 1419 H
    21 mei 1997 = 14 Muharram 1418 H

    Suka

  6. Ka ichsan klow 08 mei 1997 apa iia ?

    Kak Ichsan:
    8 Mei 1997 = Kamis Pon, 1 Muharram 1418 H

    Suka

  7. kalo tanggal 23 maret 1992 dan 25 september 1993 hari jawanya apa?

    Kak Ichsan:
    Senin, 23 Maret 1992 = 19 Ramadhan 1412
    Sabtu, 25 September 1993 = 9 Rabbiul Akhir 1414

    Suka

  8. kak ichsan, kalau 2 rajab 1954 hijriah.. itu tangal berapa ya?..

    Kak Ichsan:
    2 Rajab 1373 = Jum’at, 7 Maret 1954

    Suka

  9. kak mau tanya
    1. 13 Agustus 1986
    2. 15 Agustus 1984
    hari tanggal tahun hijriyahnya..

    Kak Ichsan:
    1. Rabu, 13 Agustus 1986 = 8 Dzulhijjah 1406
    2. Rabu, 15 Agustus 1984 = 18 Dzulqaidah 1404

    Suka

  10. Ass wr wb kak ichsan,apa nama tanggal jawanya tanggal 27 Juni 2000 dan tanggal 16 Agustus 2000?

    Kak Ichsan:
    Selasa, 27 Juni 2000 = 25 Rabbiul Awal 1421
    Rabu, 16 Agustus 2000 = 16 Jumadil Awal 1421

    Suka

  11. Hi Kak Ichsan kalo tanggal 1 Maret 1986 tanggal hijriahnya berapa ya….

    Kak Ichsan:
    1 Maret 1986 = Sabtu, 20 Jumadil Akhir 1406

    Suka

  12. Kak kalo tanggal 3 oktober 1979 tanggal hijriahnya berapa ya?

    Kak Ichsan:
    3 Oktober 1979 = Rabu, 12 Dzulqaidah 1399 H

    Suka

  13. Tanggal 22 April 1983 itu bulan hijriyah apa?tks atas jawabanya.

    Kak Ichsan:
    22 April 1983 = Jum’at, 9 Rajab 1403

    Suka

  14. kak ichsan kalo tgl 14 oktober 1987 dan 22 oktober 1986 bulan islam dan hari jawanya apa ya… balesnya ke no ini ya kak 081345306676

    Kak Ichsan:
    14 oktober 1987 = Rabu Wage, 21 Safar 1408
    22 oktober 1986 = Rabu Pahing, 19 Safar 1407

    Suka

  15. Assalamu’alaikum..
    ka kalo tanggal 06 oktober 1996 , hari tanggal bulan nya menurut kalender islam itu apa ya? ,, mohon bantuannya . terima kasih

    Kak Ichsan:
    Minggu, 6 Oktober 1996 = 24 Jumadil Awal 1417

    Suka

  16. Assalamu’alikum, kak kalau 13 februari 1997 kalender qamariyahnya?
    terima kasih

    Kak Ichsan:
    Kamis, 13 Februari 1997 = 6 Syawal 1417

    Suka

  17. kak, kalau 13 Februari 1997 sama 25 Maret 2002 hitungan bulan qamariyahnya apa kak?

    Kak Ichsan:
    13 Februari 1997 = Kamis, 6 Syawal 1417
    25 Maret 2002 = Senin, 11 Muharram 1423

    Suka

  18. kak ichsan maaf mau tanya kalau tanggal 16 zulko’dah 1407 hijriah masehi nya tanggal brp dan tahun brp ?

    Kak Ichsan:
    16 zulko’dah 1407 = Senin, 13 Juli 1987

    Suka

  19. kak ichsan kalo tanggal 30 september 1997 itu wetonnya apa?
    kalo tanggal 8 november 2000 wetonnya juga apa?

    Kak Ichsan:
    Selasa, 30 September 1997 = 29 Jumadil Awal 1418
    Rabu, 8 November 2000 = 12 Sya’ban 1421

    Suka

  20. 8 november 1980
    15 oktober 2002
    04 april 2014
    10 februari 1977
    hari apa,bulan hijriyah apa?

    Kak Ichsan:
    8 november 1980 = Sabtu, 30 Thul Hujja 1400 H
    15 oktober 2002 = Selasa, 8 Syaban 1423 H
    04 april 2014 = Jum’at. 4 Jumad Tsani 1435 H
    10 februari 1977 = Kamis, 21 Safar 1397 H

    Suka

  21. saya katanya ibu lahir hari senen paing, jam 10 pagi.20 rajab.saya bingung tahun 1962 atau tahun 63.mohon petunjuk trimakasih.terus katanya tanggal 16 nopember atau tanggal 30 desember.

    Kak Ichsan:
    Maaf, hany bisa bantu spt berikut dan berdasar aplikasi.
    16 Nov 1962 = Jum’at Legi, 18 Jumad Tsani 1382 H
    30 Des 1962 = Minggu Kliwon, 3 Shaban 1382 H

    Suka

  22. asswrwb , kak mau tanya tgl 14 maret 1981 wetonnya apa ? dan tgl 23 mei 1980 wetonnya juga apa ?

    Kak Ichsan:
    14 maret 1981 = Jum’at, 26 Rabi’ Tsani 1400 H
    23 mei 1980 = Jum’at, 8 Rajab 1400 H

    Suka

  23. `alaika salam… kak mau tanya dong.. tahun hijriah dan jawa dari 20 september 1988 itu apa ya? terima kasih

    Kak Ichsan:
    20 september 1988 = Selasa, 8 Safar 1409 H

    Suka

  24. Ka’ :
    1. 02 April 1986
    2. 11 Juli 1995

    Kak Ichsan:
    1. 02 April 1986 = Rabu, 22 Rajab 1406 H
    2. 11 Juli 1995 = Selasa, 13 Safar 1416 H

    Suka

  25. kalo 17 februari 1970 tanggal jawa dan islamnya brp

    Kak Ichsan:
    17 februari 1970 = Selasa, 10 Thul Hujja 1389 H

    Suka

  26. tangal 11 juli 1992,am 26april 1996 hari nopo kak?

    Kak Ichsan:
    11 juli 1992 = Sabtu, 10 Mujharam 1413 H
    26 april 1996 = Jum’at, 8 Thul Hujja 1416 H

    Suka

  27. Assalamualikum
    Ka kalau 10 juni 1995
    Dalam kalender jawanya hari, tanggal bulan berapa??
    Terimakasih atas jawabannya

    Kak Ichsan:
    10 juni 1995 = Sabtu Kliwon, 11 Muharam 1415 H

    Suka

    • kak weton sama hari pada tgl 16-08-1983 dan tgl 15-04-2011 itu apa?

      Kak Ichsan:
      16-08-1983 = Selasa Wage, 7 Zulqadah 1403 H
      15-04-2011 = Jumat Pon, 11 Jumad Awal 1432 H

      Suka

  28. assalamualaikum
    kak ichsan mau nanya nih kak…
    1.3 agustus 2000
    2.20 september 1995
    3.9juni1975
    dalam kalender jawanya itu tuh tanggal,hari,bulan dan tahun brpa ya kak
    atas jawabannya saya ucapkan mksh bnyk ya kak

    Kak Ichsan:
    3 agustus 2000 = Kamis Legi, 3 Jumad Awal 1421 H
    20 september 1995 = Rabu Pahing, 24 Rabi Tsani 1416 H
    9 juni 1975 = Senin Wage, 28 Jumad Awal 1395 H

    Suka

  29. om 24 0ktober 2004 apa om

    Kak Ichsan:
    Minggu, 24 Oktober 2004 = 10 Ramadhan 1425

    Suka

    • Asalamualaikum,pak ichsan,kalo tgl lahir 15 juni 1955 tgl islam nya brp ya/ wasallam.

      Kak Ichsan:
      15 juni 1955 = Rabu, 24 Sawal 1374 H

      Suka

  30. kak ichsan, klo 12 Mei 1990 tanggal dan hari jawanya apa ya?

    Kak Ichsan:
    12 Mei 1990 = Sabtu Kliwon, 16 Sawal 1410 H

    Suka

  31. Ass.Wwb… mau nanya ni kak
    1. 22 agustus 1997
    2. 22 juli 2000
    hari apa, dan bulan hiriyah. trmaksh sblm nya waaslm…

    Kak Ichsan:
    22 agustus 1997 = Jumat, 18 Rabi Tsani 1418 H
    2. 22 juli 2000 = Sabtu, 20 Rabi Tsani 1421 H

    Suka

  32. Assalam, ka’. mo ty daftar tanggal bulan safar tahun 1987 itu jatuh pada hari apa?…..makasih

    Kak Ichsan:
    Kamis, 24 September 1987 = 1 Safar 1408

    Suka

  33. Assalamu’alaikum wr wb. Hari senin pon, tgl 10 syuro 1992 itu masehinya tanggal brp yah?

    Kak Ichsan:
    Berdasar aplikasi yang saya miliki, hasilnya sbb,:
    11 Juli 1992 = Sabtu legi, 10 Muharam 1413 H

    Suka

  34. Asalamualaikum,,maaf om saya mau nanya lagi jawa’y(weton) 1 mei 2012 sm 15 mei 1985.terima kasih.

    Kak Ichsan:
    1 mei 2012 = Selasa, 10 Jumadil Akhir 1433
    15 mei 1985 = Rabu, 25 Sya’ban 1405

    Suka

  35. tanggal 7 juni 1983 apa nama bulan hijrahnya

    Kak Ichsan:
    Selasa, 7 Juni 1983 = 26 Sya’ban 1403

    Suka

  36. Assalamualaikum,,1 mei 2012&15 mei 1985 tks.

    Kak Ichsan:
    1 mei 2012 = Selasa, 8 Jumadil Akhir 1433 H
    15 mei 1985 = Rabu, 24 Syaban 1405 H

    Suka

  37. Mau tanya ne akhi… kalo lahir 29 rabi’ul tsani 1410 tgl, tahun,hari dalam masehi apa ya??? pasaran dan jawanya juga? thanks

    Kak Ichsan:
    29 rabi’ul tsani 1410 H = Selasa, 28 November 1989 M

    Suka

  38. Assalamualaikum.wr.wb

    mau tanya kak klo tanggal 5 januari 1995 n 13 september 1999 utk tanggal hijriah n jawanya kapan ya??

    Trima kasih.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    Kak Ichsan:
    Wa alaikum salam wr.wb
    5 januari 1995 = Kamis wage, 3 Syaban 1415 H
    13 september 1999 = Senin legi, 2 Jumadil akhir 1420 H

    Suka

    • Assalamualaikum.wr.wb

      Mau tanya mas klo tanggal kelahiran saya 12 Februari 1970 jam 22.00 itu masuknya hari kamis ataw jumat ya mas? n berarti weton saya apa ya mas?

      Trima kasih.

      Wassalamualaikum wr.wb

      Kak Ichsan:
      12 Februari 1970 = Kamis, 6 Dzulhijjah 1389 H.
      Umumnya, menurut orang Jawa, pk. 18.00 sudah dimasukkan hari berikutnya.

      Suka

  39. maaf saya hamid pontianak…saya mau nanya kalau tanggal 16 Sya’bam 1399 hijriah di nasional kan tanggal berapa ya,,,dan hari apa…terima kasih sekali jawabannya

    Kak Ichsan:
    16 Sya’bam 1399 H = Kamis Pon, 12 Juli 1979

    Suka

  40. kak klo 29 oktober 1995 hari jawanya apa?

    Kak Ichsan:
    29 oktober 1995 = Minggu Legi, 4 Jumadil Akhir 1416 H

    Suka

  41. pagi pak :) saya mau nanya kalo tanggal 10-10-1999 dan 27-2-1999 itu tanggal hari/tanggal masehi/jawa nya apa yaa?? terimakasih :)

    Kak Ichsan:
    10-10-1999 = Minggu Pon, 29 Jumadil Akhir 1420 H
    27-2-1999 = Sabtu Pon, 11 Zulqaidah 1419 H

    Suka

  42. kak kalo tanggal 3 oktober 1998 berapa hijriah ya?

    Kak Ichsan:
    3 oktober 1998 = 11 Jumadil Akhir 1419 H

    Suka

  43. assalamualaikum
    1 shapar 2012 , M berapa ??
    14 maret 1998 M , hari dan tgl berapa H dan jawa ??

    assalamuallaikum :)

    Kak Ichsan:
    Waalaikum salam wr. wb.
    1 shapar 1434 H = Sabtu Pon, 15 Des 2012
    14 maret 1998 = Sabtu Pon, 15 Zulqaidah 1418 H

    Suka

  44. maaf tambahan sedikit kak, tanggal 18 agustus 1998 hari jawanya apa kak?

    Kak Ichsan:
    18 agustus 1998 = Selasa Kliwon, 24 Rabiul Akhir 1419 H

    Suka

  45. Assaamualaikum.. Mau nanya ni Kak, 17 Februari 2001 hari apa, bulan Hijriah apa ? trima kasih sebelumnya….

    Kak Ichsan:
    17 Februari 2001 = Sabtu, 23 Dzulqaidah 1421 H

    Suka

  46. ass.wwb… mau nanya ni kak
    1. 2 maret 1969
    2. 8 desember 1970
    3. 23 agustus 1998
    4. 23 januari 2003
    5. 13 mei 2007
    hari apa, hidup brpa buln hijriah tkb sblmnya wslm

    Kak Ichsan:
    1. 2 maret 1969 = Ahad, 13 Zulhijjah 1388 H
    2. 8 desember 1970 = Selasa, 9 Syawal 1390 H
    3. 23 agustus 1998 = Ahad, 29 Rabiul Akhir 1419 H
    4. 23 januari 2003 = Kamis, 20 Zulqaidah 1423 H
    5. 13 mei 2007 = Ahad, 25 Rabiul Akhir 1428 H

    Suka

  47. kak ichsan mau tnya nie tgl23 feb 2011

    Kak Ichsan:
    23 Febr 2011 = Rabu, 19 Rabiul Awal 1432 H

    Suka

  48. kak, saya mau tanya tanggal 17 Juni 1999 itu tanggal hijriah dan tanggal jawanya apa?


    Kak Ichsan:
    17 Juni 1999 = Kamis, 3 Rabiul Awal 1420 H

    Suka

  49. Assalalamu’alaikum akhi :)
    Saya mau tanya tanggal 10 Agustus 1997 itu tanggal hijriah apa ?
    Syukron

    Kak Ichsan:
    10 Agustus 1997= 5 Rabiul Akhir 1418 H

    Suka

    • abdullah taufan lahir lhr 1957 harinya apa dan wetonnya apa.

      Kak Ichsan:
      tgl dan bulan kelahiran mana Gus?

      Suka

  50. Ass..kak Ichsan, mau tanya kalau :

    1. 16 Des 1992
    2. 13 sepe 1972

    Hari dan wetonya apa ? terimakasih

    Kak Ichsan:
    1. 16 Des 1992 = Rabu Wage
    2. 13 sepe 1972 = Rabu Kliwon

    Suka

  51. ka mo tanya ……
    08 Mei 1984 ..itu hari / weton apa ka

    Kak Ichsan:
    08 Mei 1984 = Selasa Kliwon

    Suka

  52. assalamualaikumsaya mau tanya klo 19 oktober 1996 pada tanggal hijriyahnya berapa?

    Kak Ichsan:
    19 oktober 1996 = Sabtu, 6 Jumada Tsani 1417 H

    Suka

  53. kak mau tanya weton tgl 1 agustus 1995 apa ya?

    Kak Ichsan:
    1 agustus 1995 = Selasa Pahing (4 Rabiul Awal 1416 H)

    Suka

  54. assalamualaikum
    saya mau tanya
    klo 22 oktober 1989
    pada tanggal hijriyahnya berapa?
    kirimkan ke emailku shohib_628@yahoo.com


    Kak Ichsan:
    22 oktober 1989 = 21 Rabiul Awal 1410 H

    Suka

    • 5 oktober 1963

      Suka

  55. ka klo tanggal 10 november 1990 nama pasarannya apa??trus klo blan islamnya apa??

    Suka

  56. Kak Ichsan mau tanya
    kalau tanggal :
    05 Januari 1990
    05 November 1990
    12 Juni 1987
    24 Maret 1988

    itu hari, tanggal , bulan dan tahun hijriyahnya brp ?
    mohon bantuannya kak

    Suka

  57. mau tanya ka kalau 06 juni 2013 hijriah nya apa ya ? tks

    Suka

  58. Asslmkm kak Ichsan.. Mau tanya hari apa dan weton jawa :
    1. Lahir 29 Juni 1985
    2. Lahir 14 Mei 1993
    3. Lahir 11 Mei 1997
    jawabannya di email aja ya kak
    Trm kasih

    Suka

  59. mu tanyak nih.. kalo 12 november 1992 bulan jawa n hijriahnya apa yaa?

    Suka

  60. 20 september 1997 weton jawanya apa gan??

    Suka

  61. saya ingin tanya kalau untuk tanggal berikut menurut tanggalan jawa apa ya ?
    tanggal 9 maret 1991
    tanggal 31 juli 1994
    tanggal 7 mei 2011
    trimakasih sblmnya

    Suka

  62. ass wr wb
    maaf mau tanya kalo
    1. 22 agustus 1972
    2. 21 juli 1972
    3. 25 mei 1995
    hari apa, bulan dan tahun dalam hijriyah?
    trims, wass

    Suka

  63. Tolong tanya…bulan – Rabi’ul Awwal dan Rajab” pada 2014 jatuh pada bulan apa ya…tks

    Suka

  64. Maaf kak mau nanya, kalo tanggal 15 sya’ban tahun 1968 masehi tu tanggal berapa masehi ya???
    sama hari jawanya
    terimakasih

    Suka

  65. kak, mau nanya klo tgl 11 Juni 1994 tgl hijriahnya brpa ?
    trmksih…

    Suka

  66. klau tanggal 27 mei 2002, hari apa, wetonnya apa dan bulan apa ya??txs

    Suka

  67. assalamualaikum kak mau nanya kalo sabtu wage bulan september, oktober sama november tahun 1969 itu tanggal berapa ya kak makasih sebelumnya

    Suka

  68. kak mau tanya kalu tanggall 26 bulan mei tahun 1998=

    Suka

  69. aslmkm..kang saya lahir 8 juni 78..saya mau tahu lahir hari sam weton…krn saya insyallah mau bangun rumah

    Suka

  70. maaf kak, juga mau numpang tanya nih
    17 agustus 1993
    17 agustus 1970
    24 april 1970
    3 desember 1996
    25 juni 2001
    makasih kak

    Kak Ichsan:
    17 agustus 1993 = Selasa, 28 Safar 1414 H
    17 agustus 1970 = Senin, 14 Jumad Tsani 1390 H
    24 april 1970 = Jum’at, 17 Safar 1390 H
    3 desember 1996 = Selasa, 21 Rajab 1417 H
    25 juni 2001 = Senin, 3 Rabi’ Tsani 1422 H

    Suka

    • Kak Mau Nanyak Klo 1 nopember 1990 =

      Suka

    • lahir 5 Oktober 1963 tanggal berapa penanggalan jawa

      Kak Ichsan:
      5 Oktober 1963 = Sabtu Wage, 16 Jumadil Awal 1383 H

      Suka

  71. mau tanya kalau tanggal 30 agustus 1982 hr slasa pasarannya apa?? trus hitungan tahun islamnya berapa ya??? sama tanggal 12 mei 1982, dan 20 februari 2009 juga ya makasih banyak bantuannya…

    Kak Ichsan:
    30 agustus 1982 = Senin Pon, 11 Dzul Qaada 1402 H
    12 mei 1982 = Rabu Pon, 18 Rajab 1402 H
    20 februari 2009 = Jum’at Wage, 24 Safar 1430 H

    Suka

  72. Kak mau tanya klau tnggl 1ramadhan 1991 tanggl masehinya brapa?..harinya apa ?..tahun H brpa ?..,mhn bantuannya makash.

    Kak Ichsan:
    1 Ramadhan 1411 = Senin, 18 Maret 1991

    Suka

  73. 3 0ktober 1990 bulan hijriah dan pasareannya,tolong di jelaskan ya kak? nuhun sebelumnya.

    Kak Ichsan:
    3 0ktober 1990 = Rabu Wage, 14 Rabiul Awal 1411 H

    Suka

  74. KAK IKUTAN NANYAK YOOO

    KLU KELAHIRAN 04 APRIL 1981
    JAWA DAN ISLAMNYA APA KAK MAKASIH

    KLU BISA SMS KE NOPE KU
    085 5844 28295

    ATAS BANTUANNYA MAKASIH BROTHER…..

    Kak Ichsan:
    4 APRIL 1981 = Sabtu Kliwon, 28 Jumad Awal 1401 H

    Suka

  75. makasih softwarenya… sangat memabntu

    Suka

  76. lahir 10 november 2007
    hari bulan tahun islamnya apa yah? trus menurut kalender jawanya apa ya? trims….

    Kak Ichsan:
    10 november 2007 = Sabtu, 29 Sawal 1428 H

    Suka

  77. kak klo tgl 14 september 1997 , hari & tg hijriah.a ap?

    Suka

  78. 11mei 1981 itu wetonnya apa ya pak?

    Kak Ichsan:
    11 Mei 1981 = Senin Pahing

    Suka

  79. kakak mau tanya tanggalan jawa sm hijriyah sm jawanya
    19 Desember 1992.
    21 Desember 2000
    01 Januari 1994

    Kak Ichsan:
    19 Desember 1992 = Sabtu, 24 Jumad Tsani 1413 H
    21 Desember 2000 = Kamis, 25 Ramadan 1421 H
    01 Januari 1994 = Sabtu, 18 Rajab 1414 H

    Suka

  80. kalo 28 oktober 1997 jika di rubah ke kalender hijrian itu brp ya ka??
    tolong bales

    Kak Ichsan:
    28 oktober 1997 = Selasa, 26 Jumad Tsani 1418 H

    Suka

  81. saya mau tanya kalau tanggal 1 Januari 2000 dan 14 agustus 2002 jatuhnya hari apa ya.

    Kak Ichsan:
    1 Januari 2000 = Sabtu, 24 Ramadan 1420 H
    14 agustus 2002 = Rabu, 5 Jumad Tsani 1423 H

    Suka

  82. kalau 12 februari 1997?

    Kak Ichsan:
    12 februari 1997 = Rabu, 4 Sawal 1417 H

    Suka

  83. 10 juni 1990 hari minggu apa ya??

    Kak Ichsan:
    10 juni 1990 = Minggu Wage, 16 Dzul Quada 1410 H

    Suka

  84. kak mau tanya kalau saya lahir tanggal 22-08-1968,,kalau hitunggan jawa tamggal brp,bulan apa,thn brp?dan neptu saya apa,,terimakasih atas jwbnnya

    Kak Ichsan:
    22-08-1968 = Kamis Pahing, 27 Jumad Awal 1388 H

    Suka

  85. Ass.wwb… mau tanya ni kak,tgl 10 Oktober 1977, 2 Mei 1985, 29 Juni 2009, hari apa hidup brpa tahun Hijriah Tksh banyak seblmnya.wsslm

    Kak Ichsan:
    10 Oktober 1977= Senin, 26 Sawal 1397 H
    2 Mei 1985= Kamis, 11 Shabaan 1405 H
    29 Juni 2009= Senin, 6 Rajab 1430 H

    Suka

  86. saya lahir pda tanggal 11 November 1990
    tlong ksh tw donk
    hari ap & tnggal hijiriahny ap y…………????

    Suka

  87. K’ ?
    Kalau tanggal 9 September 1996 itu dalam hijriyahnya tanggal berapa yah ?
    Terima Kasih ^_^

    Suka

  88. saya tanya kalau lahir tanggal 12 muharam tahun 1957 sabtu kliwon itu tanggal masehinya brp?

    Suka

  89. kak kalau tgl kelahiran 31 oktober 1986 hitungan tahun islamnya berapa ya kak?

    Suka

  90. kak mau tanya, kalo tanggal 31 agustus 1999 itu hitungan islamnya bulan apa dan tanggal brapa ?

    Suka

  91. kak q mau tanya klo tgl 6 maret 1992, 6 desember 1989 tanggal hijriahnya berapa ya kak

    Suka

  92. Assalamu’alaikum kak ichsan, saya ingin bertanya jika tgl 15 desember 1988 dikonversi ke Hijriyah itu tgl berapa ya kak?
    terimakasih…Wassalam..

    Suka

  93. Assalamualaikum kak ichsan, saya ingin bertanya jika tgl dikonversi ke Hijriyah itu tgl berapa ya kak?

    Terima kasih
    Wassalam

    Suka

  94. assalamu’alaikum Kak ichasn, mau tanya kalau tgl 25 dan 26 desember1985 tgl H dan weton jawa nya apa nya?? syukron

    Kak Ichsan:
    25 desember1985 = Rabu Legi, 13 Rabi Tsani 1406 H
    26 desember1985 = Kamis Pahing, 14 Rabi Tsani 1406 H

    Suka

  95. klo tgl 16 oktober 1981 dan tgl 27 februari 1981 berapa ya tgl hijriahnya…mksh sebelumnya

    Kak Ichsan:
    16 oktober 1981 = Jum’at Kliwon, 17 Zulhijjah 1401 H
    27 februari 1981 = Jum’at Wage, 22 Rabi Tsani 1401 H

    Suka

  96. Mohon Balasan-a ya?
    kalau tgl 12 April 2013 maka hitungan bulan arab/islam-a apa y??
    terima kasih.

    Kak Ichsan:
    12 April 2013 = Jum’at, 1 Jumad Tsani 1434 H

    Suka

  97. bang klu 28 januari 1990 itu bertepatan dengan tanggal berapa dalam penanggalan hijriyah. mohon bantuannya. terima kasih

    Kak Ichsan:
    28 januari 1990 = Ahad, 1 Rajab 1410 H

    Suka

  98. aq mau nanya klo tanggal 17 november 1972 jatuh pada bulan islam apa……

    Kak Ichsan:
    17 november 1972 = Rabu 17 Rabi’ Tsani 1392 H

    Suka

  99. kak saya lahir 3 Agustus 1989 dan istri saya 8 Oktober 1992 wetonnya apa ya kak ??? tnggal/bulan/tahun Jawa dan hijriahnya berapa ya kak ???
    matursuwun…

    Kak Ichsan:
    3 Agustus 1989 = Kamis Pon, 1 Muharam 1410 H
    8 Oktober 1992 = Kamis Kliwon, 11 Rabi’ Tsani 1413 H

    Suka

    • kak kalo tnggal/bulan/tahun weton jowone pinten geh ????
      3 agustus 1989 kaleh 8 oktober 1992
      matursuwun…

      Kak Ichsan:
      3 agustus 1989 =Kamis Pon, 1 Muharam 1410 H
      8 oktober 1992 = Kamis Kliwon, 11 Rabi Tsani 1413 H

      Suka

    • kak kalo 10 Mei 2013 weton hari,tanggal,bulan,tahun jawa dan hijriahnya apa ya ?????
      makasih….

      Kak Ichsan:
      10 Mei 2013 = Juma’t Wage, 29 Jumad Tsani 1434 H

      Suka

  100. 10 ramadhan 1410 H hari apa dan tanggal berapa masehi?

    Kak Ichsan:
    10 ramadhan 1410 H = Jum’at, 6 April 1990 M

    Suka

    • berapa ka?

      Suka

    • kalau
      3 mei 1997 dan 22 april 2001 kapan?

      Kak Ichsan:
      3 mei 1997 = Sabtu, 25 Dzulhijjah 1417 H
      22 april 2001 = Ahad, 28 Muharam 1422 H

      Suka

  101. Kak Mau tanya.kalau 13 feb 1993 pasranne sabtu ap ya
    Sama 6 januari 1991

    Kak Ichsan:
    13 feb 1993 = Sabtu Pon
    6 januari 1991 = Minggu Wage

    Suka

  102. kak kalau tgl kelahiran 11 desember 1976 hitungan tahun islamnya berapa ya kak?
    2 juni 1980?
    23 mei 2005?
    5 november 2007?

    Kak Ichsan:
    11 desember 1976 = Sabtu, 19 Dzul Hujjah 1396 H
    2 juni 1980 = Senini, 18 Rajab 1400 H
    23 mei 2005 = Senin, 14 Rabi’ Tsani 1426 H
    5 november 2007 = Senin, 24 Sawal 1428 H

    Suka

  103. Kak Ichsan, tolong bantuannya kalo tanggal 25 januari 2004 itu tanggal dfan bulan hijriahnya apa ya? oh ya satu lagi tanggal 25 Nopember 2012 juga ya kak. Terima kasih sebelumnya.

    Kak Ichsan:
    25 januari 2004 = Ahad, 3 Dzul Hijjah 1424 H
    25 Nopember 2012 = Ahad, 11 Muharaam 1434 H

    Suka

  104. kak saya mau nanya tanggal 30 april 2002 kalo hijriah bulan apa ?

    Kak Ichsan:
    30 april 2002 = Selasa, 17 Safar 1423 H

    Suka

  105. MAAF KALO TANGGAL 28 MEI 1993 MASUK HITUNGAN BULAN ISLAM APA YA…

    Kak Ichsan:
    28 MEI 1993 = Jum’at, 6 Dzul Hujjah 1413 H

    Suka

    • ralat… hijriyah

      Suka

  106. kalau 3 mei 1993 itu hitungan hijriah dan jawanya hari apa?tanggal berapa?tahun berapa?

    Kak Ichsan:
    3 mei 1993 = Senin, 11 Dzul Qaada 1413 H

    Suka

  107. mas kalau hari selasa pon bulan agustus th 1995 tanggal berapa ya???

    Kak Ichsan:
    hari selasa pon bulan agustus th 1995 adalah tanggal 22.

    Suka

    • saya mau tanya,, tanggal,bulan,tahun,nasionalnya dari: kamis pahing,sapar,1973 ,,, tolong di jawab ya,,,

      Kak Ichsan:
      kamis pahing,sapar,1973 adalah 29 Maret 1973 = Kamis Pahing, 24 Safar 1393 H

      Suka

  108. Assalam.. Kak, aku minta tolong dibantu, untuk tgl 10 agustus 1983 apa ya nama hari dan weton nya? Aku mau melangsungkan pernikahan, terima kasih.

    Kak Ichsan:
    10 agustus 1983 = Rabu Kliwon

    Suka

  109. KAAAK……
    24 APRIL 2001

    Kak Ichsan:
    24 APRIL 2001 = Selasa, 30 Muharam 1422 H

    Suka

  110. ka………….saya mau tanya, tgl. 15 juli 1988…itu hari jumat apa ya ka…jumat wage/pon/manis/ kliwon ? terima kasih banyak…

    Kak Ichsan:
    15 juli 1988 = Jumat Wage

    Suka

  111. kak mnta bntuanya kalau tanggal 20 juni 1989 ma 24 april 1992 tahun hijriah am pasanya ap?

    Kak Ichsan:
    20 juni 1989 = Selasa, 16 Dzul Qaada 1409 H
    24 april 1992 = Jumat, 20 Sawal 1412 H

    Suka

  112. misi klo tanggal 11 febuari 2002 itu weton nya apa masalahnya ibu saya lupa

    Kak Ichsan:
    11 febuari 2002 = Senin Pon

    Suka

  113. misi numpang tanya klo tanggal 8 januari 2000 itu weton,a ap ya ? mksh

    Kak Ichsan:
    8 januari 2000 = Sabtu Pon

    Suka

  114. askum….kak mau tnya.sabtu 5 sya’ban 1415.hri jwana ap?ni bwat akad nikah.tlng d bntu ya…..wasalamualaikum.trims.

    Kak Ichsan:
    5 sya’ban 1415 = 7 Januari 1995 = Sabtu Legi

    Suka

  115. Assalamualaikum..

    kalau sabtu, 03 februari 1991 tanggalan islamnya berapa???

    Kak Ichsan:
    3 Februari 1991 = Ahad, 18 Rajab 1411 H

    Suka

    • mau tanya pak untuk tanggal 25 dhulhijjah 1987 kalender masehix bulan dan tanggal brp??

      Kak Ichsan:
      25 Dzulhujjah 1407 H = Kamis, 20 Agustus 1987

      Suka

  116. Mau tanya pak ichsan kalo :
    07sep 1986
    18 agust 1978
    08juni 1983
    18agust 1981
    apa ya nama hari dan wetonya.. Trmksh

    Kak Ichsan:
    07sep 1986 = Minggu Pahing
    18 agust 1978 = Jum’at Kliwon
    08juni 1983 = Rabu Kliwon
    18agust 1981 = Selasa Legi

    Suka

  117. klo tanggal 10 safari berapa masehi

    Kak Ichsan:
    10 Safar tahun berapa?

    Suka

  118. assalamualaikum.. kak mau tanya.. kalo tgl 27 juli 1993 hitungan hijriyyahnya berapa?
    trus kalo tgl 17 muharram 1415, masehinya berapa? hari apa?

    Kak Ichsan:
    27 juli 1993 = Selasa, 7 Safar 1414 H
    17 muharram 1415 = Senin, 27 Juni 1994

    Suka

  119. mu tanya ni kang,,,klo….
    12 juli 1996

    Kak Ichsan:
    12 juli 1996 = Jumat, 26 Safar 1417 H

    Suka

  120. kalau 30 november 1993 sama 24 agustus 1995 apa ?

    Kak Ichsan:
    30 november 1993 = Selasa, 16 Jumad Tsani 1414 H
    24 agustus 1995 = Kamis, 27 Rabiul Awal 1416 H

    Suka

  121. asslmkm.mw tanya weton tanggal 6 juli 1991 apa y kak?

    Kak Ichsan:
    6 juli 1991 = sabtu kliwon

    Suka

  122. Aslmkm..kang mo tanya klo tanggal 15 februari 2006 jatuh pd bln hijriyah apa?

    Kak Ichsan:
    15 februari 2006 = Rabu, 16 Muharam 1427 H

    Suka

  123. assalamualaikum kak,, mau tanya kalo weton dari tanggal 28 februari 1997 sama 23 september 1995 apa ya?

    terima kasih sebelumnya,

    Kak Ichsan:
    28 februari 1997 = Jum’at Wage
    23 september 1995 = Sabtu Kliwon

    Suka

  124. klo tanggal 6 mei 1983, kalender H ny pa y?????

    Kak Ichsan:
    6 mei 1983 = Jum’at, 22 Rajab 1403 H

    Suka

  125. tolong ya kak..tgl 31 agust 1973, 16 agustu 1969, 21 des 2002, 27 april 2007, 14 des 2007…tgl dan bulan hijriahnya berapa,,ya

    Kak Ichsan:
    31 agust 1973= Jum’at, 2 Shabaan 1393 H
    16 agustu 1969= Sabtu, 2 Jumad Tsani 1389 H
    21 des 2002 = Sabtu, 16 Sawal 1423 H
    27 april 2007 = Jum’at, 9 Rabi’ Tsani 1428 H
    14 des 2007 = Jum’at, 4 Dzul Hijjah 1428 H

    Suka

  126. 7 september 1994

    Suka

    • kk mau tanya kalau tanggal 15 januari 1997 berapa tanggal hijriahnya


      Kak Ichsan:
      15 januari 1997 = Rabu, 5 Ramadan 1417 H

      Suka

  127. ass.wr.wb
    pak ichsan saya mau tanya ,berapa tanggal dan tahun hijriyahnya untuk tanggal nasional dibawah ini.
    31 mei 2001
    15 september 2001
    7 mei 2002
    27 mei 2004
    17 juni 2005
    25 desember 2005
    8 maret 2009
    18 november 2011 dan
    22 juli 2002

    terima kasih pak ichsan atas jawabanya.
    wassalamualaikum wr.wb.

    abu reza.

    Kak Ichsan:
    31 mei 2001 = Kamis, 8 Rabiul Awal 1422 H
    15 september 2001 = Sabtu, 27 Jumad Tsani 1422 H
    7 mei 2002 = Selasa, 24 Safar 1423 H
    27 mei 2004 = Kamis, 7 Rabi Tsani 1425 H
    17 juni 2005 = Jum;at, 10 Jumad Awal 1426 H
    25 desember 2005 = Ahad, 23 Dzul Qaadah 1426 H
    8 maret 2009 = Ahad, 11 Rabiul Awal 1430 H
    18 november 2011 = Jum’at, 22 Dzulhijjah 1432 H
    22 juli 2002 = Senin, 11 Jumad Awal 1423 H

    Suka

  128. saya mau nanya kalau lahir tanggal 9 Nopember 1999 hitungan bulan islam tanggal,bulan dan tahun berapa

    Kak Ichsan:
    9 Nopember 1999 = Selasa, 30 Rajab 1420 H

    Suka

  129. malam kak
    klo tanggal 3 september 1993, tanggal, bulan, tahun dalam kalender islam sama kalender jawa? makasih kak :)

    Kak Ichsan:
    3 september 1993 = Jumat, 16 Rabiul Awal 1414 H

    Suka

  130. mau nanya kak klo tanggal 23 Agustus 1970,,wetonnya apa ya??

    Kak Ichsan:
    23 Agustus 1970 = Minggu Pon

    Suka

  131. tanggal 27 oktober 1989

    Kak Ichsan:
    27 oktober 1989 = Jum’at, 27 Rabiul Awal 1410 H

    Suka

  132. mau tanya 10 februari 1996, 21 april 1995, 22 agustus 1995, 5 maret 1996, 11 juni 1995, 29 mei 1996, 10 desember 1995, tahun hijriahnya ? aku bingung download app.nya…

    Kak Ichsan:
    Petunjuk mengunduh dapat dilihat pada halaman “Unduh”
    10 desember 1995 = Ahad, 17 Rajab 1416 H
    21 april 1995= Jumat, 21 Dzul Qaadah 1415 H
    22 agustus 1995= Selasa, 25 Rabiul Awal 1416 H
    11 juni 1995= Ahad, 12 Muharam 1416 H
    5 maret 1996= Selasa, 15 Sawal 1416 H
    29 mei 1996 = Rabu, 11 Muharam 1417 H
    10 februari 1996= Sabtu, 20 Ramadan 1416 H

    Suka

  133. Mas Ichsan saya mau tanya :
    1 Muharam ( Suro ) Tahun 1434H = 15 November 2012.
    Kalau 1 Muharam ( Suro ) Tahun 1389 = ? ( Tanggal Masehinya )
    Atau 1 Muharam ( Suro ) Tahun 1388 = ? ( Tanggal Masehinya )
    Terima kasih

    Kak Ichsan:
    1 Muharam ( Suro ) Tahun 1434H = 15 November 2012.
    1 Muharam ( Suro ) Tahun 1389 = 20 Maret 1969
    1 Muharam ( Suro ) Tahun 1388 = 40 Maret 1958

    Suka

    • mau tanya
      lahir ygl 15 juni 1988
      sma 11 febuari 1996

      Kak Ichsan:
      15 juni 1988 = Rabu, 30 Sawal 1408 H
      11 febuari 1996 = Ahad, 21 Ramadan 1416 H

      Suka

      • mau tanya lahir tgl 15 juni 1988
        sma 11 febuari 1996
        wetonnya apa :)

        Kak Ichsan:
        15 juni 1988 = Rabu Wage
        11 febuari 1996 = Minggu Legi

        Suka

  134. Kalau 30 September 1997, tanggal, bulan, dan tahun berapa hijriyah, kak?

    Please reply :)

    Kak Ichsan:
    30 September 1997 = Selasa, 28 Jumad Awal 1418 H

    Suka

    • assalamualikum kalo tanggal 15 Januari 1997 brp ya kk

      Kak Ichsan:
      15 Januari 1997 = Rabu, 5 Ramadan 1417 H

      Suka

    • makasih sebelumnya pertanyaan saya udah dijawab, tapi saya mau nanya lagi nih kak :D
      kalau
      16 juli 1956
      18 juli 1965
      1 juli 1977
      25 juli 1985
      30 januari 1991
      15 maret 2007
      11 september 2009
      28 desember 1996

      sorry kalo kebanyakan kak :D

      Kak Ichsan:
      16 juli 1956 = Senin, 7 Dzul Hijjah 1375 H
      18 juli 1965 = Ahad, 18 Rabiul Awal 1385
      1 juli 1977 = Jum’at, 14 Rajab 1397 H
      25 juli 1985 = Kamis, 7 Dzul Qaadah 1405 H
      30 januari 1991 = Rabu, 14 Rajab 1411 H
      15 maret 2007 = Kamis, 25 Safar 1428 H
      11 september 2009 = Jum’at, 21 Ramadan 1430 H
      28 desember 1996 = Sabtu, 17 Shaaban 1417 H

      Suka

  135. Ass… mau tanya, kalau :
    – tanggal 07 Maret 1974
    – tanggal 09 Maret 1999
    – tanggal 13 Maret 1973 dan
    – tanggal 13 Januari 2010 bertepatan dengan tanggal dan tahun dalam bulan Hijriah. Tkb

    Kak Ichsan:
    07 Maret 1974 = Kamis, 12 Safar 1394 H
    09 Maret 1999 = Selasa, 20 Dzul Qaadah 1419 H
    13 Maret 1973 = Selasa, 8 Safar 1393 H
    13 Januari 2010 = Rabu, 27 Muharam 1431 H

    Suka

  136. Kak kalau tgl 27 april 1977 hari pasarannya apa
    Makasih

    Kak Ichsan:
    27 april 1977 = Rabu Pahing

    Suka

  137. kak saya mau nanyak.
    kalau lahir tanggal 19 november 1990 hari senin weton nya apa kak???

    please bales lah kak….

    Kak Ichsan:
    19 november 1990 = senin legi

    Suka

    • kak kalau tanggal 22 bulan mei tahun 1990 jadi umur saya berapa sekarang kak……….

      Kak Ichsan:
      Wah ini kuis ya?

      Suka

  138. 1 tahun dari tgl 16 desember 2011 ke 2012 jatuh pada tanggal berapa utk kalender jawa? utk memperingati 1 th wafatnya alm.
    Thanks

    Kak Ichsan:
    Bantuan yang mampu saya berikan ini sebatas konversi hijriyah-masehi atau sebaliknya dan hanya menggunakan alikasi.
    Maaf, untuk hitungan seperti yang Mbak Rini tanyakan ini tidak tersedia menunya pada aplikasi tadi.

    Suka

  139. 14 agustus 1997

    Suka

  140. Kk mau tanya tgl 13 maret 1992, kalender hijriahnya apa ya kk?

    Kak Ichsan:
    13 maret 1992 = Jumat, 8 Ramadan 1412 H

    Suka

  141. tahun hijriah nya apa? tanggal 13 maret 2003 dan 9 februari 2006

    Kak Ichsan:
    13 maret 2003 = Kamis, 10 Muharam 1424 H
    9 februari 2006 = Kamis, 10 Muharam 1427 H

    Suka

  142. nanya lagi 1 mei 1969,
    2 agustus 1981
    31januari 2008
    22 september 1969

    Kak Ichsan:
    1 mei 1969 = Kamis, 14 Safar 1389 H
    2 agustus 1981 = Ahad, 1 Syawal 1401 H
    31januari 2008 = Kamis, 22 Muharam 1429 H
    22 september 1969 = Senin, 10 Rajab 1389 H

    Suka

  143. Kalau tanggal 8 september 1997 .,, sama 15 mei 2001 ,,, tanggal dan tahun hijriyahnya apa? makasih


    Kak Ichsan:
    8 september 1997 = Senin, 6 Jumad Awal 1418 H
    15 mei 2001 = Selasa, 21 Safar 1422 H

    Suka

  144. kak klo tgl 13 oktober 1983 weton/wedal nya apa ya kak?

    Kak Ichsan:
    13 oktober 1983 = Kamis Pahing

    Suka

  145. mau tanya kalo 25 juni 1993 itu bulan hijriahnya apa?

    Kak Ichsan:
    25 juni 1993 = Rabu, 12 Shaaban 1403 H

    Suka

  146. ass. kg mnta tolong bngett. klau 16 oktober 2011 & 20 november 2004 itu weton nya ap ya kg? mnta tlong bnget kg,ass.

    Kak Ichsan:
    16 oktober 2011 = Minggu Pahing
    20 november 2004 = Sabtu Legi

    Suka

  147. pak saya lahir 14 mulud 1411 hijriah
    kalau masehinya jatuh pada hari apa? tanggal berapa? bulan apa? tahun berapa? kalau tau segera balas dan sms ke no 085695633859 nanti saya kasih pulsa. terima kasih

    Kak Ichsan:
    14 mulud 1411 H = Rabu, 3 Oktober 1990

    Suka

  148. saya mau tanya… kalau 30 januari 1989 hitungan bulan islam n jawa nya apa ya??

    satu lagi…. kalau 20 februari 1987 juga brp???

    Kak Ichsan:
    30 januari 1989 = Senin, 22 Jumad Tsani 1409 H
    20 februari 1987 = Jum’at, 21 Jumad Tsani 1407 H

    Suka

  149. Kak saya mau tanya saya lahir tgl 25 maret 1984 hari minggu yg saya tanya kn hari minggu yetu minggu legi taw minggu pon trima kasih

    Kkak Ichsan:
    25 maret 1984 = Minggu legi

    Suka

  150. nanya tahun hijriyah tanggal bulan hari dan weton jawa
    12 november 1980
    25 pebruari 1981
    15 maret 2011

    saya ga ngerti…terimakasih sanget atas balasannya

    Kak Ichsan:
    2 november 1980 = 24 Dzul Hijjah 1400 H = Ahad Pahing
    25 pebruari 1981 = 20 Rabi Tsani 1401 H = Rabu Pahing
    15 maret 2011 = 10 Rabi Tsani 1432 H = Selasa Pahing

    Suka

  151. kak Icksan, tolong dibantu saya, saya lahir di bulan safar 1973 harinya sabtu pon, nah kalender masehinya tanggal berapa ya? terimakasih banyak sebelumnya

    Kak Ichsan:
    10 Maret 1973 = 5 Safar 1383 H = Sabtu Pon

    Suka

  152. kk mau tanya kalau lahir tanggal 14 november 2001 wetonnya apa ya kak


    Kak Ichsan:
    14 november 2001 = Rabu Wage

    Suka

  153. tolong ya kak, kalo tanggal 1 januari 1991 jatuh pada hari apa y?
    nama weton dan bulan jawanya juga’

    Kak Ichsan:
    1 januari 1991 = Selasa, 14 Jumad Tsani 1411 H

    Suka

  154. Mw tanya nama hari islam, nama weton, hari jawa tgl 05-10-1991. Trma kasih


    Kak Ichsan:
    05-10-1991 = Sabtu, 26 Rabi Awal 1412 H

    Suka

  155. asslmkm. Mau tanya TTL: Kamis, 15 juni 2006 hitungan hijriah & jawanya apa…? trima kasih…..

    Kak Ichsan:
    15 juni 2006 = Kamis, 18 Jumad Awal 1427 H

    Suka

  156. maaf yang saya tanyakan kemarin tahunnya ad kesalahan maksudnya saya mau tanya ttl 10 januari 1977 kalo kalender hijriah ma tanggal jawanya apa? makasih

    Kak Ichsan:
    10 januari 1977 = Senin, 20 Muharam 1397 H

    Suka

  157. kak saya mau tny tgl 1-10-1992 & 31-12-1992 & 13-4-2001..saya tanya nama hari, nama weton,bulan jawa,bulan islam trima kasih

    Kak Ichsan:
    1-10-1992 = 4 Rabi Tsani 1413 H, Kamis pon
    31-12-1992 = 6 Rajab 1413 H, Kamis wage
    13-4-2001 = 19 Muharam 1422 H, Jum’at wage

    Suka

    • kak saya tny tgl 20-9-1978 & 20-07-1982 & 11-10-1992…saya nanya nama weton hari,bulan jawa,bulan islam…trima kasih.

      Kak Ichsan:
      20-9-1978 = Rabu, 17 Sawal 1398 H
      20-07-1982 = Selasa, 28 Ramadan 1402 H
      11-10-1992 = Ahad, 14 Rabi Tsani 1413 H

      Suka

  158. ass…., mau nanya lagi nich ttl 10 januari 1997 kalender hijriah ma tgl jawanya apa ya? makasih….

    Kak Ichsan:
    10 januari 1997 = Jumat, 30 Shaban 1417 H

    Suka

  159. ass…
    19 november 1992
    2 agustus 1989
    tahun hjriahnya apa kak??

    Kak Ichsan:
    19 november 1992 = Kamis, 24 Jumad Awal 1413 H
    2 agustus 1989 = Rabu, 29 Dzulhijjah 1409 H

    Suka

  160. ass… saya mau tanya kalo ttl 12 september 2006 hitungan bulan islam bulan apa dan tgl jawa apa..? makasih sebelumnya

    Kak Ichsan:
    12 september 2006 = 19 Shaban 1427 H, Selasa pahing

    Suka

  161. Saya mau tanya, tgl 12 September 2006 kalender hijriah ma tgl jawa apa?

    Kak Ichsan:
    12 September 2006 = 19 Shaban 1427 H = Selasa Pahing

    Suka

  162. kalo 16 mei 1991. itu weton nya apa yahh kaka

    Kak Ichsan:
    16 mei 1991 + Kamis Wage

    Suka

  163. . Assalamu’alaikum….
    Saya mau tanya, tanggal 05 April 1998 dan tanggal 05 November 1997 tanggalan hijriahnya apa ya?

    Makasih….

    Kak Ichsan:
    05 April 1998 = Selasa, 18 Shaban 1408 H
    05 November 1997 = Rabu, 4 Rajab 1418 H

    Suka

  164. Kak , saya mw tny . Tgl 8 agustus 1988 . Dan 16 april 2002 . Itu hari n pasaran jawa ny apa ya?? Soalny q mw unduh g bs…

    Kak Ichsan:
    8 agustus 1988 = Senin Pon
    16 april 2002 = Selasa Pahing

    Suka

  165. mau tanya kak…kalo tgl 17 romadlon 1996 gt masehinya ap ya?

    Kak Ichsan:
    17 romadlon 1416 H = 7 Februari 1996

    Suka

  166. klo beleh tau,,
    hari / weton dari tgl 10 Desember 1990
    apa ya ??

    Kak Ichsan:
    10 Desember 1990 = Senin pahing

    Suka

  167. Maaf saya mau tanya kalau lahir tgl 25 Agustus 1975 jam stengah 7 mlm masuknya hari Senin atau selasa ya? itu gmn hitungan jawa dan hitungan islamnya? lalu kalau tgl 09 Februari 1980 itu gmn hitungan jawa dan hitungan islamnya? mksh

    Kak Ichsan:
    Menurut orang tua, sore (ashar) sudah dihitung sebagai hari esok.
    25 Agustus 1975 = Senin, 17 Shaaban 1395 H
    09 Februari 1980 = Sabtu, 22 Rabiul Awal 1400 H

    Suka

  168. mhon bntuannya
    24 desember 1994
    09 maret 1995
    26 juni 1994
    hijriyahnya apa ya ?
    Mksh

    Kak Ichsan:
    24 desember 1994 = Sabtu, 21 Rajab 1415 H
    09 maret 1995 = Kamis, 7 Sawal 1415 H
    26 juni 1994 = Ahad, 16 Muharam 1415 H

    Suka

  169. 17 agustus 1985 wetonnya apa mas?

    Kak Ichsan:
    17 agustus 1985 = Sabtu Legi, 30 Dzulqada 1405 H

    Suka

  170. assalamualaikum,wr,wb
    saya mau tanya,klo tanggal 11 juni 1999 brapa ya tanggal hijiriahnya?…..

    Kak Ichsan:
    11 juni 1999 = Jum’at, 26 Safar 1420 H

    Suka

  171. assalamualaikum wr wb tahun 2013 bulan besar hari jumat kliwon jatuhnya pada tanggal berapa ya kak? mhon bantuannya kak ichsan n tepatnya bulan november apa desember? sangat penting nih kak ichsan mhon bantuannya…..

    Kak Ichsan:
    22 Maret 2013 = 10 Jumadil Awal 1434 H = Jum’at Kliwon

    Suka

  172. asslmkm..wrwb..,
    maaf mau tanya, kalau tggl 20-11-1982 dan 13 juni 1992 tahun hijriyah dan jawanya berapa bang?

    Kak Ichsan:
    20-11-1982= Sabtu, 4 Safar 1403 H
    13 juni 1992 = Sabtu, 11 Dzulhijjah 1412 H

    Suka

  173. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
    19 Juli 1984 & 7 Agustus 1985, hijriyahnya apa ya..?
    Makasih…

    Kak Ichsan:
    19 Juli 1984 = Kamis, 19 Syawal 1404 H
    7 Agustus 1985 = Rabu, 20 Dzul Quada 1405 H

    Suka

  174. kak, saya lahir pada tgl 13 Juni 1995 , tanggal Hijriyahnya berapa ya kak . . . . ???
    trima kasih.

    Kak Ichsan:
    13 Juni 1995 = Selasa, 14 Muharam 1416 H

    Suka

    • tanya lgi ya mas ya . . . . ?
      tgl 12 Desember 1972
      tgl 28 February 1979
      tgl 03 November 1983
      tgl 13 Mei 1988
      tgl 25 Juni 1990
      tgl 10 oktober 1998
      dan
      tgl 17 february 2001

      smua itu hijriyahnya tgl berapa ????

      Kak Ichsan:
      tgl 12 Desember 1972 = Selasa, 6 Dzul Quada 1392 H
      tgl 28 February 1979 = Rabu, 1 Rabi Tsani 1399 H
      tgl 03 November 1983 = Kamis, 27 Muharram 1404 H
      tgl 13 Mei 1988 =Jumat, 26 Ramadan 1408 H
      tgl 25 Juni 1990 = Senin, 2 Dzul Hijjah 1410 H
      tgl 10 oktober 1998 = Sabtu, 19 Jumad Tsani 1419 H
      tgl 17 february 2001 = Sabtu, 23 Dzul Quada 1421 H

      Suka

  175. mas kalo 30 september 1996 wetonnya apa?

    Kak Ichsan:
    30 september 1996 = Senin Pon

    Suka

  176. maaf saya mau minta bantuannya…saya lahir tgl 14 november 1990..itu klu menurut kalender islam….???seimbang ga sih sama orang yg tgl lahirnya 22 agustus 1988

    Kak Ichsan:
    Seimbang bagaimana?
    Wah ini, urusan jodoh ya? Maaf, saya tidak ngerti urusan kelahiran dikaitkan dengan perjodohan.
    Sekedar saran, kalau sudah seiman, sudah komunikasi dan sepakat, ya sebaiknya ditindaklanjuti.

    Suka

  177. mama saya lahir bulan safar tahun 1957 hari minggu wage … tapi dia gak tau tanggal masehinya… tnggal masehinya kapan ya kak???

    Kak Ichsan:
    1 Sept 1957 = Minggu Wage = 6 Safar 1377 H

    Suka

  178. saya lahir tgl 29 november 1990,,klo kahiran hari kamis, menurut jawa kamis apa yah, apa pahing,kliwon,pon,atau apa sch,, maav petunjuk’y

    Kak Ichsan:
    29 november 1990 = Kamis Legi

    Suka

  179. saya mau tanya kak, tanggal 10 maret 2007, penaggalan jawa dan hari jawanya apa,,,??? makasih

    Kak Ichsan:
    10 maret 2007 = Sabtu legi, 20 Safar 1428 H

    Suka

  180. kak klo saya lahir tgl 8 juli itu hari apa ya,,, maksudnya pahing, kliwon, wage atau legi.. trima kasih

    Kak Ichsan:
    Tahunnya berapa Mas?

    Suka

  181. tLong d bAntu tgl kelahiran saya hari rabu pahing dhzulqaidah 1992,
    itu bertepat tanggal berapa dan bulan apa???makasih,

    Kak Ichsan:
    13 Mei 1992 = Rabu pahing, 10 dzulqa’dah 1412 H

    Suka

  182. kak,,,saya mau tahu klu tgl lahir senin.25 desember 1989 klu u hitungan kalender jawa hari senin nya senin apa ya kak…trims

    Kak Ichsan:
    25 desember 1989 = Senin pahing

    Suka

    • kak,aku mau tau klw senin 13 mei 2002 klw kalender hijriah.a apa????

      Kak Ichsan:
      13 mei 2002 = Ahad, 21 Jumad Tsani 1433 H

      Suka

  183. kak tolong lihatin tanggal 07 agustus 1983 hari apa n tanggalan menurut jawanya hari apa n tanggal brapa? trima kasih

    Kak Ichsan:
    7 agustus 1983 = Minggu kliwon, 27 Sawal 1403 H

    Suka

  184. Mohon dibantu tanggal 7 Nopember 1963 jatuh hari apa berikut tanggal bulan jawa. Terima kasih sebelumnya

    Kak Ichsan:
    7 Nopember 1963 = Kamis, 20 Jumad Tsani 1383 H

    Suka

  185. assalamualaikum kak , begini sampai saat ini sy msh bingung untuk menentukan hari kelahiran sy . menurut catatan orang tua sy . sy lahir . tggl 05 rajab 1979. yg sy tanyakan , bln berapa rajab itu. di thn 1979 . terimakasih assalamualaikum ,

    Kak Ichsan:
    Kamis, 5 Rajab 1399 H = 31 Mei 1979

    Suka

  186. SAYA LAHIR HARI KAMIS , TANGGAL 21 SEPTEMBER 1995. DALAM KALENDE JAWA HARI APA ?

    Kak Ichsan:
    21 SEPTEMBER 1995 = Kamis, 25 Rabi Tsani 1416 H

    Suka

  187. maaf mau tanya , jum’at pahing bulan Dzulhijah di tahun masehi 1984 itu tanggal dan bulan masehinya berapa ya ? soalnya tgl lahir saya di ijazah salah kaprah, mohon jawabannya terima kasih

    Kak Ichsan:
    Jumat pahing, 7 September 1984 = 11 Dzulhijjah 1404 H

    Suka

  188. kak kalau tgal 20 november waktu tahun 1995 itu pasaran nya apa kayak pon atau kliwom gitu? makasih

    Kak Ichsan:
    20 Nov 1995 = Senin, 26 Jumad Tsani 1416 H

    Suka

  189. mau tanya jg donk.klu lahir tanggal 4-desember-1993 ?tq

    Kak Ichsan:
    4 Des 1993 = Sabtu, 20 Jumad Tsani 1414 H

    Suka

  190. kak kalo tanggal 10 sya`ban 1995 hari rabu sama dengan tanggal brapa kalo d bulan masehinya?

    Kak Ichsan:
    10 Sya’ban 1415 H = Kamis, 12 Jan 1995

    Suka

  191. maaf ka, kalau senin, 13 syaban 1992 lengkapnya gimana? Trims…

    Kak Ichsan:
    senin, 13 syaban 1412 H = 17 Febr 1992

    Suka

  192. mau tanya weton di tanggal 15 juli 1994
    d les ya thanks

    Kak Ichsan:
    15 juli 1994 = Jumat, 6 Safar 1415 H

    Suka

  193. ka ikhsan kalo hari rabu bulan september 1989 , nama hari jawanya apa,legi pa pahing

    Kak Ichsan:
    5 September 1989 = Rabu, 5 Safar 1410 H

    Suka

  194. maab mau tnyak klok 21 april 2008 ntu htungan blan islam ntu apa zaaaaa///?????
    mkasih

    Kak Ichsan:
    21 april 2008 = Jumat, 14 Ramadan 1409 H

    Suka

  195. kalau lahir tanggal 10 Juli 1977, hari jawa dan pasarannya apa???

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu konversi.
    10 Juli 1977 = Ahad, 23 Rajab 1397 H

    Suka

    • kak kalo tanggal 14 juli 1989 ap ya tanggal jawanya makaci

      Kak Ichsan:
      14 juli 1989 = Jumat, 10 Dzulhijjah 1409 H

      Suka

  196. mau tanya kak,
    kata ibu aku lahir 12 maulid nabi 1992, kalender nasionalnya tgl brp y n bulan apa? mohon di bls

    Kak Ichsan:
    Rabu, 12 Rabiul Awal 1413 H = 9 September 1992

    Suka

  197. kalau lahir tanggal 5 agustus 1984. kalau tanggal dan bulan jawanya, kira2,bula berapa?

    Kak Ichsan:
    5 agustus 1984 = Ahad, 7 Dzul Qa’da 1404 H

    Suka

  198. assalamu-alaikum wr wb.
    gan, mau tanya..
    Hari raya idul fitri thun 1990 itu tgal dn bulan nya apa ,..?
    Bisa ndak,.?
    mhon djwab . . soal a pnting ..

    Kak Ichsan:
    Hari raya idul fitri thun 1990 adalah Jum’at, 1 Sawal 1410 H = 27 April 1990

    Suka

  199. Klo lahir tanggal 12 rabiul awal 1985,lengkapnya bgmn ya?

    Kak Ichsan:
    12 rabiul awal 1406 = Senin, 25 November 1985

    Suka

  200. Klo lahir tanggal 13 nov 1985,lengkapnya bgmn ya?

    Kak Ichsan:
    13 nov 1985 = Rabu, 29 Safar 1406 H

    Suka

  201. kak mo tny neh,. Tgl lahir ga tau cm tau hari SENEN KLIWON bulan RAMADHAN tahun 1964. Kira2 tgl hijriyahnya brp yaa,. Makasih sblmnya,.
    Salam

    Kak Ichsan:
    Senin, 19 Ramadan 1383 H = 3 Februari 1964

    Suka

  202. assalamualaikum
    mau minta bantu kk ichsan, 30 November 1985
    terima kasih

    Kak Ichsan:
    30 November 1985 = Sabtu, 17 Rabiul Awal 1406 H

    Suka

  203. mas tgl 16 sya’ban 1424 h, iu tgl masehinya berapa

    Kak Ichsan:
    16 sya’ban 1424 h = Senin, 13 Oktober 2003

    Suka

  204. maz mau tanya tanggal 15 desember 2003 itu bulan syawal tgl brp sama wetonnya apa? gpl.

    Kak Ichsan:
    15 desember 2003 = Senin, 21 Sawal 1424 H

    Suka

  205. saya lahir senin kliwon bulan syaban sktar tahun 1410/1411 ,yg jd pertanyaan aku lahir tgl bln thun brpa dlm masehi,tlg bantuan’y ya !!!!!!
    Sangat di tunggu.
    Makasih,maju terus.

    Kak Ichsan:
    Hasil berikut berdasar software, benar atu tidak wallahu a’lam bisawab.
    8 Juni 1981 = Senin Kliwon, 5 Shaban 1401 H

    Suka

  206. assalamualaikum…
    28 Desember 1989 hijriyahnya berapa ya kakberapa ya ka?

    Kak Ichsan:
    28 Desember 1989 = Kamis, 29 Jumad Awal 1410 H

    Suka

  207. assalamualaikum. Kata ortu, saya lahir 13 syaban 1993. Kalau lengkapnya bagaimana ya? Terimakasih.

    Kak Ichsan:
    Jum’at, 13 Syaban 1413 H = 5 Februari 1993

    Suka

    • maaf, kalau hari senin, 13 syaban 1992 bagaiman? trims..

      Suka

  208. kata ortu: saya lahir Rabu, 13 Rabiul Awal th 1964 klo dikonversi ke masehi semua tgl dan bulan apa ya?tks

    Kak Ichsan:
    13 Rabiul Awal 1384 H (Kamis) = 23 Juli 1964

    Suka

  209. Mas, itu urutanya benar atau tidak…..?

    Kak Ichsan:
    Mungkin yang dimaksud urutan nama bulan Jawa, ya ada kekeliruan dan telah saya perbaiki.
    Terimakasih tas koreksinya, semoga menjadi amalan mulia disisi Allah SWT.

    Suka

  210. assalamualaikum wr,wb mau tanya
    23 desember 1981
    31 maret 1993 mksh smoga di rahmati allah swt.

    Kak Ichsan:
    23 desember 1981 = Rabu, 26 Safat 1402 H
    31 maret 1993 = Rabu, 7 Syawal 1413 H

    Suka

  211. kak, sya mau tanya…kalo tanggal 5 oktober 1990 sama 12 april 1994 itu apa yaa tanggalan jawa(kliwon,wage,legi,dsb)? please kasih tau dong kak..thanks :)

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu konversi berikut.
    5 oktober 1990 = Jum’at, 16 Rabiul Awal 1411 H
    12 april 1994 = Selasa, 1 Dzul Qaada 1414 H

    Suka

  212. kak kalo tanggal 25 Juli thn 200 kapan ya? sama 24 rajab 1413 kalender nasionalnya berapa? mksh….

    Kak Ichsan:
    25 Juli 2000 = Selasa, 23 Rabiu Tsani 1421 H
    24 rajab 1413 = Ahad, 17 Januari 1993 M

    Suka

  213. saya lahir tanggalnya ngga jelas,kira kira saja,tetapi harinya jelas KAMIS PON,bulan agustus,tahun 1976,kira kira itu tanggal berapa ya . . . .

    Kak Ichsan:
    Kira-kira 26 Agustus 1976, untuk hijriyahnya Kamis, 30 Syaban 1396 H

    Suka

  214. 03 Des 1990,tgl hjriahny brpa kaq? Thanks before

    Kak Ichsan:
    03 Des 1990 = Senin, 15 Jumad Awal 1411 H

    Suka

  215. kl senin 14 juli 2003 jawanya apa

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu konversi sbb.
    14 juli 2003 = Senin, 24 Jumadil Awal 1424

    Suka

  216. mas mau tanya yanggal 11 desember 1997, tanggal berapa bulan sya’ban dan tahun berapa hijriyah ???? syukron …

    Kak Ichsan:
    11 Des 1997 = Kamis, 11 Shaban 1418 H

    Suka

  217. k tolong dong bulan hijriahnya 14-08-2005
    trims

    Kak Ichsan:
    14-8-2005 = Ahad, 8 Rajab 1426 H

    Suka

  218. Kak,kata org tua saya,,saya lahir tgl 2,bulan 2 sapar,harinya jum’at kliwon,,,tahun masehi nya 1982.la yg sya ingin tahu,tgl,bulan hijriya nya,dan thn masehin nya…

    Kak Ichsan:
    Kamis, 2 Shafar 1403 H = 18 November 1982
    (Menurut perhitungan orang tua, sore/ashar sudah dihitung hari esok)

    Suka

    • tanggal 17 maret 1984 tanggal bulan tahun hijriyah na apa????

      Kak Ichsan:
      17 maret 1984 = Sabtu, 14 Jumad Tsani 1404 H

      Suka

    • kak tanggal24 bian 3 tu hr pa…… rindu oooya kakak pa kak ichsan yg prnah ke smp 3

      Kak Ichsan:
      Tgl 24 bulan 3, setiap tahun ada, yang ditanyakan tahun berapa?
      SMP 3 mana Mbak Rin?

      Suka

  219. kak, kalau 15 februari 1992, dlm hijriyah & jawanya apa?

    Kak Ichsan:
    15 februari 1992 = Sabtu, 11 Shaban 1412

    Suka

  220. Ka kalo tgal 31 agustus 1994, itu tgal bln th hijriahny apa?

    Kak Ichsan:
    31 agustus 1994 = Rabu, 23 Rabiul Awal 1415

    Suka

  221. kak…kalo 3 desember 1989 kak?
    soalny buat mencari hari baik buat pernikahan…

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu konversi. 3 desember 1989 = Ahad, 4 Jumad Awal 1410 H

    Suka

  222. mau tanya bulan islamnya 13 februari 2007 apa ya ? terimakasih :)

    Kak Ichsan:
    13 februari 2007 = Selasa, 24 Muharam 1428 H

    Suka

  223. kak tanggal 20 november 2001, tanggal bulan dan tahun hijriahnya berapa??
    minta tolong bgt…

    Kak Ichsan:
    20 November 2001 = Selasa, 4 Ramadan 1422 H

    Suka

    • kak sekalian kalo tanggal 26 desember 2008, tanggal bulan dan tahun hijriahnya berapa??
      makasih banyak sebelumnya..

      Kak Ichsan:
      26 desember 2008 = Jum’at, 28 Dzul Hijjah 1429 H

      Suka

  224. kak,, kalo tanggal 27 juli 1991 itu 15 atau 16 muharram 1412 sih kak??

    Kak Ichsan:
    27 juli 1991 = Sabtu, 15 muharram 1412 H

    Suka

  225. ass..kak klo 11 april 1990 klo hitungan bulan islam nya

    Kak Ichsan:
    11 april 1990 = Rabu, 15 Ramadan 1410 H

    Suka

  226. kak sy mau tanya klu hari raya izdul adha di tahun 1971 jatuh pada tanggal berapa? dan bulan apa di masehinya/ terimakasih

    Kak Ichsan:
    (Hari raya Idul Adha)Sabtu, 10 Dzulhijjah 1390 H = 6 Februari 1971 M

    Suka

  227. kak….maaf nanang mau tanyak
    lau 16 juli 2003 m d jadi kan ke hijriyah
    hari apa tanggal brapa bulan apa en tahun berapa kak

    Kak Ichsan:
    16 juli 2003 = Rabu, 16 Jumad Awal 1424 H

    Suka

    • kk kalo 3 agustus 1990 hijriah nya tgl brp?

      Kak Ichsan:
      3 agustus 1990 = Jum’at, 12 Muharam 1411 H

      Suka

    • kalo 10 oktober 2011 hijriahnya brapa ya??

      Kak Ichsan:
      10 oktober 2011 = Senin, 12 Dzul Qadaa 1432 H

      Suka

  228. ass kak ichsan, kalo tgl 28 desember 2008 bulan islam nya apa yaa?? makasii

    Kak Ichsan:
    28 desember 2008 = Ahad, 30 Dzulhijjah 1429 H

    Suka

  229. saya mau tanya kalau 16 april 1980
    tanggal hijriahnya berapa

    Kak Ichsan:
    16 april 1980 = Rabu, 30 Jumad Awal 1400 H

    Suka

  230. Kak maaf mau tanya kalau tanggal 2 Novemver 2000 hari apa?

    Kak Ichsan:
    2 Novemver 2000 = Kamis, 5 Shaban 1421 H

    Suka

  231. bulan februari tahun 1995 hari pasaran rabu kliwon itu tanggalnya berapa ya trims

    Kak Ichsan:
    Maaf, untuk pasaran saya tidak paham.

    Suka

  232. tolong bantuan nya ya,tanggal 26-feb-1993 kalau tgl hijriyah nya tgl berapa?

    Kak Ichsan:
    26 Februari 1993 = Ahad, 26 Ramadan 1415 H

    Suka

  233. salam’ mau tanya kalo 24 november 1989 pada tahun hijriyahnya”hari apa'”
    terus dalam bulan islam’nya apa”

    Kak Ichsan:
    24 november 1989 = Jum’at, 25 Rabi’ Tsani 1410 H

    Suka

  234. assallamualikum wr. wb

    mau tanya bang, udah saya liat di konversi kalender betul ngga ya untuk kelahiran :

    1. 21 April 2007 = saturday 3 Rabi Thani 1428 H (rabi thani ini maksudnya apa ya??)

    2. 28 Desember 2009 = monday 11 muharam 1431 H

    wassallam

    Kak Ichsan:
    Berdasarkan aplikasi di atas, konversi kedua tanggal itu benar.

    Suka

  235. kak maaf saya juga mau minta tolong juga…klw tgl 24 februari 1995 dalam bulan hijriyahnya apa ya ? trm ksh

    Kak Ichsan:
    24 februari 1995 = Jum’at, 24 Ramadan 1415 H

    Suka

  236. mas mau nanya, kalau hari minggu tgl 15bulan puasa taun 1986 itu tanggalan nasionalnya tanggal dan bulan apa……?
    tolong ya mas……

    Kak Ichsan:
    Sabtu, 15 Ramadan 1406 H = 24 Mei 1986

    Suka

  237. kak,.,.,saya mau tanya,.,.,kalo tanggal 26 oktober 1999 itu kalo nama pasarannya itu apa y kak,.,.,
    mkasiihhh

    Kak Ichsan:
    Maaf, kalau pasaran saya tidak paham.

    Suka

  238. kak saya m au tanya kalo tanggal 14 november 1978 hitungan islam bulan apaa ? dan pasarannya apa yaa ?? terimakasih .sebelumnyaa

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu ini.
    14 november 1978 = Selasa, 13 Thulhijjah 1398 H

    Suka

  239. tlng donk, 11 agustus 2007, 14 juni 1985, 26 september 1975 kalo bln hijriahx brp ya ?? makasih…..

    Kak Ichsan:
    11 agustus 2007 = Sabtu, 27 Rajaba 1328 H
    14 juni 1985 = Jumat, 25 Ramadan 1405 H
    26 september 1975 = Jumat, 20 Ramadan 1395 H

    Suka

  240. mau nanya juga dong ka, kalau 1 januari 1995 dalam bulan hijriahnya, berapa? makasih banyak ka.

    Kak Ichsan:
    1 januari 1995 = Ahad, 29 Rajab 1415 H

    Suka

  241. mw tanya kak klo tgl 12-12-1388 h,tu thn brpa masehi ya?

    Kak Ichsan:
    Kamis, 21 Ramadan 1388 H = 12 Desember 1968

    Suka

  242. 15 juni 1989, blan islam nay apa???

    Kak Ichsan:
    15 juni 1989 = Kamis, 11 Dzul Qaada 1409

    Suka

  243. 4 sawal 1410 hijriah = ?( masehi )

    Kak Ichsan:
    4 Sawal 1410 = Senin, 30 April 1990

    Suka

  244. mau tanya k” kalow
    tanggal 4 syawal 1410 hijriah

    dalam masehi nya tanggal dan bulan serta tahun berapa k”??

    Kak Ichsan:
    4 Sawal 1410 = Senin, 30 April 1990

    Suka

  245. aq g tau tagal lahis aq 10 06 1991

    Suka

  246. minta tolong

    Suka

  247. minta bantu 1 des 1978

    Kak Ichsan:
    1 des 1978 = Jum’at, 30 Dzulhijjah 1398 H

    Suka

  248. kak mau tanya kalo tgl 27 jumadil awal 1411 h. tahun nasionalnya berapa ya?…. terimakasih

    Kak Ichsan:
    27 jumadil awal 1411 h = Sabtu, 15 Desember 1990

    Suka

    • maaf kak, saya dikasih taunya hari selasa 27 jumadil awal 1411 h. ko bisa jadi hari sabtu ya… saya jadi bingung?

      Kak Ichsan:
      Berdasar aplikasi yang saya pakai, 27 jumadil awal 1411 = Sabtu, 15 Desember 1990.

      Suka

      • Oke makasih ka ichsan.

        Suka

  249. kalau bulanya jumadil awal , tahun 1963 bulan masehinya apa kak ?

    Kak Ichsan:
    Kamis 1 Jumadil Awal 1383 = 19 September 1963

    Suka

    • Terima kasih kak

      Suka

  250. ko gk langsung download aja sih malah tanya2 gitu rajain ya di balas satu satu gitu, bnr ya klo kakek kita jaman dulu ngasih tanggal lahir pake hijriyah gtu pas ditanya babeh kita tnggal lahirnya pasti jawabnya pokoknya bulan rajab ato shabaan aja hahaha bingung rajab kalo di masehikan jadinya ganti2 keren deh ortu kita jadi loncat2 ultahnya biar gak bosenin

    Suka

  251. ka sya mau tnnya kalo tnggal 1 muharram tepatnya tahun 1990…..itu dalam bulan dan tanggal masehinya berapa?
    maksih ya kak
    d tunggu blasannya

    Kak Ichsan:
    1 Muharam 1411 H = 23 Juli 1990

    Suka

    • kak, kalo tanggal 04 oktober 1995, tnggal hijnriyyah berapa ya kak
      trima kasih
      bls ya………………………..

      Kak Ichsan:
      04 oktober 1995 = Rabu, 9 Jumadil Awal 1416

      Suka

  252. mikum,, maaf mau tanya,, kalo 23 ruwah itu …kalo bulan nasional nya tgl berapa ya…???

    Kak Ichsan:
    Tahunnya berapa?

    Suka

    • mau tanya:
      31 juli 1999
      21 juli 2001
      Matur nuwun sanget :)

      Kak Ichsan:
      31 juli 1999 = Sabtu, 18 Rabi Tsani 1420 H
      21 juli 2001 = Sabtu, 29 Rabi Tsani 1422 H

      Suka

  253. 29 mei 1993 apa?

    Kak Ichsan:
    29 Mei 1993 = Sabtu, 7 Dzulhijjah 1413 H

    Suka

  254. Mohon maaf mas ichsan minta tolong bantu :
    Tgl 16 april 1984
    Tgl 28 mei 1980
    Tgl 16 agustus 2007
    Tgl 15 nov 2001
    Tgl 02 mei 1988
    Tgl 07 juli 2008
    Tgl 04 mei 2007
    Tgl 01 agustus 82
    Maaf mas tolong dibantu..sblmnya trima kasih.

    Suka

    • aslm,,,,,kak saia mu tanya kalender masehi dari 28 rajab th 1404 tgl,bln dan thn berapa ya???? sblm dan sesudah nya saia ucap kan terimakasih.

      Kak Ichsan:
      28 Rajab 1404 H = Senin, 30 April 1984

      Suka

  255. mau tanya kalo lahir hari kamis pahing bulan jumadil akhir tahun 1964/1965 itu tanggal berapa ya? terimakasih

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu ini
    2 Jumadil Akhir 1384 H = Kamis, 8 Oktober 1964 (Kamis berikutnya tgl 15, 22, 29)
    4 Jumadil Akhir 1385 H = Kamis, 30 September 1965 (Kamis berikutnya tgl 11, 18, 25)

    Suka

  256. kak, kalo tgl 17 (bulan?) tahun 1992 hari jum’at bulan apa dalam masehi?
    krn dlm bulan muharam tahun 1412 hari jum’at, jadi tgl brapa dlm islam? mksh ka…

    Kak Ichsan:
    Jum’at, 7 Muharam 1412 H = 19 Juli 1991
    Jum’at, 14 Muharam 1412 H = 26 Juli 1991
    Jum’at, 16 Muharam 1413 H = 17 Juli 1992

    Suka

  257. 23-1-2003
    11-2-1995
    26-12-2003
    12-3-2005
    kak brp di bulan hijrahnya??

    Kak Ichsan:
    23-1-2003 = Kamis, 20 Dzul Qaadah 1423 H
    11-2-1995 = Satu, 11 Ramadan 1415 H
    26-12-2003 = Jum’at, 2 Dzul Qaadah 1424 H
    12-3-2005 = Sabtu, 1 Safar 1426 H

    Suka

  258. ass..
    kalau tanggal 11 Maret 2001 dalam kalender hijriyah apa?
    makasih sebelumnya

    Kak Ichsan:
    11 Maret 2001 = Jum’at, 6 Rabi Tsani 1432 H

    Suka

  259. nah kalo saya kebalikannya
    klo lahir di tanggal 12 jumadil awal 1980 itu bulan apa tanggal brapa dan tahun berapa.makasih

    Kak Ichsan:
    12 jumadil awal 1400 = Sabtu, 29 Maret 1980

    Suka

  260. kak ichsan, mohon bantuan orang tuaku lupa tanggal dan tahun kelahiran ku. yang beliau ingat hanya 10 Zulhijah hari Jumat. tahun nya apakah 1975 or 1976 ..ga pasti… jadi sebenernya ..tahun masehinya kapan itu ya kak. terimakasih

    Kak Ichsan:
    10 Zulhijah 1395 H = Sabtu, 13 Desember 1975
    10 Zulhijah 1396 H = Kamis, 2 Desember 1976
    Pastinya yang mana, silakan dibicarakan dengan orang tua. Sebagai bahan pemikiran, kalau yakin hari lahirnya Jum’at, maka dugaan Kakak, Adik lahir hari Kamis 2 Desember 1976 tapi sore. Pada orang Jawa ada anggapan bahwa sore sudah dihitung sebagai hari esoknya.

    Suka

  261. kalau 14 shafar 1414 H brpa tahun masehinya’

    Kak Ichsan:
    14 shafar 1414 H = Selasa, 3 Agustus 1993

    Suka

  262. ass ..
    mau nanya nii bang kalau tanggal 2 bulan dzulqaidah tahun 1971 sama 1970 tahun masehi jatuh tanggal dan bulan apa kalau wetonnya rabu pahing ..

    sukroon bang ..


    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu ini
    2 Dzulqaidah 1390 H = Kamis, 31 Desember 1970
    31 Dzulqaidah 1391 H = Jum’at, 31 Desember 1971

    Suka

  263. Assalaamualaikum wr.wb. kang ikhsan maaf saya te mau tanya kalau tanggal hijriahnya
    1 april 1946
    20 februari 1971
    5 desember 1974
    25 maret 1989
    hatur nuhun ya kang, di tunggu sekali jawabannya, jazakumullah.

    Kak Ichsan:
    1 april 1946 = Senin, 28 Rabi Tsani
    20 februari 1971 = Sabtu, 24 Dzulhijjah 1390 H
    5 desember 1974 = Kamis, 21 Dzul Qaadah 1394 H
    25 maret 1989 = Sabtu, 17 Shaaban 1409 H

    Suka

  264. Assalamualai’kum mas ichsan maaf mohon dibantu mas mau tanya tgln hijriyahnya
    25 juni 1973
    14 juni 1978
    6 april 2011
    Sblmnya sy mngucapkn banyak terima kasih..

    Kak Ichsan:
    25 juni 1973 = Senin, 23 Jumad Awal 1393 H
    14 juni 1978 = Rabu, 8 Rajab 1398 H
    6 april 2011 = Rabu, 2 Jumad Awal 1432 H

    Suka

    • ass, maaf tolong bantu kalau tanggalan hijriyah, 8 April 2004

      Kak Ichsan:
      8 April 2004 = Kamis, 18 Shafar 1425 H

      Suka

  265. Tolong ini tanggal lahir saya 10 Feb 1992, minta tanggal zulhijjahnya..
    thanks

    Suka

    • saya ngitung 6 Syaban 1412.. bener ga om?

      Kak Ichsan:
      Benar (berdasar aplikasi yang saya gunakan). 10 Feb 1992 = Senin, 6 Syaban 1412 H

      Suka

  266. tanggal internasional nya berapa jika aku lahir di tanggal 15 juni 1984 menurut kalender cina?

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa bisa bantu Xuna!

    Suka

    • kalau gitu tanggal berapa hari imlek pada tahun 1984?

      Suka

  267. kakak kalau lahir ya 16 maret 1995 itu weton ya apa?

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu ini.
    16 Maret 1995 = Kamis, 14 Sawal 1415 H

    Suka

  268. Assalaamu’alaikum Wr Wb.
    Saya mau tanya sbb:

    18 Juli 1976 M= tanggal bulan tahun Hijriyah ?
    23 Desember 1977 M= tanggal bulan tahun Hijriyah ?
    04 April 2006 M = tanggal bulan tahun Hijriyah ?

    Demikian hal ini saya sampaikan, atas perhatian & kerjasamnya saya ucapkan terima kasih.

    Kak Ichsan:
    18 Juli 1976 M = Ahad, 20 Rajab 1396 H
    23 Desember 1977 M = Jum’at, 12 Muharam 1398 H
    04 April 2006 M = Selasa, 5 Rabiul Awal 1427 H

    Suka

  269. 15 februari 1990 trus
    24 april 1986

    klo bs hari jawanya juga ya mas,maksh

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa membantu ini.
    15 februari 1990 = Kamis, 19 Rajab 1410 H
    24 april 1986 = Kamis, 14 Shaban 1406 H

    Suka

  270. 06 februari 1950 06 oktober 1955 , 07 juli 1989 , 27 maret 1978 06 november 1982 , 03 maret 2007 , 21 agustus 2007 , 21 agustus 2009

    Suka

  271. 18 april 1979 26 mei 1969 17 januari 2000 17 maret 2004

    Kak Ichsan:
    18 april 1979 = Rabu, 21 Jumad Awal 1399 H
    26 mei 1969 = Senin, 9 Rabiul Awal 1389 H
    17 januari 2000 = Senin, 10 Syawal 1420 H
    17 maret 2004 = Rabu, 25 Muharam 1425 H

    Suka

    • 06 Februari 1950 , 06 Oktober 1955 , 07 Juli 1989 , 27 Maret 1978 , 06 November 1982 , 03 Maret 2007 , 21 Agustus 2007 , 09 September 2009.

      Suka

      • tolong y ka ikhsan di balas

        Suka

      • 06 Februari 1950 = Senin, 18 Rabi Tsani 1369 H
        06 Oktober 1955 = Kamis, 19 Safar 1375 H
        07 Juli 1989 = Jum’at, 3 Dulhijjah 1409 H
        27 Maret 1978 = Senin, 18 Rabi’ Tsani 1398 H
        06 November 1982 = Sabtu, 20 Muharam 1403 H
        03 Maret 2007 = Sabtu, 13 Safar 1428 H
        21 Agustus 2007 = Selasa, 8 Shaaban 1428 H
        09 September 2009 = Ranu, 19 Ramadan 1430 H

        Suka

  272. Ass”Mas ichsan mohon maaf mau tanya
    Tgl 22 juli 1981
    Tgl 1 januari 1975
    Tgl 9 mei 1980

    Suka

    • Maaf, terlambat balas karena saat itu sibuk.
      22 juli 1981 = Rabu, 20 Ramadan 1401 H
      1 januari 1975 = Rabu, 18 Dzulhijjah 1394 H
      9 mei 1980 = Jum’at, 23 Jumad Tsani 1400 H

      Suka

  273. assalamualaikum.wr.wb….mohon bantuannya, untuk tanggal 28 muharam 1975 dalam masehi lebih tepatnya tanggal brp dan bulan apa. wassalam……

    Kak Ichsan:
    Senin, 28 muharam 1395 H = 10 Februari 1975

    Suka

    • mksh yaa…….

      Suka

  274. mau tanya tgl 27 september 1963 hari apa

    Kak Ichsan:
    27 september 1963 = Jum’at, 9 Jumadil Awal 1383 H

    Suka

  275. Mau tanya lagi kalau tgl 1 Dzulhijah 1388 H, bertepatan dengan tanggal berapa di tahun Masehi….karena itu tgl kelahiran saya…terimakasih

    Suka

    • Ngak di bales… terima kasih

      Suka

  276. ass..mas.saya lhir 29 maret 1964…mu tanya klo tnggln jawa khan ada kliwon wage au yang lainya. tolong ya mas. makasaih

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu seperti ini:
    29 maret 1964 = Ahad, 15 Dzulqaadah 1383 H

    Suka

  277. kak mau tanya kalo tanggal 02 februari 1990 dan 2 maret februari 1990 bulan hijriyahnya apa yaa kak

    Kak Ichsan:
    02 februari 1990 = Jum’at, 6 Rajab 1410 H
    2 maret 1990 = Jum’at, 4 Shaaban 1410 H

    Suka

    • makasih kak ichsan..

      Suka

  278. Assalamu alaikum wr.wb. salam sejahtera dan sehat selalu buat kak yangbaik hati,saya mw minta tolong ka untuk koreksinya, “apa benar 5 Dzul Hijjah 1410 jatuh pada hari kamis 28 juni 1990?? dan 7 Dzul Hijjah 1411 jatuh pada Kamis, 20 juni 1991??? atas jawabanya terimakasih banyak, salam sukses buat kak!!!!!!!!!!!!!

    Kak Ichsan:
    Berdasar program aplikasi yang saya miliki, benar
    5 Dzul Hijjah 1410 = kamis 28 juni 1990
    7 Dzul Hijjah 1411 = Kamis, 20 juni 1991

    Suka

  279. Tanggal 25 april 2001, hijriahnya itu tanggal berapa..?? tolong di bales ya.. :-)

    Kak Ichsan:
    25 april 2001 = Rabu, 1 Safar 1422 H

    Suka

  280. Mau nanya kalau tanggal 1 Dzulhijah 1389 H bertepatan dengan tanggal berapa di tahun masehi,,,,,terimakasih

    Kak Ichsan:
    1 Dzulhijah 1389 H = Ahad, 8 Februari 1970 M

    Suka

  281. kak, kalo tgl 26 juli 1989 itu hari apa dan wetonnya apa iea??

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu seperti berikut.
    26 juli 1989 = Rabu, 22 Dzulhijjah 1409

    Suka

  282. mau tanya…bisa tolong carikan tanggal & bulan kelahiran… karna saya cuma tau harinya saja yaitu Jum’at Pon 1969… kira-kira tanggal & bulan berapa ? thanks

    Kak Ichsan:
    Kira-kira 14 Februari 1969 = 26 Dzul Qaada 1388 H

    Suka

  283. Assalamu’alaikum kak iksan________________
    saya mau tanya
    kalau di tahun 1984 jatuhnya bulan idul adha tanggal masehinya berapa dan hari apa?
    kalau di tahun 1985 jatuhnya bulan idul adha tanggal masehinya berapa dan hari apa?
    kalau di tahun 1986 jatuhnya bulan idul adha tanggal masehinya berapa dan hari apa?
    terimakasih__________________

    Kak Ichsan:
    Idul Adha
    10 Dzul Hijjah 1404 = Kamis, 6 Sept 1984
    10 Dzul Hijjah 1405 = Selasa, 27 Agt 1985
    10 Dzul Hijjah 1406 = Sabtu,16 Agt 1986

    Suka

    • teimakasih banyak saya ucapkan kak iksan

      Suka

  284. Mas mohon maaf mau tanya lg tgl 13 april 1971

    Suka

    • Asslamualai’kum wr’wb Mohon maaf mas mau tanya tgl hijriahnya 13 april 1971,&tgl 13 april 1970,sbelumnya sy ucapkan bnyk trima ksh

      Kak Ichsan:
      13 april 1971 = Selasa, 17 Safar 1391 H
      13 april 1970 = Senin, 6 Safar 1390 H

      Suka

  285. aslmualaikum…
    kak saya mau tanya law tanggal 2 agustus 1990 dan tggl 24 april 1986 dalam kalender jawa to hari apa?
    makasih sbelumnya…

    Kak Ichsan:
    2 agustus 1990 = Kamis, 11 Muharam 1411 H
    24 april 1986 = Kamis, 14 Shaaban 1406 H

    Suka

  286. assalamualikum
    kak ichsan kalau lahir hari sabtu legi bulan september 1995. tanggal masehinya berapa?

    Kak Ichsan:
    Maaf, kalau berkaitan dengan “pasaran” saya tidak paham.
    Ini konversinya, 1 September 1995 = Jum’at, 5 Rabi Tsani 1416 H

    Suka

  287. Mnta bntuan nya dunk…
    Klo tgl 6-10-1990 tu hari apa n tgl bulan n thun Hijriah nya brp???
    Mksi sblumnya…
    Kak Ichsan:
    6-10-1990 = Sabtu, 17 Rabiul Awal 1411 H

    Suka

  288. Maaf ka kalo 12 maret 1993 itu hijriyahnya tanggal brapa ya?
    Makasih sebelumnya
    Kak Ichsan:
    12 maret 1993 = Jumat, 18 Ramadan 1413 H

    Suka

  289. Mas ichsan
    Mau tanya
    Tgl 27 nov 1985
    Tgl 22 jan 1981
    Tgl 9 juni 1980

    Kak Ichsan:
    27 nov 1985 = Rabu, 14 Rabiul Awal 1406 H
    22 jan 1981 = Kamis, 15 Rabiul Awal 1401 H
    9 juni 1980 = Senin, 25 Rajab 1400 H

    Suka

  290. Mas, mo nanya apa februari 1983 mmg sampe tgl 29? Krn ibu saya ngotot ktnya sy lhr tgl 29 febr 1983 pas bln purnama. Yg sy tau tgl itukan cm skli 4 thn. Sy jd bingung. Makasih mas atas pnjlsnnya.

    Kak Ichsan:
    Karena 1983 bukan tahun kabisat maka tanggal terakhir adalah tanggal 28.
    28 Febr 1983 bertepatan dengan Senin, 15 Jumad Awal 1403 H (pas bulan purnama).
    Memang, ada pemahaman di sebagian masyarakat, sore itu sudah dihitung hari/tanggal besuk.

    Suka

    • mas kalau tanggal 5 mei 1980

      Kak Ichsan:
      5 mei 1980 = Senin, 19 Jumad Tsani 1400 H

      Suka

  291. Assalam mualaikum mas iksan mau tnyaTgl 2 februari 1982 brp hijriyahnya ya sblmnya trima kasih.

    Kak Ichsan:
    2 Febr 1982 = Selasa, 7 Rabi Tsani 1402

    Suka

  292. asslm,
    kak, mw nanya klo tgl lahirnya
    4 okt 1995
    31 jan 1967
    26 juni 1963
    3 juni 2003
    17 nov 2001
    19 maret 1991
    9 juni 1989
    hijriyah nya brp, kak??
    makasi,

    Kak Ichsan:
    4 okt 1995 = Rabu, 9 Jumad Awal 1416 H
    31 jan 1967 = Selasa, 20 Syawal 1386 H
    26 juni 1963 = Rabu, 4 Safar 1383 H
    3 juni 2003 = Selasa, 2 Rabi Tsani 1424 H
    17 nov 2001 = Sabtu, 1 Ramadan 1422 H
    19 maret 1991 = Selasa, 2 Ramadan 1411 H
    9 juni 1989 = Jumat, 5 Dzul Qaada 1409 H

    Suka

  293. Assalamu’alaikum Kak Ihsan. Saya mo nanya klo lahir 16 Rajab 1403 H tgl masehinya brp & hari apa?

    Kak Ichsan:
    16 Rajab 1403 H = Sabtu, 30 April 1983

    Suka

  294. Assalamu”alaikum Wr.Wb. Ka Ihsan, Saya mau nanya klo lahir 11 Rajab 1403 H tgl Masehinya brp? mahon d’bls n trim’s.

    Kak Ichsan:
    11 Rajab 1403 H = Senin, 25 April 1983

    Suka

  295. Assalmualykum,,, akhi kalau tgl 12 des 1992 dikonversi ke tgl hijriyah berapa ya? syukron

    Kak Ichsan:
    12 Des 1992 = Sabtu, 17 Jumad Tsani 1413

    Suka

  296. kalo 26 desember 2004 tgl masehinya berapa ya ?

    Kak Ichsan:
    26 Desember 2004 = Ahad, 14 Dzul Qaada 1425 H

    Suka

  297. tanggal 5 februari 2008 hitungan hari jawa jatuh pada hari apa hitungan jawa

    Kak Ichsan:
    5 februari 2008 = Selasa, 27 Muharam 1429 H

    Suka

  298. kak mau tanya kalau hari rabu pon di bulan juni – juli tahun 1967 tanggal berapa aja? makasih sebelumnya

    Kak Ichsan:
    Maaf, saya hanya bisa bantu konversi dari Masehi ke Hijriyah atau sebaliknya.

    Suka

  299. Kalau tanggal 4 agustus 1984, hari tanggl bulan hijriyanya berapa yaa?
    Terima kasih..

    Kak Ichsan:
    4 Agustus 1984 = Sabtu, 6 Dzul Qaada 1404 H

    Suka

  300. Kalau 13 september 1975 berapa hari bulan dalam tahun hijrah

    Kak Ichsan:
    13 september 1975 = Sabtu, 7 Ramadan 1395

    Suka

  301. kalo 26 februari 1995, tanggal, bulan, dan tahun hijriyah ny ap y??

    Kak Ichsan:
    26 Februari 1995 = Ahad, 26 Ramadan 1415 H

    Suka

  302. Aslm. Klo Minggu, 19 Februari 1989, berada pada tanggal, bulan, n tahun berapa hijriah?

    Kak Ichsan:
    Alphian Sahruddin = Ahad, 12 Rajab 1409

    Suka

  303. tgl 27 rajab, di tahun 1980 masehi dan 5 besar di tahun 1978 masehi, tanggal masehinya berapa ya ? thanks

    Kak Ichsan:
    Rabu, 27 Rajab 1400 H = 11 Juni 1980
    5 Dzul Qaada (besar) 1398 H = 8 Oktober 1978

    Suka

  304. Mw tnya,,,,
    Tgl 15 juli 1987 itu bulan apa ya dlm bulan jawa????
    Thx

    Kak Ichsan:
    15 juli 1987 = Rabu, 18 Dzul Qaada 1407 H

    Suka

  305. assalamualaikum
    mau tanya kak, kalau lahir tanggal 2 dzulkaidah 1403 H tanggal masehinya brp ya? trims.

    Kak Ichsan:
    2 dzulkaidah 1403 H = Kamis, 11 Agt 1983

    Suka

  306. kak mau tanya
    apa benar tgl 11 april 1985
    tepatx sabtu wage n pas hari raya idhul fitri?????

    Kak Ichsan:
    11 April 1985 = Kamis, 20 Rajab 1405 H
    Jadi tidak pas Idul Fithri.

    Suka

    • kak mau tanya saya lahir jumat pahing bulan rawah saya ingin tahu tanggal dan bulan masehi 1978

      Kak Ichsan:
      Berdasar aplikasi yang saya pakai, hasilnya sbb.:
      21 Juli 1978 = 15 Syaban 1398 H = Jumat Pahing.

      Suka

  307. mau tanya…. saya lahir tanggal 16 oktober 1989
    mau tau tanggalan jawanya brapa ya…???

    Kak Ichsan:
    16 oktober 1989 = Senin, 16 Rabiul Awal 1410 H

    Suka

  308. Saya minta tolong, tanggal berapakah? hari raya haji di tahun 1971

    Kak Ichsan:
    Sabtu, 10 Dzulhujja 1390 H = 16 Februari 1971

    Suka

  309. yah
    aku lahir di bulan jumadil awal 1994 hari sabtu legi
    tepatnya itu tanggal berapa ya yah

    makasih

    Kak Ichsan:
    Jum’at, 1 Jumadil Awal 1415 = 7 Oktober 1994
    Maaf, untuk hari pasaran saya tidak paham.

    Suka

  310. assalamualaikum.. adik sy bingung dia lahir bulan januari apa februari? yg km tahu dia lahir tgl 28-..-1978 menurut orang tua kami pada bulan shafar…. itu jatuhny bulan feb apa jan.. terimakasih..

    Kak Ichsan:
    28 Januari 1978 = Sabtu, 18 Safar 1398 H

    Suka

  311. mohon bantuannya donggg…. tanggal 13 desember 1972 kalo bulan hijriahnya berapa??? terima kasih banyak yaaa…

    Kak Ichsan:
    13 Des 1972 = Rabu, 7 Dzulqaada 1392

    Suka

  312. ass.kak aq eka
    aq lahir tahun 1982 tepatx pas hari senin bln maulud nabi,tp ortu lp g tau tgl n bln masehix apa???mohon dibals

    Kak Ichsan:
    Jum’at, 1 Rabiul Awal = 17 Desember 1982
    Bersarkan konversi di atas Mbak, Eka dapat menentukan urutan (mencari) tanggal/hari yang diperlukan.

    Suka

  313. Assalamu’alaikum kak iksan. Klo lahir 12 robiul awal 1976 tgl masehinya brp?

    Kak Ichsan:
    12 Rabiul Awal 1396 H = Sabtu, 13 Maret 1976

    Suka

  314. assalamu alaikum
    kak saya mau tanya ,tanggal 2 oktober1993 itu ,berapa tanggal hijriyahnya ??

    Kak Ichsan:
    2 oktober1993 = Sabtu, 15 Rabi Tsani 1414 H

    Suka

  315. asslammualaikum kak, nama saya dhannu,,, saya mau nannya, kalau 7 februari 1996, dalam bulan hijriahnya tanggal berapa yaa…. mkasih sebelumnya kaak :)

    Kak Ichsan:
    7 februari 1996 = Rabu, 17 Ramadan1416 H

    Suka

    • aslmkm….klu tgl 12 juli 2004 tgl arabnya berapa & tgl 06 september 2002 arabnya ber apa juga ????????

      Kak Ichsan:
      12 juli 2004 = Senin. 24 Jumad Awal 1425 H
      06 september 2002 = Jum’at, 28 Jumad Tsani 1423 H

      Suka

    • asmulkm….kk tgl 06 september 2002 arabnya berapa kk sebelumnya saya ucapkan trimksih…(^_^)

      Kak Ichsan:

      06 september 2002 = Jum’at, 28 Jumad Tsani 1423 H

      Suka

  316. bisa minta tlong gak,, kalau dalam bulanhijriyah nya
    14 Rajab 1971 bulan apa nasionalnya,,???

    Kak Ichsan:
    Sabtu, 14 Rajab 1391 H = 4 September 1971

    Suka

  317. maulid nabi tahun 1989/1410 hijriah tuh tanggal berapa ya?

    Kak Ichsan:
    12 Rabiul Awal 1410 H = 12 Oktober 1989

    Suka

  318. mau tahu bln hijriyah dnk,,08 februari 1989 dan o4 februari 1990

    Kak Ichsan:
    8 Febr 1989 = Rabu, 1 Rajab 1409 H

    Suka

  319. Aslm..saudaraku minta tolong tgl 16 juni 1978. Tgl 7 maret 1980 tgl 24 oktober 2011. tgl 22 april 2003.hijriahnya?

    Kak Ichsan:
    16 juni 1978 = Jum’at, 10 Rajab 1398 H
    7 maret 1980 = Jum’at, 19 Rabi Tsani 1400 H
    24 oktober 2011 = senin, 26 Dzul Qaada 1432 H
    22 april 2003 = Selasa, 20 safar 1424 H

    Suka

  320. Assalamu’alaikum
    Ka kalau Jum’at 10 desember 1993 di rubah ke dalam Hijriah mnjadi tahun berapa ?

    Kak Ichsan:
    Jum’at 10 desember 1993 = 26 Jumad Tsani 1414 H

    Suka

  321. Ka,mau tanya kalo tanggal 27 rajab tahun 1963,masehi nya tanggal berapa,dan hari apa?

    Kak Ichsan:
    17 Rajab 1383 H = Rabu, 4 Desember 1963

    Suka

  322. kak tolong dong di bantu ya hitungannya hiriyah anak saya 28 okt 2001

    Kak Ichsan:
    28 okt 2001 = Ahad, 11 Shaban 1422 H

    Suka

    • terima kasih ya kak ichsan

      Suka

  323. Assalamu’alaikum..
    kak Ichsan mau tanya kalo 8 oktober 1993 hari opo yo? trus tanggal berapa kalo dibulan hijriah??

    Kak Ichsan:
    8 Oktober 1993 = Jumat, 21 Rabi Tsani 1414 H

    Suka

  324. bsa minta tolong nggak..?? kalau bulan hijriyahnya dari Rabu, 13 Agustus 1997 apa..???

    Kak Ichsan:
    Rabu, 13 Agustus 1997 = 9 Rabi Tsani 1418 H

    Suka

  325. Mau tanya tgl 20 Agustus 1996 tgl hijriyah nya tgl berapa ya?

    Kak Ichsan:
    20 Agustus 1996 = Selasa, 5 Rabi Tsani 1417 H

    Suka

  326. aslkm,,,,,mau tanya tanggal/bulan/tahun/hari hijriyahnya
    21-9-1991
    12-6-1966
    17-4-1972
    20-8-1992
    21-3-1994
    28-1-2001
    04-11-2004

    Kak Ichsan:
    21-9-1991 = Sabtu, 12 Rabiul Awal 1412 H
    12-6-1966 = Ahad, 22 Safar 1386 H
    17-4-1972 = Senin, 3 Rabiul Awal 1392 H
    20-8-1992 = Kamis, 21 Safar 1413 H
    21-3-1994 = Senin, 8 Syawal 1414 H
    28-1-2001 = Ahad, 3 Dzul Qaada 1421 H
    04-11-2004 = Kamis, 21 Ramadan 1425 H

    Suka

  327. minta tolong,, kalo dalam bulan hijjriyahnya ramoadhon 12 desember jumat manis1991..
    kalo masehinya tanggal berapa ya????????

    Kak Ichsan:
    Jumat, 12 Ramadan 1411 H = 29 Maret 1991 M

    Suka

  328. 26 Desember 2007 & 23 Maret 1983 mohon info tgl/bln/th Hijriyah nya ya……terimakasih !!! Wass.

    Kak Ichsan:
    26 Desember 2007 = Rabu, 16 Zul Hujjah 1428 H
    23 Maret 1983 = Rabu, 8 Jumad Tsani 1403 H

    Suka

  329. mw tanya klo tanggal 3 desember 1998 apa tanggal and bulan nya
    d tahun hijriah

    Kak Ichsan:
    3 desember 1998 = Kamis, 13 Syaban 1419 H

    Suka

  330. Assalammualaikum. Katanya saya lahir hari kamis tgl 19 atau 20 bulan ramadhan, antara tahun 1985 atau 1986 Masehi. Saya ingin tahu tgl persisnya menurut kalender Hijriah juga menurut kalender Masehi. Tolong dibantu,,,

    Kak Ichsan:
    19 Ramadan 1405 H = Sabtu, 8 Juni 1985 M
    19 Ramadan 1406 H = Rabu, 28 Mei 1986 M

    Suka

    • Terima kasih jawabannya. Saya juga sudah mendownload dates converternya. Berguna sekali. Terima kasih banyak.

      Suka

  331. ko, keliru sih penempatan bulan hijriah dan jawa masa penempatan bulan dzulhijah di bulan ke empat….. harusnya kan dibulan terakhir(12)

    Suka

  332. kalau 16 maret 2000 hari,tanggal dan tahun hijriahnya apa…?
    makasihhh

    Kak Ichsan:
    16 Maret 2000 = Kamis, 9 Dzul Hujjah 1420 H

    Suka

  333. Tolong dijadikan tanggal Hijriyah : 20 Agustus 1991.
    A big thank you.

    Kak Ichsan:
    20 Agustus 1991 = Selasa, 10 Safar 1412 H

    Suka

  334. kalo 7 oktober 1995 kalender islam nya apa ya ?

    Kak Ichsan:
    7 Oktober 1995 = Sabtu, 12 Jumad Awal 1416 H

    Suka

  335. Mau nanya tgl 23 januari 1976 kalau bulan arabnya tgl berapa dan bulan berapa ya

    Kak Ichsan:
    23 Januari 1976 = Jum’at, 21 Muharam 1396 H

    Suka

  336. Asalamualaikum ..

    Kaka kalo tanggal 13 jumadil awal 1993 dan 1994,kalo masehinya hari apa ya,ama tanggal..
    Terimakasih
    wasalam

    Kak Ichsan:
    13 Jumad Awal 1414 H = Juma’t, 29 Oktober 1993
    13 Jumad Awal 1415 H = Rabu, 19 Oktober 1994

    Suka

  337. numpang nanua, mhon dibalas yahh, klo tgl 17juli
    tahun 1996 bulan hijriahnya tgl berapa yah? makasih
    byk:)

    Kak Ichsan:
    17 Juli 1996 = Rabu, 1 Rabiul Awal 1417 H

    Suka

  338. klo tanggal 14 Desember 1993 bulan apa ya..?

    Kak Ichsan:
    14 Desember 1993 = Selasa, 30 Jumad Tsani 1414 H

    Suka

  339. minta tolong gan..?? kalo tgl 29 hari jumat bulan sura 1967 masehinya tgl dan bulan berapa ya.?? mksh se blm y.

    Kak Ichsan:
    Berdasarkan aplikasi/program yang saya gunakan hasilnya sbb:
    Sabtu, 29 April 1967 = 19 Muharam 1387 H

    Suka

  340. Maf mbk sy mw tny kl 24 juni 1990 it jtuh pd bulan ap ya pd klnder islam

    Kak Ichsan:
    24 Juni 1990 = Ahad, 1 Zulhujjah 1410 H

    Suka

    • mau tanya Bos, tanggal 2 juli 1998 tanggal hijriyahnya kapan ya?

      Kak Ichsan:
      2 Juli 1998 = Kamis, 7 Rabiul Awal 1419 H

      Suka

  341. weton 24 mei 1971 apa ?? bls

    Kak Ichsan:
    Maaf, untuk weton/pasaran, saya tidak paham.

    Suka

  342. maaf mbak saya mau tanya tanggal 15-08-1978 jatuh hari apa,pada kalender masehi atau kalender islam.

    Kak Ichsan:
    15-08-1978 = Selasa, 11 Ramadan 1398 H

    Suka

  343. kalau 28 mei 1995 itu pasaran jawanya apa ya?!

    Kak Ichsan:
    Maaf, kalau pasaran saya tidak paham.

    Suka

  344. aq mo tau tanggal 30 oktober tahun 1990 tu kalender hijriahnya pa yach mas???/

    Suka

  345. maaf, mau tanya…
    kalau tanggal 3 april 1996, 28 juni 2001, 2 juni 2003 itu tanggal hijriahnya tanggal brapa ya??? :)

    Kak Ichsan:
    3 april 1996 = Rabu, 14 Dzul Qaadah 1416 H
    28 juni 2001= Kamis, 6 Rabiu Tsani 1422 H
    2 juni 2003 = Senin, 1 Rabiu Tsani 1424 H

    Suka

    • aslkm kk manaya tanggal/bulan/tahun/hari hijriyahnya
      06-09-2002
      12-07-2004
      saya sebelumnya ucapkan trimksh….!!!!!

      Kak Ichsan:
      12 juli 2004 = Senin. 24 Jumad Awal 1425 H
      06 september 2002 = Jum’at, 28 Jumad Tsani 1423 H

      Suka

    • maaf saya mau tnyk tanggl 29 november 2001, itu tanggl hijriahnya tanggal brp ya???

      Kak Ichsan:
      29 november 2001 = Kamis, 13 Ramadan 1422 H

      Suka

  346. asss
    boLeh nanya g ?
    tgL 3 agustus 1999 dan tgL 2 november 2000 itu termasuk wage, pon, kLiwon, Legi, atau pahing ?? dan hari apa ?
    . .
    makasihh

    Kak Ichsan:
    Maaf, kalau pasaran Jawa saya tidak paham.

    Suka

  347. assalamualaikum, mas minta tolong info 10 dzulhijjah 1405, 10 dzulhijjah 1410, dan 10 dzulhijjah 1411 jatuh pada tgl brp?
    makasih

    Kak Ichsan:
    10 dzulhijjah 1405 = Selasa, 27 Agustus 1985
    10 dzulhijjah 1410 = Selasa, 3 Juli 1990
    10 dzulhijjah 1411 = Ahad, 23 Juni 1991

    Suka

  348. Mas aq mw nanya nic klo thun 1994 ?Bulan syafar terletak di bulan apa,bulan masehinya ?
    Mohon diblaz cpat yaa.. ..
    Mksih.. ..

    Kak Ichsan:
    1 Safar 1415 H = 10 Juli 1994

    Suka

  349. kak kalau 17 agustus 1987 bulan hijriyahnya apa & pasaran jawanya apa?
    makasih kak

    Kak Ichsan:
    Maaf, hanya bisa bantu konversi saja, seperti berikut!
    17 Agustus 1987 = Senin, 22 Dzul Hujjah 1407 H

    Suka

  350. mohon bantuannya ya..kalo tgl 9-4-1977 itu hari pasaran jawanya apa ya..trima kasih..

    Kak Ichsan:
    Maaf, kalau pasaran saya tidak tahu, dan hanya bisa bantu konversi berikut.
    9 April 1977 = Sabtu, 20 Rabiu Tsani 1397 H

    Suka

  351. kak,,,minta tolong…..rabu 23 januari 1985 kalo hijriyahnya ????? ditunggu balasannya….makasih ya kak……

    Kak Ichsan:
    Rabu, 23 Januari 1985 = 2 Jumad Awal 1405 H

    Suka

    • alhamdulillah…..makasih ya kak,,,,tapi kak maaf hari apa ya kak,,???? terima kasih kembali ya kak,,,

      Suka

  352. tanggal 4 mai 1982 bulan hizriah tanggal berapa dan hari apa syukron kastiir

    Kak Ichsan:
    4 Mei 1982 = Selasa, 10 Rajab 1402.

    Suka

  353. Kak, mau tanya, kalau 15 Desember 1990; 22 Juli 1993; dan 16 Maret 1961 tahun Hijriahnya apa ya?
    Terimakasih kak sebelumnya.

    Kak Ichsan:
    15 Desember 1990 = Sabtu, 27 Jumad Awal 1411 H
    22 Juli 1993 = Kamis, 2 Safar 1414 H
    16 Maret 1961 = Kamis, 28 Ramadan 1380 H

    Suka

    • Terimakasih kak

      Suka

  354. asslmu’alaikum wr. wb.
    numpang nanya mas, 06 ramadlan 1402H masehinya tanggal brp ya??
    maaf, mhon berikut harinya.
    trims.
    wassalamu’alakum wr. wb.

    Kak Ichsan:
    6 Ramadlan 1402H = Senin, 28 Juni 1982

    Suka

  355. Tanggal 7 januari 2012 tanggal berapa bulan arab nya

    Kak Ichsan:
    7 Januari 2012 = Sabtu, 13 safar 1433 H

    Suka

  356. Kalo tanggal 17 ba’da mulud 1411 hjriyahnya berapa ya?mav ya

    Kak Ichsan:
    17 Ba’da mulud 1411 = Senin, 5 November 1990