East Java Scouts Challenge 2K15


East Java Scouts Challenge 2015 adalah ajang Pramuka Penggalang Jawa Timur yang diselenggarakan Kwarda Gerakan Pramuka Jatim kerja sama dengan DBL. Ajang ini diikuti oleh lebih dari 200 ribu Pramuka Penggalang Ramu SD dan MI dari 38 Kab/Kota se Jatim.

Materi kegiatan berupa tantangan untuk menguji ketangkasan, keterampilan, kecerdasan. Untuk dapat menaklukkan berbagai tantangan, peserta harus bekerja sama dalam regu, satu regu terdiri 10 penggalang dengan satu Pembina pendamping.

Kegiatan di tingkat Kwarcab adalah merupakan seleksi untuk menentukan 3 regu putra dan 3 regu putri sebagai wakil Kwarcab pada kegiatan di tingkat Kwarda Jatim. Kegiatan tingkat Kwarda akan  dilaksanakan pada Agustus 2015 bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka. Juara satu Putra dan juara satu Putri dan pembinanya akan mendapatkan penghargaan berkemah ke Amerika.

Kegiatan di Kwarcab akan dimulai pada Februari s.d. April 2015 selam dua hari dalam perkemahan. Selama dua hari dalam perkemahan, peserta akan mengikuti berbagai tantangan.

Kegiatan Hari Pertama

Pada hari pertama akan ada 30 medali untuk didapatkan dan diperebutkan, yaitu :

  • Winning Eleven Challenge (11 medali dari 11 tantangan)
  • Tapak Kemah (5 medali)
  • Balls Challenge (4 medali)
  • Golden Scouts Challenge (10 medali)

Pada hari pertama, regu yang berhasil mendapatkan 14 medali akan lolos ke babak Quiz bowl yang akan diadakan di hari kedua.

Winning Eleven Challenge

  • berjumlah 11 tantangan yang bisa diikuti oleh seluruh peserta dalam waktu yang sudah di tentukan,
  • tersedia 11 medali yang bisa didapatkan oleh seluruh peserta.
  • Tantangan ini membutuhkan manajemen waktu, skill, kecepatan serta kerjasama tim yang baik untuk menyelesaikan semua tantangan Winning Eleven.
  • Tantangan ini akan dibuka selama 120 menit sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Sebelas  tantangan Winning Eleven adalah tantangan tentang

  1. Dasa Dharma,
  2. Lagu Indonesia Raya,
  3. Pancasila,
  4. PBB,
  5. PPGD (P3K),
  6. Arah Mata Angin,
  7. English Corner,
  8. Musik,
  9. Rambu Lalu Lintas,
  10. Physical Exercise,
  11. Poster On the Spot

Balls Challenge

Pada tantangan ini, peserta diajak bermain dengan menggunakan bola, dimana disini dibutuhkan konsentrasi, kreativitas, keterampilan serta kekompakan regu. Akan ada 4 (empat) tantangan pada Balls Challenge, setiap tantangan bernilai 1 (satu) medali, dimana setiap regu bisa mendapatkan 4 medali bila bisa menyelesaikan setiap tantangan. Tantangan ini akan dibuka selama 120 menit sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Tantangan Balls Challenge terdiri:

  1. Bola Piring,
  2. Bola Keseimbangan,
  3. Bola Paralon,
  4. Bola Lempar

Tent Challenge

Tantangan ini merupakan penilaian tata kemah dan akan lagsung diikuti oleh seluruh peserta regu putra dan regu putri dengan waktu yang sudah ditentukan. Ada 5 macam penilaian pada Tent Challenge, yaitu:

  1. Tata letak
  2. Area tapak kemah
  3. Hiasan Tapak Kemah
  4. Keamanan Tapak Kemah
  5. Makan dan perlengkapan

Golden Scouts Challenge

Tantangan ini memperebutkan 10 medali. Peserta akan bermain dengan pertanyaan benar atau salah dan pilihan ganda yang dibacakan oleh panitia, dimana peserta nantinya mengangkat papan jawaban yang disediakan oleh panitia. Peserta diikuti oleh 2 (dua) orang dari setiap regu, dimana tantangan ini akan diikuti oleh maksimal 84 (delapan puluh empat) regu, waktu tantangan ini 120 menit.

Juara 1 : 3 Medali, Juara 2 : 2 Medali, Juara 3 : 1 Medali, dan bagi yang kalah akan diberikan empat pertanyaan rebutan yang masing-masing pertanyaan bernilai 1 medali untuk setiap regu yang berbeda

 

Kegiatan Hari Kedua

Pada hari kedua, ada dua macam tantangan yaitu WildCard Challenge dan Quiz Bowl

WildCard Challenge

WildCard Challenge adalah tantangan untuk regu yang pada hari pertama mengumpulkan kurang dari 14 medali, dimana tantangan ini para peserta akan memainkan 2 permainan. 1 (satu) regu putra dan 1 (satu) putri terbaik ditantangan ini akan mendapatkan Wild Card untuk lolos ke babak Quiz Bowl

Quiz Bowl

Pada hari kedua regu yang mengumpulkan minimal 14 medali dan pemenang Wild Card Challenge 1 regu putra dan 1 regu putri akan lolos ke babak Quiz Bowl. Quiz Bowl adalah cerdas cermat dan tantangan fisik dengan tema pertanyaan seputar pramuka, pop culture, lifestyle, entertainment, dan mata pelajaran SD kelas 4 dan 5.

Quiz bowl menggunakan sistem gugur dan akan menghasilkan regu terbaik, satu putra dan satu putri. Regu terbaik ini beserta pembinanya akan mendapat penghargaan berkemah di Amerika.

Kepada para pembina dan adik-adik penggalang ramu, selamat berlatih semoga sukses.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: