Jangan Bilang Bangga Menjadi Anggota Pramuka!


bangga pramukaJika Anda seorang pramuka,  jangan bilang bangga menjadi “anggota pramuka”. Tulisan singkat ini bukan tentang kecakapan dan keterampilan melainkan masalah bahasa.

Pramuka adalah warga negara Indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka (UU 12/2010, Pasa 1 ayat 2). Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan (UU 12/2010, Pasa 1 ayat 1).

Berdasarkan pengertian pada pasal di atas,”pramuka” merupakan “pribadi” dan Gerakan Pramuka adalah “organisasi”. Maka, pramuka adalah anggota gerakan pramuka bukan pramuka sebagai anggota pramuka. Kalau saya seorang guru tentu lucu kalau berkata, “Saya anggota guru”. Seharusnya, saya (guru) adalah anggota PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).
Maka . . .ungkapan yang benar untuk maksud judul tulisan ini, jangan bilang “bangga menjadi anggota pramuka” tetapi “bangga menjadi anggota Gerakan Pramuka”.

Salah
. . . anggota pramuka.

Benar
(a) … anggota Gerakan Pramuka
(b) Sebagai Pramuka, …
(c) Saya adalah Pramuka …
(d) Seorang pramuka itu …

Berbahasa itu ada tertib/norma yang harus dipatuhi. Bahasa merupakan budaya maka disiplin berbahasa itu menunjukkan budaya disiplin kita. Sebagai budaya, disiplin berbahasa akan mengalami nasib yang sama dengan disiplin kerja.

Seorang pramuka harus mengamalkan “disiplin” sebagaima Darma Pramuka. Bahasa (Indonesia) merupakan alat pemersatu (bangsa) maka menggunakan bahasa dengan baik dan benar menjadi kewajiban “patriot yang sopan dan kesatria” untuk menguatkan jiwa Pramuka Perekat NKRI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: