Homonim, Homograf, dan Homofon


Beberapa kata bahasa Indonesia ada yang mengalami homonim, homograf, dan homofon. Ketiga istilah ini memiliki perbedaan juga memiliki kesamaan. Berikut pengertian dan contohnya!

 

Homonim

Homonim adalah kata yang sama lafal dan ejaannya dengan kata yang lain tetapi berbeda maknanya karena berasal dari sumber yang berbeda .

Contoh pasangan kata yang termasuk homonim:

a. bisa : dapat
bisa : racun
b. buku : ruas
buku : kitab
c. salak : nama buah
salak : bunyi gonggongan anjing
c. bulan : waktu 30 hari
bulan : nama satelit bumi
d. genting : gawat
genting : benda penutup atap rumah
e. malam : nama waktu lawannya siang
malam : nama zat bahan membatik

 

Homograf

Homograf adalah kata  yang sama ejaannya dengan kata yang lain tertapi beda lafal dan maknanya.

Contoh kata-kata yang termasuk homograf:

a. apel (lafal e seperti pada teh) : upacara
apel (lafal e seperti pada teman) : nama buah
b. seminar (lafal e seperti  pada teman) : bersinar-sinar
seminar (lafal e seperti pada sate) : pertemuan ilmiah
c. teras (kayu) lafal e seperti pada tebu) : inti kayu
teras (rumah) lafal e seperti pada sate : bagian depan rumah   (beranda)

Homofon

Kata yang sama lafalnya dengan kata lain tetapi beda ejaan dan maknanya.

Contoh kata-kata yang termasuk homofon:

a. sangsi : ragu-ragu
sanksi : hukuman
b. bank : tempat menanbung
 

c.

bang

hak

 

: panggilan untuk orang laki-laki

: hak (sepatu)

: hak (asasi)

119 Tanggapan

  1. hebat

    Suka

  2. makaciiiiihhhhhh,,,,,,,,

    Suka

  3. heeh kurang banyak seharusnya ada lebih dari 10

    Suka

    • Sya ada tugas buat cerita homonim,homograf?

      Suka

  4. iya neh soalnya bikin pr
    pr nya minta qp neh

    Suka

  5. homografnya di tambahin dong ad tugas nih…….. :(

    Suka

  6. homofon ngetop begethe

    Suka

  7. tmbh lg donk cntohnya. dkit bnget2. .

    Suka

  8. makasih

    Suka

  9. makasih dah bisa bantu aku :)

    Suka

  10. kuranqq bnyakk cuy contoh nya….
    bnyakin aqie donk contohnya ….
    mksich.

    Suka

  11. Bisa untuk ngerjain pr donk……

    Suka

  12. Wah bagus juga ya kk Trims bantuannya

    Suka

  13. kurang banyak contohnyah yg homofon kakak :)

    Suka

  14. thanks tugas BI jadi selesai XD

    Suka

  15. balass duunkkk

    Suka

  16. contoh kalimat rock apa???
    contoh kalimat seri apa???

    Kak Ichsan:
    1a. Murid perempuan memakai blus berwarna putih dan rok berwarna abu-abu. (rok=baju perempuan bagian bawah [bawahan])
    1b. Kakakku hobi mendengarkan musik rok. (rok=musik pop yg dimainkan dng peralatan amplielektronik dan dicirikan dng nada berat terus-menerus)
    2a. Timnas Indonesia bermain seri saat melawan tim Brazil. (seri=seimbang; tidak ada yg menang dan tidak ada yg kalah)
    2b. Gigi seri adik sudah mulai tumbuh. (gigi seri=gigi pengiris)

    Suka

    • tolong bikin 10 contoh kalimat homofon.
      thanks

      Suka

  17. contoh kalimat jeda ada gak

    Suka

  18. makasihh jadi bisa ngerjainn tugass ><

    Suka

  19. Contohnya yang lain donk…..
    Biar lebih mdh

    Suka

  20. apa sih artinya masa
    ^_^

    Kak Ichsan:
    masa = waktu

    Suka

  21. contohnya diperbanyak dong……….

    Suka

  22. kalimat nya mana? knp cmn ad kata2 nya doang-_-

    Suka

    • tau tuhh

      Suka

    • iyanih :D contoh kalimatnya gx ada,oh ya thx bgt atas jawabannya :)

      Suka

  23. kurang banyak contoh nya

    Suka

  24. yang homofon sama homograf kurang banyak contohnya

    Suka

  25. apa dikit banget banyakin lagi dong

    Suka

  26. Yang banyak donk bray….

    Suka

  27. harusnya lebih banyak kak…

    Suka

  28. kalo bisa contohnya kasih satu aja tapi yang susah yang jarang jarang ya jangan itu itu aja donk aku lagi cari pr nih tapi yang susah

    Suka

  29. kurang bnyak ccuuyyy..Z,!!!!

    Suka

  30. sangsi memiliki arti lain gak???

    Kak Ichsan:
    Pada KBBI, kata “sangsi” hanya ada satu saja, artinya “ragu”.

    Suka

  31. krng bnyk nih.bnykn lg y.

    Suka

  32. duh kok dkt n kt”x slit di buat kal,,,,
    lain kli pakek kal dong,,,,,

    Suka

  33. banyak yg sama kyk yg di omong guru q,cb cr slain itu ya??

    Suka

  34. Ternuwun yoo :)

    Suka

  35. byki lagi dong?

    Suka

  36. trima kasih ya sudah membantu PR sy

    Suka

  37. terimakasi sudah mambantu tugas b.ndonesia saya

    Suka

  38. Contoh kata berhomonim dalam kalimat:
    Pada tanggal lima gigi saya tanggal satu.
    Toko malam itu tutup pada malam hari.
    Dua kali saya berenang di kali ini.
    Orang bisa mati jika terkena bisa ular Cobra.
    Beribu orang tidak beribu karena perang besar itu.
    Contoh kata berhomofon dalam kalimat:
    Ambilkan tang di dalam tank itu.
    Bang Amat bekerja di bank ABC.
    Orang muda mudah sekali terpengaruh mode.
    Silakan bawa buku yang di bawah itu!
    Para tentara pulang perang dengan luka parah
    Contoh kata berhomograf dalam kalimat:
    Boleh apel, asal bawa apel.
    Pejabat teras duduk di teras rumah.
    Sedu sedan itu terdengar dari dalam mobil sedan.
    Kecap dulu kecap itu sebelum digunakan!
    Harga per mobil per biji Rp 200.000,00.

    Suka

    • thank you…..

      Suka

    • sangat membantu mapel bhs indonesia qw

      Suka

      • yoi

        Suka

        • ngak spiro lah lek q :o

          Suka

        • yg bnyak dong kta** nya

          Suka

    • membantu sekali buat mengerjakan pr b.indonesia ku !!
      makasih banyak !!

      Suka

    • semoga dapat membantu pda saat aku ul bsok….amine

      Suka

    • thank’s ya :)

      Suka

  39. terima kasih

    Suka

  40. terima kasih ya sudah membantu tgas ku

    Suka

  41. trimaksih yh tlh membantu tugas aku.
    heee

    Suka

  42. contoh nya krng bnyk…tmbah in lg dong biar bisa ngerjain pr….

    Suka

  43. kurang ich kata2 nya yg byk dong
    dari homonim, polisemi, dan homograf

    Suka

  44. hmmmm tinggal nyari homograf
    coz’y yg di situ dah prnah di jelasin
    hmmmmm gmna ea

    Suka

  45. terima kasih sangat membnatu tugas saya

    Suka

  46. thanks sob infonya.. sangat membantu.. :)

    Suka

  47. sangat membantu sob.. thanks infonya :)

    Suka

  48. wow……………..lebih lengkap dongs.. biar bisa mengerjain pr ni

    Suka

  49. kurang lagh contohnya..
    gk bisa di tmbh lg ..?

    Suka

  50. Thank’s banyak ya,,, ni pelajaran berguna banyak buat gue

    Suka

  51. hmm,, Alhamdulillah..dpt ilmu bru.wlwpun cntoh hax sdikit, yg pnting dpt ilmu.dri pd gk dpt hayoo?

    Thnk U so much..:-)

    Suka

  52. Thnk U so much..:-)

    Suka

  53. Untuk kata HAK, kenapa dimasukin ke homofon ya? Kan ejaannya sama, bukannya HAK itu homonim? Thanks :)

    Contoh lain

    -Homonim: kepala (anggota tubuh) – kepala (pimpinan); tahu (makanan) – tahu (mengerti/paham)
    -Homograf: sedan (mobil) – sedan (isak tangis); beribu (ribuan) – beribu (memiliki ibu); beruang (hewan) – beruang (memiliki uang)
    -Homofon: masa (waktu) – massa (orang-orang)

    Suka

    • makasi sblumna…
      tpi klo menurut saya kepala itu bukan contoh dari homonim mlainkan contoh dari polisemi..

      Suka

      • wduh trus yg bnr yg mna homonim pha polisemi??????

        Suka

        • kl q homonim

          Suka

    • kalo citra dan citera masuk homofon kh ????

      Kak Ichsan:
      Istilah yang benar (ada) pada KBBI adalah citra, istilah citera tidak ada.

      Suka

  54. ttambahiin cc0ntoh’e dd0nqqk qqU bttuh bggt nNeee dd kciih PR’e 15…..

    Suka

  55. T
    h
    a
    n
    k
    s
    e
    a
    w
    a
    t
    c
    n
    t
    h
    n
    a.

    Suka

  56. banyakin napa ee ????

    Suka

  57. kekurangan kosakata

    Suka

  58. Contoh’y kurg buanyak nii
    MsH harus crii lagii l

    Huaahhhhk
    Capekkkk decH

    Suka

  59. tambahin donk contohnya!!!!!!!!!!

    Suka

  60. saya baru tahu kalau tahu itu rasanya enak

    Suka

  61. Koq…cman sgtv cthx? Banyk in dkt lagh biar tgz q….cpt slsx,?key thx y mga d mklmi..,

    Suka

  62. contohnyaa d tmbahh donx hehe

    Suka

    • contohnya kurang banyak yang homofon n homograf

      Suka

  63. contoh nya yng byak donk….

    Suka

  64. very good

    Suka

  65. Ya. . . Ya. Ya. Aku minta contoh laen donk. .

    Suka

  66. sayyya ga ngerrttiiii homograf,homofon…………

    Suka

  67. Lu BzAaa tMbH En Lg DUnK cNtOh nyAaa,,?
    Lu Pr tOe BuAnyK,, Lu CM sGni bz sM dUnk m tMn2 yG LaEnn,
    V nEy Ug snGt mMbntU

    Suka

    • Bgus. . . . Conth.a cman krank bnyk dhe tlng tmbh in yah:-)

      Suka

  68. makasih banget yaa!

    Suka

  69. Cukup membantu, Bagus lagi, tapi ….lebih bagus di banyakin aja contohya!

    Suka

  70. Contohnya banyakin dong!

    Suka

  71. buatin 10 kalimat homonim,homofo,homograf dong.

    Suka

  72. membingungkan!

    Suka

  73. Terimakasih, tapi kurang banyak contohnya -_-‘
    kalo boleh ditambah lagi yaa. soalnya ada pr BI disuruh 25 kata. jadi kalo tiga-tiga’a ada 75 kata deh

    Suka

  74. minta contoh masing2 25 kata ya.

    Suka

  75. klo bsa ditambahin contoh nya soalnya pr di suruh banyak

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa bisa nambah ……!

    Suka

    • banyak omong rijal ne!!!

      Suka

  76. Sedikit amat homograf dan homofon nya.Kurang nih,tambahin dong.

    Suka

    • bener

      Suka

    • tambahin donk contohnya………….

      Suka

  77. Dibanyakin yah !

    Suka

  78. Tolong dong dibanyakin, kata homonim kunci ama roman donk !

    Suka

  79. kurang banyak contohnya… :D

    Suka

  80. boleh nggak contoh homofonnya di banyakin, 10 ajah ,
    pliss , ,
    soalnya PR gue di suruh 10 kta homofonnya ,
    thnks,

    Kak Ichsan:
    Mungkin ada teman yang dapat membantu?

    Suka

    • ya,,,,byakin donk….
      qw jga da pr ,sruh cri kta homonim,homograf,homofon,,,msing2 10…..

      Suka

  81. gk jelas buangets neeech contohnyaaaa……..

    Suka

  82. eh yang B(n)=Yk_ (d”)ikT do:n:k

    Suka

  83. sama

    Suka

  84. GJ

    Suka

  85. klo bisa ditmbahin ya……
    coz pe.er q banyak nihh…..

    Suka

  86. Thankz info’a , , ,tpi kalau biza , , ,contohnya di kasi cukup 15 , , , !!! Coz aQ dpt pR dari GURU BI

    Suka

  87. prekitiew

    Suka

  88. thank’s bgt yah . .
    brkt ktrangan’n akuh jdi ngerti deh . .
    ini bner2 ilmu yang sngat bermnfaat ,
    bgi akuh . .

    Suka

  89. yg di suru guru w kalimat nya..

    Suka

  90. homograf.na yang bnyk dun

    Suka

  91. g cukup tuk pr gue!!!

    Suka

  92. yg banyakan dong cth homofonya..

    Suka

  93. homogafrafnya sampe 20 napa…
    biar bisa tertolong pr gw…!!!

    Suka

  94. thanks ilmunya,…..
    buka http://www.mrima7.wordpress.com
    seru loh…..

    Suka

  95. kurang nich…..

    contohnya yang banyak dunk…

    Suka

  96. mkacih ilmunya

    Suka

  97. homofon dan homograf koq sama artinyaaaa

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 3.129 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: