Tugas dan Wewenang MPR RI


Tugas dan wewenang MPR diatur dalam UUD 1945 dan UU Nomor 27 Tahun 2009.

Ketentuan dalam UUD 1945
(Bab II Pasal 2 dan 3)

Pasal 2
(1)  Majelis  Permusyawaratan  Rakyat  terdiri  atas  anggota  Dewan Perwakilan  Rakyat  dan anggota  Dewan  Perwakilan  Daerah yang dipilih melalui pemilihan umum dan diatur lebih lanjut dengan undang­undang.
(2)  Majelis  Permusyawaratan  Rakyat  bersidang  sedikitnya  sekali  dalam  lima tahun di ibu kota negara.
(3) Segala putusan Majelis Permusyawaratan Rakyat ditetapkan dengan suara yang terbanyak.

Pasal 3
(1)  Majelis  Permusyawaratan  Rakyat  berwenang  mengubah  dan  menetapkan Undang­Undang Dasar.
(2)  Majelis  Permusyawaratan  Rakyat  melantik  Presiden  dan/atau  Wakil Presiden.
(3)  Majelis  Permusyawaratan  Rakyat  hanya  dapat memberhentikan  Presiden dan/atau Wakil Presiden dalam masa  jabatannya menurut UndangUndang Dasar.

Tugas MPR

(Ketentuan dalam UU Nomor 27  Tahun 2009, Pasal 4)

MPR mempunyai tugas dan wewenang:

a. mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar;

b. melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum dalam sidang Paripurna Majelis;

c. memutuskan usul Dewan Perwakilan Rakyat berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi untuk memberhentikan Presiden dan Wakil Presiden dalam masa jabatannya setelah Presiden dan/atau Wakil Presiden diberi kesempatan untuk menyampaikan penjelasan untuk menyampaikan penjelasan dalam Sidang Paripurna Majelis;

d. melantik Wakil Presiden menjadi Presiden apabila Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatannya;

e. memilih dan melantik Wakil Presiden dari dua calon yang diajukan Presiden apabila terjadi kekosongan jabatan Wakil Presiden dalam masa jabatanya selambat-lambatnya dalam waktu enam puluh hari;

f. memilih dan melantik Presiden dan Wakil Presiden apabila keduanya berhenti secara bersamaan dalam masa jabatannya, dari dua paket calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang paket calon Presiden dan Wakil Presidennya meraih suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan umum sebelumnya sampai habis masa jabatanya.

Download (silakan pilih dan klik)
Download UUD 1945 Hasil Amandemen

Download UU No 27 Th 2009 tentang MPR, DPD, DPR, DPRD

About these ads

48 Tanggapan

  1. Terima kasih atas tulisannya pak, membantu saya yang sekadar ingin tahu wewenang MPR di dalam Undang-Undang.
    Salam Guru Pantura.

    Kak Ichsan:
    Alhamdulillah . . . terima kasih. Salam silaturahim semoga dirahmati Allah SWT.

  2. thx dapat bahan

  3. thankz yua, , , ,akhrnya Tgaz Gue Slesai Uga, , , Wlaupun Cpek Buanget Nuliz Yua Pnjang Amat, , ,:)

  4. terimakasih !
    tugas sayapun beres .

  5. terimakasih,tugas sayapun selsai :D

  6. bagus tapi harus dipisah ya, susah nih kerjain tugas sek

  7. ahh yang benerr ajj,

    tugas MPR yang mana wewenang MPR yang mana gak jelas ahh………..

    Mohon lebih jelas lagi yaa

  8. Thanks

  9. pisahin donk antara tugas dan wewenang ny, kurang jelas niech :D

  10. ya allah kasian bngett shh kaka ini smoga d bir kemudahn ya kk to maryani klazz 8 ygg skolah d mts attazzhimiah bndung

  11. thx ya

  12. yg mana sih tugas mpr

    • yaaa… itu lah! mana lagi?

  13. cucok kan……,,,,,

  14. bagus tapi kurang jelas

  15. bagus, tp tugasku masih byk yg belum terjawab :) kurang lengkap juga

  16. kenapa susah bnget sich nyarinya.orang nyari yang lengkp tpi ng6ak bsa di download.gmna sich?????’

  17. kurang jelas okey….??/

  18. Sipp.. Mantap, thank telah posting tugas dan wewenang mprnya jd nya.. Bisa kerja’en ugas skolhan

  19. Thanks udah sharing masbro!!

  20. pemerintahan uud stelah perubahan apa?

  21. bagus tapi kurang terperinci

  22. apa tugas & wewenang MPR?????

  23. wewenang’a apa?

    Kak Ichsan:
    Wewenangnya, lihat Pasal 3

    • tugasnya yang mana???

  24. numpang nanya dunk, nama lembaga
    yang mengawasi UU Siapa sih

    • kalo ga salah lembaga yudikatif(MA)

  25. tlg lbih di perjelas lg y,biar kita semua faham

  26. Kurang lengap

  27. Mantap

  28. pisahin donk wewenang ma tugasnya,

    biar jelas dimengerti_

  29. capex

  30. capek ya .

  31. susah bgt sh,,,ne yg bner yg mna?

  32. apakah, tuggas dan. wewenang MPR ??

  33. bagus juga, tapi masih agak gaje deh ?

  34. mana nihc tugas and wewenang MPR ko’ kaga ada kan buat tgs……

  35. banyak amat yak tugasnya capek dach !!

    • ga enak bgt banyak tugas ya kan all

  36. mau nanya.kendala yang di hadapi oleh MPR dalam penyerapan aspirasi masyarakat? mohon bantuannya kirim jawabannya ke alamat e-mail saya miraoktafia19@yahoo.com
    tolong ya

    Kak Ichsan:
    Tolong, siapa dapat mebantu Mira?

  37. Yah..
    Kurang Ni Cuy…
    Buuanyak Kali Tugas…Awak!
    Plizz….tambahin dounK”…isinya….
    gk usah pke acara “SINGKAT JELAS DAN PADAT”!
    tapi Panjang Jelas Padat!Cuy/…!
    Ocer?

    • oke dech cuy?????????????

    • tambahin donk lebih banyak

  38. Aku bingung nich
    ko’ g lengkap aq byk tugas nich?¿

  39. bagus tapi kurang jelas…

  40. susah banget sih nyarinya :-D B-)

  41. masuk boz..

  42. bagus tapi kurang terperinci

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.040 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: