Daftar Finalis LKIR 2013


Sebanyak 34 remaja dari 975 pelajar SMP/SMA/MTs/MA/SMK ditetapkan sebagai finalis LKIR 2013 dan berhak mengikuti pameran dan presentasi di depan juri pada 14-15 November di Jakarta.

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan

  1. Yudith Yasmika Nugraheni, SMAN 1 Malinau, Kalimantan Utara, dengan judul SUARA DARI PEDALAMAN KALIMANTAN: Ekspresi Pemertahanan Tradisi “Bakad Talun” di Kalangan Orang Dayak Punan pada Era Modernisasi.
  2. Renita Dewi dan Muhammad Febriansyah, SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III, Sumatera Selatan, dengan judulBom Waktu Kasus Sengketa Lahan di Daerah Kabupaten Banyuasin (Identifikasi Permasalahan Sengketa Lahan Antara Masyarakat dengan Masyarakat dan Masyarakat dengan Badan Usaha serta Upaya Penyelesaiannya di Kabupaten Banyuasin.
  3. Farikha Setyaningtyas Al-Maksumi dan Dwiana Rachmadewi Puspitaningrum, SMAN 6 Yogyakarta, DIY, dengan judul SUBAH (Susun Bahasa): Game Pengoptimal Pengetahuan Generasi Muda Mengenai Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.
  4. Nur Amaliah dan Inayatul Azisah, SMAN 1 Bulukumba, Sulawesi Selatan, dengan judul Penerapan Tallasa Kamase-mase dan Pemberlakuan Hukum Adat sebagai Upaya Pelestarian Sumber Daya Air di Tana Toa Kajang.
  5. Rumsanah dan Suci Laila Ramdhani, SMAN 1 Malingping, Lebak, Banten, dengan judul MICEUN dan MULUNG OROK: Kajian Strategi Budaya Lokal Dalam Penanggulangan Angka Kematian Bayi (AKB) di Masyarakat Sumberwaras, Lebak-Banten.
  6. Helmi Zunan Tanuwijaya dan Hilmie Naufal Adi, SMAN 6 Yogyakarta, DIY, dengan judul Studi Persepsi Pemilih Pemula Pelajar SMA Se-Kota Yogyakarta Terhadap Faktor-Faktor Pemicu Ketertarikan Dalam Pemilihan Umum Legislatif 2014.
  7. Rofiqoh Laili dan Wahidiyah Khoirunnisa, SMAN 27 Jakarta, dengan judul Analisis Peran Rumah Singgah Jakarta Timur dalam Memberikan Pelatihan Keterampilan pada Anak Jalanan.
  8. Rizki Muliyawati dan Dea Despianti, SMAN 1 Muncang, Lebak, Banten, dengan judul USRIP: BANYAK MENGAIS, SEDIKIT REZEKI Potret Kemiskinan Para Penambang Pasir Tradisional di Haurgajrug Cipanas Lebak Banten.

Bidang Ilmu Pengetahuan Alam

  1. Hendrik Libers Papilaya dan Christiani Kencana Putri Kayadoe, SMAN 4 Ambon, Maluku, dengan judul Potensi Ekstrak Etanol Tumbuhan Ondo (Dioscorea bulbifera L.) sebagai Biolarvasida Terhadap Larva Nyamuk Anopheles fagus.
  2. Widi Lia Niswintari dan Reklina Dinka Hermawati, SMAN 1 Kediri, Jawa Timur, dengan judul Daun Bambu Sebagai Media Kultur Pembiakan Jamur Pemecah Selulosa Dalam Pembuatan Bio Etanol.
  3. Nurul Hidayah dan Siti Oftafia Wijayanti, MAN 2 Kudus, Jawa Tengah, dengan judul Larutan Ekstrak Keping Lembaga Biji Mangga (Mangifera indica) sebagai Pengawet Alami untuk Daging Kerbau.
  4. Alfy Fathnur Aziza dan Riska Fauzi Sanandra, SMA Al Hikmah Surabaya, Jawa Timur, dengan judul Penurunan Kadar Ion Logam Timbal (Pb2+) pada Limbah Pabrik Dengan Menggunakan Asam Humat Tanah Gambut.
  5. Melda Simanjuntak dan Meilinda Simangunsong, SMPN 1 Sigumpar, Sumatera Utara, dengan judulPemanfaatan Daun Ki Pahit (Tithonia diversifolla) Untuk Mengendalikan Hama Keong Mas Di Sawah.
  6. Meitri Widya Pangestika dan Rizky Okta Prawitasari, SMAN 2 Kudus, Jawa Tengah, dengan judul Pemanfaatan Tangkai Daun Pisang Sebagai Bahan Baku Penyerap Gas Karbon Monoksida.
  7. Danang Indarto dan Gunawan Sulistyo Budi Santoso, SMKN 2 Depok, Sleman, DIY, dengan judul Mineralogi Pada Tambang Emas dan Barite (BaSO4) Dusun Plampang II, Kalirejo, Kokap, Kulonprogo (Studi Terhadap Batuan Samping, Mineral Pembawa Au, Mineral Asosiasi, dan Alterasi).
  8. Siti Fathonah Gama dan Rineta Pertiwi Nurhadi, SMAN 6 Yogyakarta, DIY, dengan judul KABIOPLAST (Pemanfaatan Kulit Kakao sebagai Alternatif Bio Plastik).
  9. Ammahayu Gettarawan dan Ekadina Dzawil Ulya, MAN 2 Kudus, Jawa Tengah, dengan judul Circle Paper of Canna sebagai Indikator Uji Sakarin pada Minuman Kemasan.
  10. Masita Pasca Auliani dan Septia Chandra Kesi, SMAN 1 Padang, Sumatera Barat, dengan judul Penyelamatan Ikan Bilih (Mystacoleusus Padangensis) Aset Minangkabau Melalui Usaha Budidaya.

Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa

  1. Adam Rotal Yuliandaru, SMAN 2 Kediri, Jawa Timur , dengan judul Teknologi APKT Sebagai Alat Pendeteksi Kesuburan Tanah Portabel Berbasis Deteksi Ion Pada Unsur Hara Tanah Non Garam.
  2. Erwin Chandra Christiawan, SMA Katolik Mater Dei Probolinggo, Jawa Timur, dengan judul Transformasi Bekatul Menjadi Plastik.
  3. Ni Putu Dyah Windhasari dan Putu Hemma Pardana Putri, SMAN 3 Denpasar, Bali, dengan judul Pemanfaatan Bakteri Pseudomonas Fluorescens dengan Bantuan Microbial Fuel Cell (MFC) dalam Menghasilkan Energi Listrik.
  4. Sofian Ignatius dan Denny Lucky, SMA Katolik Mater Dei Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, dengan judulPembuatan Self Filling Mortar dari Abu Sekam Padi dan Arang Dendrocalamus Asper Backer.
  5. Veronica Rati Panjatan dan Anjar Desmiarti, SMAN 2 Bengkulu Selatan, Bengkulu, dengan judul Pembuatan Batako Tahan Gempa dari Serat Sabut Kelapa.
  6. Yunanto Eka Prabowo dan Alistya Rizky Oktaviani, SMAN 1 Kediri, Jawa Timur, dengan judul Pemanfaatan Serabut Kelapa (Cocosnucifera.L) Sebagai Adsorben Air yang Mengandung Logam Berat.
  7. Edwin Luthfi Saputra dan Anisa’, SMAN 10 Malang, Jawa Timur, dengan judul GO-SENGON, Material Pionir Indonesia untuk Diaplikasikan pada Turbin Angin.
  8. Esa Azali Asyahid dan Adam Rifai, SMAN 1 Yogyakarta, DIY, dengan judul Pemetaan Tingkat Polusi Cahaya di Kota Yogyakarta dengan Parameter Visibilitas Bintang.
  9. Andriana Kumalasari, MAN Insan Cendekia Serpong, Tangerang Selatan, Banten, dengan judul Tingkat Polusi Cahaya yang Memengaruhi Pengamatan Astronomi di MAN Insan Cendekia Serpong.

Bidang Kependudukan

  1. Suriati Usman dan Intan Febriany Ayu Lestari, SMAN 3 Unggulan Pinrang, Sulawesi Selatan, dengan judulSesuap Nasi dari Upah Kecil: Potret Kaum Urban Suku Makassar Asal Jeneponto di Kabupaten Pinrang dan Implikasinya terhadap Tata Kelola Ekonomi.
  2. Rikma Mei Sari dan Dwi Yoga Sekar Ayuningtyas, SMP Pesona Astra, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, dengan judul Kebiasaan Berhutang Keluarga Transmigran Swakarsa Pemanen Sawit dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi: Studi Kasus di Desa Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.
  3. Siti Qoni’Ah dan Syaiful Mujib, Madrasah Aliyah Riyadlotut Thalabah, Rembang, Jawa Tengah, dengan judulTingginya Angka Perceraian di “Kota Santri”: Studi Kasus di Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang.
  4. Putri Vega Maulida dan Risna Alfiah, SMAN 1 Malingping, Lebak, Banten, dengan judul Satahun Mangku: Kajian Tentang Pertumbuhan Penduduk dari Terbaliknya Penerapan Program Keluarga Berencana (KB) dengan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Masyarakat Cirewod, Lebak-Banten.
  5. Mohamad Saripudin dan Mira Romansih, SMAN 1 Malingping, Lebak, Banten, dengan judul Anak Yang Tertinggal (AYT) Kajian Dampak Psikologis Anak Usia Keemasan (Golden Age) yang Ditinggal Ibu Bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita: Studi Kasus di Desa Muara Binuangeun Kecamatan Wanasalam-Lebak, Banten.
  6. Rifaldy Fajar dan Humairah Nurul Izzah Rusli, SMAN 1 Bulukumba, Sulawesi Selatan, dengan judul Paradigma Remaja di Kabupaten Bulukumba Terkait Dengan Narkoba (Kajian Mengenai Study Wawasan Remaja tentang Narkoba dan Upaya Pencegahannya).
  7. Taufik Rahmadani dan Akhmad Nur Dani, SMAN 3 Semarang, Jawa Tengah, dengan judul Pengetahuan dan Upaya Pekerja Sektor Informal dalam Menyiapkan Hari Tua (Studi Kasus Nelayan di Tambak Lorok Semarang)

Jadwal dan Ketentuan Pameran/Presentasi

Hari/Tanggal : Kamis – Jumat, 14 – 15 November 2013
Pukul : 09.00 WIB s.d. selesai
Tempat : Widya Graha LIPI Lt. 1
Jl. Gatot Subroto No. 10 Jakarta Selatan

Ketentuan pameran dan presentasi, dapat dilihat di http://kompetisi.lipi.go.id/

2 Tanggapan

  1. ASSALAMU ALAIKUM
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN
    atas RAHMAT SERTA HIDAYAH RIDHO DARI ALLAH SWT.serta berbekal ILMU KEWALIAN KAROMAH,KESAKTIAN SEJATI,serta izin dari para guru/leluhur dengan melakukan tapa brata,beliau hadir untuk membantu anda yg sa’at ini dalam MASALAH HUTANG BESAR, BUTUH MODAL BESAR, INGIN MERUBAH NASIB,BANGKRUT USAHA,DI CACI MAKI,DI HINA,MENYENGSARAKAN/MENZHOLIMI ANDA ,JANGAN PUTUS ASA,INI SAATNYA ANDA BANGKIT DARI KETERPURUKAN, RENTANGKAN SAYAPMU,RAIH DUNIAMU, IMPIANMU,KEJAR CITA CITAMU,AGAR ORANG LAIN TIDAK LAGI MENGHINAMU,
    BELIAU SIAP MEMBANTU ANDA DENGAN
    -JUAL MUSUH
    -JUAL JANIN
    -UANG GOIB
    -NIKAH JIN
    -MENGGANDAKAN UANG
    -UANG BALIK
    -BULU PERINDU
    -PENGASIHAN
    -PELET HITAM
    -PELET PUTIH
    -SANTET MATI
    -GENDAM PENAKLUK
    -ANGKA/SIO JITU
    di jamin 100% berhasil & sukses
    hubungi beliau :
    KH SA’ID ABDULLAH WAHID
    (AHLI ILMU GO’IB)

    HP: 082334608008

    D/A : BATU AMPAR-GULUK GULUK –
    SUMENEP – MADURA JATIM
    bebas agama/keyakinan
    proses cepat tepat terpercaya
    hanya bagi yang serius
    TERIMA KASIH WASSALAM

    Suka

  2. […] DASAR MENDAKI GUNUNGMateri SurvivalPENGETAHUAN DASAR SURVIVALSURVIVALJerit Sunyi KumboloDaftar Finalis LKIR 2013 var _gaq = _gaq || []; _gaq.push(['_setAccount', ''], ['_trackPageview']); (function() { var ga = […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: