Homonim, Homograf, dan Homofon


Beberapa kata bahasa Indonesia ada yang mengalami homonim, homograf, dan homofon. Ketiga istilah ini memiliki perbedaan juga memiliki kesamaan. Berikut pengertian dan contohnya!

 

Homonim

Homonim adalah kata yang sama lafal dan ejaannya dengan kata yang lain tetapi berbeda maknanya karena berasal dari sumber yang berbeda .

Contoh pasangan kata yang termasuk homonim:

a. bisa : dapat
bisa : racun
b. buku : ruas
buku : kitab
c. salak : nama buah
salak : bunyi gonggongan anjing
c. bulan : waktu 30 hari
bulan : nama satelit bumi
d. genting : gawat
genting : benda penutup atap rumah
e. malam : nama waktu lawannya siang
malam : nama zat bahan membatik

 

Homograf

Homograf adalah kata  yang sama ejaannya dengan kata yang lain tertapi beda lafal dan maknanya.

Contoh kata-kata yang termasuk homograf:

a. apel (lafal e seperti pada teh) : upacara
apel (lafal e seperti pada teman) : nama buah
b. seminar (lafal e seperti  pada teman) : bersinar-sinar
seminar (lafal e seperti pada sate) : pertemuan ilmiah
c. teras (kayu) lafal e seperti pada tebu) : inti kayu
teras (rumah) lafal e seperti pada sate : bagian depan rumah   (beranda)

Homofon

Kata yang sama lafalnya dengan kata lain tetapi beda ejaan dan maknanya.

Contoh kata-kata yang termasuk homofon:

a. sangsi : ragu-ragu
sanksi : hukuman
b. bank : tempat menanbung
 

c.

bang

hak

 

: panggilan untuk orang laki-laki

: hak (sepatu)

: hak (asasi)

About these ads

118 Tanggapan

  1. makaciiiiihhhhhh,,,,,,,,

  2. heeh kurang banyak seharusnya ada lebih dari 10

    • Sya ada tugas buat cerita homonim,homograf?

  3. iya neh soalnya bikin pr
    pr nya minta qp neh

  4. homografnya di tambahin dong ad tugas nih…….. :(

  5. homofon ngetop begethe

  6. tmbh lg donk cntohnya. dkit bnget2. .

  7. makasih

  8. makasih dah bisa bantu aku :)

  9. kuranqq bnyakk cuy contoh nya….
    bnyakin aqie donk contohnya ….
    mksich.

  10. Bisa untuk ngerjain pr donk……

  11. Wah bagus juga ya kk Trims bantuannya

  12. kurang banyak contohnyah yg homofon kakak :)

  13. thanks tugas BI jadi selesai XD

  14. balass duunkkk

  15. contoh kalimat rock apa???
    contoh kalimat seri apa???

    Kak Ichsan:
    1a. Murid perempuan memakai blus berwarna putih dan rok berwarna abu-abu. (rok=baju perempuan bagian bawah [bawahan])
    1b. Kakakku hobi mendengarkan musik rok. (rok=musik pop yg dimainkan dng peralatan amplielektronik dan dicirikan dng nada berat terus-menerus)
    2a. Timnas Indonesia bermain seri saat melawan tim Brazil. (seri=seimbang; tidak ada yg menang dan tidak ada yg kalah)
    2b. Gigi seri adik sudah mulai tumbuh. (gigi seri=gigi pengiris)

    • tolong bikin 10 contoh kalimat homofon.
      thanks

  16. contoh kalimat jeda ada gak

  17. makasihh jadi bisa ngerjainn tugass ><

  18. Contohnya yang lain donk…..
    Biar lebih mdh

  19. apa sih artinya masa
    ^_^

    Kak Ichsan:
    masa = waktu

  20. contohnya diperbanyak dong……….

  21. kalimat nya mana? knp cmn ad kata2 nya doang-_-

    • tau tuhh

    • iyanih :D contoh kalimatnya gx ada,oh ya thx bgt atas jawabannya :)

  22. kurang banyak contoh nya

  23. yang homofon sama homograf kurang banyak contohnya

  24. apa dikit banget banyakin lagi dong

  25. Yang banyak donk bray….

  26. harusnya lebih banyak kak…

  27. kalo bisa contohnya kasih satu aja tapi yang susah yang jarang jarang ya jangan itu itu aja donk aku lagi cari pr nih tapi yang susah

  28. kurang bnyak ccuuyyy..Z,!!!!

  29. sangsi memiliki arti lain gak???

    Kak Ichsan:
    Pada KBBI, kata “sangsi” hanya ada satu saja, artinya “ragu”.

  30. krng bnyk nih.bnykn lg y.

  31. duh kok dkt n kt”x slit di buat kal,,,,
    lain kli pakek kal dong,,,,,

  32. banyak yg sama kyk yg di omong guru q,cb cr slain itu ya??

  33. Ternuwun yoo :)

  34. byki lagi dong?

  35. trima kasih ya sudah membantu PR sy

  36. terimakasi sudah mambantu tugas b.ndonesia saya

  37. Contoh kata berhomonim dalam kalimat:
    Pada tanggal lima gigi saya tanggal satu.
    Toko malam itu tutup pada malam hari.
    Dua kali saya berenang di kali ini.
    Orang bisa mati jika terkena bisa ular Cobra.
    Beribu orang tidak beribu karena perang besar itu.
    Contoh kata berhomofon dalam kalimat:
    Ambilkan tang di dalam tank itu.
    Bang Amat bekerja di bank ABC.
    Orang muda mudah sekali terpengaruh mode.
    Silakan bawa buku yang di bawah itu!
    Para tentara pulang perang dengan luka parah
    Contoh kata berhomograf dalam kalimat:
    Boleh apel, asal bawa apel.
    Pejabat teras duduk di teras rumah.
    Sedu sedan itu terdengar dari dalam mobil sedan.
    Kecap dulu kecap itu sebelum digunakan!
    Harga per mobil per biji Rp 200.000,00.

    • thank you…..

    • sangat membantu mapel bhs indonesia qw

      • yoi

        • ngak spiro lah lek q :o

        • yg bnyak dong kta** nya

    • membantu sekali buat mengerjakan pr b.indonesia ku !!
      makasih banyak !!

    • semoga dapat membantu pda saat aku ul bsok….amine

    • thank’s ya :)

  38. terima kasih

  39. terima kasih ya sudah membantu tgas ku

  40. trimaksih yh tlh membantu tugas aku.
    heee

  41. contoh nya krng bnyk…tmbah in lg dong biar bisa ngerjain pr….

  42. kurang ich kata2 nya yg byk dong
    dari homonim, polisemi, dan homograf

  43. hmmmm tinggal nyari homograf
    coz’y yg di situ dah prnah di jelasin
    hmmmmm gmna ea

  44. terima kasih sangat membnatu tugas saya

  45. thanks sob infonya.. sangat membantu.. :)

  46. sangat membantu sob.. thanks infonya :)

  47. wow……………..lebih lengkap dongs.. biar bisa mengerjain pr ni

  48. kurang lagh contohnya..
    gk bisa di tmbh lg ..?

  49. Thank’s banyak ya,,, ni pelajaran berguna banyak buat gue

  50. hmm,, Alhamdulillah..dpt ilmu bru.wlwpun cntoh hax sdikit, yg pnting dpt ilmu.dri pd gk dpt hayoo?

    Thnk U so much..:-)

  51. Thnk U so much..:-)

  52. Untuk kata HAK, kenapa dimasukin ke homofon ya? Kan ejaannya sama, bukannya HAK itu homonim? Thanks :)

    Contoh lain

    -Homonim: kepala (anggota tubuh) – kepala (pimpinan); tahu (makanan) – tahu (mengerti/paham)
    -Homograf: sedan (mobil) – sedan (isak tangis); beribu (ribuan) – beribu (memiliki ibu); beruang (hewan) – beruang (memiliki uang)
    -Homofon: masa (waktu) – massa (orang-orang)

    • makasi sblumna…
      tpi klo menurut saya kepala itu bukan contoh dari homonim mlainkan contoh dari polisemi..

      • wduh trus yg bnr yg mna homonim pha polisemi??????

        • kl q homonim

    • kalo citra dan citera masuk homofon kh ????

      Kak Ichsan:
      Istilah yang benar (ada) pada KBBI adalah citra, istilah citera tidak ada.

  53. ttambahiin cc0ntoh’e dd0nqqk qqU bttuh bggt nNeee dd kciih PR’e 15…..

  54. T
    h
    a
    n
    k
    s
    e
    a
    w
    a
    t
    c
    n
    t
    h
    n
    a.

  55. banyakin napa ee ????

  56. kekurangan kosakata

  57. Contoh’y kurg buanyak nii
    MsH harus crii lagii l

    Huaahhhhk
    Capekkkk decH

  58. tambahin donk contohnya!!!!!!!!!!

  59. saya baru tahu kalau tahu itu rasanya enak

  60. Koq…cman sgtv cthx? Banyk in dkt lagh biar tgz q….cpt slsx,?key thx y mga d mklmi..,

  61. contohnyaa d tmbahh donx hehe

    • contohnya kurang banyak yang homofon n homograf

  62. contoh nya yng byak donk….

  63. very good

  64. Ya. . . Ya. Ya. Aku minta contoh laen donk. .

  65. sayyya ga ngerrttiiii homograf,homofon…………

  66. Lu BzAaa tMbH En Lg DUnK cNtOh nyAaa,,?
    Lu Pr tOe BuAnyK,, Lu CM sGni bz sM dUnk m tMn2 yG LaEnn,
    V nEy Ug snGt mMbntU

    • Bgus. . . . Conth.a cman krank bnyk dhe tlng tmbh in yah:-)

  67. makasih banget yaa!

  68. Cukup membantu, Bagus lagi, tapi ….lebih bagus di banyakin aja contohya!

  69. Contohnya banyakin dong!

  70. buatin 10 kalimat homonim,homofo,homograf dong.

  71. membingungkan!

  72. Terimakasih, tapi kurang banyak contohnya -_-’
    kalo boleh ditambah lagi yaa. soalnya ada pr BI disuruh 25 kata. jadi kalo tiga-tiga’a ada 75 kata deh

  73. minta contoh masing2 25 kata ya.

  74. klo bsa ditambahin contoh nya soalnya pr di suruh banyak

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa bisa nambah ……!

    • banyak omong rijal ne!!!

  75. Sedikit amat homograf dan homofon nya.Kurang nih,tambahin dong.

    • bener

    • tambahin donk contohnya………….

  76. Dibanyakin yah !

  77. Tolong dong dibanyakin, kata homonim kunci ama roman donk !

  78. kurang banyak contohnya… :D

  79. boleh nggak contoh homofonnya di banyakin, 10 ajah ,
    pliss , ,
    soalnya PR gue di suruh 10 kta homofonnya ,
    thnks,

    Kak Ichsan:
    Mungkin ada teman yang dapat membantu?

    • ya,,,,byakin donk….
      qw jga da pr ,sruh cri kta homonim,homograf,homofon,,,msing2 10…..

  80. gk jelas buangets neeech contohnyaaaa……..

  81. eh yang B(n)=Yk_ (d”)ikT do:n:k

  82. sama

  83. GJ

  84. klo bisa ditmbahin ya……
    coz pe.er q banyak nihh…..

  85. Thankz info’a , , ,tpi kalau biza , , ,contohnya di kasi cukup 15 , , , !!! Coz aQ dpt pR dari GURU BI

  86. prekitiew

  87. thank’s bgt yah . .
    brkt ktrangan’n akuh jdi ngerti deh . .
    ini bner2 ilmu yang sngat bermnfaat ,
    bgi akuh . .

  88. yg di suru guru w kalimat nya..

  89. homograf.na yang bnyk dun

  90. g cukup tuk pr gue!!!

  91. yg banyakan dong cth homofonya..

  92. homogafrafnya sampe 20 napa…
    biar bisa tertolong pr gw…!!!

  93. thanks ilmunya,…..
    buka http://www.mrima7.wordpress.com
    seru loh…..

  94. kurang nich…..

    contohnya yang banyak dunk…

  95. mkacih ilmunya

  96. homofon dan homograf koq sama artinyaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.984 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: