Permendiknas 11/2011 Ketentuan Sertifikasi Guru dalam Jabatan


Pengertian Sertifikasi Guru dalam jabatan

Sertifikasi bagi guru dalam jabatan adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang bertugas sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling, dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan.

 

Syarat Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan:

a. memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV);

b. belum memenuhi kualifikasi akademik S-1 atau D-IV apabila sudah:

  1. mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru; atau
  2. mempunyai golongan IV/a, atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a;
  3. telah diangkat menjadi guru sebelum tanggal 30 Desember 2005.

 

Sertifikasi bagi guru dalam jabatan dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas yang belum memenuhi kualifikasi akademik S-1 atau D-IV berlaku dalam jangka waktu 5 tahun sejak berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. (Pasal 4, Permendiknas 11/2011)

PP 74/2008 ditetapkan pada 30 Desember 2008. Maka, guru yang diangkat mulai 1 Januari 2009, ketentuan sertifikasi tidak berdasarkan peraturan ini (akan diatur dengan peraturan lain).

 

Jalur Sertifikasi

Sertifikasi guru dalam jabatan dilaksanakan melalui 4 jalur: penilaian portofolio, pendidikan dan latihan profesi guru PLPG), pemberian sertifikat pendidik secara langsung, dan pendidikan profesi guru

a. penilaian portofolio;

  • Guru dalam jabatan yang memilih Sertifikasi melalui penilaian portofolio harus mengikuti tes awal yang dikoordinasikan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru.
  • Guru dalam jabatan yang lulus dalam tes awal harus menyerahkan portofolio untuk penilaian.
  • Guru dalam jabatan yangtidak lulus dalam tes awal harus mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru.

b. pendidikan dan latihan profesi guru;

  • Guru dalam jabatan yang tidak lulus pendidikan dan latihan profesi guru diberi kesempatan mengulang uji kompetensi satu kali.

c. pemberian sertifikat pendidik secara langsung;

  • guru yang sudah memiliki kualifikasi akademik S-2 atau S-3 dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang diampunya dengan golongan paling rendah IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b;
  • guru yang sudah mempunyai golongan paling rendah IV/c, atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/c.

d. Pendidikan Profesi Guru (PPG)

  • PPG dalam Jabatan

Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan, pendidikan bagi guru untuk memperoleh sertifikat pendidik.

  • PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

 

Tulisan terkait

PPG Prajabatan

Daftar PT Penyelenggara PPG Prodi PGSD dan PAUD

Daftar PT Penyelenggara PPG setiap Provinsi

Dokumen untuk diunduh

Permendiknas_11_Th_2011_Sertifikasi Guru-dlm-Jabatan.pdf

Permendiknas_8_2009_Program PPG Prajabatan

Panduan_PPG Prajabatan

16 Tanggapan

  1. assalamualaikum
    mau tanya pak, saya lulus sertifikasi tahun 2012, sy berangkat dari MTs(sbg satminkal) dan mengajar 12 JP, serta mengajar di MA sebnyak 12 JP
    apakah jam sy yang di MA bisa diakui, trimksh

    Kak Ichsan:
    Bisa diakui asalkan dokumennya benar/sah sesuai ketentuan dan mapelnya sama sesuai sertifikat.

    Suka

  2. Puji Tuhan….. Sy tlah memiliki sertifikat pendidik guru profesional dan tlh menrima tunjanganx sjk 2011 dan cukup lancr kmi proleh. Akir2 ni ada info, bhw kami yg brijazah D2, tunjanganx akn brakir 2013. Untk diktahui, masa krja sy skrg ni 32 th 11 bln per Oktbr. Gimana tanggapn, Pa? Tq…

    Kak Ichsan:
    Maaf, saya belum tahu aturannya.

    Suka

  3. saya lulusan S1 PGSD Beasiswa Berasrama UNEJ. setelah lulus kuliah maka, program dilanjutkan dgn PPG Pendidikan Profesi Guru, dan saya mengantongi sertifikat pendidik. status sya non-PNS. bagaiman sya bisa menerima tunjangan sertifikasi pak…..???
    mohon penjelasannya.!

    Kak Ichsan:
    Guru dapat menerima TPP bila memenuhi syarat, antara lain: mengajar minimal 24 jam/minggu pada mapel sesuai sertifikat, dan memiliki sertifikat pendidik.

    Suka

  4. […] Permendiknas 11/2011 Ketentuan Sertifikasi Guru dalam Jabatan […]

    Suka

  5. sergu 2012 ada uji kopetensi yg menilai siapa?

    Suka

  6. kak,saya baru tahu kalau saya mendapat form A0 tapi kata pihak dinas sudah terlambat untuk pemberkasan nya.
    Kak,batas pengumpulan berkas untuk A0 tanggal berapa?
    Kalau tahun 2012 blm ikut sertifikasi karena sudah terlambat, apakah tahun 2013 nanti saya bisa menjadi calon peserta sertifikasi?
    Terima kasih

    Suka

  7. kak ichsan.. saya masuk daftar calon sertitikasi 2012, pendidikan s2 upi, (program studi relevan dengan mata pelajaran yang diampu), status saya guru tetap yayasan dan belum mendapatkan sk inpassing…kemarin saya mengisi form A0 menceklis jalur PSPL, sebenarnya saya memenuhi syarat PSPL atau harus PLPG? makasih

    Kak Ichsan:
    Syarat utama PSPL adalah
    (1) berijazah S2 atau S3 dan sudah golongan IV/b, atau
    (2) sudah IV/c
    Kalau belum inpassing berarti belum ada penetapan Mbak Evi setara dengan golongan berapa. Ini, saya kawatir nanti “gagal” di PSPL.
    Saran: Segera koordinasi dengan Dinas Pendidikan barangkali A0 perlu diubah, mumpung A1 belum terbit.

    Suka

  8. pak la kalau ngajarnya ra tpi dah punya s2 pai pa jga langsung dapat sertifikat langsung.

    Kak Ichsan:
    Pemeberian sertifikat langsung, maksudnya tetap ada syarat dan prosedur:
    (1). memenuhi syarat (lihat tulisan di atas)
    (2), masuk kuota calon peserta sergu (kemudian memilih jalur “PSL”)

    Suka

  9. Mohon tanya, awalnya saya belum masuk daftar calon sertifikasi, padahal menurut pemahaman saya bisa masuk. Setelah saya konfirmasi kedinas ternyata pada pangkat masih tertulis IIID, padahal sudah IVA. Tanggal 28 Agustus kemarin sudah diperbaharui oleh petugas entri data (saya lihat sendiri), pada pangkat dan pendidikan diperbaharui menjadi IVA dan S1 dari awalnya D3 (sebenarnya saya mengajukan perbaikan sudah lama jauh sebelum batas akhir perbaikan). Masa kerja saya19 thn 5 bln. Masih bisa ikut daftar calon nggak ? Mengingat saya sudah mengajukan sebelum jatuh tempo, sementara petugas baru memasukkan data saya tanggal 28 kemarin.

    Kak Ichsan:
    Bisa tidaknya saya belum paham. Tapi, menurut saran saya, perjuangkan dengan terus komunikasi dengan pihak Dinas karena masih ada peluang: Mas Djumadi sudah mengusulkan perbaikan sebelum jatuh tempo dan peluang kedua adalah akan ada penghapusan dari daftar bakjal calon yang tidak memenuhi syarat.
    Jangan putus asa, perjuangkan hak, lakukan dengan cara “baik-baik” yang pada intinya Mas Djumadi sudah melakukan perbaikan sesuai prosedur.
    Semoga usaha Mas Djumadi dirahmati Allah!

    Suka

    • Amin

      Suka

  10. Assalamualaikum. Wr.Wb.

    Maaf kak saya sudah jadi guru sejak tahun 2005 dan alhamdullillah dah punya NUPTK ?? tapi saya masih guru sukwan (Non PNS) !!!

    Apakah saya bisa masuk data Base sertifikasi !!!
    Mohon penjelasan !

    dan kalau bisa minta datanya donk !! biar g kepikiran

    trimk’s

    Wassalam.

    Kak Ichsan:
    Silakan cek dengan memasukkan NUPTk. Lihat petunjuk di sisi kanan halaman blog.

    Suka

  11. saya belum pernah masuk dalam daftar sergur2009 tetepi saya kemudian dipending oleh diknas via tlpn dengan alasan masa kerja guru saya baru 5 tahun sedangkan yangmasa kerja sudah belasan tahun sudah ngantri maka saya mengalah dengan kebijakan tersebut, dan pada sergur 2012 menurut saya, seharusnya saya masuk daftar tersebut karena usia saya 43th 11 bulan,,saya sudah kompermasi dengan diknas dan data yang selalu kami kirim benar…lalu data saya keselip dimana..langkah saya gimana?

    Kak Ichsan:
    Permintaan penjelasan masalah ini, jalurnya hanya satu, ke Dinas Pendidikan. Mumpung saat ini ada kesempatan, (yakni dalam proses penghapusan guru yang terdaftar bakal calon tapi tidak memenuhi syarat), segera hubungi Dinas, perjuangkan hak!

    Suka

  12. Apakah ada pembekalan sblm PLPG. Yg dilakukan oleh kasie dan di kenakan biaya ?

    Kak Ichsan:
    Sebelum PLPG biasanya ada sosialisasi bagi calon peserta PLPG yang diselenggarakan Dinas bagi guru Kemendiknas dan oleh Kemenag bagi guru GPAI/RA/Madrasah.

    Suka

  13. Apa iya ? tahun 2007 saya sudah dinyatakan lulus sertifikasi guru jalur portofolio. dan menerima tunjangan profesi sejak april 2008 hingga sekarang. lalu nama saya (dan juga beberapa teman penerima tunjangan profesi seangkatan dengan saya) namanya masih tercantum untuk mengikuti program PPG 2012. padahal masih ratusan teman-teman yang antri untuk ikut. bagaimana komentar?

    Kak Ichsan:
    Kalau yang dimaksud nama masuk pada daftar balon sergu 2012, itu kan daftar nominasi/sementara. Nantinya akan ada pemberkasan dan yang tidak memenuhi syarat akan dicoret, termasuk sudah sertifikasi juga pasti akan dicoret.

    Suka

  14. Mudah2an saya bisa sertifikasi tahun 2012, uda 13 tahun saya jadi guru/PNS, S1, Golongan sekarang III D, Banyak kawan2 yg masa kerja di bawah saya uda sertifikasi…

    Suka

  15. Dengan syarat-syarat sertifikasi tersebut tentunya guru tidak semudah
    saja untuk meraih jabatan sertifikasi yang ujung-ujungnya akan mencapai kesejahteraan , namun harus berjuang dan berkorban semaksimal mungkin .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: