Finalis PPRI Ke-11 Tahun 2012


Dewan juri Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia ( PPRI) Ke-11 Tahun 2012 telah menetapkan Finalis PPRI Ke-11 Tahun 2012 sebagai berikut:

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan

  1. Arief Rachmat Fauzi, Universitas Gadjah Mada, DIY, dengan judul “Diskriminasi Pelayanan Publik di Rumah Sakit S”.
  2. Dzulfian Syafrian, Universitas Indonesia, Jawa Barat, dengan judul “Analisis Pengaruh Utang Luar Negeri Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Periode 1980-2010”.
  3. Yunan Adriyanto dan Ingga Yonico Martatino, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, DIY, dengan judul “Efektivitas Pemberian Aromaterapi “Green Tea” dan Musik Klasik “Someone Like You” terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Siswa SMA Menjelang Pengumuman Kelulusan”.
  4. Arfan Rahman, A. Merfianti dan Muhammad Nur, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, dengan judul “Pasang Ri Karampuang (Mengurai Eksistensi Filosofi Masyarakat Adat Karampuang Dalam Menjaga Kelestarian Hutan di Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai)”.
  5. Ali, Universitas Gadjah Mada, DIY, dengan judul “Agamaku, Nasionalismeku (Studi Korelasi Aktivitas Religi dengan Preferensi Politis dalam Organisasi Islam di Freiburg im Breisgau, Jerman)”.

Bidang Ilmu Pengetahuan Alam

  1. Rocky Putra, Universitas Gadjah Mada, DIY, dengan judul “Aplikasi Bioakustik pada Ayam Pelung (Gallus gallus domesticus Linn., 1758) sebagai Usaha Konservasi Sumber Daya Genetik Lokal”.
  2. Letda Lek Arief Kurnia Miharja, Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, dengan judul “CHEMISTRY (Calixarene from Aldehyde and Phenol with Microwave Synthesis to Reduce Heavy Metal Ion in Maritime)”.
  3. Arum Sanjayanti dan Novian Adi Prasetyo, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Jawa Timur, dengan judul “Keanekaragaman Bentuk Kristal Kalsium Oksalat pada Famili Amaranthaceae di Sekitar Kota Kediri”.
  4. Arliandy Pratama, Universitas Diponegoro, Jawa Tengah, dengan judul “Pengaruh Datum Vertikal dalam Delimitasi Penentuan Batas Maritim”.
  5. Dita Floresyona dan Muhammad Shidiq, Universitas Gadjah Mada, DIY, dengan judul “Penggunaan Ekstrak Daun Sirih Hijau dalam Desain Ag Nanopartikel”.

Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik

  1. Yovita Djojorahardjo, Cynthia Widjaja dan Anita Carolina Suwandi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jawa Timur, dengan judul “Eceng Gondok Sebagai Alternatif Pengganti Bahan Bakar Fosil”.
  2. Farrel Gunawan, Iwan Gunawan dan Reinard Dona Tiono, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jawa Timur, dengan judul “Teknik Ekstraksi Zat Antikanker Buah Leunca (S. nigrum) dengan Fluida Superkritis Karbondioksida Untuk Produk Kosmetika Sebagai Aditif Tabir Surya Alami”.
  3. Sahril Bayuni Rosidik, Suci Sansita Susanto dan Brian Erlangga, Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, dengan judul “Mesin Pemipil Kapulaga”.
  4. Hoirun Nisak, Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, dengan judul “O-WASEL (Ocimum Cell-Water Solvent Electric): Aplikasi Kejut Listrik (Pulsed Electric Field) Sebagai Teknologi Pengolahan Ekstrak Kasar Senyawa Antibakteri dari Daun Kemangi (Ocimum sp.) yang Efektif dan Efisien”.
  5. Yahya Syukri Amrullah, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jawa Timur, dengan judul “Desain Antena Monopole UHF untuk Uplink pada Satelit Iinusat-02”.

Finalis diundang untuk melakukan pameran, presentasi dan wawancara di hadapan Dewan Juri yang akan diselenggarakan pada:

  • Hari/tanggal: Selasa-Rabu, 25-26 September 2012
  • Pukul 09.00 s.d. selesai
  • Tempat: Widya Graha LIPI Lt. 1 Jl. Gatot Subroto No. 10 Jakarta Selatan

Untuk keperluan acara tersebut di atas, beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan antara lain:

  1. Prototype alat peraga (bila ada), brosur dan poster (lebar 70 cm dan tinggi 90 cm) untuk pameran.
  2. Presentasi menggunakan format Power Point.
  3. Baju batik untuk acara kunjungan.
  4. Registrasi dan setting pameran di Widya Graha LIPI Lantai 1, Jl. Gatot Subroto No 10 Jakarta Selatan pada tanggal 24 September 2012, pukul 14.00 – 16.00 WIB.
  5. Panitia menyediakan akomodasi untuk 1 (satu) orang yaitu ketua kelompok atau yang ditunjuk oleh kelompok di Hotel Bumi Wiyata Depok, mulai tanggal 24 September 2012 pukul 16.00 WIB sampai dengan 27 September 2012 pukul 09.00 WIB.
  6. Biaya transportasi dari tempat asal ke tempat pameran pergi pulang ditanggung oleh masing-masing finalis.

Panitia Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) Ke-11 Tahun 2012
Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Gedung Sasana Widya Sarwono Lantai 5
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10, Jakarta 12710
Telp (021) 5225711 Ext. 273, 276, 274

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: