• Sedang Berkunjung

  • Statistik Kunjungan

    • 27.905.941 hits
  • Negara Pengunjung

    Flag Counter
  • Arsip Tulisan

  • Kategori

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabung dengan 8.377 pelanggan lain
  • Komentar Baru

    Kak Ichsan pada Gratis, Buku Husein Mutahar da…
    Asli Arpani pada Gratis, Buku Husein Mutahar da…
    Harvest Moon: Light… pada Lirik Lengkap Indonesia Raya (…
    andri pada Download Indeks Alquran 30 Juz…
    alex sutja pada Kalender: Nama Bulan Masehi, H…
    stevenz pada Lambang Nahdlatul Ulama (NU) d…
    Bahagia dengan Menci… pada Pemakaian Tanda Tanya (?) dan…
    Dr.Prabowo Endropran… pada Syair Lagu Mars PGRI
    Dr.Prabowo Endropran… pada Syair Lagu Mars PGRI
    Matsan Saga pada Partitur Paduan Suara Himne…
    ayu cahyani pada Lagu Pramuka: Kelana Rimb…
    Kak Ichsan pada Melihat Nilai Akreditasi Sekol…
    Subandi pada Melihat Nilai Akreditasi Sekol…
    ugick adjach pada Puisi: Aku (Chairil Anwar…
    Kak Ichsan pada Tujuan dan Manfaat NISN
  • RSS Partitur Piano

  • RSS Partitur Paduan Suara

  • RSS Partitur dan Kunci Gitar

  • MP3 Pilihan

  • Pintu Khusus

  • Cek Tagihan

  • RSS Lagu Daerah

  • RSS Sayembara

Pedoman Pembelajaran TIK (Komputer) di SD


Ilmu pengetahuan dan  teknologi berkembang dengan pesat. Saat ini  teknologi  telah  digunakan  pada  hampir  di  setiap  sendi kehidupan. Pelaksanaan program  suatu  lembaga  juga  tidak dapat dilepaskan dari pemanfaatan teknologi. Pendidikan dituntut untuk menyesuaikan  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi.

Keberadaan komputer di sekolah sudah menjadi suatu kebutuhan, namun  yang  lebih  penting  adalah  pemanfaatan  teknologi informasi tersebut.

Manfaat  komputer  di  sekolah  selain  untuk  mendukung administrasi sekolah juga untuk mendukung proses pembelajaran.

Komputer  dapat  berfungsi  sebagai  multi-media  dalam pembelajaran.  Perangkat  komputer  itu  sendiri  harus  dikenalkan kepada  siswa  dan  bahkan  bisa  dijadikan  sebagai  salah  satu mata pelajaran.

Pendidikan  merupakan  salah  satu  prioritas pembangunan  bangsa.  Dunia  pendidikan  dituntut untuk  mempersiapkan  sumber  daya  manusia  yang kompeten  agar  mampu  bersaing  dalam  pasar  kerja global.  Upaya  dalam  mempersiapkan  dan meningkatkan  sumber  daya  manusia  yang  tangguh, berkualitas,  dan  mampu  bersaing  dengan  bangsa-bangsa  lain  perlu  dilakukan  pembinaan  dan peningkatan mutu pendidikan secara optimal.

Dalam  rangka  peningkatan  mutu  pendidikan  maka wawasan  tentang  perkembangan  ilmu  pengetahuan dan  teknologi  yang  begitu  pesat  perlu  dibekalkan kepada  guru  dan  siswa. Dewasa  ini  hampir  di  setiap sendi kehidupan  terdapat  teknologi komputer. Dengan demikian  setiap  guru  hendaknya  mengerti  komputer sebagai  bagian  dari  perkembangan  teknologi  yang akan  menjadi  bagian  dari  kehidupan.  Untuk  itu pengenalan  perangkat  komputer  di  sekolah merupakan  bagian  dari  pemutakhiran  wawasan  dan pengetahuan siswa.

Dunia  komputer  yang  terus  berkembang  menuntut setiap  orang  harus  menyesuaikan  jika  tidak  mau ketinggalan jaman. Informasi berkembang begitu cepatdan  tersedia  dengan  mudah  dan  murah.  Internet merupakan  salah  satu  perkembangan  teknologi komunikasi modern yang mau  tidak mau harus diikuti karena melalui internet diperoleh informasi yang begitu banyak,  lengkap,  cepat,  dan murah.  Internet menjadi kebutuhan  baru  baik  bagi  individu  yang  mengikuti perkembangan teknologi maupun bagi instansi.

Pembelajaran  komputer  di  sekolah  dasar merupakan hal  baru  yang  belum  semua  sekolah  melaksanakan terkait dengan ketiadaan sarana dan prasarana. Selain itu  pengetahuan  tentang  komputer  merupakan  hal yang  relatif  baru.  Namun  karena  pendidikan  harus mengikuti  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan teknologi,  maka  pembelajaran  komputer  secara perlahan  tapi  pasti  akan  menjadi  suatu  kebutuhan sekolah.

Dalam  rangka  membantu  guru  dalam  melaksanakan pembelajaran komputer perlu disusun suatu pedoman yang dapat dijadikan sebagai acuan pelaksanaan.

Untuk  itu,  buku berikut  sangat berguna membantu  guru  dalam  melaksanakan  pembelajaran  teknologi informasi dan komunikasi dengan fokus pada komputer di SD.

Buku ini berjudul Pedoman Pembelajaran Tekonologi Informasi dan Komunikasi (Komputer) di SD diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan TK dan SD Depdiknas.

 

Berikut daftar isi buku yang dapat memberi gambaran isi buku yang sangat bermanfaat:

BAB I PENDAHULUAN (A. Latar Belakang,  B. Tujuan,  C. Dasar Hukum)

BAB II STANDAR KOMPETENSI PEMBELAJARAN TIK SD (A. Standar Kompetensi Lulusan, B. Kompetensi Dasar TIK,  C. Materi Pembelajaran Komputer Sekolah Dasar)

BAB III METODOLOGI PEMBELAJARAN TIK/KOMPUTER (A. Proses Pembelajaran Komputer, B. Pembelajaran Komputer Melalui Buku, C. Pembelajaran Langsung dengan Komputer, D. Media dan Alat Peraga Pembelajaran Komputer)

BAB IV ADMINISTRASI PEMBELAJARAN TIK/KOMPUTER A. Silabus Pembelajaran Komputer, B. Program Semester, .C. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

BAB V EVALUASI PEMBELAJARAN KOMPUTER DI SD (A. Penilaian Proses, B. Penilaian Hasil, C. Program Pengayaan dan Remedial, D. Pelaporan dan Pemanfaatan Hasil)

BAB VI  PENUTUP :LAMPIRAN

  1. Contoh Silabus TIK (Komputer) Kelas I-VI SD
  2. Contoh Program Tahunan Pembelajaran Komputer Kelas I-VI SD
  3. Contoh Design Flash Card
  4. Contoh Kamus Suplemen Mata Pelajaran TIK
  5. Irregular Verbs
  6. Verb ‘Tenses’ in English
  7. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi TIK SD/MI

 

Dokumen untuk diunduh:

Pedoman Pembelajaran TIK (Komputer) di SD

15 Tanggapan

  1. makasih ilmunya pak Ichsan…

    Suka

  2. Terima kasih atas salinan dokumennya Pak. Semoga barokah.

    Kak Ichsan:
    Amiin. semoga kita sehat selalu.

    Suka

  3. saya pengajar TIK di SDN jakarta dan sudah 6 tahun lebih mengajar TIK.

    saya mempertanyakan pelajaran TIK ini masuk pelajaran inti ataukah cuma Ekskul ?

    kalo cuma Ekskul rasanya aneh dan tentu saja kurang diperhatikan, yang saya tau di negara lain TIK ini sudah termasuk pelajaran inti, karena di segala sektor kini TIK diperlukan.

    seperti di tempat saya mengajar komputer 10 unit tersisa tinggal 4 buah dan itu selama 2 tahun tidak ada perhatian dari kepala sekolah untuk memperbaiki dan saya merasa karena ini bukan pelajaran yang dianggap penting oleh pihak sekolah.

    dan ini tidak hanya terjadi di tempat saya, disekolah lain bahkan TIK ditutup karena prasarana sudah pada rusak.

    maaf kalau ada salah kata dan terima kasih.

    Kak Ichsan:
    Berdasarkan Permendiknas tentang Standar Isi, mapel TIK di SD tidak masuk pada mapel pokok.

    Suka

  4. terima kasih atas bantuannya, sy sdh download berkasnya. syaloom

    Suka

  5. terima kasih, buku pedomannya sudah saya downlod, dan sangat membantu sekali

    Suka

  6. terima kasih pak pedman ini sangat bermanfaat , izin sedot ya pak……..

    Suka

  7. trims ya. PP TIK sangat membantu saya dalam mengajar
    semoga menjadi amal baik kak Ichsan

    Suka

  8. terima kasih atas pedomannya ini sangat berguna untuk kami

    Suka

  9. […] https://tunas63.wordpress.com/2011/03/31/pedoman-pembelajaran-tik-komputer-di-sd/ [2] Harga jual blackberry iphone laptop murah This entry was posted in SilabusRPP. Bookmark the […]

    Suka

  10. […] Semoga bermanfaat.Download buku: Buku pedoman pembelajaran TIK untuk SDSumber bacaan:[1] https://tunas63.wordpress.com/2011/03/31/pedoman-pembelajaran-tik-komputer-di-sd/ [2] Harga jual blackberry iphone laptop murah No CommentsPosting your comment.Leave a […]

    Suka

  11. […] Semoga bermanfaat.Download buku: Buku pedoman pembelajaran TIK untuk SDSumber bacaan:[1] https://tunas63.wordpress.com/2011/03/31/pedoman-pembelajaran-tik-komputer-di-sd/ [2] Harga jual blackberry iphone laptop murah 0 responses so far ↓There are no comments […]

    Suka

  12. terima kasih

    Suka

  13. matur nuwun. sedoyo ingkang sampun kulo tampi sangking panjenenganipun mas ichsan, sedoyo wau kathah manfaatipun tumrap kula
    nuwun, matur nuwun.

    Suka

  14. wah perlu banget nih..! ijin donlot 🙂

    Suka

  15. Assalamu’alaikum, saya sangat berterimakasih atas kiriman ilmu dari Kak Ichsan. PP TIK ini dapat memperlancar tugas istri saya.
    Semoga Kak Ichsan sll dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat.
    Salam hormat dari Bima NTB

    Suka

Tinggalkan komentar