Hasil Lomba Menulis Cerita SD/MI/SMP/MTs 2012


Pada Lomba Menulis Cerita (LMC) Bagi Siswa SD/MI dan SMP/MTs yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini, jumlah naskah yang masuk mencapai 5.876 berkas. Dari angka tersebut, 2.021 naskah berasal dari LMC-Siswa SD/MI dan 3.855 naskah dari LMC-SMP/MTs.

Demikian disampaikan Agus Suharyanto, M.A., Ketua Panitia Workshop/Penjurian Final LMC-SD/MI dan LMC-SMP/MTs, dalam laporannya pada pembukaan acara yang digelar di Grand Prioritas Hotel, Bogor, Jawa Barat, Selasa malam 9 Oktober 2012. LMCA diikuti oleh siswa Sekolah Dasar sementara LMCR diikuti siswa Sekolah Menengah Pertama. Peserta dapat memilih lima tema yang telah ditentukan: Kejujuran, Disiplin, Cinta Tanah Air, Cinta Lingkungan, dan Kasih Sayang.

Ada beberapa tujuan diselenggarakannya Workshop/Penjurian Final LMC-SD/MI dan LMC-SMP/MTs. Pertama, meningkatkan keterampilan menulis siswa SD/MI dan SMP/MTs. Kedua, meningkatkan minat siswa SD/MI dan SMP/MTs terhadap sastra. Ketiga, memberikan motivasi dan wadah kepada siswa SD/MI dan SMP/MTs untuk menyalurkan potensi, bakat, minat, dan kreativitas dalam menulis cerita anak dan menulis cerita remaja.

Dewan juri, tambah Agus, kemudian menyeleksi ribuan naskah dalam tiga tahap. Tahap I, 2.021 naskah LMC SD/MI disaring menjadi 72 naskah dan dari 3.855 naskah LMC SMP/MTs menjadi 164 naskah. Tahap II, naskah kedua lomba tersebut disaring lagi menjadi masing-masing 15 naskah terbaik. “Pada tahap III yaitu saat Workshop /Penjurian Final dilakukan,” ujarnya.

Workshop/Penjurian Final diikuti 30 siswa-siswi SD dan SMP. Mereka berasal dari 27 kabupaten/kota di 14 provinsi se-Indonesia. Untuk menentukan pemeringkatan, dewan juri meminta finalis mempresentasikan naskah, melakukan wawancara, dan memberikan tugas mandiri kepada peserta. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang latar belakang dan pesan yang ingin disampaikan penulis melalui naskah yang ditulisnya,” jelasnya.

Ada yang menarik dari peserta Workshop. Dua peserta berasal dari satu sekolah yang sama yaitu SD Kristen 6 Penabur Jakarta. Keduanya bernama Kefira Arviadita Sutantio dan Gabriella Verencia.

Setelah menjalani penjurian, peserta mengikuti workshop. Tujuannya agar mereka bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan hasil karyanya baik dari segi teknik penulisan, bahasa, maupun unsur-unsur intrinsik yang dapat membangun karya sastra.

Para pemenang akan mendapatkan sejumlah hadiah berupa piala, kamus elektronik bahasa Inggris, dan uang pembinaan. Uang pembinaan bagi pemenang 1 Rp 6 juta, Pemenang 2 Rp 5,5 juta, Pemenang 3 Rp 5 juta, Pemenang 4 Rp 4,5 juta, Pemenang 5-9 Rp 4 juta, Pemenang 10-15 Rp 3,5 juta. Pajak hadiah sebesar 5% (PPH pasal 21) ditanggung pemenang.* (Billy Antoro)

Sumber: http://dikdas.kemdiknas.go.id/

3 Tanggapan

  1. Mengapa para finalis tidak diumumkan secara on line? Bagi yang tidak ikut final mestinya dikabari dong !

    Suka

  2. Selamat kepada para pemenang…

    Suka

  3. kak nama para pemenang smp mana ya kak 😥

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: