Puisi: Aku (Chairil Anwar)


Aku (Chairil Anwar)

Kalau sampai waktuku
‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

About these ads

99 Tanggapan

  1. penuh makna,puisi chairil anwar membawa kita semangat dalam dalam hidup walau banyak yang meremehkan,bahkan tak menganggap kita.aku yakin setiap perjuangan pasti ada hasil yg memuaskan.

  2. mau hidup seribu tahun lgi

  3. Maknanya bisa di liat disini http://pancarobablizz.blogspot.com/2013/12/apresiasi-puisi-oleh-khairil-anwar.html

  4. keren banget kak, langsung kena di hati

  5. majas’a di tulis doong, biar kita semua paham, akan arti’a/ makna

  6. Aku di jaman edan ini…
    Memang dari kumpulan yang terbuang
    namun aku bukan binatang jalang
    fakta jika aku tidak ada uang
    aku pasti tersedu sedan
    kalau pelor menembus kulit ku
    mana bisa pedih perih kubawa lari
    ngesot aja susah
    hai kamu…
    bayangkan wajah nenek kakek kau yg usia 80 keatas kisut, pikun pula…
    Apalagi hidup 1000th
    hiiii aku tidak mau hidup seribu tahun

    (mudahan puisi ini bikin Chairil Anwar senyum2 di alam kubur)

    • Haiiii -_- kemari kau tak patheeeniiii sini !!!

  7. puisi ini menggambarkan tentang kehidupannya yang singkat,,,,
    aku kagum dgn puisi ini…..

  8. ku prna juara pke puisi nih

  9. ada g ya contoh berpuisi chairil anwar soalnya mau dipake praktek b. indonesia ?

    Kak Ichsan:
    Ayo siapa bisa bantu Amal Ichsan?

  10. indah.. kata2nya mantap ! tpi makna yg terkandung dlm puisi itu ap ya ???

  11. Dialog dengan-NYA …

  12. Masalah pelajaran biologis

  13. mksd dri pesannya ap ya..aku kurang ngerti..

  14. gak seru ah

  15. Puisinya bagus. Tapi ada yg tau tidak artinya apa?

  16. ada yang tau makna dari puisi itu apa ?
    berbagi yah

  17. mudah-mudahan dengn puisi ini aku juara,.,,.,.,,,amin..

  18. puisina oke dah

  19. ad contoh parafrasenya gx ?

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa punya parafrase untuk puisi Aku?

  20. bagus banget puisinya. mau dijadiin musikalisasi puisi nih. tapi iramanya nya yang cocok gimana ya? Lagu apa yang cocok? bantu dong :)

    Kak Ichsan:
    Musik iringan untuk puisi yang baik sederhana/tidak ramai.
    Mungkin lagu Tanah Airku (Maladi) bisa dipertimbangkan untuk bacground puisi Aku.

  21. puisi’a bagus bangetttzzzzz,,dan mnyentuh bangetz dye hati aqhu

  22. puisi ini keren…..

  23. puisi nya buat aku sadar
    akan semua yg aku punya
    vbuat aku dpt menyadari
    klau aku gx haruz berbuat kehendak yg bod0h
    thanks taz puisi nya

  24. asekkk bgt puisi nya brayyy

  25. hebat…………….. karya yg bagus… dan menyentuh

  26. Puisi AKU tak kan lekang oleh waktu.,,,

  27. emeng bagus bgt sampe di suruh cari sm pak guru

  28. Setiap bait puisi Chairil Anwar mengandung makna begitu dalam, sprti puisi “AKU”,. Aq suka bgt puisi nie..

  29. bgus x mank puisi karya chairil anwar ini,,,,;lll
    kpan lakh aq bsa sprti thu eahh.,.,,…
    aq mw lakh jdi pnulis puisi trknal kyk dy.,,.
    bntuin aq donkkkkkkkkkkkkkkkkk.,..,.,.
    i love you chairil
    igin aq mmelukmu,.,..:D

  30. Aku adalah sebuah puisi karya Chairil Anwar, karya ini mungkin adalah karyanya yang paling terkenal dan juga salah satu puisi paling terkemuka dari Angkatan ’45. Aku memiliki tema pemberontakan dari segala bentuk penindasan. Penulisnya ingin “hidup seribu tahun lagi”, namun ia menyadari keterbatasan usianya, dan kalau ajalnya tiba, ia tidak ingin seorangpun untuk meratapinya.

  31. emang oke

  32. bagus ya puisi nya…ampe merasuk ke dlam htie..#Lebay.!!

  33. keren puisi y

  34. kya ny lbh bgs yg kerawan bekasi dehh

  35. kenapa ya,dari sekian banyak puisi. yg paling gue suka itu puisi “aku” :D
    bagus bgt sih :) LIKE

    • ya gitu dechh

  36. Salut Bangat Gw liat Nya
    Benar’ pujangga..hati yah…..

  37. perjuangan yang tiada henti….

  38. Chairil Anwar itu buyut nya tetanggaku

    • ia apa

  39. aduh puisi ini membuat hati ku bergetar

  40. bagusnya puisi

  41. bagus! bagus! bagus bgt! :)

  42. krn ametsssssssssss puisi chairil anwar

    • saya sdh mmbckn puisi nih d dpn tmn2 saya

  43. suatu saat nanti , aku ingin membaca puisi ini di dpan org org itu

  44. I LIKE IT

  45. puisi ini … puisi yang bagus..

    semua karya chairil anwar emang bener” baguss

    jempool deh buat diyya

  46. aku juga binatang payah
    dari tumpukan sampah-sampah
    andai kau membujuk dengan susah
    aku tetap berjalan menuju satu arah
    membantingkan jiwa-jiwa yang marah
    memangku diri yang terpapah
    andai aku bersimbah darah
    akan ku jadikan jubah
    untuk menebus salah

    • Kacau

    • BRAVO!

  47. andai dia msih hdup….ak pst brtanya….kenapa aku bukan kamu?

    • HAHAHA……………………………….. MASA SIH MAU TANYA APA SIH ……

    • SAMA DEH…

  48. Puisi ini berisi kemarahan jadi BERHENTI MEMBACANYA DENGAN CARA MENDAYU-DAYU.

    • MASA SIH GILA DEH

  49. “Aku” adalah puisi yang berisi kemarahan. Jadi kalau ada orang yang membacakannya dengan mendayu-dayu berarti dia tidak mengerti perasaan Chairil Anwar pada saat membuat puisi itu. “Aku” berarti keegoisan seseorang akan sesuatu, kemarahan yang memuncak membuatkan tidak lagi peduli pada tata krama jadi mulai sekarang BERHANTI MEMBACA PUISI INI DENGAN CARA YANG SALAH itu.

  50. puisi yg indah,
    tpi ada yg tau gak tema puisinya apa dan isi puisinya apa?

    kak Ichsan:
    Hayo, siapa punya apresiasi, apa tema puisi Aku?

  51. puisinya keren,,,
    coba saya bisa buat seperti ini,,,!!
    ^_^
    keren euy

  52. puisinya keren,,,
    coba saya bisa buat seperti ini,,,!!
    ^_^

  53. Saya bangga dengan Chairil Anwar :-)

  54. guruku suruh gw cari puisi aku karya chairil anwar

    • ama donk, gw jga

    • sama..
      kurang kerjaan amad ngapalin puisi beginian

  55. tolong parafraseny dong , q kok ga mudeng -,-

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa yang siap membantu Annie menyusun parafrase “Aku”?

  56. AKU’
    mau seperti DIA’

  57. Wow Nice Blog, Keep Posting :)

  58. baguss bgtttttt ni puisi!!aku ampe inget pas aku ama pacar ku baca puisi ini…huhuhuhuh aku jadi rindu deh ama dyaaa….skarank kan aku udh putus ama dy jadi klo stiap kali aku baca puisi aku dri chairil anwar yang dia bacakan pas pertama kali dy mw mencium aku dengan mesra”nyaa akuu jadi rindu dan kangen bgt ama dyy :( waduhhh aku kgnn dan rindu beneran bgtt ama dyy!! luphh u bebb skarank dy mantan aku jadinya skarank gak bisa i luph u i luph u lg dehhh kan skarank dy udh punya pacar baruuu jadi skarank puisi aku yg dlu dy baca pas mw pertama kali ciuman mesra keapus dehh wahhhhh aku sekarang jadi sedih bgttt!!! :( maaf ya semuanyaa :( aku mw minta maaf atas smua kesalahan kuu :) minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin ya smuanyaa…. :) makasih yaa chairil anwar.. engkau telah memberikan aku bnyak sekali kenangan dengan pacar akuu terutama bagi ciuman pertama ku dengan dyyy waahhhh aku jadi sedih bgt dan rindu dan kangennnn ama dy skarankk :(

    • kerren nhi puisi gw baca di klas
      nilai gw plg tinggi

      • ia gue suka di FB adja gue jadi’ih status….
        ampe 978 orank yg menyukai, n’ gk ad komentar……

      • klo w guru suruh cari

    • aduh……………………………….kasian tapi sabar y………..hidup yo emang gitu x ada pertemuan pasti da perpisahan jadi aq doain km dapet pengganti dya.secepatnya n yang pasti lebi baek.ok!!!!!!!!!!INGET YANG SABAR……………………..

  59. mmmmppppphhhhh ,,,,,

    apa iiiaaa ???
    salut dech buat seniman kaya chairil anwar ….

  60. Ak ska in puisi … waktu ujian ak dapet nilai tertinggi gra”2 bca ni puisi ..

    Kak Ichsan:
    Oke, selamat untuk Jean, semoga terus berprestasi pada pelajaran yang lain.

    • chairil anwar is the best deh ,aku adalah pengemar berarnya

  61. Wah, menurutq msh bagusan puisi “menyesal”. Maknax lebih dalam

  62. aku sangat menyukai puisi ini aku suka sekali membaca puisi ini gara2x aku membaca puisi ini aku jadi banyak mengetahui ilmu puisi terima kasih sekali pak khairil anwar selaku yg membikin puisi ini

  63. Hoohoohoo.,.,.,.,.,.,.,.Chairil Anwar mang yg t’baex!!? mga nag ddik indonesia sa tambah smangat & pande”ya,,,,,,,,,,kyax Q!!????heehooheehooheehoo

  64. puisinya sangat bagus

  65. keren bgt sumpah puisi’a

    • wahhhhhhhhhhhhhhhhhhh puisi bgni hrs di sejarahkan

  66. W salut bgd ma Chairil Anwar,,, Biarpun Bliau tlah tiada… tapi semangat & kharismanya sbgai s’org seniman tetap bersinar smpi skg…!!!

    tQ…!!!

  67. teu ngarti yeuh =___=
    lieur aing bacana

  68. pAsss…………
    bn9et nH pUisi nA,,,uNtuk bWt maKalah y9 d sRuh 9uru aQ & mUdah-MdaHan jA guRu iLa mW nGasih niLai ba9us…..???

    d0ain jA ya….??

  69. Puisi ‘aku’ ini adalah sebuah ekpresi sikap apatis.,.,.,.!! tpi inilah pertanyaan nya???
    terhadap siapakah ia tak peduli..
    pada cintanya.,.kematiannya.,.,.atau pada para pujangga angkatan ’45 yang dia dobrak tata tertibnya???
    mngkin kita bisa lanjut tanya
    pada bung Rosihan Anwar………..

  70. makasih buat puisinya.

  71. keerrreeeennnn …..
    numpang buat tugas b.indo yaaa …..
    musikalisasi puisi :)
    doakan smoga hasilnya baguuuss …..
    semoga gurunya suka yaaaa …….
    sayangnya cuma pake gitar sbg alat musik …
    kalo ga pasti lebih keren …
    hahahaha . bikin puisi yang laen yaaa ….
    yang bagus . good luck !!

    Kak Ichsan berkata:
    Ok, Cha Kakak doakan. Kakak yakin hasilnya bagus . . .
    Tapi, nanti jangan lupa, kuenya . . .

  72. bagus

  73. cairil anwar puisimu sabagus namamu

  74. emang sang pujangga sejati yah,,
    salut dahhh..

  75. gw salut dengan puisi mu.numpang lewat y omm

  76. Puisi karya – karya pujangga baru perlu dilestarikan, aku suka dengan syairnya yang sulit untuk diterjemahkan dan memerlukan pemahaman yang bagus untuk mengerti isi yang tersirat.

  77. puisi bagus banget kok,tapi sayangnya aku tidak terlalu mengerti apa maksud puisinya??bisa jelaskan

  78. Clazzz 2.1 SMPS Yapena OK….!!!!!

  79. Maknanya apa sih?

    Ichsan berkata:
    Hayo, siapa bisa bantu Lia!

  80. puisi ini pas dihati saya

    • mksdny apa pas dihatimu, new fren

  81. puisi ini bagus banget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.981 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: