Homonim, Homograf, dan Homofon


Beberapa kata bahasa Indonesia ada yang mengalami homonim, homograf, dan homofon. Ketiga istilah ini memiliki perbedaan juga memiliki kesamaan. Berikut pengertian dan contohnya!

 

Homonim

Homonim adalah kata yang sama lafal dan ejaannya dengan kata yang lain tetapi berbeda maknanya karena berasal dari sumber yang berbeda .

Contoh pasangan kata yang termasuk homonim:

a. bisa : dapat
bisa : racun
b. buku : ruas
buku : kitab
c. salak : nama buah
salak : bunyi gonggongan anjing
c. bulan : waktu 30 hari
bulan : nama satelit bumi
d. genting : gawat
genting : benda penutup atap rumah
e. malam : nama waktu lawannya siang
malam : nama zat bahan membatik

 

Homograf

Homograf adalah kata  yang sama ejaannya dengan kata yang lain tertapi beda lafal dan maknanya.

Contoh kata-kata yang termasuk homograf:

a. apel (lafal e seperti pada teh) : upacara
apel (lafal e seperti pada teman) : nama buah
b. seminar (lafal e seperti  pada teman) : bersinar-sinar
seminar (lafal e seperti pada sate) : pertemuan ilmiah
c. teras (kayu) lafal e seperti pada tebu) : inti kayu
teras (rumah) lafal e seperti pada sate : bagian depan rumah   (beranda)

Homofon

Kata yang sama lafalnya dengan kata lain tetapi beda ejaan dan maknanya.

Contoh kata-kata yang termasuk homofon:

a. sangsi : ragu-ragu
sanksi : hukuman
b. bank : tempat menanbung
 

c.

bang

hak

 

: panggilan untuk orang laki-laki

: hak (sepatu)

: hak (asasi)

120 Tanggapan

  1. tebabe kau lah😛

    Suka

  2. hebat

    Suka

  3. makaciiiiihhhhhh,,,,,,,,

    Suka

  4. heeh kurang banyak seharusnya ada lebih dari 10

    Suka

    • Sya ada tugas buat cerita homonim,homograf?

      Suka

  5. iya neh soalnya bikin pr
    pr nya minta qp neh

    Suka

  6. homografnya di tambahin dong ad tugas nih……..😦

    Suka

  7. homofon ngetop begethe

    Suka

  8. tmbh lg donk cntohnya. dkit bnget2. .

    Suka

  9. makasih

    Suka

  10. makasih dah bisa bantu aku:)

    Suka

  11. kuranqq bnyakk cuy contoh nya….
    bnyakin aqie donk contohnya ….
    mksich.

    Suka

  12. Bisa untuk ngerjain pr donk……

    Suka

  13. Wah bagus juga ya kk Trims bantuannya

    Suka

  14. kurang banyak contohnyah yg homofon kakak:)

    Suka

  15. thanks tugas BI jadi selesai😄

    Suka

  16. balass duunkkk

    Suka

  17. contoh kalimat rock apa???
    contoh kalimat seri apa???

    Kak Ichsan:
    1a. Murid perempuan memakai blus berwarna putih dan rok berwarna abu-abu. (rok=baju perempuan bagian bawah [bawahan])
    1b. Kakakku hobi mendengarkan musik rok. (rok=musik pop yg dimainkan dng peralatan amplielektronik dan dicirikan dng nada berat terus-menerus)
    2a. Timnas Indonesia bermain seri saat melawan tim Brazil. (seri=seimbang; tidak ada yg menang dan tidak ada yg kalah)
    2b. Gigi seri adik sudah mulai tumbuh. (gigi seri=gigi pengiris)

    Suka

    • tolong bikin 10 contoh kalimat homofon.
      thanks

      Suka

  18. contoh kalimat jeda ada gak

    Suka

  19. makasihh jadi bisa ngerjainn tugass ><

    Suka

  20. Contohnya yang lain donk…..
    Biar lebih mdh

    Suka

  21. apa sih artinya masa
    ^_^

    Kak Ichsan:
    masa = waktu

    Suka

  22. contohnya diperbanyak dong……….

    Suka

  23. kalimat nya mana? knp cmn ad kata2 nya doang-_-

    Suka

    • tau tuhh

      Suka

    • iyanih😀 contoh kalimatnya gx ada,oh ya thx bgt atas jawabannya:)

      Suka

  24. kurang banyak contoh nya

    Suka

  25. yang homofon sama homograf kurang banyak contohnya

    Suka

  26. apa dikit banget banyakin lagi dong

    Suka

  27. Yang banyak donk bray….

    Suka

  28. harusnya lebih banyak kak…

    Suka

  29. kalo bisa contohnya kasih satu aja tapi yang susah yang jarang jarang ya jangan itu itu aja donk aku lagi cari pr nih tapi yang susah

    Suka

  30. kurang bnyak ccuuyyy..Z,!!!!

    Suka

  31. sangsi memiliki arti lain gak???

    Kak Ichsan:
    Pada KBBI, kata “sangsi” hanya ada satu saja, artinya “ragu”.

    Suka

  32. krng bnyk nih.bnykn lg y.

    Suka

  33. duh kok dkt n kt”x slit di buat kal,,,,
    lain kli pakek kal dong,,,,,

    Suka

  34. banyak yg sama kyk yg di omong guru q,cb cr slain itu ya??

    Suka

  35. Ternuwun yoo:)

    Suka

  36. byki lagi dong?

    Suka

  37. trima kasih ya sudah membantu PR sy

    Suka

  38. terimakasi sudah mambantu tugas b.ndonesia saya

    Suka

  39. Contoh kata berhomonim dalam kalimat:
    Pada tanggal lima gigi saya tanggal satu.
    Toko malam itu tutup pada malam hari.
    Dua kali saya berenang di kali ini.
    Orang bisa mati jika terkena bisa ular Cobra.
    Beribu orang tidak beribu karena perang besar itu.
    Contoh kata berhomofon dalam kalimat:
    Ambilkan tang di dalam tank itu.
    Bang Amat bekerja di bank ABC.
    Orang muda mudah sekali terpengaruh mode.
    Silakan bawa buku yang di bawah itu!
    Para tentara pulang perang dengan luka parah
    Contoh kata berhomograf dalam kalimat:
    Boleh apel, asal bawa apel.
    Pejabat teras duduk di teras rumah.
    Sedu sedan itu terdengar dari dalam mobil sedan.
    Kecap dulu kecap itu sebelum digunakan!
    Harga per mobil per biji Rp 200.000,00.

    Suka

    • thank you…..

      Suka

    • sangat membantu mapel bhs indonesia qw

      Suka

      • yoi

        Suka

        • ngak spiro lah lek q😮

          Suka

        • yg bnyak dong kta** nya

          Suka

    • membantu sekali buat mengerjakan pr b.indonesia ku !!
      makasih banyak !!

      Suka

    • semoga dapat membantu pda saat aku ul bsok….amine

      Suka

    • thank’s ya:)

      Suka

  40. terima kasih

    Suka

  41. terima kasih ya sudah membantu tgas ku

    Suka

  42. trimaksih yh tlh membantu tugas aku.
    heee

    Suka

  43. contoh nya krng bnyk…tmbah in lg dong biar bisa ngerjain pr….

    Suka

  44. kurang ich kata2 nya yg byk dong
    dari homonim, polisemi, dan homograf

    Suka

  45. hmmmm tinggal nyari homograf
    coz’y yg di situ dah prnah di jelasin
    hmmmmm gmna ea

    Suka

  46. terima kasih sangat membnatu tugas saya

    Suka

  47. thanks sob infonya.. sangat membantu..:)

    Suka

  48. sangat membantu sob.. thanks infonya:)

    Suka

  49. wow……………..lebih lengkap dongs.. biar bisa mengerjain pr ni

    Suka

  50. kurang lagh contohnya..
    gk bisa di tmbh lg ..?

    Suka

  51. Thank’s banyak ya,,, ni pelajaran berguna banyak buat gue

    Suka

  52. hmm,, Alhamdulillah..dpt ilmu bru.wlwpun cntoh hax sdikit, yg pnting dpt ilmu.dri pd gk dpt hayoo?

    Thnk U so much..:-)

    Suka

  53. Thnk U so much..:-)

    Suka

  54. Untuk kata HAK, kenapa dimasukin ke homofon ya? Kan ejaannya sama, bukannya HAK itu homonim? Thanks:)

    Contoh lain

    -Homonim: kepala (anggota tubuh) – kepala (pimpinan); tahu (makanan) – tahu (mengerti/paham)
    -Homograf: sedan (mobil) – sedan (isak tangis); beribu (ribuan) – beribu (memiliki ibu); beruang (hewan) – beruang (memiliki uang)
    -Homofon: masa (waktu) – massa (orang-orang)

    Suka

    • makasi sblumna…
      tpi klo menurut saya kepala itu bukan contoh dari homonim mlainkan contoh dari polisemi..

      Suka

      • wduh trus yg bnr yg mna homonim pha polisemi??????

        Suka

        • kl q homonim

          Suka

    • kalo citra dan citera masuk homofon kh ????

      Kak Ichsan:
      Istilah yang benar (ada) pada KBBI adalah citra, istilah citera tidak ada.

      Suka

  55. ttambahiin cc0ntoh’e dd0nqqk qqU bttuh bggt nNeee dd kciih PR’e 15…..

    Suka

  56. T
    h
    a
    n
    k
    s
    e
    a
    w
    a
    t
    c
    n
    t
    h
    n
    a.

    Suka

  57. banyakin napa ee ????

    Suka

  58. kekurangan kosakata

    Suka

  59. Contoh’y kurg buanyak nii
    MsH harus crii lagii l

    Huaahhhhk
    Capekkkk decH

    Suka

  60. tambahin donk contohnya!!!!!!!!!!

    Suka

  61. saya baru tahu kalau tahu itu rasanya enak

    Suka

  62. Koq…cman sgtv cthx? Banyk in dkt lagh biar tgz q….cpt slsx,?key thx y mga d mklmi..,

    Suka

  63. contohnyaa d tmbahh donx hehe

    Suka

    • contohnya kurang banyak yang homofon n homograf

      Suka

  64. contoh nya yng byak donk….

    Suka

  65. very good

    Suka

  66. Ya. . . Ya. Ya. Aku minta contoh laen donk. .

    Suka

  67. sayyya ga ngerrttiiii homograf,homofon…………

    Suka

  68. Lu BzAaa tMbH En Lg DUnK cNtOh nyAaa,,?
    Lu Pr tOe BuAnyK,, Lu CM sGni bz sM dUnk m tMn2 yG LaEnn,
    V nEy Ug snGt mMbntU

    Suka

    • Bgus. . . . Conth.a cman krank bnyk dhe tlng tmbh in yah:-)

      Suka

  69. makasih banget yaa!

    Suka

  70. Cukup membantu, Bagus lagi, tapi ….lebih bagus di banyakin aja contohya!

    Suka

  71. Contohnya banyakin dong!

    Suka

  72. buatin 10 kalimat homonim,homofo,homograf dong.

    Suka

  73. membingungkan!

    Suka

  74. Terimakasih, tapi kurang banyak contohnya -_-‘
    kalo boleh ditambah lagi yaa. soalnya ada pr BI disuruh 25 kata. jadi kalo tiga-tiga’a ada 75 kata deh

    Suka

  75. minta contoh masing2 25 kata ya.

    Suka

  76. klo bsa ditambahin contoh nya soalnya pr di suruh banyak

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa bisa nambah ……!

    Suka

    • banyak omong rijal ne!!!

      Suka

  77. Sedikit amat homograf dan homofon nya.Kurang nih,tambahin dong.

    Suka

    • bener

      Suka

    • tambahin donk contohnya………….

      Suka

  78. Dibanyakin yah !

    Suka

  79. Tolong dong dibanyakin, kata homonim kunci ama roman donk !

    Suka

  80. kurang banyak contohnya…😀

    Suka

  81. boleh nggak contoh homofonnya di banyakin, 10 ajah ,
    pliss , ,
    soalnya PR gue di suruh 10 kta homofonnya ,
    thnks,

    Kak Ichsan:
    Mungkin ada teman yang dapat membantu?

    Suka

    • ya,,,,byakin donk….
      qw jga da pr ,sruh cri kta homonim,homograf,homofon,,,msing2 10…..

      Suka

  82. gk jelas buangets neeech contohnyaaaa……..

    Suka

  83. eh yang B(n)=Yk_ (d”)ikT do:n:k

    Suka

  84. sama

    Suka

  85. GJ

    Suka

  86. klo bisa ditmbahin ya……
    coz pe.er q banyak nihh…..

    Suka

  87. Thankz info’a , , ,tpi kalau biza , , ,contohnya di kasi cukup 15 , , , !!! Coz aQ dpt pR dari GURU BI

    Suka

  88. prekitiew

    Suka

  89. thank’s bgt yah . .
    brkt ktrangan’n akuh jdi ngerti deh . .
    ini bner2 ilmu yang sngat bermnfaat ,
    bgi akuh . .

    Suka

  90. yg di suru guru w kalimat nya..

    Suka

  91. homograf.na yang bnyk dun

    Suka

  92. g cukup tuk pr gue!!!

    Suka

  93. yg banyakan dong cth homofonya..

    Suka

  94. homogafrafnya sampe 20 napa…
    biar bisa tertolong pr gw…!!!

    Suka

  95. thanks ilmunya,…..
    buka http://www.mrima7.wordpress.com
    seru loh…..

    Suka

  96. kurang nich…..

    contohnya yang banyak dunk…

    Suka

  97. mkacih ilmunya

    Suka

  98. homofon dan homograf koq sama artinyaaaa

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 3.175 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: