Verifikasi Data Guru untuk TPP 2014


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tengah menyiapkan pembayaran tunjangan guru berdasarkan Surat Keputusan (SK) Penerima Tunjangan Profesi. SK tersebut dikeluarkan berdasarkan data dari data pokok pendidikan (dapodik), baik bagi guru yang berstatus PNS Daerah (PNSD) maupun non-PNS.

Juni 2014 Batas Akhir Verifikasi Data

Kemdikbud memberikan waktu tiga bulan kepada para guru untuk melakukan verifikasi data mereka di dapodik, terhitung sejak Maret hingga Juni 2014.

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Ditjen Dikdas Kemdikbud, Sumarna Surapranata mengatakan ada beberapa alasan yang mengharuskan guru melakukan verifikasi data di dapodik agar bisa mendapatkan SK Penerima Tunjangan Profesi. “Di antaranya belum terdaftar di rombongan belajar, memenuhi syarat 24 jam tetapi rombongan belajar tidak wajar, atau mengajar tidak linier dengan sertifikat,” jelasnya saat jumpa pers di kantor Kemdikbud, Jakarta, (20/3/2014).

Pranata juga menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan tidak bisa diterbitkannya SK Penerima Tunjangan Profesi. Faktor tersebut antara lain telah pensiun atau meninggal dunia, beralih menjadi pejabat struktural/jabatan non-guru, dan tidak terdaftar di rombongan belajar. Selain itu, guru tidak tetap (GTT) juga tidak bisa mendapatkan SK tersebut.

Sumber : http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/2321

9 Tanggapan

  1. Assalamu’allaikum Wr Wb..
    Saya guru SMP,, mohon infonya Kak,,: Kurikulum KTSP jml jam perminggu adalah 34 & dpt ditambah maksimal menjadi 36 jam perminggu.. Pada Kurikulum 2013 jml jam perminggu 38, apakah ada peluang unt menambah jam, misal menjadi 39 atau 40 jam perminggunya unt Kurikulum 2013,,?
    Terima kasih informasinya Kak..
    Wassalamu’allaikum Wr Wb..

    Kak Ichsan:
    Penambahan jam belajar pada Kurikulum 2013 boleh dilakukan oleh sekolah dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah)

    Berikut kutipan isi lampiran I dimaksud
    (1)“Satuan pendidikan dapat menambah beban belajar per minggu sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain yang dianggap penting, namun yang diperhitungkan Pemerintah maksimal 2 (dua) jam/minggu (Tabel 2: Struktur Kurikulum SMP/MTs, pada bagian Keterangan nomor g)

    (2) Ketentuan Beban Belajar per minggu (III. Struktur Kurikulum, Bagian C) (perhatikan ketentuan menyebutkan “minimal” dan “paling sedikit”)
    a. minimal 38 jam pelajaran.
    b. Beban belajar di Kelas VII, VIII, dan IX dalam satu semester paling sedikit 18 minggu efektif.
    c. Beban belajar di kelas IX pada semester ganjil paling sedikit 18 minggu efektif.
    d. Beban belajar di kelas IX pada semester genap paling sedikit 14 minggu efektif.

    Semoga info sekilas ini bermanfaat.

    Suka

  2. saya jg heran sampai sekarang sertifikasi blm juga cair…..heran mau diapain ya duit itu?

    Suka

  3. pak sy guru TK sertifikasi angkatan 2011, tahun ini saya mutasi ke kabupaten lain, dan SK kerja saya sekarang GTT apakah itu dapat mempengaruhi sertifikasi saya ke depannya pak. terimakasih infonya

    Kak Ichsan:
    Untuk cek NISN, data yang diperlukan Nama, tempat lahir, dan tgl lahir. Coba ikuti petunjuk cek NISN di sini

    Suka

  4. saya heran depdikbud selalu mengulur waktu yg seharusnya per triwulan tapi ada saja alasannya yg selalu menahan tunjangan TPP,, padahal ini program rutin tetapi ada saja permasalahan dan penambahan sarat2 yg memberatkan,,kasian para guru,,dan selalu guru PNS yg diperhatikan,,BAGAIMANA NASIB GURU YG NON PNS YANG HANYA BERHARAP DARI TPP SAJA, SEMENTARA PNS SDH DAPAT GAJI TERUS DAPAT LAGI TPP,,GAK ADIL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Suka

  5. SK itu apa akan diterima langsung oleh masing-masing guru peneriman TPP mas ?

    Kak Ichsan:
    SK TPP lewat Dapodik ini Hanya dapat dilihat secara online.

    Suka

  6. Bagaimana cara membetulkan penulisan jumlah jam mengajar yang salah di data dapodik

    Kak Ichsan:
    Mungkin ada sahabat yang bisa membantu maslah ini?

    Suka

  7. Assalamualaikum wr. Wb
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas web ini karena banyak memberikan informasi yang berkenaan dengan fungsi.kewajiban dan hak guru. Tetapi sayang nya yang dibahas selalu guru yang bernaung di depdikbud. Padahal jangan lupa masih ada guru yang bernaung di departemen agama. Yang tidak kalah banyak masalahnya. Mohon diimbangkan infonya. Terimakasih

    Kak Ichsan:
    Waalaikum salam wr. wb.
    Matur suwun masukannya Kang Nur, saran yang sangat berarti. Salam silturahim semoga dirahmati Allah SWT.

    Suka

  8. Terima kasih pak info sangat berharga bagi saya. Mohon dikirim cara menyusun SPK untuk Guru dan Kepala Sekolah. Trims

    Kak Ichsan:
    Matur suwun kunjungannya, untuk info SPK akan saya usahakan.

    Suka

  9. Reblogged this on Naneyan's Blog.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: