Kuota Sertifikasi Guru 2011


Berdasarkan Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2011, tahapan pelaksanaan sertifikasi guru diawali dengan kegiatan penetapan kuota provinsi pada November 2010. Secara nasional, kuota 2011 adalah 300.000 guru yang berarti naik 50% dibanding kuota 2010 sebesar 200.000 guru.

Kuota Sertifikasi 2011

Pemerintah menaikkan target kuota sertifikasi guru. Tahun 2011 kuotanya naik 50 persen, dari 200 ribu menjadi 300 ribu. Dengan kenaikan tersebut, maka pada 2015 diperkirakan pembayaran tunjangan profesi tidak kurang dari Rp60 triliun.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal pada peluncuran fasilitas komunikasi tatap muka jarak jauh (telepresence) di Kementerian Pendidikan Nasional Jakarta, Rabu (22/12 2010). Pada peluncuran fasilitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini (TIK), Fasli berdialog dengan perwakilan 30 Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di seluruh Indonesia. Fasilitas komunikasi ini digunakan untuk mempercepat koordinasi dan peningkatan kinerja di 30 LPMP.

Pada dialog, Fasli mendorong LPMP untuk terlibat aktif dalam menjalankan dua agenda penting Kemdiknas, yakni memastikan pendidikan karakter menjangkau 268 sekolah di seluruh Indonesia, dan penguatan pembelajaran yang merangsang inovasi dan kreativitas anak. “Peran guru berubah menjadi fasilitator yang memungkinkan anak menjadi tumpuan pembelajaran,” katanya.

Adapun Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dirjen PMPTK) Kemdiknas Baedhowi, meminta LPMP untuk berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota, guna dapat memenuhi target pengumpulan berkas sertifikasi. Dia meminta agar berkas yang diusulkan telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). “Supaya pelaksanaannya lancar,” katanya.

Adapun untuk persiapan tunjangan profesi guru pada 2011, Beadhowi meminta agar LPMP sudah menyiapkan lampiran tunjangan 2011 baik yang akan dibiayai dinas pendidikan kabupaten/kota, maupun provinsi. “Termasuk sertifikasi 2010 agar di-cleaning (diverifikasi),” katanya.

Baedhowi melanjutkan, pihaknya segera mengirimkan surat dalam satu dua hari ini untuk meminta berkas kepada semua dinas kabupaten/kota yang akan diajukan tunjangan profesinya pada 2011. “Pembayaran tunjangan profesi para guru sudah harus dibayarkan pada Februari baik di kabupaten maupun provinsi,” katanya.

Sumber:http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2010/12/sertifikasi.aspx

Kuota Sertifikasi Guru Per Provinsi (Klik gambar untuk memperbesar)

Dokumen untuk diunduh:

Pedoman Sertifikasi Guru

Pedoman Sertifikasi Dosen

10 Tanggapan

  1. Tolong kalau punya informasi daftar peserta plpg tahun 2012 kabupaten wonosobo dan waktu pelaksanaannya kami diberitahu…

    Kak Ichsan:
    Daftar pesertanya saja belum ditetapkan, apalagi jadwal PLPG.
    Ok, Mas Afif, silakan daftarkan emailnya ke blog tunas63, sehingga akan menerima info posting baru.

    Suka

  2. asslmkum..pak saya GTY tp lulusan D2 PGTK..apa bsa ikut sertifikasi?trimakasih..
    wassalm…

    Kak Ichsan:
    GTY ijazah D2 bisa masuk sertifikasi tapi harus sudah usia 50 th dan masa kerja sudah 20 th, baca tulisan “syarat peserta sergu 2012” (cari tulisan di sisi kanan halam blog tunas63)

    Suka

  3. saya GTY baru 3 tahun apa bisa ikut sertifikasi pak mohon penjelasannya terima kasih sebelumnya

    Kak Ichsan:
    Berdasar Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi 2011, syarat masa kerja minimla 6 tahun.

    Suka

  4. Tolong dong kalau punya informasi daftar peserta plpg tahun 2011 kabupaten cilacap dan waktu pelaksanaannya kami diberitahu…makasih kalo diperhatikan.

    Kak Ichsan:
    Maaf, Mas Wahib belum mendapat info.

    Suka

  5. saya guru SD diangkat th 1982 (masa kerja 29 th), telah menduduki jabatan Kep SD, Penilik, dan sekarang Pengawas TK/SD sampai saat ini saya belum disertifikasi

    Suka

  6. saya diangkat pns 2003.
    dr masa kerja 0 th.
    apakah teman saya yg pns 2007 masa kerja 10 th lebih berpeluang dibanding saya?
    mengingat ms krjanya lbh banyak dr saya, tapi diangkat pns lbh dulu saya.
    mksh

    Suka

  7. saya adalah GTT yang ngajar di sekolah negeri dan swasta. masa kerja saya dinegeri sudah lebih dari 5 th dan di swasta masih 3 thn.
    untuk bisa ikut pendaftaran sertifikasi bagi yang non PNS syaratnya harus memiliki SK GTY (guru tetap yayasan). dalam hal ini bisa kah saya ikut sertifikasi dengan berangkat dari sekolah negeri?
    trima kasih atas jawabannya…

    Kak Ichsan:
    Untuk guru NonPNS, sampai saat ini yang bisa ikut sertifikasi adalah yang sukwan di sekolah swasta (GTY).

    Suka

  8. Syarat sertifikasi, apakah harus guru tetap minimal 2 tahun? sementara kami mengajar sudah lebih dari 10 tahun dalam status honor di swasta

    Kak Ichsan:
    Guru honorer yang dapat mengikuti sertifikasi, berdasar ketentuan 2010, mengajar di sekolah swasta (GTY).
    Masa kerja 10 tahun, 11 tahun, . . . dapat terjaring apa tidak, ditentukan berdasar kuota dan banyak guru yang memenuhi syarat di kab/kota.

    Suka

  9. mudah-mudahan tahun 2011 ini bisa juga tersertifikasi…..

    Suka

  10. alhamdulillah pak saya sudah ikut di tahun 2007

    Kak Ichsan:
    Alhamdulillah, semoga berbarokah baik untuk yugas maupun keluarga.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: