Provinsi dan Gubernur Awal Proklamasi Kemerdekaan RI


Jumlah provinsi di Indonesia pada awal kemerdekaan sebanyak 8 daerah sebagaimana keputusan Sidang II Panitia Persiapan Kemerdekan Indonesia (PPKI). Sidang II PPKI ini dilaksanakan pada 19 Agustus 1945. Berikut data 8 provinsi tersebut beserta nama gubernurnya :

1.Sumatera (Teuku Mohammad Hasaan)

2.Jawa Barat (Sutardjo Kartohadikusumo)

3.Jawa Tengah (R.A.  Panji Soeroso)

4.Jawa Timur (R.M. Suryo)

5.Sunda Kecil (Mr. I. Gusti Ketut Pudja)

6.Maluku (Mr. J. Latuharhary)

7.Sulawesi (R. G.S.S.J. Ratulangi)

8.Kalimantan (Ir. Pangeran Mohammad Noor)

61 Tanggapan

  1. Thanks

  2. makazh buat informasinya,berguna skali..

  3. terimakasih ya jadi saya gak lama lama mencari jawaban tugas dari guru saya

  4. thank you

  5. Aduh Besok Ujian Pkn lagi,tapi terima kasih ya Om dah kasih tau

  6. Thaks Om.dah kasih tau nama gubernur !945(8 propinsi)

  7. UAS IPS ku dpt 100

    Kak Ichsan:
    Alhamdulillah, selamat Amile. Tentu ini hasil dari belajar yang rajin. Semangat terus Amile masa depanmu tergantung kerja keras kamu sekarang!

  8. woooow :B

    • ya kecil

  9. terima kasih ya oooooooom sudah kasih tau nama gubernur provinsi tahun 1945.

  10. trmakasiih.

  11. thanks om ya

  12. membeantu untuk pelajaran kelas 5 SD :) good

  13. Jadi semakin tambah pengetahuannya deh

  14. makasih ya bang…
    banyak manfaatnya buat saya

  15. terima kasih om akhirnya bisa aku kerjakan tugasku

  16. belajar tambah oke nih

  17. pr jadi mudah ya!!

  18. Anakku dpt pr n udah byk buka buku gk ktm2,mau ty ibu kota propinsinya mas…….trims mudahn ada yg jawab.

  19. thanks y… lumayan membantu prku juga.jadi lebih mudah deh prku.

  20. aku nyari provinsi-provinsi di pulau jawa pada awal kemerdekaan dari tadi gak ketemu di google gak ada adain dong!\

  21. good !!

  22. Aku ada pr , jadi lebih mudah mengerjakannya.

  23. Tugas aku Jadi Lebih mudah

    THANKS ^_^

  24. Gomawo….^_^
    my Home Work is ready

  25. PR ku jadi mudah . thanks

  26. makasih yaa… akhirnya pr ku selesai jga.

  27. makasih ya udaha ada langsung tugasnya biasa lang sung aja

  28. makasi y ! akhirnya tugas qw dh ter jwb

  29. achirnya tugasku ktm juga

  30. thanks …….. is very help me………

  31. kok di web sebelah tuk jawa tengah R Panji Surono? mohon dikoreksi kalau saya yang salah

    • yg bener R.A. Panji Soeroso -_-

  32. mksih ya akhir nya ketemu juga…,,

  33. om makasih ya akhirnya aku bisa ngerjain tugasku juga….

  34. makasih ya om

  35. hah, untung ada juga nama provinsi dan gubernurnya pada awal kemerdekaan indonesia. jadi bisa ngerjain tugasku nih,

  36. thank you infonya ocre……….!!!!!!!!!!!!!!!

  37. hah, untung ada juga nama provinsi dan gubernurnya pada awal kemerdekaan indonesia. jadi bisa ngerjain tugasku nih,

  38. Makacii bnget yach… Tugas numpuk bnyk.. Untng Ada,,,

  39. makassiiiih bgt… ya… krn qt ada tugas tp mlz nyari d buku hehe…:)

  40. aku juga lg ngerjain tugas IPS kok

  41. bagus berguna untuk tugaskuuuu :)

  42. terima kasih atas blog nya jadi saya bisa buat PR

  43. thank’s

  44. Makasih ya Om, saya jadi gampang mengerjakan tugas Kewarganegaraan, GBU.

  45. numpang nanya nih. kira-kira pulau mana yang belum termasuk wilayah Indonesia pada tahun 1945??? Di tunggu jawabannya

    Kak Ichsan:
    Ada yang bisa bantu?

  46. Makasih banyak… Om… Emang inii yang dibutuhkan Tugas aku…

  47. thanks ya om aq jd gampang ngerjain pr

  48. Hatur Nuhunn ahh.. INFORMASINA…

    IZIN COPAS ya oM..

  49. b4gu5….. tr1m5 y444 udh mawu ksih t4u….s4y4 s4ng4t beruntung bs4 berkunjung ke web ini :D

  50. thanks om..,.,sblmnya cz udh ngeringanin tgz .,.,.,.tapi klo seandainya ditambah setiap provinsi ditambah penjelasan singkat akan lebih bagus om.,.,apalagi kalau ditambahi dengan peta lokasinya ..,.,thx

  51. thx om lg ad tugas nih gampang deh nyarinya

  52. Terima kasih ya ,pak. berkat bapak, saya bisa membuat pr..
    jadi, saya gak perlu repot2 lagi…
    oh ya, sekalian ibukotanya ya pak..
    supaya saya jadi ingat…

    Kak Ichsan:
    Aka Kakak usahakan, selamat belajar, ya semoga meningkat prestasinya.

  53. THANKS YA OM… IBUKOTA NYA JUGA YAH… PENTING.. :D

  54. Tolong sertakan juga ibukotanya, Pak. Penting banget!!

  55. hatur nuhun, ku informasina ti saderek.

  56. TRims ya, pas anak saya nanya

  57. thanks oom, nich anak nanya kebetulan ada.

  58. thanks om ada tugas nih,. izin copy y,. berrrrguna sangadh,.

    • tugasku jadi cepat selesai hanya dalam beberapa menit

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.040 pengikut lainnya.

