HAM dalam UUD 1945


Alhamdulillah, . . . hari ini (19 Juni 2008) posting perdana terbit sebagai lahirnya blog tunas63, semoga mampu berkembang dan bermanfaat untuk misi “berbagi ilmu dan persaudaraa”

Masalah Hak Asasi Manusia (HAM) secara jelas diatur dalam UUD 1945 yang diamandemen. Tapi, bukan berarti sebelum itu UUD 1945 tidak memuat masalah HAM. Hak asasi yang diatur saat itu antara lain hak tentang merdeka disebut pada bagian pembukaan, alinea kesatu. Kemudian, hak berserikat diatur dalam pasal 28, hak memeluk agama pada pasal 29, hak membela negara pada pasal 30, dan hak mendapat pendidikan, terdapat pada pasal 31.

Dalam UUD 1945 yang diamandemen, HAM secara khusus diatur dalam Bab XA, mulai pasal 28 A sampai dengan pasal 28 J.

Pasal 28 A : Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.

Pasal 28 B : (1) Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan sah. (2) Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Pasal 28 C : (1) Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. (2) Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya.

Pasal 28 D : (1) Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum. (2) Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja. (3) Setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan. (4) Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.

Pasal 28 E : (1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta hendak kembali. (2) Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuruninya. (3) Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

Pasal 28F
Setiap  orang  berhak  untuk  berkomunikasi  dan  memperoleh informasi untuk  mengembangkan  pribadi  dan  lingkungan  sosialnya,  serta  berhak  untuk mencari,  memperoleh,  memiliki,  menyimpan,  mengolah,  dan  menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. **)

Pasal 28G

(1)  Setiap  orang  berhak atas perlindungan  diri pribadi,  keluarga,  kehormatan, martabat, dan harta benda yang dibawah  kekuasaannya,  serta berhak atas rasa aman  dan  perlindungan  dari  ancaman ketakutan  untuk  berbuat  atau tidak berbuat sesuatu yang  merupakan hak asasi. **)
(2)  Setiap  orang  berhak  untuk  bebas  dari  penyiksaan  dan  perlakuan  yang merendahkan  derajat  martabat  manusia  dan  berhak   memperoleh  suaka politik dari negara lain. **)

Pasal 28H
(1)Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan
medapatkan  lingkungan  hidup  baik  dan  sehat  serta  berhak  memperoleh pelayanan kesehatan. **)
(2)  Setiap  orang  mendapat  kemudahan  dan  perlakuan  khusus  untuk
memperoleh  kesempatan  dan  manfaat  yang  sama  guna  mencapai
persamaan dan keadilan. **)
(3)  Setiap  orang  berhak  atas  jaminan  sosial  yang  memungkinkan
pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat. **)

(4)  Setiap  orang  berhak mempunyai  hak milik  pribadi  dan  hak milik  tersebut tidak boleh diambil alih secara sewenang­wenang oleh siapa pun. **)

Pasal 28I

(1)  Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani,  hak  beragama,  hak  untuk  tidak  diperbudak,  hak  untuk  diakui sebagai pribadi dihadapan hukum, dan hak untuk  tidak dituntut atas dasar hukum  yang  berlaku  surut  adalah  hak  asasi  manusia   yang  tidak  dapat dikurangi dalam keadaan  apa pun. **)
(2)  Setiap  orang  berhak bebas atas  perlakuan  yang bersifat  diskriminatif  atas dasar apa pun dan berhak mendapatkan  perlindungan  terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu. **)
(3)  Identitas budaya dan hak masyarakat  tradisional dihormati  selaras dengan perkembangan zaman dan peradaban. **)
(4)  Perlindungan,  pemajuan,  penegakan,  dan  pemenuhan  hak  asasi manusia adalah tanggung jawab negara, terutama  pemerintah. **)
(5)  Untuk menegakan dan melindungi hak assi manusia sesuai  dengan prinsip negara  hukum  yang  demokratis,  maka  pelaksanaan  hak  asasi  manusia dijamin,  diatur,  dan  dituangkan  dalam  peraturan   perundangan­undangan. **)

Pasal 28J
(1)  Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang  lain  dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan  bernegara. **)
(2)  Dalam  menjalankan  hak  dan  kebebasannya,  setiap  orang  wajib  tunduk kepada  pembatasan  yang  ditetapkan  dengan  undang­-undang   dengan maksud semata­mata untuk menjamin pengakuan serta  penghormatan atas hak  kebebasan orang  lain  dan untuk memenuhi   tuntutan  yang adil  sesuai dengan  pertimbangan moral,  nilai­nilai  agama,   keamanan,  dan  ketertiban umum dalam suatu masyarakat  demokratis. **)

UU tentang HAM

Pengertian HAM, menurut UU 39/1999 tentang HAM, adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Pemikiran-pemikiran yang mendasari lahirnya UU ini, sebagaimana disebut pada bagian Umum Penjelasan Pasal demi Pasal, adalah sebagai berikut:
a.  Tuhan Yang Maha Esa adalah pencipta alam semesta dengan segala isinya;
b.  pada dasarnya, manusia dianugerahi jiwa, bentuk, struktur, kemampuan, kemauan serta berbagai kemudahan oleh Penciptanya, untuk menjamin kelanjutan hidupnya;
c.  untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan martabat manusia, diperlukan pengakuan dan perlindungan hak asasi manusia, karena tanpa hal tersebut manusia akan kehilangan sifat dan martabatnya, sehingga dapat mendorong manusia menjadi serigala bagi manusia lainnya (homo homini lupus);
d.  karena manusia merupakan makhluk sosial, maka hak asasi manusia yang satu dibatasi oleh hak asasi manusia yang lain, sehingga kebebasan atau hak asasi manusia bukanlah tanpa batas;
e.  hak asasi manusia tidak boleh dilenyapkan oleh siapapun dan dalam keadaan apapun;
f.  setiap hak asasi manusia mengandung kewajiban untuk menghormati hak asasi manusia orang lain, sehingga di dalam hak asasi manusia terdapat kewajiban dasar;
g.  hak asasi manusia harus benar-benar dihormati, dilindungi, dan ditegakkan, dan untuk itu pemerintah, aparatur negara, dan pejabat publik lainnya mempunyai kewajiban dan tanggungjawab menjamin terselenggaranya penghormatan, perlindungan, dan penegakan hak asasi manusia.

————————————————————————————

update

Dokumen untuk diunduh

UD 1945 Hasil Amandemen.

UU_39/1999_tentang_HAM

1. Permensos No. 110/HUK/2009_Persyaratan Pengangkatan Anak

2. UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan

3. Penjelasan UU No.24-Th 2009 (lamp.tentang Lambang Negara dan Naskah Indonesia Raya

4. UU 12/2006 tentang Kewarganegaraan RI

5. UU 12/2006_tentang_Kewarganegaraan_RI_(penjelasan)

6. Profil Indonesia dalam Situs Republik Indonesia

7. Lagu Indonesia Raya (Not Angka dan Not Balok)

8. Profil 33 Provinsi

9. UU_40/2008_ttg_Penghapusan_Diskriminasi_Ras_dan_Etnis

10. UU_43/2008_tentang_Wilayah_Negara

11. UU_31/1999_tentang_Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

12. UU_No_1/1974 tentang_Perkawinan

13. UU_No_23_Th_2006_tentang_Administrasi_Kependudukan

 

Tulisan bermanfaat

Foto Menteri KIB II

45 Tanggapan

  1. terima kasih akan ilmunya…

  2. thanks yahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh mudah mudahan makin banyak tugas makin banyak kita bikin yahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  3. makasih ya :)

    berkat situs ne , tugs kwn saya yg menumpk bsa selesai ;)

  4. syukron suhu, ini ngbantu sekali blog nya :D

  5. syukron Tunas63. blog nya bermanfaat udah ngebantu tgas kwn saya..:D

  6. Nice.. :))
    Mkasih udah bntu ngerjain tugas pkn saya.. :))

  7. gamsha..
    tugas pkn saya bisa selesai! ^_^

  8. [...] 3.  http://tunas63.wordpress.com/2008/06/19/ham-dalam-uud-1945/#comment-24954 [...]

  9. [...] http://tunas63.wordpress.com/2008/06/19/ham-dalam-uud-1945/ [...]

  10. terima kasih atas bantuannya,,

  11. thank’s yaaa

  12. makasih dah nambah informasi ttg HAM di dalam tugas kwn saya :)

  13. Pak mohon ijin di copy buat tambahan revisi tugas.

    Kak Ichsan:
    Ok, Mas Dani semoga tugas segera beres dengan sempurna.

  14. thank`s you very much

  15. makasi,udh bantuin tugasq

  16. makasi,y,,,
    udh bantuin tugas aku,,,

  17. Bantu ngerjain.tugas nih, makasih ya.:-)

  18. makasih atas infonya ..
    jng lupa ampir diblog ane
    rudingakak.blogspot.com

  19. pabila sudah membaca mudah memgerti’nya, br kali pertama sy membaca UUD indonesia, soal’nya sy org asing ^_^”

  20. saya suka’nya karena mempermudah’kan saya dalam mengerja tugas,

  21. bantu banget :D makasih yaa

  22. terima kasih banyak :D

  23. hai all
    salam kenal

  24. [...] HAM dalam UUD 1945 [...]

  25. [...] HAM dalam UUD 1945 [...]

  26. dengan adanya ini, saya dpt mengerjakan PR PKN saya dgn mudah ..

    Thank you !

  27. mayan neh ada tapiiii kurang pasal 27 29 30 31 32 33 34 gimana neh?

  28. [...] HAM dalam UUD 1945 [...]

  29. thank you adanya ini aku bisa mengerjakan PR dengan mudah…..terima kasih!

  30. …..

  31. Kenapa Guru Saya Memperintah Kan Untuk Mencari Sebuah SITUS WEB yang berkaitan dengan pelajaran PKN ..??

  32. mksih buat info’a soal’a ni skrang buat saiia pentng bangetttt ,,, :)

  33. Asek jadi bisa ngerjain PR HAM

    makaseh

    nananananana

  34. sebenarnya islam mempunyai pandangan yang lebih luas dari nasionalis
    kunjungi blog saya ya
    http://www.ngobrolislami.wordpress.com

    ferry

  35. OK banget nie artikel_a sngat berguna. .
    Coz, ngebantu bget ntuk tugas Kul Q besok .. .
    Mua_a da d sini. .
    Perfect dah, sering2 ngsih ya kag. . .

  36. Makacie…
    Nie penting buat bsok…
    Soalnya besok q ulangan bab HAM…
    Do’ain ya… ^_^

    Kak Ichsan:
    Ok, Sheilla, Kakak yakin dapat nilai bagus, kan Sheilla punya semangat dan tidak mudah putus asa?

  37. Masukan berharga untuk menyusun rancangan permohonan judicial review UU No. 37 Tahun 2004 terhadap UUD 1945.

    Mohon bantuan apabila ada lagi masukan yang berkaitan, terima kasih.

    Kak Ichsan:
    Oke, Mas semoga usaha membawa hasil untuk keadilan. Tentang tambahan masukan akan saya usahakan. Terima kasih, salam persaudaraan.

  38. thx for all

  39. arigatou !

  40. matur nuwun…
    tugas kul pun bisa di kerjakan…

  41. mkce yaw…..jd bz ngrjain tgz dech….oy…kalo bz da contoh pelanggrannya dund…biar lebh gmpang ge…..

  42. Ini artikel yang sangat berguna, khusunya karena ringkas dan membantu tugas kuliah. Izin untuk mengunduh ya

    Kak Ichsan berkata:
    Ok, Mas Randhy. Selamat belajar semoga sukses selalu.

  43. Thnx Bgd y….! jadi makin gampang bwd ngerjain tgs kul niy..^_^

  44. Makasi

  45. haii. wahh. ini sgd mmbntu kita mmbwd tgs d skul!! thx a lot!!! hhaa. C:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.020 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: