Motivasi Diri dalam Bekerja


Artikel  ini merupakan rangkuman dari berbagai pendapat ahli sifatnya mengandung unsur motivasi dalam kehidupan dan pekerjaan kita. Membantu untuk menciptakan pengenalan terhadap kehidupan, masyarakat dan menemukan talenta yang kita miliki, yang belum pernah kita ketahui. Dengan demikian kita dapat melakukan yang terbaik setiap saat, dimulai dengan pengembangan kekuatan dan kemampuan dari dalam diri sendiri,  dalam rangka memaksimalkan potensi diri sehingga dapat berdiri kuat dalam menghadapi  tantangan yang ada dalam pekerjaan.

Para bijak bestari mengatakan satu hal yang pasti di didunia ini adalah perubahan. Hidup kita pasti selalu berubah ”If you don’t change, you die” menurut Peter M. Senge. Secara alami manusia terus menerus mengalami perubahan sejak anak anak, dewasa sampai pada hari tua .Didalam menghadapi perubahan tersebut banyak mengalami permasalahan kehidupan sekaligus seni kehidupan.Setiap ada permasalahan yang dihadai, secara alami selalu berusaha untuk mengatasinya dan akhirnya naik kelas.

Beberapa poin penting berikut ini dapat  menjadi modal untuk menghadapi permasalahan yang ada, karena ada potensi dalam diri yang belum dikembangkan secara maksimal.

 

Cara Menemukan Motivasi Diri.

Dale Carnegie mengatakan hidup ini sangat dipengaruhi bagaimana  kita menghadapinya. ”Sekiranya kita dapat mengerti diri kita, melihat hal hal yang baik  sejernih melihat hal hal yang tidak baik, maka hal tersebut dapat menjadi awal untuk membenahi diri”. Berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkan hal hal yang positif, bermanfaat dalam rangka meraih tujuan, menjauhkan hal-hal negatif maka perasaan hampa dan khawatir tidak perlu ada. Beberapa poin perlu kita pahami dan lakukan  untuk memperoleh motivasi dalam diri kita  sendiri  sebagai berikut:

  1. Berpikir positif.
  2. Kenalilah diri Anda dan jadilah diri Anda.
  3. Membiasakan diri bekerja dengan tertib dan disiplin.
  4. Padukan kemampuan berpikir dan bekerja.
  5. Jangan menunda pekerjaan.

Hidup kita adalah perjuangan. Selama hayat masih dikandung badan maka permasalahan hidup akan kita hadapi. Kita harus menyadari bahwa manusia sudah diciptakan oleh Yang Maha Pencipta dengan talenta kita masing-masing. Didalam menghadapi perjuangan hidup, kita diperlengkapi dengan senjata yang ada, tergantung kepada kita sendiri, apakah kita menggunakan talenta yang ada pada diri kita secara berkelanjutan dan maksimal atau membiarkan begitu saja.

Dengan adanya artikel ini dapat membantu, karena kita mengetahui bahwa kita mempunyai talenta masing masing, meski kadarnya berbeda-beda. Mengembangkan dan memanfaatkan talenta yang ada secara maksimal juga merupakan perjuangan.

Sekarang tergantung kepada tekat anda untuk mengembangkannya. Sesungguhnya lawan yang utama dalam mengembangkan talenta anda adalah diri sendiri. Perbuatlah sebaik mungkin apa yang dapat anda perbuat. Apapuin kritik dari luar sepanjang itu berada dalam jalur yang benar, untuk mengembangkan potensi diri anda lakukan sepenuh hati. Bekerjalah sebaik mungkin, kenali diri anda,  kembangkan potensi diri anda, sehingga menghadapi kehidupan ini kita dapat memanfaatkanya secara maksimal. Dengan demikiankita dapat bekerja dengan damai dan bahagia.  Sesungguhnya kedamaian dan kebahagiaan bukan berada diluar diri anda, tetapi didalam diri anda yang sudah ditanamkan oleh Tuhan. Sekarang bagaimana kita mengasah dan memanfaatkannya.

Sumber: http://www.depsos.go.id

Unduh artikel lengkap: M0tivasi Diri dalam Bekerja (Artikel dilengkapi “Daftar Pustaka”)

3 Tanggapan

  1. […] Motivasi Diri dalam Bekerja […]

    Suka

    • Terimakasih Blognya cukup menginspirasi

      Suka

  2. Artikel yang sangat bagus, saya tertarik untuk membaca dan mempelajarinya secara keseluruhan. Mohon ijin untuk mengunduhnya.
    Terima kasih. Salam hormat ( sujiono/amakembar)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: