Data Nilai Kelulusan UKA 2012


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akhirnya mengumum- kan hasil akhir uji kompetensi awal (UKA) guru tahun 2012 yang telah dilaksanakan pada bulan Februari 2012 lalu.

Pengumuman UKA akan disampaikan pada 18 Maret 2012.

Bagi yang lulus UKA, selanjutnya mengikuti PLPG dan yang gagal dalam UKA akan diadakan pembinaan khusus.

Berikut data peserta dan nilai hasil UKA ( sumber: diolah dari http://www.kemdiknas.go.id/ dan  http://www.jpnn.com)

Peserta

  1. Mendaftar: 285.884
  2. mengikuti ujian hanya 281.016 orang
  3. tidak mengikuti ujian 4.868 orang

Peserta Berdasar Tempat Tugas

  • TK: 23.753
  • SD: 164.539
  • SMP: 51.238
  • SMA: 18.125
  • SMK: 15.105

Kualifikasi Pendidikan Peserta

  1. SMP: 195
  2. SMA: 19.039
  3. D1: 2.697
  4. D2: 34.614
  5. D3: 3.906
  6. S1: 211.858
  7. S2: 3.453
  8. S3: 9

Nilai Tertinggi Peserta Berdasar Jenjang

  • Desi Dwi Jayanti dari TK Islam Nurul Iman, Kabupaten Bogor dengan nilai 90,
  • Nurfatah dari SD 8 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Sumsel dengan nilai 80,
  • Melany Wiwanty Parulian Mukuan dari SMP Advent Amurang Kabupateng Minahasa Selatan, Sulawesi Utara dengan nilai 87,5,
  • Gatot Priadi dari SMAN 1 Karas Kabupaten Magetan Jawa Timur dengan nilai 90.

Nila Rata-rata Nasional: 42,25.

Sebanyak 154 kabupaten/kota memiliki nilai UKA di atas rata-ra nasional, antara lain:

  • Kota Blitar sebesar 56,41,
  • Kota Sukabumi sebesar 55, 88,
  • Kabupaten Gresik 55,41,
  • Kota Malang 53,71,
  • Kabupaten Jembrana, sebesar 53,63,
  • Kota Magelang 53,62,
  • Kota Surakarta sebesar 52,49,
  • Kota Pasuruan 52,30,
  • Kota Denpasar sebesar 52,23, dan
  • Kabupaten Banyumas sebesar 52,23.

Provinsi 10 Besar Terbaik Hasil UKA 2012

  1. DIY (50,1)
  2. DKI Jakarta (49,2),
  3. Bali (48,9),
  4. Jawa Timur (47,1),
  5. Jawa Tengah (45,2),
  6. Jawa Barat (44,0),
  7. Kepulauan Riau (43,8),
  8. Sumatera Barat (42,7),
  9. Papua (41,1) dan
  10. Banten (41,1).

Propinsi 5 Rata-rata Terendah

  1. Maluku (34,5),
  2. Maluku Utara (34,8),
  3. Kalimantan Barat (35,40),
  4. Kalimantan Tengah (35,5), dan
  5. Jambi (35,7)

Nilai Rata-rata Bersdasar Jenjang Satuan Pendidikan

Berdasar jenjang sekolah asal guru, rata-rata tertinggi adalah guru TK dan terendah kompetensinya adalah Pengawas sekolah.

  1. TK  ( 58.87)
  2. SD (36,86)
  3. SMP (46,15)
  4. SMA (51, 35)
  5. SMK (50, 02)
  6. SLB (49,07)
  7. Pengawas (32,58)

Nilai  Nasional

  1. Tertinggi 97,0
  2. Terendah adalah 1,0.
  3. Rata-rata 42,25 dengan standar deviasi 12,72.

Catatan Lain Hasil nilai UKA

  • Pada jenjang bertugas SMP, guru yang memiliki latar belakang pendidikan S2 ada yang mendapat nilai UKA sebesar 14.
  • Rata-rata nilai guru SMP yang berpendidikan S2 sebesar 51,3 dengan nilai UKA tertinggi sebesar 82.
  • Nilai UKA dari guru SMA yang berlatar belakang pendidikan S3 sebesar 46,8 dengan nilai tertinggi 61.
  • Nilai UKA dari guru yang berlatar belakang pendidikan S2 yaitu sebesar 55,9 dengan nilai tertinggi 84,3.

Penataran bagi yang Gagal UKA

bagi para guru yang tidak lulus uji kompetensi awal (UKA) 2012 akan diadakan pembinaan khusus. Pembinaan ini akan dilakukan selama liburan sekolah di bulan Mei hingga Juni 2012 mendatang.

Di dalam proses pembinaan tersebut, para guru akan diberikan ilmu-ilmu pendidikan keguruan. Yakni, mulai dari masalah metodologi hingga materi – materi pengajaran lainnya. “Sehingga nantinya ketika masuk tahun ajaran baru, para guru yang tidak lulus UKA ini akan semakin fresh dan bisa semangat meningkatkan kualitas mengajarnya,” ungkap Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (16/3).

About these ads

141 Tanggapan

  1. hasil ukg yang dilaksanakan dari tanggal 31 Juli s/d 12 Agustus 2012 untuk masing masing kota gimana ya nyariknya ?

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa bisa bantu Mas Ahmad Mulyono!

  2. di pemkab jember jatim lulusan uka kok aneh ya,,katanya hrs 5thn mengajar di sekolah trkhr tp bny tuh blm 5thn bisa lulus n ikut plpg..?

  3. Ralat, tolong infox kak, semoga saya salah satu yang lulus Diklat Sergu Rayon 1 24 Unm Makassar Guru SD Penjaskes

  4. Kak ichsan, tolong infox, semoga saya salah salah satu yang lulus Diklat Sergu 2012 Rayon 1 24 Unm Makassar Guru SD Penjaskes

  5. kak ichsan, tolong infox, semoga saya salah yang lulus pada diklat sergu 2012 SD Penjaskes Rayon 1 24 UNM Makassar

  6. boleh minta nilai uka untuk semua
    guru smp kota medan sumatera utara. terima kasih

    Kak Ichsan:
    Maaf, tidak punya datanya. Nilai UKA tidak dipublikasikan.

  7. Mohon maaf…
    bisa tolong dibagi info UKA Ulang, tanggal dan waktu pelaksanaannya kapan?

    Kak Ichsan:
    Maaf, UKA ulang saya belum pernah mendengar, apa benar ada UKA ulang?

  8. Aww. 1. pak kami kapan pembinaan UKA bagi kami yang tidak lulus.
    2. tolong tampilkan rentang nilai dari semua peserta tes UKA biar
    kami bisa tahu dimana gagalnya. soalnya saya beda nomor
    kode tes UKA nya yaitu 72, dibandingkan dengan guru-guru
    peserta lainnya tidak ada yang punya kode 72, atas perhatian
    bapa kami ucapkan terimakasih

    Kak Ichsan:
    Maaf, saya tidak punya data hasil UKA.
    Untuk Diklat bagi yang tidak lulus UKA, direncanakan Juli.

  9. katanya hapuskan suap-menyuap ternyata kelulusan sertifikasi juga masih banyak yang pake suap, uang memang segalanya

  10. ah itu akal akalan pemerintah saja dengan sejuta argumen,intinya mereka tidak berkeprimanusiaan teteekkk.

    • Dengan adanya UKA ini kami sangat kecewa berat karena tidak lulus , sama sama sebagai guru mengajar sekian lama puluhan thn belum diluluskan UKA, sedangkan yang masa kerja 5 tahun sdh lulus ikut PLPG mana keadilan dinegeri kita ini…….bisa bisa yang blm mendapat TPP kurang semangat kerja, unsur iri hati pasti ada sebagai manusia. Tolong dikaji lagi pelaksanaan UKA dan kami setuju dgn pola lama tanpa adanya UKA

  11. Makasih infonya… salam kenal

    Kak Ichsan:
    Ok, Bang Girsang salam kenal kembali.

    • Banyak guru yang tidak lulus UKA kecewa karena tidak lulusnya disebabkan apa? kalau nilainya kurang kok tidak diberitahukan dapat nilai brp? Kami setuju dgn pola lama , diperingkat berdasarkan usia, masa kerja dan gelar. jadi tdk mengecewakan.

  12. Ibu Naning D.L. yth : Ibu seharusnya yg kita minta ke kak Ichsan bukan Modulnya. Karena didalam pelaksanaan PLPG nanti kita pasti buat PTK yg ada dua arti. Penelitian Tingkat Kesulitan dan PeneliTan Ting Kelas. Trs yg mana tugas itu yang hrs kita kerjakan dan yg hrs kita diskripsikan. Klu mslh RPPmudahan kita semua bisa. Gitu ya bu usul saya ke kak Ichsan. Drs Untung Sudarmo SMK Yaspika Karimun Kepri Hp : 085274652222/085668016999.

    • Terima kasih saran dan masukan Pak Untung, kasih info ke saya Pak materi apa saja untuk PLPG nanti, saya guru IPS SMP yang mungkin pengalaman saya tidak sebanyak bapak yang mungkin sudah puluhan tahun mengabdi menjadi guru. Jadi tidak ada salahnya saya belajar dari bapak. Memang setahu saya materi nanti diantaranya tentang RPP dan PTK, nah yang saya masih agak bingung PTK ini karena memang belum pernah membuat PTK. MGMP belum pernah ikut dan pelatihan-pelatihan pendidikan juga jarang saya ikuti karena saya tinggal di daerah transmigrasi di Musi Banyuasin yang akses ke kota agak jauh dan medan lumayan berat.

  13. Selain itu pk Edi,klu teman guru mengerjakan soal asal asalan/sontek sontekan, bagaiman murid kita? Tlng jg image murid2 kita yg Nota Bone SD,SMP,SMA sudah pada pandai mengakses dan men download dan main2 di internet,gogle,dan fasebook lo. Hormat sy ya pak.

  14. Menanggapi Artikel Pk Edi 01 April 2012. Sebelumnya maaf ya pk! blh sy bertanya? Pk Edi Rayon dmn ya ikut UKA nya? Jgn menyamakan secara umum donk ! sebut Rayonnya. Pk kta bisa mengajar baru mendapat gelar Sarjana Pendidikan. Itupun buat teman guru S.pd dan setara. Untuk guru yg non Education jg banyak lo pk. Contohnya Sarjana Ekonomi,akutansi,management,informatika,semua jurusan technik yg belum memiliki Akta 4 Pendidikan kan ya sbg guru. Bukan berarti sudah LULUS secara profesional sbg guru lo. Selain itu di Rayon sy pk ada teman dtng terlambat satu menit,tdk boleh mengiuti UKA lo. Jgn kan Bisik2 mengisinya,pamit ke toylet aja diikuti pengawas lo pak.Rayon saya 105 UNRI.Sy ikut KEPRI,KABUPATEN KARIMUN Buat teman2 profesi olhrg sngt berterima ksh adanya Uka Sergur. Ingat pk dengan ujian itu klu kita LULUS dapat tunjangan uang lo pk. Drs Untung Sudarmo SMK Yaspika Karimun Kepri Hp : 085274652222/085668016999

  15. heem sebelum berkomentar perbolehkan saya untuk tersenyum terlebih dahulu, saya merasa heran dengan peraturan sertifikasi yang sekarang karena saya melihat peraturan sertifikasi 2012 itu sangatlah ketat namun itu cuma teorinya saja dengan terbukti dilapangan banyak peserta yang lulus UKA dengan mendapat hasil LULUS dan mempunyai gelar Guru yang Profesional. namun ternyata ketika didalam UKA mereka banyak yang berbicara mengisinya asal asalan.sebaliknya dari itu banyak peserta yang TIDAK LULUS UKA mereka sangat menyesal mengikuti UKA SERTIFIKASI 2012, mereka berpendapat lebih baik tidak mengikuti sertifikasi kalau ternyata para peserta calon Sertifikasi Guru 2012 bermain secara tidak Profesional. Apa kah harus memang seperti itu permainannya.??????? tolong di balass

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa yang siap menanggapi?

    • Bp. EDI yth.
      Maaf sebelumnya, saya cuma mengomentari pemikiran bpk, sambil tersenyum tentunya, he he he. Pikiran sprti itu hendaknya dibuang jauh2 pak, itu akan mengotori pikiran kita, yg nantinya akan mmbuat langkah kita semakin berat, dalam setiap jenis evaluasi apapun yang namanya kekurangan dan kelebihan pasti ada, tinggal kita menyikapinya aja, hendaknya kita fokus 100% mempersiapkan diri pada materi tanpa dikotori dengan prasangka2 buruk seperti itu, dengan persiapan maksimal Insya Allah hasilnya juga maksimal, perkara yg lain ada yang katanya asal2an dan trnyata Lulus, gak usah dipikirkan, dan usahakan SELALU BERFIKIR POSITIF’… maafkan saya, bukan bermaksud menggurui… trimakasih

    • Kepada pak EDI yth.
      Kalau saya Positive thinking aja deh pak, kita bersiap dan fokus 100% untuk mengikuti tes UKA, jangan berfikir dan berprasangka buruk dulu, dari sekitar 285 rbu peserta yang tidak lulus hanya sekitar kurang dari 5% pak… jadi kecil sekali porsinya, mgkin standar nilai minimalnya yang dikurangi… kalau ada yg trnyata tidak lulus… mgkin saja wktu mngisi LJKnya salah atau memang kurang persiapan, jangan berprasangka yg tidak2 pak… itu hanya akan membuat fikiran kita kurang jernih dan selalu menyalahkan keadaan… Maaf ya pak bukannya saya menggurui, … ayo majulah Guru Indonesia..!!!!

    • Agak sulit memang kalo harus dibandingkan antara daerah satu dengan daerah lain, karena dengan otda, mobilitas kita terbatas pada skup kecil (kota/ kabupaten. Pasti kebijakan daerah satu dengan daerah lain berbeda, termasuk dalam hal sertifikasi. Bahkan terkadang menimbulkan kesenjangan. Jadi, spy kesenjangan ini tidak muncul terus menerus alangkah baeknya PNS GURU ini dikembalikan ke pusat saja.

    • saya juga heran….faktor apa yang menyebabkan ketidaklulusan,ada temen saya yg jawabannya sama persis dengan teman satu ruangnya,malah dia sendiri tidak lulus,ada juga yang sudah bagus sekali cara mengajarnya,koordinator mgmp,guru model lesson study,….malah gagal UKA,bahkan dia adalah guru yg sudah membimbing siswanya sampai dapat medali perak OSN 2010 tingkat nasional di medan,bisakah anda memberi kejelasan lagi bagaimana nasib yang gagal UKA,apakah mereka bisa ikut PLPG juga,atau ada prosedur lain…………….

      Kak Ichsan:
      Wah, ini suatu kisah yang perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah. Maksud saya, setidaknya tentang pengumuman hasil UKA disertakan dengan jelas “syarat lulus” sehingga yang tidak lulus mengetahui penyebabnya (misalnya: karena nilai rendah atau kesalahan administrasi).
      Dalam Peraturan Mendikbud Nomor 5/2012 tentang sertifikasi Guru dalam Jabatan, Pasal 4 ayat (4) dinyatakan “Peserta yang tidak lulus uji kompetensi awal tidak dapat mengikuti sertifikasi tahun berjalan, dan dapat diusulkan menjadi peserta sertifikasi tahun berikutnya”.
      Bisa baca lebih lanjut tulisan sederhana Tidak Lulus UKA = Gagal PLPG

  16. maasiiih

  17. ass…kak ichsan kira-kira kapan ya PLPG nya bagi yang lulus UKA 2012?

  18. Setuju dengan pendapat Pak Untung, saya juga penasaran koq nilai aq berapa? walaupun saya lulus tapi dak tahu nilanya. Moga-moga aja didengar dan diperhatikan orang yang buat kebijakan ini, berapapun hasilnya dipublikasikan saja biar yang lulus dan yang belum lulus tahu benar berapa nilai mereka, kan fair gitu loh. Apalagi sampai saat ini belum ditentukan juga berapa standar minimal kelulusan UKA tahun ini. Semoga saja tahun depan seandainya masih ada UKA, Bapak Menteri sudah punya pegangan yang jelas tentang Standar Minimal Kelululusan UKA.

  19. Pengumuman hasil uji kompetensi awal sudah diumumkan resmi dariKemdikbud.Utk melihat tingkat kepuasan hasil uji kompetensi yg wujudnya nilai Individu per Kabupaten/kota masih blm terinci.Padahal puasnya itu, yang namanya lulus seharusnya dicantumkan nilai hasil uji,yg nota bone sama dengan ujian Nasional Sekolah/Universitas layaknya>.Hal ini uji kompetensi awal dapat dijadikan barometer perkembangan pola pikir guru yg selalu aktif di bidang keilmuan.Tlng pk direkap hasil nilainya per individu.Drs Untung S/SMK Yaspika Kepri.

    Kak Ichsan:
    Semoga harapan ini sempat dibaca pejabat yang berwenang dan memberi respon yang memuaskan.

  20. kok daerah lampung gak ada terus, ? apa seterusnya gak ada ya

    Kak Ichsan:
    Data nilai di atas saya peroleh dari sumber dan hanya skala nasional. Kalau per prov dan kab/kota, yang dipublikasikan hanya daftar nama.
    Untuk melihat daftar nama yang lulus UKA per kab/kota seluruh Indonesia, dapat klik “Pengumuman UKA 2012″ di pojok kanan atas halaman blog tunas63.

  21. nilainya jeblok, dana bos pada dikorupsi, apa jadinya pendidikan indonesia ga bakalan maju

  22. pak.tolong kirimkan daftar nama yang lulus UKA 2012 untuk Kab Musi Bnayuasin, terimakasih

  23. ALHAMDILILAH ya Allah, diantara 106 yang ikut PLPG ada nama saya…,,,, SEMOGA TIDAK ADA HAMBATA MENGIKUTI PLPG…amieeen

    • semoga

  24. kak Ikhsan tolong emailkan hasil uka kab,Magelang.trims…
    Memang pendidikan kita jauh dar kualitas/standar dunia bahkan ASEAN guru kuarng prof,sistem juga kuarang fokus ke kualitas.coba kita lihat sistem dan atuaran keklulusan tahun 2011 dan 2012 mendatang.dgn sistem sekarang siswa dengan perolehan NILAI 1,75 pada UN dapat LULUS……bagaimana mau berkualiatas.Mending tahun 2010 kebawah minimal NILAI 4,00 UN baru lulus,,,,,MAU KEMANA KUALITAS pendidikan kita??????????????

  25. Alhamdulillah aq lulus, tp koq nilai UKA-nya tidak dicantumkan ya?apa karena nilainya rendah jadi untuk jaga privacy masing-masing person, atau oleh diknas akan dikirimkan ke peserta masing-masing. Penasaran juga berapa dapatnya untuk mengukur kemampuan gitu. Kak Ichsan bisa gak saya minta modul PLPG IPS SMP?

  26. Cepetan buka, sekarang sudah lebih gampang

  27. tolong kirimkan hasil uka kab simalungun ke emailku ya frengkymaradona@yahoo.co.id

    Kak Ichsan:
    Silakan dicek langsung, tautan sudah tersedia di pojok kanan atas “Pengumuman UKA 2012″.

  28. Tolong dong, kirimkan nama-nama yang lulus dari kab. Sinjai propinsi sulawesi selatan di SD. Kirim ke email uabd20@gmail.com atau uabd20@yahoo.com.
    Makasi sebelumnya.

  29. assalamu’alaikum, dari tadi muter-muter nyari nama-nama hasil uka sergu 2012 kab. kediri, dimana yaa?

  30. dimana sih daftar nama-nama yang lulus sergur 2012?

  31. mas tlng donk,sampe skrng Kita Blom Dapat Info Hasil UKA Kab Bima NTB

  32. Hasil UKA sudah saya ketahui dan hasilnya memang sudah diduga … sebagian besar lulus. Yang terpenting adalah bukan hasil lulus tapi kemauan untuk melakukan evaluasi diri menuju jati diri guru yang ideal. Selamat dan sukses untuk semua rekan…………

  33. berita UKA serem tapi hasilnya resem

  34. Assalamualikum, Pak, untuk melihat daftar peserta yang lulus provinsi Banten Kab. Lebak dimana yah alamatnya, ko buka alamat sergur.pusbangprodik.org gak bisa aja??? apa sedang ada gangguan dari sananya?

  35. mas,Tlng Info hasil UKA Kab Bima NTB

  36. Kalo untuk lihat yang kabupaten musi rawas gimana yah ?

    mohon infonya … terima kasih

  37. tolong info PENGUMUMAN Kelulusan UKA 2012 Kota Makassar.
    scepatnya yah

  38. Kak Ichsan Mhon dikirm hasil UKA 2012 untuk Kabupaten Lamongan Jatim, trim kasih sbelumnya SEMOGA sehat dan sukses amin

  39. Ass…..Kak Ichsan daftar nama guru yg lulus UKA sergi 2012 untuk Propinsi JAWA BARAT sdh bisa dilihat di http://www.lpmpjabar.go.id mudah2an rekan2 peserta pada lulus semua…..Amiin.

  40. Mohon uji materi PLPG 2012 yg akan diadakan di Pekanbaru untuk Kabupaten Karimun,Kepri,selain Dikdaktik,Methodik,Pedagogik dan Psicologi Pendidikan.Memohon agar diperbanyak masalah pendidikan karakter,agar ranah pendidikan di Indonasia menambah prosentase acuan Afektif tidak hanya Akadimiknya saja.kARENA SUDAH TERLALU BANYAK ORANG PANDAI tetapi dari aspek moralitasnya sangat kurang baik.Banyak orang hanya pandai mengkritisi,TETAPI TANPA DIDASARI DENGAN HATI NURANI.Dalam arti asal NYEPLOS.Tlng ya pak!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.

  41. Assalamu’alaikum…
    Kak ichsan…tadi pagi di sekolah pada seneng karena dapat fotocopyan dari salah seoarang temen tentang daftar hasil UKA (katanya) … dan semua guru yg ikut UKA Lulus…..
    katanya fotocopyan tsb dr seseorang di sekolah lain yg dapat e-mail dr saudaranya di Jakarta….
    hehehe….. mudah2an beneran yaaaa. Daq-diq-dug hatiku…(kayak lagu aja)…. apa jam 00.00 nanti sdh keluar yaaa ? 00.00 wib atau wita yaaa?
    Wassalam

  42. Semoga teman-teman seprofesi perserta uji kompetensi awal sergur 2012 kabupaten karimun khususnya dan ae Kepri umumnya dapat berhasil lulus semua dapat mengikuti PLPG di Pekanbaru.Alangkah bahagianya kalau doa sy ini dikabulkan olehNya.Drs Untung Sudarmo SMK Yaspika,Karimun.

  43. Simalungun, 21 maret 2012

    Ada indikasi dan permainan dibalik pengumuman hasil UKA Sertifikasi Guru.
    Ini karena hasil pengumuman UKA masih ditunda hingga hari Kamis, 22 Maret 2012. Tetapi di daerah (kabupaten) pengumumannya sudah ada sejak Hari Selasa, 20 Maret 2012

    Indikasinya adalah ada kecurigaan dinas kabupaten ingin memeras guru agar dapat diluluskan. Wah… guru-guru kembali jadi korban keserakahan kaum atas (Struktural dinas pendidikan)

    Indonesia makin LUUUAAAAAARRRRRRRRR BIASA
    SALUT……………………………….

  44. nama saya yang mana????
    kok untuk buka hasil pengumuman aja sangat sulit sekali…..

  45. [...] Data Nilai Kelulusan UKA 2012  [...]

  46. untuk nama nama yang lulus liat di mana yaa ?/

  47. KOK SULIT AMAT DAPATIN NAMA” YANG LULUS UKA…??????

  48. mesti kelik yg mana neh biar langsung tampak nama” yang lulus uka

  49. kak ichsan salam kenal?
    kak apakah nama guru sertifikasi yang sudah lulus dan sudah tercantum kepusat bisa dirubah atau disembunyikan oleh orang orang yang diatas yang tidak senang kepada guru tersebut. apa bisa kak? trims kak

  50. Ass. Apa yg di katakan mas jamal di atas benar sekali kak Ichan,sayapun pas melihat dari iklan yg tertulis di stasion TV (ANTV) Pd tgl 19 Maret 2012 pukul 18’00 saya langsung membukany melalui HP saya dan saya mengklik HASIL UKA jd jelas itu hasil UKA bukan data CALON SERGUR 2012 & mau ngapain lg mengerjakan data CALON yg sudah lewat sedangkan pekerjaan di depan masih banyak..dan data CALON SERGUR itu berurutan menurut umur,tetapi hasil UKA di urutkan berdasarkan abjad nama.dan saya bukan peserta UKA,saya hanya CALON SERGUR yg tidak kena kuota jd saya menyatakan kmarin pd tgl 19 Maret 2012 benar2 HASIL UKA sudah kluar tetapi knp skrng ditutup dengan alasan rekapitulasi data.Mohon penjelasanya … Terima Kasih!

    Kak Ichsan:
    Ok, ok. Jadi saya yang ketinggalan kereta, ketika “menoleh” kereta sudah lewat.

    • saya sangat setuju dengan pendapatnya pak said insakallah itu memang hasil dari UKA

  51. Memang mas, saya harus bersabar! kira-kira kalau begadang nanti malam bisa diakses gak ya?

    Kak Ichsan:
    Tampaknya nanti malam perlu “begadang” Mbak Lastri, biar segera lepas rasa “dheg-dheg”nya.

  52. Susah banget buka kelulusan bolak balik aja gimana ya…..

    Kak Ichsan:
    Tunggu hingga 22 Maret 2012.

  53. Tlng buat pemerintag jangan di persulit untuk buka website’nya karena kami sngat membutuhkan info tsbt. .makasih

  54. informasi yg sangat bermanfaat. trims

  55. bingung………………………bingung………….
    koq muter-muter

  56. Salam, sejahtera..

    Kak Ichsan yang is the best, saya nanya sesuatu pada hari Senin, 19 Maret kok sampai saat ini belum dibalas/dijawab ?

  57. Kak, kapan situs resmi pendaftaran operator NISN bisa digunakan?

  58. Kak, apa web untuk daftar operator NISN on line sekarang sudah bisa dibuka? Trima kasih atas jawabannya nanti.

    Kak Ichsan:
    Coba cek di sini

  59. Assalamu alaikum mas apa bener sdh pernah dipublikasikan pengumuman UKA nya coz ada temen yang bialng sdh pernah baca tp pada saat buka blm ada tuch? tlg infox tuk Kab Luwu Timur Sulsel

    Kak Ichsan:
    Benar, kemarin malam dapat dilihat tetapi itu adalah “Daftar Calon Peserta Sergu 2012″ dengan tampilan formnat baru. Sebagian memahami itu pengumuman kelulusan UKA, padahal bukan. Tunggu saja hingga 22 Maret.

    • Ass…. nyambung sedikit mas…..kalau bukan kelulusan UKA, kenapa disana tertulis hasil UKA,? kemudian juga tertuang tulisan “Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Awal (UKA)
      Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan Tahun 2012
      Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
      Nomor 12344/J/KP/2012 tanggal 16 Maret 2012
      tentang Penetapan Kelulusan Peserta Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2012, dengan ini diumumkan peserta yang dinyatakan lulus UKA dan berhak mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2012 sebanyak 248.733 orang.
      Nama-nama peserta yang lulus UKA dapat dilihat berikut ini.
      Jakarta, 18 Maret 2012
      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan TIDAK Memungut Biaya Apapun dari Guru untuk Pengumuman Hasil UKA.
      Jangan Percaya Kepada Orang yang Berjanji akan Membantu Kelulusan UKA dan Jangan Memberikan Uang Kepada Siapapun Untuk Jaminan Kelulusan UKA” bagaimana tentang pernyataan ini? apakah kalimat seperti bukan hasil UKA? tq
      .

      Kak Ichsan:
      Oh, . . . mungkin yang sempat saya lihat beda dengan yang Mas Jamal lihat.
      Saat itu, yang saya lihat, tautan “Hasil UKA” dan ketika di-klik, terbuka data dengan judul “Daftar Calon Sementara Peserta Sertifikasi Guru 2012″. Data ini (yang saya lihat itu) dengan format baru: data dikelompokkan menurut pilihan jenjang pendidikan: TK, SD, SMP, dst. Kemudian data peserta yang tampil: Nama, NUPTK, Nomor Peserta, dan pola PLPG.
      Kalau yang seperti Mas Jamal sampaikan, (karena saya belum pernah lihat) maaf saya tidak bisa komentar.
      Ok, Mas Jamal, matur suwun silaturrahimnya, semoga kita dirahmati Allah SWT.

      • amin…. semoga kita berprasangka baik saja, semoga yang mengikuti UKA kemaren pada lulus semua ….

  60. Ass, mas aku wkt hr sabtu dpt info dr temen ktx sdh ada pengumumanx diinternet eh aku buka kok blm ada malah disampaikan ktx tgl 22 trs ni hr, hr selasa teman tlp lg ktx kemaren bs buka tp blm sempat liat yang SMA nya dimana ya mas bs liat trs apa bener emang pernah terbuka

    Kak Ichsan:
    Benar, kemarin malam dapat dilihat tetapi itu adalah “Daftar Calon Peserta Sergu 2012″ dengan tampilan formnat baru. Sebagian memahami itu pengumuman kelulusan UKA, padahal bukan. Tunggu saja hingga 22 Maret.

  61. apa benar tu pengumuman kelulusan UKAnya

  62. kak icsan kok tolong kirim hasil uka bandung barat

  63. AS. Trima kasih atas infonya daftar nama yang lulus UKAtapi kenapa cuma bisa dibuka sebentar langung blank untung nama saya sudah sempat dilihat, semoga besuk lagi klo udah keluar jangan keburu dikunci lagi donk ……ws

  64. kak katanya tadi da ada yang tau n melihat sendiri pengumuman UKA…..tapi saya buka kok ga bisa2 ya

    Kak Ichsan:
    Kemarin memang muncul data “Daftar Calon Peserta Sergu 2012″, bukan pengumuman kelulusan UKA. Saat ini, masih of. Tunggu saja hingga 22 Maret.

  65. Tlng daftar nama yang lulus uji kompetensi awal sergur 2012 Kabupaten Karimun,Kepri dapat diumumkan/di mediakan. Harapan kami semoga teman seprofesi guru dari Kabupaten Karimun lulus semua.

  66. Semoga tunas bisa menginformasikan nilai rata-rata guru per bidang studi per kota, insyaAllah ya…… misal guru kimia di kota Semarang

  67. kak ichsan …Apa pengumuman UKA sdh pasti tgl 22 maret? gaa ditunda lagi?

    Kak Ichsan:
    Tanggal itu informasi resmi yang dipublikasikan melalui web “Informasi Sertifikasi Guru” pada 17-18 Maret. Untuk saat ini, web “Informasi Sertifikasi Guru” masih ofline. Mungkin mulai on lagi saat pengumuman UKA.

  68. ko belum pengumuman sudah banyak yang tahu kalau dirinya lulus, kuharap lulus semua biar kerja tambah semangat terhindar dari kemiskinan dan kebodohan. merdewka negeriku sejahtera bangsaku.

  69. [...] Data Nilai Kelulusan UKA 2012 Posted on 17 Maret 2012 by Kak Ichsan 30 Votes [...]

    • Mau taya hasil pengumuman UKA th 2012 kab lamongan

  70. TRIMAKSIN INFONYA ,SEMOGA TAK PERNAH JENUH UNTUK MEMBERI INFO KARNA KAMI MERASA TERBANTU,SUKSES SELALU UNTUK ANDA.

  71. TRIMAKSIH INFONYA SEMOGA TAK PERNAH JENUH UTK MEMBERI INFO.SUSES SELALU UNTUK ANDA.

  72. informasi yang menarik dan bermanfaat, salam

  73. buat dek-dekan aja.jadi seperti banyak gak beres,mungkin ada perekayasaan.makanya ditunda,kan begitu?

  74. kita butuh nama-nama yang lulus, bukan komentar…..!

  75. terima kasih atas informasinya. saya mau tanya mas/pak…… kalau semisal tidak lulus uka itu besok ada ujian ulangnya tidak ya? seperti info yang beredar katanya ada kesempatan 4 kali mengulang. kemudian masing-masing kota/kab kmrn kan mempunyai kuota sendiri. kalau yang lolos untuk ikut uka di bawah kuota, apakah secara otomatis semua lulus atau menggunakan sistem patokan nilai? terima kasih sekali

    Kak Ichsan:
    Aturan patokan nilai atau bukan belum tahu. Selanjutnya, baca tulisan “Tidak Lulus UKA = Gagal PLPG”

  76. Agar pendidikan bangsa ini berkualitas,, gurunya harus berkompeten dibidangnya. Semoga saya dan temen2 guru lebih semangat lagi dalam mencerdaskan anak bangsa ini. Semoga saya dan teman2 bisa lulus UKA. Amien, amien ya robbal alamien

  77. wah, tunda nih………..semoga aku lulus

  78. sore kak ichsan… menurut data diatas sudah jelas kalau semua guru yang ikut UKA sudah diperiksa hasil ujiannya karena nilai yang tertinggi dan terendah sudah diketahui. tolong kak ichan lihatkan di data base apakah saya lulus ujian UKA. nama saya eva juliyanti purba dan nomor nuptk 7058757658210073 dari provinsi sumatera utara kota medan. trima kasih, no hp [ 085261893157 ] trima kasih..

    Kak Ichsan:
    Wah, Mbak Eva, . . .
    Saya kan sama saja dengan Mbak Eva dan yang lainnya, hanya pengguna umum. Jadi, tahunya bila sudah dipublikasikan.
    Ok, sabar, semoga Mbak Eva lulus!

    • Mengapa UKA tidak ada Remedialnya?

    • trima kasih atas info-nya kak ichan..moga aja kami yang ikut UKA lulus semua…amiiiiinnnn

      • Buat mba Eva Purba calon peserta PLPG sudah ada di website sergur.kemendiknas.go.id
        tapi masih dalam tahap rekap data….

        • amiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn………

  79. Kak Ikchsan yang baik hati dan tidak sombong…
    jika bisa mempublikasikan hasil kelulusan UKA2012 itu sangat membantu kami guru2 di daerah yg sudah berjuang keras mengikuti Tes UKA tempo hari, yang bisa menjadi pegangan kami di daerah baik buat yg lulus maupun yang belum lulus… dengan melihat data secara langsung di blog tunas 63 ini, tentunya kami akan lebih percaya diri terlepas apapun hasilnya…mudah2an sy trmsuk yang lulus di dalamnya. saya tunggu Kak Ichsan, please!

    Kak Ichsan:
    Ok, semoga lulus UKA dan berlanjut di PLPG nanti juga lulus!
    Saya upayakan untuk terus dapat menyajikan informasi tentang sergu, termasuk PLPG.
    Salam persaudaraan, Matur suwun.

  80. Nilai minimal kelulusan UKA berapa ya?

  81. yang dari provinsi riau ada yang lulus?

  82. Ingin brtny nilai uka yg saya peroleh,

  83. sy jd bingung,sy diberi soal td sesuai bidang studi tdk tahu protes siapa?apakah nilai sesuai kompetensi saya? Kalau diklat .diklat apa?

    • sama pak, saya guru TIK tapi dpt soal TKJ ya akhirnya sesuai prediksi awal… dinyatakan gak lulus…

  84. semoga gue lulus dan nilai rata-rata tingkat nasional dapat dilihat peserta uka.

  85. asswrwb pak Ichsan ditunda ya pengumuman UKA nya, gak papa dech, yang penting nanti lulus semua, Amiin
    Makasih semua infonya berharga

  86. nunggu maning…. nunggu maning…..

  87. kalau ada penggumuman sewaktu2 langsung kirim ya pak makasih

  88. Sabaarrrr…..yang pnting nnti lu2s UKA..Amieeen.Tlong publiksikan hasil tes UKA untuk guru TK kab.Lamongan. Trimakash…

  89. bisa kan bantu saya, kirimkan nama-nama guru sma di pekanbaru yang lulus UKA. makasih banyak atas bantuanya

    • Pak saya pngn tahu daftar guru SD kab bengkalis yg lulus uka,tolong krm data nya ke emal saya.makasih atas jawabanya.

      Kak Ichsan:
      Lho, pengumuman lulusan kan ditunda hingga 22 Maret?
      Untuk melihat hasil UKA, cek saja langsung pada alamta resminya di sini

  90. makasih buanyak atas infonya…

  91. Ass. Mas Kapan Pengumuman UKA yang Pastinya! Barangkali mas ihsan bisa bantu saya.
    htur nuhun
    Ade MA. – Sumedang

  92. waduh nunggu lagi
    y allah ibuku jadi salah satu yang lulus

  93. nunggu lagi ya…???

  94. mugo2 ak dan teman2 lulus UKA……………. pengawase sangar mrengut………nganti ora iso crito……pie jal………….. guru dipecicili guru………..

  95. mugo2 ak dan konco2 lulus kabeh……..tes uka….? ruanganku pengawase serem/sangar…………………..

  96. harapan kita semua sama, lulus uka.semoga

  97. semakin lama ditunda, semakin cepat detak jantungkuu! lulus atau anggak? gara-gara UKA-UKA nich!

  98. pagi kak ichan… apa alasan pengumuman hasil UKA diundur sampai tgl 22 maret 2012,,??

  99. Minta daftar nama yg lulus uka 2012 kab pasuruan

  100. [...] Baru sarpiah on Data Nilai Kelulusan UKA …usep d sutarman on Daftar Penerima Tunjangan Prof…Kurniawan on Data Nilai Kelulusan [...]

  101. BAGI REKAN-REKAN GURU PESERTA UKA, DIBERITAHUKAN BAHWA PENGUMUMAN HASIL UKA DITUNDA SAMPAI DENGAN HARI KAMIS 22 MARET 2012, SILAHKAN CEK DI SITUS RESMINYA http://sergur.kemdiknas.go.id

    • ya ditunda,wah nunggu lagi ya,tapi kok tidak dilansir data guru yang tidak lulus berapa jumlahnya?moga2 lulus semua aminnnnnn

    • geneo

  102. kak Ichsan yang baik..kan sekarang tanggal 18 Maret…dimanakah saya bisa melihat hasil UKAnya…saya dari provinsi jawa barat jurusan PLB…mohon penjelasannya kak…terima kasih

  103. PENGUMUMAN HASIL UKA DITUNDA SAMPAI DENGAN HARI KAMIS 22 MARET 2012, SILAHKAN CEK DI SITUS RESMINYA http://sergur.kemdiknas.go.id

  104. Met pagi kak Ichsan,pengumumam uka berarti ditunda lagi ya, yang pastinya kapan kak udah g sabaran lagi nih,kepikiran terus lulus apa ga..

  105. aku cari pegumuman uka 2012 kok tak muncul to

  106. tolong kirimkan nama perserta UKA wilayah kota madiun yang lulus ke emailku thanks.

  107. Kak, mau nanya apa pengumuman uka bisa dilihat hari ini lewat web? klo bisa alamat webnya apa ya kak? makasih

  108. Daftar peserta yg lulus cpt d tampilkan y???????

  109. Pertama, saya ucapkan SELAMAT!!! kepada teman-teman yang telah lulus Uji Kompetensi Awal (UKA). Bagi yang “belum” lulus “sabar”, mungkin belum saatnya, karena bapak/ibu yang belum lulus, telah dipercaya untuk meningkatkan kompetensi dan kinerjanya masing-masing.

    UKA dijadikan sebagai ukuran kompetensi guru yang ada di Indonesia. Setelah pelaksanaan dan distribusi hasil UKA, terlihat jelas bagi kita gambaran kompetensi guru yang beragam. Sepertinya latar belakang pendidikan tidak begitu berpengaruh terhadap Ujian ini, oleh karena itu Mendikbud menyampaikan pentingnya pelatihan dan pendidikan yang berkesinambungan bagi guru. “Pendidikan dan pelatihan perlu berjalan terus, tidak berhenti,”

    Beliau juga menambahkan bahwa, peta guru tersebut juga menunjukkan nilai penting dari UKA untuk melihat kompetensi guru dengan standar rata-rata nasional bisa dilihat. “Diharapkan pemetaan juga bukan sekedar kelulusan uji kompetensi tapi juga ukuran dari kinerja guru pada masa mendatang,”

    untuk kak Ichsan : kira-kira berapa rata-rata nilai Standar Kelulusan untuk UKA ini?

    • Kapan daftar nama yang lulus UKA dipublikasikan ? Cepetan donk

  110. pemberitahuan daftar nama guru-guru yang lolos ujian sertifikasi di umumkan di dinas pendidikan kabupaten masing-masing atau bisa di lihat di sini mas…? mohon pengarahannya ….? karena saya guru terpencil…

    Kak Ichsan:
    Info pastinya belum tahu, tapi saya usaha untuk mendapatkannya dan segera saya posting pada blog tunas63. Ada info, mungkin pengumuman UKA tanggal 19 Maret.

    • Ass….., ditunggu ya pak Ichsan konfirmasinya melalui blog tunas 63, sy yakin penundaan dilakukan krn pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk menghasilkan guru yang berkualtas. Amiin…………

  111. yang di Lombok mana mas?

  112. jam berapa pengumuman uka apa bisa lihat di blog ini nanti?atw memang melalui dinas..udah g sabar nih mudah-mudahan saya lulus

  113. Kak ichsan, tolong dong kirimkan nilai UKA ke email saya, atas nama Naning Dwi Lestari, S. Pd .No. NUPTK 1934-7596-6130-0052, guru SMP Mata Pelajaran IPS Proponsi Sumatera Selatan, Kab. Musi Banyuasin dan kabupaten saya nilai rata-ratanya berapa tingkat nasional ?

  114. assalamualaikum, udah ngga sabar nih pak Ichsan, kira2 jam berapa ya pak pengumuman ditempel di dinas pendidikan ? Trims atas jawabannya

  115. doakan aku lulus ya

  116. Kak Ichsan
    tolong kirimkan daftar nama guru yang lulus/tidak lulus UKA sergu 2012, wilayah Riau Kab. Rokan Hilir kalau sudah di publikasikan. trimakasih atas segala informasinya

    • mba bisa cari di google masukan LPMP dari propinsi mana, nanti ada hasilnya jg ga perlu ke web sesgur kemendiknas

  117. smoga saya salah satu dr yg lulus uka

    • tolong infonya ya secepatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.020 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: