Mekanisme Baru BOS 2011


Jika pada tahun 2010, penyaluran dana BOS mengikuti skema APBN yang disalurkan dari propinsi langsung ke sekolah, mulai tahun 2011 berubah menjadi mekanisme transfer ke daerah (kabupaten/kota) dalam bentuk dana penyesuaian untuk BOS sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2010 tentang APBN 2011

Total dana yang dialokasikan untuk BOS sebesar Rp 16,266 trillun dengan perincian Rp 10,825 trillun untuk jenjang sekolah dasar dan Rp 5,441 trillun untuk jenjang sekolah menengah,” katanya.

Adapun besaran dananya masing-masing Rp 400.000 per siswa per tahun untuk jenjang sekolah dasar di kota dan sebesar Rp 397.000 per siswa per tahun untuk di kabupaten. Sedang untuk jenjang sekolah menengah pertama sebesar Rp 575.000 per siswa per tahun di kota dan Rp 570.000 per siswa per tahun di kabupaten.

Mekanisme baru tidak mempengaruhi prinsip dasar pengelolaan dana BOS di sekolah. Dana BOS tidak terlambat disalurkan ke sekolah setiap triwulannya. Penyaluran dana BOS dalam bentuk uang tunai, tidak dalam bentuk barang, tepat jumlah, dan tepat sasaran. Dana BOS tidak digunakan untuk kepentingan di luar biaya operasional sekolah. Dan, petunjuk pelaksanaan/penggunaan tetap berpedoman pada panduan Kemdiknas.

Pengalihan penyaluran bukan berarti sebagai pengganti kewajiban daerah untuk penyediaan BOSDA; Penyaluran dana BOS ke sekolah tidak perlu menunggu pengesahan APBD. Di samping menyediakan BOSDA daerah harus menyediakan dana untuk manajemen tim BOS, termasuk monitoring dan evaluasi. Juga, kewenangan mengelola dana BOS tetap berada di sekolah (prinsip manajemen berbasis sekolah).

Untuk menjamin akuntabilitas pelaksanaan BOS di tingkat sekolah, telah disusun buku panduan pengelolaan BOS. Selain didistribusikan, isi buku disosialisasikan ke seluruh sekolah. Pelatihan perencanaan dan pengelolaan dana BOS di tingkat sekolah pun diadakan.

Peningkatan pengawasan oleh komite sekolah dan oleh Inspektorat Daerah, Itjen, BPKP, BPK dan masyarakat. Penguatan pemantauan dan evaluasi oleh Kemdiknas dan Dinas Pendidikan. Sedangkan penguatan unit pelayanan dan pengaduan masyarakat untuk BOS 2011 melalui layanan bebas pulsa 177. Lalu, diterapkan sanksi bagi yang melakukan penyimpangan.

Sumber http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/

7 Tanggapan

  1. terimakasih atas informasinya,
    soalnya saya lagi belajar situasi dan aturan di sekolah sd/smp
    mudah-mudahan bisa menjadi guru yang baik dan benar

    Suka

  2. mas tolong cek NUPTK atas nama IMHAR AR. NAILU,
    SDN NO.1 Sikara, Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, Thanks

    Kak Ichsan:
    Nama: IMHAR AR. NAILU
    NUPTK: 8051-7556-5711-0033

    Suka

  3. mas dimana bisa download buku juknis BOS 2011

    Kak Ichsan:
    Silakan unduh di sini

    Suka

  4. tolong mas,dimana bisa diunduh buku panduan bos 2011, ! Trims

    Kak Ichsan:
    Silakan klik di sini

    Suka

  5. Kang, tolong ada panduan mekanisme BOS 2011… makasih

    Kak Ichsan:
    Bila sudah mendapatkan akan segera saya posting. Terimakasih.

    Suka

  6. Assalamualaikum Kak Ichsan, Selamat tahun baru 2011, Semoga kita selalu dalam Rahman dan Rahim-Nya. Allohuma Amin. Salam hormat saya buat Kak Ichsan.

    Kak Ichsan:
    Waalaikum salam wr. wb.
    Ahamdulillah, salam persaudaraan dan semoga silaturrahim kita ini dirahmati Allah SWT.

    Suka

  7. hallo tunas 63.bagaimana ketika tampil kiriman email dari tunas untuk di print out.di tulisan tersebut ada gambar printer,lalu saya klik dan selanjutnya tulisan yang lain juga terprint out juga.padahal hanya satu yang saya butuhkan

    Kak Ichsan:
    Maaf, ya. Ni saya baru tahu, setelah saya coba, ternyata yang tercetak semua yang tampil di halaman. Semoga nanti ada perbaikan dari WP.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: