Mengapa Tidak Masuk Calon Sertifikasi Guru 2012?


Pola sertifikasi guru kuota 2012 tampaknya mengalami perubahan. Setidaknya, daftar bakal calon (balon) peserta sertifikasi saat ini sudah dipublikasikan. Dengan demikian, para guru yang menanti untuk masuk kuota 2012, dapat mengecek apakah sudah atau belum masuk dalam daftar bakal calon peserta.

Daftar balon ini didasarkan pada database NUPTK. Kreteria utama yang menjadi dasar masuk daftar balon adalah guru atau pengawas sekolah:

  • Berijazah S1 atau
  • Belum berijazah S1 tetapi sudah berusia 50 tahun dan sudah memiliki masa kerja 20 tahun atau sudah golongan IV/a.

Berdasar ijazah tersebut, database NUPTK menampilkan rekap guru layak sertifikasi per kabupaten/kota.

Mengapa belum masuk daftar layak sertifikasi padahal sudah memenuhi syarat?

Kasus ini bisa terjadi karena data yang terekam pada database NUPTK memang “belum memenuhi syarat” karena masih data lama yang belum ada perbaikan.

Contoh Kasus

Fakta: Abidin, NUPTK 222333344445555, seorang guru kelas SD telah memiliki ijazah S1 yang diperoleh pada 2009.

Berdasarkan data di atas, ternyata tidak masuk pada rekap balon peserta sergu 2012. Selanjutnya, setelah dicek (dengan memasukkan NUPTK) pada database NUPTK muncul data Detil Peserta sebagai berikut:

 

Detil Peserta

ABIDIN A.MA.

 

  Nama ABIDIN A.MA.
  NUPTK 222333344445555
  NIP 132200300
  Golongan II/A
  Masa Kerja 20 tahun, 06 bulan
  Jenis Kelamin L
  Tempat Lahir KEDIRI
  Usia 40 tahun, 03 bulan
  Tingkat Pendidikan D2
  Jenjang Tempat Tugas SD
  Mata Pelajaran Guru Kelas
  Tugas Tambahan Guru
  Sekolah SDN HANDAYANI
  Alamat Sekolah JL. KENTHUNG NO. 01
  N S S 101051312233

 

Berdasar data Abidin pada database NUPTK di atas, Abidin tidak masuk daftar balon sertifikasi karena:

  1. Berijazah D2 (belum S1), memiliki usia 40 tahun dan masa kerja 20 tahun, Atau
  2. Berijazah D2 (belum S1) dengan golongan II/A.

Perbaikan Data NUPTK

Karena data detil yang ada pada database NUPTK tidak sesuai fakta maka Abidin perlu melakukan perbaikan data yakni agar tingkat pendidikan berganti menjadi S1. Bila perbaikan diterima maka Abidin menjadik layak sertifikasi dan data akan tampil pada rekap balon peserta sertifikasi.

Perbaikan data kepada Dinas Pendidikan Kab/Kota dengan membawa dokumen Ijazah S1. Batas perbaikan data ini, untuk dasar penentuan peserta sergu kuota 2012,  paling akhir 1 Desember 2011.

About these ads

133 Tanggapan

  1. […] Bila nama sudah masuk database NUPTK maka akan tampil “Detil Data Peserta” (contoh hasil lihat di sini) […]

  2. Nowadays, some of the vibrant fashion accessories like.
    especially should give people a awesome impression of friends, take advantage of
    the opportunity to leather-based bag, frequent appears
    inside the attire concerning the integral collocation of, leather-based bag is in reality a indispensable element of.
    Some people indeed want to enjoy a few days in the year in
    some solitary island that is equipped with unexpected things in every step they take
    in the location.

  3. Ass, mohon maaf pak, teman saya sudah mengikuti UKA tahun 2012 tapi ketika saya cek data beliau terdapat aklimat “pengajuan penghapusan” apa maksud dari kalimat tersebut pa? mohon pencerahannya pak! terima kasih,,,

    Kak Ichsan:
    Data yang akan dihapus dari Daftar Guru Belum Bersertifkat karena beberapa hal, antara lain usia 59 atau lebih, mengajar Mapel TIK. Penghapusan ini, atas persetujuan LPMP atau Dinas pada saat proses verifikasi dan penambahan data

    • saya juga mengalami hal yang sama
      tatus data terakhir : Pengajuan penghapusan; Sudah memiliki sertifikasi pendidik
      Bukan calon peserta UK maupun Sertifikasi Guru 2013

      bagaimana ya solusinya? saya sudah ke dinas ..tapi tetap saja sama

      terima kasih bantuannya

  4. pertanyaan lain, kenapa sih syarat untuk perbaikan data sertifikasi kabupaten lombok tengah ribet banget. ketika dicek, guru yang belum tersertifikasi kabupaten lombok tengah ada 5 peserta. padahal masih sangat banyak guru yang belum tersertifikasi.
    tanggal 26 november tadi diumumkan untuk ferivikasi data, tapi kenapa untuk guru honorer/GTT disekolah pemerintah harus memiliki surat perintah dari kepala daerah. Banyak sekali guru honorer yang ingin mengajukan ferivikasi data sertifikasi tapi terhalang oleh SK Kepala daerah. padahal masing-masing guru honorer di lombok tengah cuma ber SK Kepala sekolah.
    dari persyaratan yang ada, tidak ada satupun disebutkan harus berSK Kepala daerah. hanya di lombok tengah saja yang mempunyai persayaratan yang ribet tersebut.
    mohon tanggapan.

    Kak Ichsan:
    Tanggapan berikut ini hanyalah sekedar berbagi pengetahuan, barangkali ada manfaatnya.
    Guru non PNS yang bisa mengikuti sertifikasi adalah Guru Tetap. Guru tetap di sekolah swasta dengan SK Yayasan, guru tetap pada sekolah negeri dengan SK Kepala Disdik Kab/Bupati/Kepala Disdik Provinsi/Gubernur.
    Saat ini, honorer di sekolah negeri itu kan dengan SK Kepala Sekolah, sehingga tidak memenuhi syarat mengikuti sertifikasi.
    Jadi, masalahnya bukan tenaga honorer yang ada itu diminta mencari SK Kepala Daerah melainkan “bisa mengikuti sertifikasi manakala memiliki SK honorer dari Kepala Daerah”.

  5. saya dengan nuptk 1445760659200002 tidak terdaftar pada data sertifikasi guru, padahal teman-teman yang diusulkan bersamaan dengan data saya sudah ada dalam daftar tunggu.
    nuptk yang saya tunjukkan juga tidak terrekam. mohon penjelasan, bagaimana caranya supaya bisa terekam di data tunggu sertifikasi
    terima kasih

    Kak Ichsan:
    Kalau yakin tidak ada pada daftar Guru Belum Bersertifikat, sebaiknya segera lapor ke Dinas Pendidikan. Data itu masih bersifat sementara.

  6. kak tolonglah cek atas nama HENRI SAPUTRA SRG NUPTK 9462760663200003 DARI GURU SMK TERUNA PADANGSIDIMPUAN THANK YA

    Kak Ichsan:
    Hasil pengecekan saya:
    NUPTK 9462760663200003 atas nama HENRI SAPUTRA SIREGAR SMKS TERUNA

  7. saya mau tanya apkah memang tidak ada lagi program PLPG di Kemenag (sumut) katanya digantio dengan kuliah satu tahun lagi, mohon diterangkan trims

    Kak Ichsan:
    Maaf, saya belum tahu.
    Kuliah 1 tahun itu, istilah yang benar adalah program PPG (Pendidikan Profesi Guru) selama 2 semester.
    Informasi PPG, silakan lihat beberapa posting di sini

  8. saya tidak lulus sertifikasi, dan akan mengulang ujian lagi.tapi, kertas format A1 saya hilang. bagaimana solusinya,karena saya akan ujian ulang tanggal 13-14 agustus ini..??

    Kak Ichsan:
    Sebaiknya segera hubungi Panitia Rayon.

  9. gmn caranya daftar……

  10. [...] Mengapa Tidak Masuk Calon Sertifikasi Guru 2012? [...]

  11. assalamu`alaikum
    berkaitan setifikasi guru memang membingungkan dalam pp 14 yang menyatakan bagian perubahan bagi guru yang lulus s2 dan dosen lulus s3 maka akan masuk sertifikasi. namun sampai saat ini kami kebingungan sampai saat ini pp tersebut tidak berlaku dengan indikasi ya taun lah ya ini lah sampai binggung yang jelas apasih sebagai rujukan pp apa yang paling dekat

  12. hampir tiap tahun didata,tp kenapa belum ada info tentang calon sergu.bagaimana caranya.,

  13. saya juga bingung je kok NUPTKq blm keluar

  14. kak mau nanya kalau mulai gtt sudah mencapai 22 tahun mulai 1990 dengan sk gtt tetapi pengankatan yayasan mulai 1996 baru 18 tahun apakah masuk nominasi sergu

  15. kalau membicarakan tentang sertifikasi, maka sertifikasi merupakan hal yang tidak pernah habis pembicaraannya dan merupakan aspek yang penuh tanda tanya dan manipulasi. kebohongan sertifikasi merupakan hal yang lumrah. ada guru PAI senior dengan pangkat IV/a, pendidikan S2 beasiswa Depag tapi belum dapat kuota sertifikasi. ada yang baru 2 th jd PNS dapat sertifikasi PAI. ada yang tidak pernah mengajar PAI tetapi lobi bagus, dapat kuota sertifikasi dan udah cair. ha ha inikah depag yang harus kami banggakan.mohon pihak yang berwenang untuk menjalankan kekhalifahannya di muka bumi ini dengan adil, agar laknat Allah tidak ditimpahkan di negeri ini. wallohu a’lam.

  16. Saya guru sd sdh menerima tunjangan sertifikasi tapi sekarang jadi kepala TK, apakah sy berhak menerima tunjangan sertifikasi karena status saya sekarang menjadi kepala TK

    Kak Ichsan:
    Pastinya saya belum paham. Tapi dapat dilihat dari jenis guru, di mana untuk guru TK dan SD termasuk sama-sama jenis “guru kelas” dan sebagai KS dengan tetap mengampu jam wajib mengajar minimal 6 jam perminggu maka masih memiliki hak tunjangan.
    Untuk lebih jelasnya, sebaiknya konsultasi ke Dinas Pendidikan.

  17. Apa bedanya status Dalam proses pengajuan A1 ke LPMP dengan Form A1 sudah disetujui? apa yang harus dilakukan supaya ada perubahan status menjadi disetujui, padahal A0 sudah beres? mohon pencerahan ya kak…

    Kak Ichsan:
    > Dalam proses pengajuan A1 ke LPMP, artinya masih dalam proses verifikasi kelengkapan berkas/dokumen/portofolio oleh LPMP (Bila berkas telah diverifikasi dan valid maka LPMP akan mengubah status menjadi “Form A1 sudah disetujui”)
    > Form A1 sudah disetujui artinya “sudah disetujui sebagai peserta sergu” dan tinggal menunggu form A1 yang nantinya dibagi oleh Dinas.
    Baca juga informasi Proses Penetapan Peserta Sertifikasi Guru

    • Selamat pagi Kak Ichsan…terimakasih atas infonya. Status saya: Form A1 sudah disetujui namun ada kesalahan alamat sekolah. Apakah masih ada kesempatan verifikasi data. dan apakah hal ini menyebabkan terjadinya kesalahan alamat pada saat pengiriman A1?

  18. pak kuota kabupaten tidak terdaftar atau sebagian saja namun ada yg memenuhi syarat di daerah ini apa jalan terbaik utk masuk.

    juga bagimana cara daftarnya, haruskah ke jayapura jika dinas kab tak terkordinasi peserta. solusinya pak ?

  19. bagi mana cara mendaftar sebagai peserta sertifikasi boleh juga datang langsung ke jayapura? atau ke dinas kabupaten, jika kabupaten dapat kuota namun tidak terdafar atau pun sebagian saja, jika begitu bagimana ada lain ini.?

    Kak Ichsan:
    Penentuan peserta sergu 2012 menggunakan dasar database NUPTK, bila data guru yang ada pada database NUPTK memenuhi syarat maka masuk bakal calon.

  20. ass. pak mau tanya Format A1 itu apa,,karena dalam data saya ada tulisan dalam proses pengajuan A1 ke LPMP,,maksud disitu apa pak,,wassalam.

    Kak Ichsan:
    Form A1 seperti Form A0. Tapi A1 merupakan data tetap sebagai peserta sergu. Dikirim ke LPMP untuk diverifikasi, bila dokumen data calon sergu valid akan terbit A1.

    • jadi saya harus mengisi form A1 lagi ,,form A1 tersebut kita bisa ambil langsung k diknas ya pak ,,mksh atas penjelasannya,,,

    • kasus ini sama dengan saya…dengan status dalam proses pengajuan A1 ke LPMP apa yang dapat kita lakukan???

      Kak Ichsan:
      > Dalam proses pengajuan A1 ke LPMP, artinya masih dalam proses verifikasi kelengkapan berkas/dokumen/portofolio oleh LPMP (Bila berkas telah diverifikasi dan valid maka LPMP akan mengubah status menjadi “Form A1 sudah disetujui”)
      > Form A1 sudah disetujui artinya “sudah disetujui sebagai peserta sergu” dan tinggal menunggu form A1 yang nantinya dibagi oleh Dinas.
      Baca juga informasi Proses Penetapan Peserta Sertifikasi Guru

      • Bila berkas dianggap tidak valid apakah A1 tidak akan disetujui? Dalam berkas sy belum menyertakan STTB SD karena keterbatasan waktu untuk melegalisir. Apakah masih ada waktu untuk verivikasi lagi?? Apakah saya harus menyerahkan berkas yang kurang tersebut ke LPMP?

  21. Aku mengajar di SD Negeri 6 Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Sumatera selatan sebagai Guru Agama Islam, pada pertengahan desember 2011 saya masuk daftar calon peserta sertifikasi formasi tahun 2012, setelah mengisi A0 kemudian saya tidak lagi masuk dalam peserta (dicancel) alasannya mengampu pada mata pelajaran Agama Islam, dari awal tahun 2011 saya mendaftar di Kemenag hingga sekarang belum mendapat panggilan, gemana cara mendaftar yang baik……………??????
    Detail Peserta
    TOHARI S.Ag

    Nama TOHARI S.Ag
    NUPTK 9241747650200003
    NIP 061400492
    Golongan III/A
    Masa Kerja 08 tahun, 05 bulan
    Jenis Kelamin Laki-laki
    Tempat Lahir BANYUMAS
    Usia 42 tahun, 03 bulan
    Tingkat Pendidikan S1
    Jenjang Tempat Tugas SD
    Tugas Tambahan –
    Sekolah SDN 6 TANJUNG LAGO
    Alamat Sekolah Jln. Tanjung Api-api Km.42
    N S S 101110702467

    Status Penetapan Peserta :
    Dihapus dari daftar calon karena Mengampu matapelajaran Agama

    PSG : Dinas KAB. BANYUASIN

    Kak Ichsan:
    Pelaksanaan sertifikasi Guru Agama dan guru madrasah ditangani oleh Kemenag. Memang sebelum 1 Desember 2011, data bakal calon sergu Diknas memuat banyak guru yang tidak sesuai persyaratan sergu 2012, misalnya guru agama, guru yang sudah lulus sertifikasi. Guru yang tidak sesuai persyaratan ini kemudian dihapus dari daftar.
    Untuk peserta sergu 2012 Kemenag yang sudah dipublikasikan baru guru RA dan madrasah, sedangkan untuk guru agama pada sekolah umum belum diumumkan.

  22. Kak Ichsan :
    Saya mengajar di MTs S di Cakung Jakarta Timur dan SMK PGRI 3 Jakarta Utara. dua Sekolah ini berbeda karena DEPAG dan DIKNAS, Jakarta Utara dan Jakarta Timur. NUPTK saya 1048-7536-5420-0023. pada bulan Desember 2011 saya memindahkan NUPTK dari SMA PUSAKA NUSANTARA ke SMK PGRI 3, dan berhasil. di DEPAG sedang ada pendataan SERGU 2012, apakah saya harus memindahkan lagi NUPTK ke MTSS Jakarta Timur. bolehkah saya menambah data NUPTK sebagai guru di MTs Jakarta Timur, dengah tujuan sergu 2012 dapat terpenuhi di salah satu sekolah itu.

    Kak Ichsan:
    NUPTK setiap tenaga pendidik hanya satu, bila usul baru dengan identitas yang sama akan ditolak oleh sistem.
    Yang utama dipertimbangkan untuk ikut sertifikasi adalah ijazah yang dimiliki sesuai dengan tugas yang diampu.
    NUPTK perlu dimutasi bila saat terbit dengan sekarang beda tempat tugas.

  23. pak waktu Pengangkatan tgl lahir saya salah 10-06-1980 tetapi saya ubah di BKD 10-07-1980 juga NIP baru saya ganti bulan lahirnya saya apakah berpengaruh ya sama NUPTK dan sertifikasi nantinya????

  24. pak saya terlambat meng-update NUPTK jadi saya tidak masuk calon sergur 2012, jadi kelanjutannya bagaimana pak ?
    sergur 2012 apakah melampirkan fortopolio? apakah kuota sergur 2012 sudah ditentukan ? siapa yang menentukan

    Kak Ichsan:
    Kuota sergu ditentukan oleh LPMP dan Dinas Pendidikan Provinsi. Untuk daftar calon peserta sergu ditentukan berdasarkan kriteria usia, masa kerja, dst. Lihat tulisan di blog ini.
    Istilahnya bukan meng-update NUPTK melainkan meng-update data NUPTK.

  25. Ass…saya guru Honorer agama Islam di SMAN dijakarta sudah hampir 5 tahun dan sudah mendapatkan NUPTK dari cirebon karena sebelum saya mengajar di SMAN dijakarta saya pernah mengajar dimadrasah Ibtidaiyyah dicerbon sebagai tenaga guru SUKWAN dari tahun 2004 dan akhirnya saya baru mendapatkan NUPTK pada tahun 2007 dicerbon…ketika saya mengajar diSMAN jakarta sekarang NUPTK saya sudah pernah minta dipindahkan dari cirebon kejakarta melalui PMPTK dijakarta.tapi ketika saya pengen mendaftar INPASSING online tidak bisa masuk kenapa??dan bagaimana kira2 cara atau prosedur untuk mengikuti inpassing dan sertifikasi??apa saya bisa mengikuti sertifikasi dan inpassing??dan kenapa NUPTK saya tidak bisa kepakai??ini NO NUPTK 4547760662200022 saya tolong di bantu dan di jawab ya ….terimakasih
    wassalam

    Kak Ichsan:
    Menurut saya, BUPTK yang dimiliki tetap bisa dipakai.
    Untuk usul inpassing, baca syarat/prosedur usul tulisan yang di blog.
    Untuk mengikuti sertifikasi, baca syarat peserta sertifikasi.

    • pak ibu saya nama MURGINI
      NIK :196022041988032004
      NUPTK :9754738641300002
      gol :IV A
      KPG :23 tahun 9 bulan
      tahun kemarin masuk sertifikasi tapi tahun ini kuk tidak masuk,,,,dari semua temannya hanya ibu saya yang tidak ada apa da kesalahan???

      Kak Ichsan:
      Setelah saya cek dengan memasukkan NUPTK, terdapat keterangan sebagai berikut:
      Peserta dengan NUPTK 9754738641300002 tidak ditemukan dalam kategori layak
      Mestinya, bila belum S1 tapi sudah IV A itu layak sertifikasi. Namun, mungkin Ibu belum melakukan perbaikan data NUPTK sebelum 1 Des 2011, sehingga data di database NUPTK masih data lama.

  26. Pak Saya Hepy Hutahaean, S.Pd dengan NUPTK 1762756657300002 dari Kota Pematangsiantar… Mau Bertanya apakah Pencaftaran Untuk Sertifikasi Guru Diminta Uang karena saya diminta uang oleh Oknum Di Dikjar Rp. 1.500.000 agar Bisa mengikuti sertifikasi guru 2012. Terimakasih atas masukannya. Salam

    Kak Ichsan:
    Wah jelas itu tidak benar, hanya ulah oknum tertentu.
    Sertifikasi guru ini program nasional sehingga proses seluruh tahapan diatur berdasar peraturan. Cek saja persyaratan peserta pada tulisan di blog ini, tidak ada persyaratan biaya untuk proses sertifikasi. Kalau seluruh peserta dikenakan biaya, ya ajukan protes bersama-sama.Tapi, kalau beberapa yang dikenai biaya, kan sudah jelas itu suatu “permainan”.

  27. ada teman guru yang belum melakukan perubahan data nuptk sampai sekarang trus gimana ya? masih adakah kesempatan bagi mereka? tolong berikan solusinya segera mengingat sudah terlambat

    Kak Ichsan:
    Sepertinya kok sudah tidak ada kesempatan perbaikan data untuk sergu 2012. Tapi, untuk lebih jelasnya, sebaiknya menemui pihak Dinas yang bertugas urusan sertifikasi.

  28. kak ichsan…

    nama sy : NINING RAHAYU ARS
    NUPTK : 9343759660300013
    sy ngajar di SMK Negeri 1 Lhokseumawe
    Gol : IIIa
    usia : 30 thn 2 bln
    masa kerja 6 thn 5 bln

    setelah sy cek data sy berubah ternyata yg muncul data lama wkt saya msh ngajar di medan dan blm PNS. sudah sy pindah dan buat data terbaru tp data di medan blm dihapus sptnya. kak ichsan blg data sy msk dlm ao ternyata terlambat sy mencetaknya tau2 yg muncul data lam wkt di medan. kira2 jk skrg melapor ke dinas lhokseumawe sudah terlambat ya utk bs ttp ikut sertifikasi 2012.syarat masuk quota salah 1 ada penghargaan internasional dan sy sudah memiliki penghargaan internasional thn 2008. apakah dgn itu sy bs masuk sertifikasi 2012 di lhokseumawe?

    Kak Ichsan:
    KS/Guru berprestasi juara I prov, juara 1,2,3 Nas dan internasional itu prioritas utama. Bila Dinas Pendidikan baru menerbitkan A0 ada kemungkinan Mbak Nining bisa masuk. Coba perjuangkan dan bawa bukti, komunikasikan dengan baik-baik. Saya ikut berdoa semoga Mbak Nining bisa masuk kuota.

  29. Aslm. Maz ichsan, saya mau Tanya :
    1. saya gak paham dengan komentar maz ichsan kepada NINING RAHAYU ARS : “layak sertifikasi 2012 tetapi di bawah kuota”, ini yang tidak masuk peserta sergu “.
    Sementara saya termasuk di dalamnya (layak sertifikasi 2012 tetapi di bawah kuota ), apakah saya dipanggil menjadi calon sertifikasi 2012, sedangkan menurut maz ichsan : “ Yang tidak memenuhi syarat pasti dihapus dari daftar, dan nomor peserta di bawahnya akan naik”.
    2. kira-kira kapan bakal calon yang layak sertifikasi 2012 tetapi di bawah kuota dapat panggilan dari dinas kab/kota, saya menanyakan ke dinas blm ada informasi.
    Terimaksih maz ichsan . wslm

  30. Assalamu’alaikum kak
    Saya mau nanya, untuk perbaikan calon sertifikasi guru paling lambat 1 Desember 2011 kemarin ya?
    Begini kak, ibu saya kan sudah memenuhi syarat calon sertifikasi guru tapi kok di daftar tidak ada ya? solusinya kira2 bagaimana kak? Apa harus datang ke Dinas Pendidikan di kabupaten

  31. kak ichsan…sy mohon penjelasan nama sy bbrp kali masuk dlm calon sertifikasi guru 2012,namun data terakhir sudah tdk ada lg dan tdk dipanggil oleh dinas utk ngisi formulir.dan yg sy heran knapa nama guru yg tdk pernah muncul dlm bakal calon sertifikasi 2012 tau-tau dipanggil oleh dinas utk ngisi formulir sertifikasi.apakah sy msh bs dipanggil utk sertifikasi guru thn 2012?
    nama sy : NINING RAHAYU ARS
    NUPTK : 9343759660300013
    sy ngajar di SMK Negeri 1 Lhokseumawe
    Gol : IIIa
    usia : 30 thn 2 bln
    masa kerja 6 thn 5 bln

    Kak Ichsan:
    Hasil pengecekan saya sbb:
    > Dari 318 kuota di Lhokseumawe nama Mbak Nining Tidak ada. (Usia balon yang ke-318 adalah 30_09)
    > Hasil pengecekan perorangan dengan memasukkan NUPTK, terdapat keterangan “Dalam proses A0″. Ini berarti bisa masuk kuota bila nanti bagi yang masuk daftar balon sergu tidak memenuhi syarat dihapus.
    Perlu diketahui hasil pencarian perorangan ada dua kategori keterangan (1) “dalam proses A0″ artinya (akan) masuk kuota dan (2) “layak sertifikasi 2012 tetapi di bawah kuota”, ini yang tidak masuk peserta sergu 2012.
    > Saran:
    Silakan Mbak Nining cek secara perorangan (petunjuk cek dapat dilihat di sisi kanan halaman blog tunas63), kemudian data yang tampil silakan “dikopi” dan “dicetak” kemudian bawa sebagai bukti ke Dinas.

    • Assmu’alaikum Wr.Wb.

      pa apabila format A0 yang seharusnya disampaikan kepada guru yang bersangkutan yang masuk dalm quota tidak sempat ditandatangani karena tidak diinformasikan dengan baik oleh uptd dan tahu-tahu sudah dikirim ke disdik kabupaten akankah menggugurkan guru tersebut dari calon sergur 2012? kalo terjadi demikian apa yang harus dilakukan sebagai solusi. mohon penjelasan yang gambalang. terima kasih. wass. Wr. Wb.

    • Aslm. Maz ichsan, ada yang saya tanyakan :
      1. saya gak paham dengan komentar maz ichsan kepada NINING RAHAYU ARS : “layak sertifikasi 2012 tetapi di bawah kuota”, ini yang tidak masuk peserta sergu “.
      Sementara saya termasuk di dalamnya (layak sertifikasi 2012 tetapi di bawah kuota ), apakah saya dipanggil menjadi calon sertifikasi 2012, sedangkan menurut maz ichsan : “ Yang tidak memenuhi syarat pasti dihapus dari daftar, dan nomor peserta di bawahnya akan naik”.
      2. kira-kira kapan bakal calon yang layak sertifikasi 2012 tetapi di bawah kuota dapat panggilan dari dinas kab/kota, saya menanyakan ke dinas blm ada informasi.
      Terimaksih maz ichsan ats infonya. wslm

  32. yth kak ikhsan, ada info gak, kira2 kapan up date data nuptk yang dihapus dari kuota (karena sudah sertifikasi, dll) akan dikeluarkan? trims. SALAM GURU PROFESIONAL-SEJAHTERA

  33. [...] Bila nama sudah masuk database NUPTK maka akan tampil “Detil Data Peserta” (contoh hasil lihat di sini) [...]

  34. kakak saya mau tanya,apabila di daerah saya kuota sergur adalah 1287 tetapi jmlah guru yang masuk data online layak sergur 2012 masih dibawah kuota yaitu 1275 itu saja banyak nanti yang gagal karena statusnya cpns,bagaima kelanjutannya dengan kondisi didaerah saya seperti itu,trima kasih,…

    Kak Ichsan:
    Sertifikasi akan tetap jalan sesuai peraturan.

  35. mohon untuk dicekkan NUPTK : 1341741643200043, apakah data sudah diperbaiki, pada pangkat dan pendidikan terakhir.
    Data yang ada pada saya pangkat IVA, pendidikan S1. Sementara yang tertulis pada detil NUPTK saat itu IIId dan D3. Saya telah mengajukan perbaikan melalui sekolah sebelum 19 november 2011 secara kolektif, namun data pendukung untuk pendidikan baru keterangan lulus, karena ijazah belum terbit. Saat ini ijazah sudah ada.

    Kak Ichsan:
    Untuk mengecek data calon peserta sergu, silakan klik petunjuk yang di sisi kanan blog.

    • NUPTK : 1341741643200043
      massa kerja 19 tahun 3 bulan
      pangkat IV A
      pendidikan S1 Kok belum masuk/ data gak ada meskipun telah melakukan perbaikan. gimana nih ?

  36. Kak Ichsan:
    numpang tanyak kalau sudah selesai melakukan proses A0 biasanya proses apalagi dan kapan penataran PLPG tahap pertama sergu th 2012.dilaksanakan

    Kak Ichsan:
    Form A0 diterbitkan oleh Dinas untuk dicek dan bila data kurang sesuai lalu diperbaiki ybs. Setelah itu, akan terbit form A1 sebagai data finas calon pst sergu.

    • Data nama saya di NUPTK sudah sesuai akta, namun berbeda penulisannya dengan ijasah S1. bagaimana apakah perlu diubah data NUPTK nya?

      Kak Ichsan:
      Data NUPTK perlu diperbaiki, coba diusulkan melaui Dinas Pendidikan.

  37. Kak Ichsan, kenapa GTT (guru yang hanya mengajar di sekolah negeri, tidak nyambi ngajar di sekolah swasta) tidak bisa ikut sertifikasi guru 2012, walaupun sudah mengabdi bertahun-tahun? mohon tanggapannya, suwun

    Kak Ichsan:
    GTT bisa ikut sertifikasi, syaratnya memiliki SK Pengngkatan GTT dari Bupati/Wali kota atau Dinas Pendidikan Prov/Kab/Kota. Baca : Syarat peserta sertifikasi guru

  38. aslm.wr. wb…maz ichsan,saya tolani,dari kab.bogor ,saya mau tanya…nama saya tercantum dalam bakal calon sertifikasi 2012, dengan ranking 2.998 , tetapi untuk kuota kab.bogor adalah 2.918, kira- kira….saya layak tidak masuk dalam calon yang pasti sertifikasi 2012?.,saya sudah daftar ulang ke dinas. Apakah benar ada penghapusan data nuptk pada bakal calon karena sudah disertifikasi,atau karena meninggal,atau namanya dobel karena sudah ada di depag? trimaksih informasinya ….
    wslualaikum wr.wb

    Kak Ichsan:
    Yang tidak memenuhi syarat pasti dihapus dari daftar, dan nomor peserta di bawahnya akan naik.

    • trimaksih banyak ats informasinya maz ichsan.

    • NUPTK ku 1441755657300023
      usia, 34,1
      masa kerja
      9 tahun 11 bulan
      kemarin aku termasuk sergur, tapi skrg kok gk ada,
      kt.dinas di sruh ngg data yg di hapus,
      gimana ??

      Kak Ichsan:
      Setelah saya cek, NUPTK 1441755657300023 atas nama Istiqomah, S.Pd., keterangannya layak sertifikasi guru 2012 tetapi di bawah kuota. Bila daftar bakal calon, ada yang tidak memenuhi syarat nantinya akan dicoret dan yang dibawah kuota bisa masuk.

      • thx kak ichsan, kemarin saya sudah ngisi form A0

  39. Apakah yang sedang menempuh pendidikan juga layak mendapat sertifikasi 2012? Nama saya sudah keluar tapi sekarang saya sedang melanjutkan pendidikan ke S2 sehingga jam mengajar saya nol jam.

    Kak Ichsan:
    Syarat peserta sertifikasi antara lain guru harus mengajar minimal 24 jam per minggu. Kalau 0 jam, artinya syarat jam mengajar tidak terpenuhi.

  40. aslm. kak ichsan
    saya mau tanya, saya mengajar tahun 2005 di SMA swasta sampai dengan sekarang, kemudian saya mulai mengajar di tempat yang baru pada tahun 2006. Pertama kali saya memiliki nuptk di SMA, namun setelah pindah ke SMP sayapun memindahkan sekolah induk saya. pertanyaan saya, apakah nama saya dapat masuk bakal calon peserta sergur 2012? manakah tahun mengajar yang dihitung?terima kasih kak.

    Kak Ichsan:
    Dasar penghitungannya adalah data pada database NUPTK, selama belum ada perbaikan maka data yang ada adalah data sebagaimana awal usul NUPTK.
    Untuk melihat Daftar Bakal Calon Sergu 2012, silakan ikuti petunjuk pada tulisan di sisi kanan halaman blog.

  41. kak ichsan….saya mau tanya….gmna klw tertulis kt layak sebagai calon peserta sertifikasi 2012,,tetapi masih di bawah kuota???
    apa kt bakal di pastikan gak ikut ntuk sertifikasi 2012 nanti???

  42. malam kak,,
    mksih buat infonya… mau nnya btas pendaftaran kan 1 desember 2011 sedangkan mama saya udah trlmbat,, tapi persyaratannya
    sudah memenuhi syarat,, berupa umur udah 50 thun,, masa kerja udah 20 thun lebih,, golongan IV/A… apakah msih ada toleransi?????

    Kak Ichsan:
    Peraturan khusus tentang Sertifikasi 2012 belum terbit. Semoga kasus guru yang layak sertifikasi tapi belum masuk Daftar Balon Sergu 2012 akan ada ketentuan untuk bisa didata.
    Menurut saya, seharusnya ada pengaturan karena memiliki hak. Pertimbangan lain, daftar balon juga belum valid karena ada yang telah lulus sertifikasi masuk daftar.
    Saran saya, sering komunikasi dengan Dinas Pendidikan karena peserta tetap ditentukan oleh Dinas Pendidikan.

    • makasih banyakk yaa kak udah balas….
      tapi yang saya masih tdk mengerti,, kenapa saat brtanya di
      di Dinas Pendidikan di Kabupaten mengenai sertifikasi,,
      mereka bilang tanyakan ke bagian pusat…

    • malam kak Ichsan,
      dalam daftar sebelumnya saya sudah termasuk balon sertifikasi untuk 2012 tp setelah kuota ditetapkan nama saya tidak terdaftar lagi. jika didalam kuota ada yang dicoret, apakah nama-nama kami yang dibawahnya akan naik dan menggantikan nama-nama yang dicoret tersebut. jika tidak apakah kami harus menunggu untuk 2013? mohon penjelasannya. terima kasih atas jawabannya.

      Kak Ichsan:
      Daftar update per 1 Desember itu memang data akhir tapi tetap sebagai Bakal Calon. Nantinya akan ada pemberkasan/verifikasi, bila ada nama yang tidak memenuhi syarat akan dicoret.
      Selain itu, ketentuan kuota juga belum ditetapkan: apakah peserta yang ditetapkan sebagai CALON mengikuti urutan Bakal Calon itu atau akan dikelompokkan menurut jenjang seperti 2011.

  43. Kak Ichsan :
    saya heran kenapa yang baru dan usianya jauh lebih muda dari saya sudah pada masuk data sergu kenapa saya tidak, apa yang salah yah !.
    Nama : R. Heri Rahmayanto, SPd.
    NUPTK : 5844 7446 4820 0022
    Dari awal pendidikan : S1 Pendidikan Akuntansi
    Intansi : SMP Negeri 17 Kota Cirebon
    NIP Lama : 480148372
    NIP Baru : 19660512 200604 1 008
    Kalau dihitung masa kerja PNS`nya saja 06 tahun 05 bulan
    Usia saya 45 tahun.
    Jadi salah data pada apanya Kak Ichan ?. Sehingga saya tidak masuk dalam data calan sergu Tuh !.

    Kak Ichsan:
    Kasus semacam itu terjadi di beberapa daerah, maaf, saya sendiri belum paham mengapa terjadi demikian itu. Arah pertanyaan itu yang tepat disampaikan ke Dinas Pendidikan (bagian operator NUPTK), karena operator ini yang memiliki tugas meng-update data NUPTK.

  44. Kak Ichsan, kapan daftar ulangnya..??

    Kak Ichsan:
    Sampai saat ini belum ada proses tindak lanjut setelah daftar bakal calon dipublikasikan.

  45. Kak Ichsan
    sebelum tanggal 1 desember nama saya masih terdaftar di sergu 2012 pada urutan 314 dari 331, tapi setelah validasi terakhir tanggal 1 desember nama saya tidak terdapat d sergu 2012 padahal jumlahnya bertambah menjadi 442 orang, dan yang paling membingunkan ada yang masa kerjanya 6 tahun umurnya masih muda dibandingkan saya tercaper di sergu 2012….
    adapun data lengkap saya…
    nama: hasanuddin
    nuptk : 3535758661200002
    Sekolah: SMAN 2 KOLAKA (Pindahan dari SMAN 5 KENDARI)
    USIA : 31 Tahun 10 bulan
    masa kerja : 06 tahun 9 bulan
    gol : III.B
    .Saya sudah tanyakan kedinas setempat malah mereka bingun juga alasannya dirangking dipusat. tapi kalau dirangking dipusat kok kacau balau begitu…….?
    lalu dari data sergu kuota kabupaten kolaka banyak yang sudah sertifikasi masih terdapat namanya di sergu 2012 . APA BISA DIGANTI?
    GMANA CARANYA..? TRIMA KASIH KAK ICHSAN ATAS BANTUANNYA…

    Kak Ichsan:
    Saya coba cek dengan memasukkan NUPTK, memang keterangan yang muncul nama Bapak tidak ada pada daftar layak sertifikasi 2012.
    Coba tanya ulang ke operator Dinas dan minta ditunjukkan data Bapak pada komputer operator Dinas, apakah data yang ada itu “benar” dan layak, jika sudah benar dan “layak sertifikasi” cobalah komunikasi secara baik-baik, tanyakan”apa langkah Dinas atas permasalahan ini?”
    Nama pada daftar balon itu belum final artinya bagi yang terdaftar tapi tidak memenuhi syarat, bila Dinas tahu pasti akan dicoret dari daftar, termasuk yang sudah lulus sertifikasi juga pasti akan dicoret.
    Tentang yang dicoret, itu tidak ada peraturan diganti.
    Yang perlu juga nanti dipertanyakan adalah ” Guru layak sertifikasi tapi belum masuk balon, termasuk seperti Pak Hasan.
    Maaf, Pak hanya dapat urun pemikiran saja.

  46. kak, kalo info tentang sertifikasi guru agama tahun 2012 dimana ya??

    Kak Ichsan:
    Maaf, belum tahu alamat aksesnya.

  47. Pak, untuk mengetahui saya termasuk balon sergur pai 2012 kementrian agama gimana? saya minta tolong pak untuk di carikan
    Nama : Didin Saprudin
    NUPTK : 9660762663200022
    kabupaten kulon progo
    prop. D.I. Yogyakarta

    Kak Ichsan:
    Maaf, untuk alamat akses sergu 2012 Kemenag belum tahu.

  48. Tanya kak,
    Saya dan temen-temen dah melakukan perbaikan data. Nama temen-temen dah bermunculan. Nama saya yang tersesat entah kemana nich. dah saya lihat per halaman, gak muncul juga nama saya. Padahal dari sisi usia aku dah melampaui, dari sisi masa kerja juga dah banyak tuh…. gimana nich kak….?

    Kak Ichsan:
    Kewenangan penetapan peserta ada di Dinas Pendidikan, sebaiknya segera konfirmasi ke Dinas, dan bawa dokumen bukti.

  49. PAK, SAYA COBA BUKA DATA SERGUR ITU KOK NGGAK BISA YA UNTUK MENENTUKAN KABUPATENNYA, TETAP AJA none TULISANNYA, JADI GMN SOLUSINYA PAK…

    Kak Ichsan:
    Mungkin hari ini bisa, selamat mencoba.

  50. kak ichsan, gimana sih prosedur sertifikasi 2012?apakah nanti melalui tes dulu kemudian yang lolos baru bisa mengikuti PLPG?bagaimana dengan yang tidak lolos?

    Kak Ichsan:
    Sesuai Buku 1 Pedoman penetapan peserta, peserta sergu dijaring/ditentukan dengan kriteria usia, masa kerja, golongan, . . .
    Tes yang pernah terjadi pada 2011 adalah bagi mereka yang memilih sertifikasi jalur portofolio. Pst yang memilih jalur portofolio harus ikut tes online, bila lulus baru menyusun portofolio. Jalur yang lain adalah melalui PLPG.

  51. sejak awal dirilis nya daftar balon peserta sergur 2012 oleh pusbangprodik sampai skrg sdh 3 kali perbaharuan tp tetep nama sy blm trcantum , walaupun sdh update dan rajin ke dinas kab menanyakan ini . kalau dari persyaratan insyallah sdh terpenuhi.yang saya tanyakan kalo memang sdh memenuhi syarat, apakah idealnya memang tercantum dulu atw memang bs tdk tercantum krn sdh dibatasi quota??
    trimakasih atas jawaban nya pa..

    Kak Ichsan:
    Bagi yang memenuhi syarat, harusnya masuk dulu daftar balon

    • betul kak ichsan, dr data update trakhir per 1 desember, akhirnya nama sy muncul jg, alhmdulillahh…tinggal mnunggu proses slanjutnya, apa ya kira kira…

      • Kak Ichsan, trimaksih atas pemberitahuanya tentang update NUPTK terbaru tanggal 1 des 2011. Alhamdulilah nama saya sudah tampil dalam daftar sergu 2012. saya merasa beruntung dengan info-info dari kakak selain tentang sergu saya bisa dapat pengalaman pengalaman dari kiriman-kiriman berbagai pertanyaan dari sahabat-sahabat tunas tinggal satu lagi tentang pengajuan Dapodik saya belum dapat jawaban dari admin Dapodik malah disuruh kirim ulang tanda bukti pengajuan.

        Kak Ichsan:
        Alahmadulillah, semoga terus berlanjut masuk dalam kuota peserta.
        Tentang permintaan pengajuan akun dapodik kembali, kirim saja. Semoga segera ada tanggapan persetujuan.

  52. salam kak….
    saya neni nuptk 6438756657300033 pd pengumuman tgl lima nama sy muncul,tapi setelah ferifikasi data ke operator nama sy jd tidak.sy sdh tanya sama operator kenapa nama sy jd tidak ada,kata operator data sdh benar dia jg tdk tahu kenapa ktnya yg menentukan pusat.sy jd penasaran masalahnya dmana?

    Kak Ichsan:
    Kalau operator Dinas sudah begitu, saya yang buykan orang kantor juga tidak tahu.
    Semoga saja data akhir yang akan diumumkan nannti nama Mbak Neni masuk daftar.

    • ALHAMDULILLAH KAK ICHSAN NAMA SAYA SUDAH ADA LAGI….TRIMS

      Kak Ichsan:
      Alhamdulillah Mbak Neni, semoga terus berlanjut masuk peserta kuota 2012.

  53. pak ichsan, apakah latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu di sekolah,menjadi salah satu kendala tidak terpanggilnya sbg peserta sertifikasi? soalnya hal itu terjadi pada saya walaupun persyaratan seperti nuptk, masa kerja, usia, dan S1 sudah terpenuhi.

    Kak Ichsan:
    1. Latar belakang pendidikan memang harus sesuai dengan mapel yang diampu, tapi ini akan menjadi syarat saat pemberkasan peserta sertifikasi.
    2. Wah, sayang terlambat, sebenarnya bila merasa memenuhi syarat/layak sertifikasi 2012, diberi kesempatan memperbaiki data NUPTK ke Dinas Pendidikan paling lambat 30 November 2011.

  54. ikutan curhat doong,, masa kerja saya sudah 10 th, update sudah, syarat2 semua sdh terpenuhi. pada kuota 2012 masih belum muncul nama sy.knapa y?? harusnya pihak Kabupaten lebih selektif dlm hal ini. yg lain yg masa kerjanya dibawah sy sudah bnyak yg lulus.

    Kak Ichsan:
    Mungkin perbaikan diusulkan setelah tgl 19 November, sehingga kemungkinan akan masuk pada pembaruan berikutnya.

  55. kenapa saya belum masuk data base sertifikasi 2012,padahal data saya sudah di perbaiki bulan oktober 2011, masa kerja 11 tahun 09 bulan

  56. pak sebelum tanggal 19 november saya dah update mengapa belum tertera dalam balon sergur 2012?

    Kak Ichsan:
    Kemungkinannya ada hubungannya dengan proses pengiriman: perbaikan yang diterima Dinas dikirim ke LPMP, kemudian LPMP melakukan persetujuan.

    • pengiriman apa ya? maksudnya berkas. Menurut diknas tak ada berkas yang harus dikirim. jadi gimana ya……..

      Kak Ichsan:
      Untuk lebih jelasnya dapat dibaca tulisan “Petunjuk Perbaikan Data Calon Peserta Sergu 2012″

  57. Assalamuaiakum Wr. Wb

    Selamat siang, Bpk. Ikhsan

    saya mau tanya nich “tentang sertifikasi 2012″ nama : widianto, NUPTK : 3549762663200002 kok belum masuk, padahal bhakti kami udah 6 tahun 7 bulan, saya lihat di situs “pusbangprodik” bhakti yang sudah 6 tahun (1,2,5, 7, 8) bulan sudah masuk, sebenarnya panitia itu mengecek darimana “mohon penjelasannya .terima kasih

    Wassalamuaiakum Wr. Wb

    NB : saya tunggu infonya dan balasannya secepatnya
    HP : 08562643024

    Kak Ichsan:
    Coba cermati syarat peserta bakal calon sergu 2012, bila layak memenuhi syarat dan belum masuk bakal calon segera mengajukan perbaikan data NUPTK ke Dinas Pendidikan terakhir 30 Nov 2011.

  58. Kak Ichsan, Saya punya kesalahan pada Nomor NUPTK,
    Nomor yang tertera di kartu NUPTK saya adalah 2540-7616-6320-0002, namun tidak terdaftar di data base NUPTK Online, stelah sy cek didinas kabupaten ternyata ada kesalahan nomor pada dua digit terakhir, seharusnya 2540-7616-6320-0022, dan sudah sy perbaiki, tp sampai sekarang belum bisa muncul detail data sy di menu pencarian NUPTK,…mohon penjelasanx kak…trima kasih…

    Kak Ichsan:
    Daftar bakal calon pst sergu 2012 yang ditampilkan saat ini berdasarkan data per 19 Nov 2011. Jadi, bila usulan perbaikan setelah 19 Nov kemungkinan akan muncul pada pemabaruan berikutnya.

  59. kak ichsan sy guru Mapel Umum kemenag di MTs N Jember II lulus sertifikasi 2010. Informasi pencairan dana sertifikasi nunggu NRG dari kemdiknas. kabar terakhir dari kemenag jatim katanya pertengahan november ini pencairannya.Tapi sampai saat ini NRG dari Kemdiknas belum juga ada ……………mohon dibalas (Kalau memang sdh keluar NRG download di mana)

    Kak Ichsan:
    Maaf, untuk NRG belum tahu alamat aksesnya.

  60. persoalan sama saya juga sudah menanyakan tentang mengapa data belum diperbaiki , sehingga ketika saya cek selalu tidak memenuhi syarat, padahal calon peserta lain yang usia dan masa kerja lebih rendah dari saya sudah muncul. dan sampai saat surat ini saya tulis data masih abelum berubah. mohon saran.

  61. kak ichsan,sampai saat ini nama saya msh belum muncul di balon peserta sertifikasi 2012,padahal sblumnya ada,ternyata nuptk sy msh di sekolah lama,sy sdh mengumpulkan data ke dinas 2 minggu yang lalu,konfirmasi ke dinas katanya data dah dikirim semua,bagaimana kak klo sampai 1 des nama saya msh belum ada sementara sy dah usia 42th gol IIId,mksh

  62. kak ihsan saya sudah daftar di depag n diknas dan di depag saya kepanggil lebih dulu dan sudah mengikuti PLPG tahap 12 kemarin. kmrin saya ada di daftar sergu di diknas. bagaimana menurut pendapat kak ihsan ttg panggilan sergu di diknas? trims.

    Kak Ichsan:
    Kalau yang dimaksud masuk pada daftar “bakal calon 2012″, itu mungkin kekeliruan dan data ini belum final. Artinya, pasti akan ada pembaruan. Beberapa pst sergu tahun sebelumnya di beberapa kab/kota juga masih ada yang muncul pada daftar ini.

  63. Kak Ichsan data saya untuk sertifikasi 2012 nggak ada padahal ada yang salah baru saya lihat tentang masa kerja saya lihat sesuai NUPTK yang dibuat 5 tahun 4 bulan padahal masa kerja saya sampe sekarang udah nyampe 10 tahun pantasan nggak ikut selama ini soalnya yang dibawah saya udah selesai yang kemarin gimana nih apa masih sempat ya tolong dong gimana nih kok bisa begitu masa kerjaku bisa salah.

    Kak Ichsan:
    Pada tulisan di atas sudah jelas, perbaikan data akan berakhir 1 Desember. Jadi, saat ini masih ada kesempatan.

  64. sudah saya coba berkali-kali tetap nama saya tidak tampil dan cara yang satu lagi tetap tidak diketemukan dianjurkan memperbaiki data padahal baru seminggu perbaikan data kami lakukan melalui prosedur kalau data mutasi ke sd baru sudah tampil tapi bakal calon tetap tidak terdaftar.

  65. saya telah mengajar sejak tahun 1999, tahun 2007 pindah ke sekolah lain,kasusnya adalah setelah dicek sergur online nama saya tidak muncul menjadi calon sergur 2012 padahal kalo dihitung dari awal mengajar hampir 12 tahun,saya sudah usul ke dinas kab kebumen sampai saat ini belum ada perbaikan data, padahal waktu penetapan hampir berakhir,tolong solusinya pak!

    Kak Ichsan:
    Saran saya, tanya kembali ke Dinas Pendidikan, mengapa belum muncul pada daftar bakal calon.

  66. kak Ichsan, sy mau tanya gmn caranya mengedit data yg sudah masuk di pendaftaran inpassing yg ada di inpassing.sertifikasi.org, karena data yang dimasukan ada yg salah dan blm lengkap, tp data sdh terentri, pas mau di rubah g bisa, jd gmn caranya untuk mengeditnya kembali, mohon penjelasannya……………

    Kak Ichsan:
    Maaf, masalah ini saya belum paham.

  67. nama saya semula ada pada daftar balon peserta sertifikasi 2012 tp kmrin tidak ada,saya konfirmasi ke dinas katanya kewenangan pusat,apa yang harus saya lakukan/

    Kak Ichsan:
    Cek perorangan dengan memasukkan NUPTK, bilaberhasil akan muncul “Detil Data Peserta” cermati data-data yang ada, sesuai apa tidak dengan fakta. Bila tidak sesuai, lakukan perbaikan data NUPTK ke Dinas Pendidikan.
    Petunjuk lain baca di sini

  68. GIMANA NGURUSNYA

  69. Pak saya mau bertanya, nama saya masuk sebagai bakal calon sertifikasi guru 2012, tetapi setelah saya cek umur saya salah (lebih muda 1 tahun) dan nama lengkap saya ejaannya ada kesalahan. Yang ingin saya tanyakan, kesalahan tersebut apakah bisa diperbaiki ke dinas pendidikan setempat? syarat-syaratnya dokumen apa yang harus saya bawa sebagai bukti? mohon dibalas. Terima kasih.

    Kak Ichsan:
    Petunjuk perbaikan baca di sini
    Dokumen yang dibawa sesuai dengan data yang akan diperbaiki, misal untuk perbaikan usia-dapat menunjukkan ijazah atau SK.

  70. kak ichsan mohon bantuanya mengingat nopember segera berakhir.
    NUPTK saya 3562762664300023 mohon bantuannya mencari tahu sekolah induk saya karena berdasarkan NUPTK on line saya msih di sekolah lama tetapi kata petugas NUPTK dinas pendidikan sudah di yang baru. Mohon bantuannya!

    Kak pada daftar bakal calon peserta sertifikasi 2012 ada beberapa teman yang sudah keluar dari sekolah saya tetapi namanya kok masih ada dan ad teman yang sudah sertifikasi tapi namanya juga ada. menurut anda gimana??

  71. terima kasih pak ichsan, Alhamdulillah nama saya hari ini udah masuk dalam data base, bagi rekan2 guru yang belum terdaftar namanya, LANGSUNG UP DATE NUPTK ke dinas secepatnya, sebelum 1 desember.

    Kak Ichsan:
    Alhamdulillah, semoga berlanjut menjadi peserta.

  72. GMN CARA MLIHAT DAFTAR ANGGOTA CALON SERTIFIKASI 2012
    MOHON BANTUANNYA

    Kak Ichsan:
    Klik di sini

  73. untuk teman – teman yang udah perbaikan data NUPTK online tetapi hari ini tgl 22 nopember 2011 masih belum masuk di daftar kelayakan sertifikasi guru 2012 gak usah khawatir insya ALLAH masuk dan muncul sebelum tgl 1 Desember 2011.

  74. kak ichsan: alhamdilillah….. data saya hari ini udah muncul didaftar kelayakan calon sertifikasi guru 2012. trimakasih ya….kak atas doa dan motivasinya…!

    Kak Ichsan:
    Alhamdulillah, semoga berlanjut menjadi peserta.

  75. Calon Peserta sertifikasi guru 2012, apakah merupakan usulan dari sekolah masing – masing ? atau database yang sudah ada di DISPENDIK Kota?

    Kak Ichsan:
    Berdasar database NUPTK di pusat.

  76. NUPTK lama dan NUPTK terbaru Nomor NUPTKnya tetap sama, tetapi tidak masuk daftar Calon Sertifikasi Guru 2012. Bagaimana, apakah masih perlu mengurus lagi ke DISPENDIK Kota ?

  77. Kak Ichsan…
    Dinas Pacitan-Jatim kemarin memberikan edaran yang isinya antara lain tidak boleh memalsukan TMT: salah satu kriterianya adalah SK Yayasan (GTY) tahun 2005 dianggap palsu jika guru yang bersangkutan belum S1 (masih kuliah) pada tahun 2005. Pertanyaan saya: adakah undang-undang atau peraturan yang mewajibkan pengangkatan GTY pada suatu Yayasan harus guru yang sudah S1? Disekolah saya rata-rata gurunya menyelesaikan S1-nya tahun 2008/2009/2010. Mohon tanggapannya karena ini membingungkan karena pada sertifikasi 2011 sudah banyak yang lolos sertifikasi meskipun S1-nya baru lulus 2008/2009. Terima Kasih

    Kak Ichsan:
    Setahu saya aturannya tidak ada. Pengangkatan GTY adalah tergantung peraturan di Yayasan.

  78. OPERATOR NUPTK di kabupaten saya GAPTEK, SOK PINTAR, N Hanya dia sendiri yg menjadi Operator NUPTK sekabupaten Buton, Kalau saya tanya tentang NUPTK saya ” kenapa NUPTK saya belum diverifikasi ” katanya sudah diverifikasi, namun menunggu Repply Email yang dia kirimkan di pusat…… padahal saya cuman pura2 gaptek saja sama dia…… setahu saya kalau beliau operator, maka paling lama 1 menit data yang diupload akan ter-update…

    Pertanyaannya…
    – Kalau saya seorang demikian lamanya verifikasinya, bagaimana dengan ribuan guru yang lain.
    – Apa memang selama itu….!! samapai menunggu berhari-hari???

    Dasar tukang peras………

  79. kalau memang “detail” hanya untuk operator NUPTK lalu situs apa ya kak…? yang dapat mencari NUPTK untuk bisa diketahui kwalifikasi pendidikan atau ijasah akhir dan masa kerja, saya sudah melapor ke kantor dinas dan udah ditunjukkan perubahannya katanya udah dikirim ke LPMP tapi saya ingin cek secara online karna data saya dalam calon masih belum muncul dalam daftar kelayakan sertifikasi 2012….terimakasih……saya tunggu jawabannya…..!

  80. kak ichsan, saya sudah melihat data NUPTK lewat webroswer tapi untuk membuka detail tidak bisa, harus tahu user dan pasword dulu, tolong ya kak kasih tahu user dan paswordnya saya udah SMS tapi gk ada balasan. trimakasih sebelumnya kak!!!atas bantuannya saya tunggu…….

    Kak Ichsan:
    Fasilitas untum umum tidak bisa membuka “detil”, hanya sebatas “daftar PTK”. Detil adalah menu bagi “operator NUPTK”.

  81. Melihat daftar calon sertifikasi guru 2012 saya ada, tetapi data saya masih tercatat di sekolah lama ( di swasta ) sedangkan saya sekarang ini sudah di sekolah baru ( SMA Negeri ). Ini bagaimana untuk membetulkannya ?

    Kak Ichsan:
    Petunjuk perbaikan dapat dibaca di sini

  82. tolong info tentang data sk inpassing tingkat SMK kab. boyolali yang sudah keluar tahun 2011. trims

  83. ass,,tolong saya pak,,nama elah rokayah,s.pd,tmt 1 jan 2005,,,nuptk 3863758660300022,, lulus s1 thun 2009,masa kerja 11 th 5 bln,,apakah saya masih bisa menjadi balon sertifikasi kuota 2012?
    tolong penjelasannya ya pa?

    Kak Ichsan:
    Punya NUPTK dan S1, mestinya layak sertifikasi.

  84. kak Ichsan, Saya mau nanya misalnya Guru A ikut sertifikasinya di Jatim, ketika sudah sekian tahun kemudian Guru A tadi pindah ke Jabar, apakah sertifikasinya yang telah diikuti di Jatim tadi hilang atau habis…atau masih ada tetapi perlu pengurusan lagi untuk perpindahan data ke Jabar agar sertifikasinya tetap ada, mohon pencerahannya kak Ichsan…

  85. salam.kak Ichsan
    NUPTK 6438756657300033 sy sudah terdaftar balon sertifikasi 2012 dan sudah ferifikasi data ke dinas/operator kota .tp brsn sy cek balon lg, kok nama sy jadi tdk ada.apa yg harus sy lakukan?mohon penjelasan y?

    Kak Ichsan:
    Berkaitan dengan NUPTK, konfirmasinya ke operator NUPTK Dinas Pendidikan.

  86. Alhmdllah nma sya stu yg lulus balon sertifikasi 2012, tpi sya ndak tau info slnjutnya
    tlong pa ichsan ksih infrmsi apa yg hrus dlkukn stlh lulus balon???

    Kak Ichsan:
    Istilahnya yang tepat “lolos” bukan “lulus” sebagai balon sergu 2012.
    Langkah selanjutnya, sepertinya sampai saat ini belum ada proses.

  87. kak ichsan….
    NUPTK saya 3549751653300063 dan masa kerja 9 thn 8 bln, belum masuk daftar sertifikasi thn 2012, sedangkan teman saya, 1 sekolah msa kerja 7 thn 11 bln,msk daftar sertifikasi 2012. Setelah croscek ke diknas dan diubah pada TMT Tugas, keluar pengumuman lg, dan lagi2 nama saya tidak ada. Apakah dari diknas langsung OL ke LPMP atau gmn…sedangkan revisi terakhir yg saya baca tgl 1 Desember 2011

    Kak Ichsan:
    Sesuai petunjuk yang ada, setelah Dinas menerima usul perbaikan akan meneruskan ke LPMP, baru LPMP memproses penerimaan usulan perbaikan. Belum berubahnya data di daftar balon sergu 2012, mungkin proses di LPMP yang belum tuntas.

  88. Salam, Ada temen saya yang namanya terdapat pada daftar sertifikasi 2012 namun setelah dicek dgn NUPTK tidak tertulis/tdk ada datanya? & sebenarnya dia tdk mengajukan sertifikasi thn 2012 dan tidak menyerahkan berkas apa data 2011 yg diambil??? mohon penjelasan. Thanks. Wass.

    Kak Ichsan:
    Data yang ada itu diambil dari database NUPTK, memang belum ada proses pengajuan untuk sergu 2012.

  89. Kak Ikhsan, saya sudah S1 tahun 2010 NUPTK 2561747650200013
    PEG_ID : 0302.20070121.154232.5655291, usia 42 tahun.
    Tahun 2011 yang lalu ikut penjaringan tapi nomor urut saya di bawah urutan Maksimal Quota Kabupaten saya.
    Saya heran kenap tidak tercantum dalam balon sertifikasi 2012 ? kira-kira apanya yang salah? Saya baru tahu akhir-akhir ini,apa bisa disusulkan pada tanggal 1 Des 2011,karena mungkin adanya gangguan Server Internet yang menghambat prosesi Up dateing data nuptk ke lpmp propinsi saya ? Mohon maaf jika bahasanya kurang efektif. Terima kasih.

  90. nama saya tercantum dalam daftar calon sertifikasi 2012 denbgan kwalifikasi pendidikan D1 masa kerja 22.9 bulan golongan 1V a padahal kwalifikasi pendidikan saya sebetulnya adalah S1 Pendidikan.Bagaimana kalau saya biarkan saja toh nama saya masuk dalam daftar calon sertifikasi?

  91. kak ichsan:
    NUPTK saya 9350760662210133, ats nama Sri Eko Marpuah,SE, saya ingin tanya kenapa Tunjangan Fungsional sya tidak keluar/cair..apa ada yang kurang data-datanya atau apa…?

  92. jika namanya tidak tercantum dalam data base yg 13.509 org itu apa yg harus dilakukan pak????????tlg balas

    Kak Ichsan:
    Kalau merasa memenuhi syarat layak sertifikasi 2012 dan tidak masuk daftar bakal calon, segera lakukan perbaikan data NUPTK sebelum 1 Desember 2011 ke Dinas Pendidikan Kab.

  93. Kak Ichsan ini NUPTK saya 6634759663200002. Td sy ke dinas ktnya mgkn krna ada mslh dg NUPTK sy shg sy tdk terjaring sbg bakal calon peserta sertfksi 2012. Tlg di cekkan Kak Ichsan status NUPTK sy sdh mutasi apa blm dari Staf Tata Usaha menjadi Guru? Trmksh

    Kak Ichsan:
    Untuk cek NUPTK perlu data prov, kab atau kota, nama, dan sekolah.

    • Kak Ichsan nama Saya, agung prasetyo dari SMK Jakarta Timur I Provinsi DKI Jakarta Kota Jakarta Timur dengan No. NUPTK 6634759663200002, soalnya saya cek data NUPTK saya lewat internet tapi tidak bisa dibuka apa status saya sudah berubah apa blm! tolong ya kak Ichsan di cek status saya apa sudah berubah dari staf tata usaha menjadi guru. Trim’s

      Kak Ichsan:
      Pada database NUPTK webrowser, menyebutkan Agung Prasetyo dengan instnasi SMK (SMEA) Jkarta Timur I dengan nomor Peg_ID: 0164.20070208.180754.00410.
      Di sini tidak memuat keterangan jenis tenaga: guru, Kepalasa, TU, atau pengawas.

  94. Bagaimana cara melihat balon sertifikasi guru SD kab. Klaten formsi 2012. Trim atas sarannya.

    Kak Ichsan:
    Coba ikuti petunjuk di sini

  95. pak ihcsan saya minta informasi sertifikasi guru 2011 di bawah naungan Kemenag Jakarta Timur..nyarinya dimana pak? saya liat disergur.pusbangprodik kok ga ada yg dari madrasah? trima kasih..

  96. Ass kak ichsan
    Saya kemarin sudah melakukan pengecekan NUPTK di dinas pendidikan dan menurut data dari dinas pendidikan saya sudah di mutasi ke Surabaya. tapi ketika pulang saya cek di NUPTK online data saya kok masih di sekolah yang lama???
    Mengapa bisa begitu ya pak???

    Oh ya pak gimana caranya melihat data NUPTK kita sudah betul atau ga tanpa lewat dispendik??? Apa tidak ada yang online????

    Kak Ichsan:
    Cek NUPTK secara online dengan aplikasi nuptk webrowser. Aplikasi dan pedomannya dapat diunduh di sini

  97. kak ichsan gimana caranya mengetahui kalo data kita blm lengkap atau ada yang kurang sehingga nama blm msk data sertifikasi 2012 padahal sdh merasa memenuhi syarat ? sukron

    Kak Ichsan:
    Untuk cek, lihat infonya pada judul “Daftar Calon Sertifikasi Guru 2012″.

  98. untuk kota Jambi sepertinya beberapa guru sdh ada yg sertifikasi tapi namanya tetap masuk daftar calon. :)

    Kak Ichsan:
    Bukan hanya Jambi, Kab/Kota lain juga mengalami seperti ini.

  99. tolong kak saya dikasih info data peserta sertifikasi pai sd iain sunan ampel jawa timur.

    Kak Ichsan:
    Coba cek di sini

  100. kak ichsan, sepertinya kami para guru di disdik kab. pasuruan gak akan pernah bisa mmperbaiki data NUPTK kami bila ada kesalahan entry atau update data. pasalnya petugas di kab. kami marah2 mulu kerjaannya.
    contohnya kemarin ketika saya menanyakan perbedaan masa kerja yg tercantum di NUPTK antara saya dan teman satu angkatan, seusia, S1 nya jg sama2. bukan penjelasan yg saya terima tapi bentakan yg saya dapat.
    parahnya lgi ketika saya tunjukkan SK asli, Ijasah asli, dia bilang itu bukan bukti resmi. “Saya punya aturan sendiri bu”, katanya.
    wow, saya jadi membayangkan kalau seandainya semua petugas punya aturan sendiri2, makin kacaulah negeri ini.
    maaf ya kak, jdi curhat.

    Kak Ichsan:
    Yah, memang layanan semacam ini masih saja kita lihat.
    Saran: Coba usulan itu dilewatkan Kepala Sekolah atau UPTD, ceritakan bahwa sudah pernah mengajukan ke Dinas tapi menerima layanan yang kurang bersahabat. Dengan pendekatan dan komunikasi yang kekeluargaan insyaallah akan ada bantuan. Semoga.

  101. Kak Ichsan, Saya sudah lulus sertifikasi tahun 2007 melalui jalur portofolio, namun pada tahun 2010, 2011 nama saya masih tercantum sebagai
    peserta sertifikasi, padahal saya telah melakukan validasi data ( terakhir bulan April 2011) ; dan untuk tahun 2012, nama saya masih tercantum lagi sebagai bakal calon peserta sertifikasi. Mengapa bisa demikian Kak? Terimakasih .
    Salam hormat,
    Sujiono, SMPN 3 Bolo Bima.
    No.Peserta Sertifikasi : 07230608700009

    Kak Ichsan:
    Selamat bertemu kembali, semoga senatiasa sehat-sehat.
    Kasus seperti ini terjadi di banyak daerah, permasalahan di mana saya belum paham. Tapi, insyallah tidak ada masalah dengan status sertifikasi.

  102. Kak Ichsan,
    Bagaimana dengan legalisir ijazah yang diterbitkan oleh pemerintah luar negeri seperti Malaysia dan Brunei , apakah perlu kembali ke negara penyelenggara atau cukup dilegalisir di Depdikdas kabupaten pemilik ijazah tersebut berdomisili?

    Kak Ichsan:
    Coba kontak online pada jam kerja di sini

  103. kak ikhsan kami mohon penjelasan. Kalau sudah mengirimkan data diri terbaru ke dinas p dan k kabupaten bagaimana cara melihat bahwa data kami sudah diperbaiki atau belum secara online, atau mohon tolong untuk dicekkan. Makasih penjelasan dan bantuannya

    Kak Ichsan:
    Minta penjelasan pada operator Dinas Pendidikan kapan dilakukan perbaikan, Jangan lupa saat pengajuan perbaikan minta bukti tanda terima.

  104. Mas, minta tolong donk carikan informasi kelulusan atas nama ibu Hj. Faridah, A.Ma Pd, ibu. Laila Farida, S.Pd peserta PLPG rayon 17 universitas Lambung Mangkurat. Trims.

  105. Terima kasih Pak San…….infonya, sangat bermanfaat.

  106. pikiran jadi plong mas ichsan

    Kak Ichsan:
    Lho, memang dapat rejeki ya, kok jadi plong?

  107. Terima kasih Kak ichsan,
    Glory to the God ! I was get Qualified Certification in this therm.

    Untuk teman2 yg harus ujian ulang, tetap semangat y.
    Kegagalan adalah sukses yg tertunda.

    Sukses , Pendidik Indonesia !

    • kak ikhsan kami memiliki gendala serupa seperti Pak Abidin. Ma tapi saya sudah mengecek dengan melalui nomor NUPTK tapi tidak medapat jawaban seperti Pak Abidin hanya jawaban dianjurkan untuk memperbaiki data, jadi saya tidat tahu posisi kesalahan sanya. Padahal Masa kerja saya 20 th dan S1 th 2009 Pangkat Pembina IVa.
      gimana caranya disaat mengecek lewat NUPTK dapat jawaban yang lengkap seperti Pak Abidin. Ma (makasih atas infonya.)

      Kak Ichsan:
      Kalau memang pengecekan tidak menghasilkan data “Detil Peserta” sedangkan sudah memenuhi syarat layak sertifikasi (berijazah S1), segera saja lapor ke Dinas Pendidikan dengan membawa dokumen pendukung, seperti SK CPNS, PN, Tingkat terakhir, dan ijazah S1. Jangan lupa foto kopi dilegalisasi KS agar efektif waktu. Lapor ini tujuannya untuk perbaikan data NUPTK, dan perlu segera karena perbaikan data NUPTK untuk kepentingan sergu 2012 akan berakhir 1 Desember 2011.

      • Makasih kak Ichsan atas petunjuknya tentang informasi sergu 2012 tapi saya masih mempunyai gendala, gendala saya yaitu pada tanggal 6 dan 7 november mendaftar akun Dapodik atas nama SDN 014 Bagan Bakti dengan Nomor NPSN : 10405446 hingga sekarang belum mendapat balasan dari admindapodik padahal saya sudah mengikuti langkah-langka yang disediakan dan sudah saya kirim formulir yang ditanda tangani dan disetempel. apa kira-kira masalahnya yakak. mohon petunjuk

        Kak Ichsan:
        Biasanya antre, banyak usulan yang perlu diverifikasi. Coba kirim email ke Admin dapodik, tanya mengapa belum ada balasan.

      • kak ichsan
        sebagaimana penjelesannya pada komentar tentang persyaratan sertifikasi 2012, ada yang mengganjal dalam diri sy soalnya perbaikan data dan kriteria yang dipersyaratakan sudah terpenuhi malah datanya sudah diperbaiki oleh petugas operator di diknas kota dan data online tentang perbaikan jelas tidak bermasalah. anehnya dalam pengumuman online pertanggal 31 september 2011 tidak tercantum nama sy. apakah otomatis yang tercantum namanya bulan september tsb tidak bisa diperbaiki? lebih2 lagi yang muncul dlm dalam pengumuman data layak calon sertifikasi 2012 masih muncul jg nama2 yang sudah mendapat sertifikasi. apa memang datanya seperti itu? mohon penjelasan?

        Kak Ichsan:
        Perbaikan data, setelah Dinas Pendidikan menerima laporan perbaikan data NUPTK adalah mengirim data perbaikan ke LPMP. Setelah itu ada persetujuan dari LPMP. Tanyakan kembali ke Dinas Pendidikan apakah data perbaikan telah dikirim ke LPMP.

      • Kak ichsan
        Kak saya sudah melakukan validasi NUPTK yang tadinya NUPTK saya masih di sekolah lama sekarang sudah ke sekolah baru, di sekolah baru Menjabat Kepala Sekolah ( pernah mutasi ) dan sudah berhasil di transfer. dan pada waktu validasi saya masukan jam mengajar 8 jam karena Saya Menjabat Ka.SD. Jadi pada tanggal 19 Nof 2011 merupakan update terbaru Nama saya tetap tidak tercantum dalam daftar calon sergu, saya melakukan validasi ke Kab.Kota tanggal 18 Nov 2011. kalau nama kawan2 guru Kelas yang melakukan validasi pada tanggal yang sama sudah muncu dalam daftar sergu. saya sudah menghubungi pihak oprator dinas Kab,Kota
        beliau juga tidak tahu apa penyebabnya .

        Apalagi kira2 kesalahan data saya tersebut ya kak?

        Kak Ichsan:
        Coba cek dua macam:
        > rekap kab/kota, dan
        > rekap perorangan dengan memasukkan NUPTK
        Bila perlu petunjuk cek dua macam tadi, bisa dibaca di sini

        • kak dua cara yang kakak anjurkan untu melihat NUPTK sudah saya coba hahilnya tetap tidak tampil dalam daftar dan satulagi dianjurkan memperbaiki data padahal data itu baru satu minggu diperbaiki jadi gimana lagi yang harus saya lakukan ?

          Kak Ichsan:
          Data “bakal calon (balon) pst sergu 2012″ yang tampil itu per 19 November 2012. Bila perbaikan data dilakukan setelah tgl 19, kemungkinannya belum ikut ter-update. Kaitan dengan data balon tsb, bila masih ada masalah, jalur urusan hanya ke Dinas Pendidikan sebab pada Dinas Pendidikan tdpt operator NUPTK yang memiliki hak akses pengelolaan data NUPTK.

          • Kak perbaikan data NUPTKA saya sebelum update tanggal 19 Nofember 2011 tapi di update terakhir tersebut tetap tidak muncul apa mungkin update dilakukan tidak secara keseluruhan dari setiap sekolah?

            Kak Ichsan:
            Bisa juga begitu, atau proses update belum tuntas. Yang utama, sudah mengajukan perbaikan. Semoga pembaruan berikutnya nama Bapak akan muncul.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.031 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: