Pengumuman Finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja (Lkir) Ke-42 Tahun 2010


Remaja peneliti terbaik pada LKIR 2010 telah ditetapkan sebagai finalis, masing-masing 5 orang untuk bidang IPSK, IPA, dan IPT-Rekayasa.

Berikut pengumuman Panitia

Dewan Juri Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-42 tahun 2010 yang terdiri dari :

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK):

  1. Dr. Syarif Hidayat (LIPI)
  2. Dr. Ninok Leksono (KOMPAS)
  3. Dr. Dhaniel Dhakidae (LP3ES)

Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA):

  1. Dr. Adi Santoso (LIPI)
  2. Prof. (Ris) Dr. Leonardus Broto Sugeng Kardono (LIPI)
  3. Dr. Susiani Purbaningsih DEA (UI)

Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa (IPT dan Rekayasa):

  1. Dr. LT Handoko (LIPI)
  2. Dr. Yudi Darma (ITB)
  3. Dr. M. Mustofa Sarinanto (BPPT)

Setelah melalui proses menyeleksi, membaca dan menganalisis dengan seksama karya tulis ilmiah peserta karya tulis ilmiah terbimbing (LKIR) ke-42 tahun 2010, serta mendiskusikannya sesama Anggota Dewan Juri, dengan ini memutuskan dan menetapkan Finalis (LKIR) ke-42 tahun 2010 sebagai berikut:

Bidang IPSK

  1. Pebrian, Alanikika Pratyaksa, dan Vina Nurlita, SMA Negeri 1 Malingping, Banten, dengan judul “30 Hari Menjadi Anak Nelayan: Kajian Tentang Kehidupan Sosial Keluarga Nelayan di Desa Muara-Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak – Banten”
  2. Hardiana Arsyad, SMA Negeri 1 Pinrang, Sulawesi Selatan, dengan judul “Tinjauan terhadap Nilai Kearifan Arsitektur Rumah Tradisional Bugis di Kabupaten Pinrang”
  3. I Made Rumadi Putra, SMAN 8 Denpasar, Bali, dengan judul “Mengungkap Fenomena Desa Gelandangan-Pengemis (Gepeng) di Dusun Muntigunung dan Dusun Pedahan Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem Bali”
  4. Christine Aprilia Sulistio dan Shoim Abdullah, SMAN 3 Merauke, Papua, dengan judul “Menelisik Kehidupan Masyarakat Eks Pelintas Batas yang Datang dari Negara Papua Nugini ke Kabupaten Merauke”
  5. Latif Nugroho, Madrasah Aliyah Bilingual, Krian, Sidoarjo, Jatim, dengan judul “Pengetahuan Santri Pesantren Modern Al Amanah pada Media Internet dan Pengaruhnya terhadap Minat (Motivasi) Belajar dan Prestasi Akademik”

Bidang IPA

  1. Rahmat Irkham Triaji dan Trisha Marselia, SMA Negeri 90 Jakarta, DKI Jakarta, dengan judul “Pemanfaatan Styrofoam Cair Sehat Hasil Pereduksian Monomer Stirena dengan Alfa Pinena Minyak Atsiri Kayu Putih dan Glikosida Sansevieria menjadi Benang Semi Sintetik”
  2. Muhamad Risma Indi, Muhammad Ardiansyah Widianto, dan Mutiara Putri Nanda Rizki, Lembaga Pengkajian Ilmiah Diklat-LPI-Bina Bangsa, Jombang, Jawa Timur, dengan judul “MIC-RICE Fertilizer (Efektifitas Peran Mikrooganisme dalam Meningkatkan Pertumbuhan dan Perbanyakan Akar pada Pembibitan Tanaman Padi)”
  3. Atina Husnayain, Moh. Hamilun Ni’am, dan Zainuri Mustofa, MAN Kota Kediri 3, Kediri, Jawa Timur, dengan judul “Keberadaan Asam Sianida (HCN) dalam Antibiosis antara Tali Putri (Cuscuta australis) dengan Famili Euphorbiaceae”
  4. Rezza Putri Mahartika, Fauzizah Fatma Ningrum, dan Erissa Hanifah, MTsN Kediri II, Kediri, Jawa Timur, dengan judul “Pemanfaatan Sarang Telur Laba-Laba (Cocoon) dari Ordo Araneae sebagai Bahan Alami Alternatif Penutup Luka”
  5. Yan Restu Freski dan Darmadi, Taman Pintar Science Club, Yogyakarta, DIY, dengan judul “Analisis Terhadap Pembelokan Aliran Sungai Opak saat Bermuara di Samudera Hindia (Studi Terhadap Faktor-faktor dan Proses Pembelokan Aliran Sungai)”

Bidang IPT dan Rekayasa

  1. Sugianto dan Moh. Zehri, SMK Negeri Tambelangan,Sampang, Madura, Jawa Timur, dengan judul “Charger Handphone Berbasis Sinyal GSM”
  2. Muh Imam Mukhtar Shidiq dan Agustina Slamet, SMKN 2 Depok Sleman, DIY, dengan judul “The Box Cleaner of Emission (Meminimalisir Polusi Gas Buang Kendaraan Bermotor pada Proses Penservisan)”
  3. Irene Giarto dan Jessica Cleine Chairil, SMA Santa Laurensia, Serpong, Tangerang, Banten, dengan judul “Pengaruh Variasi Pola Anyaman Bakul, Tikar, dan Spider Web terhadap Kekuatan Impak Material Komposit untuk Bahan Pelindung Helm”
  4. Budi Santoso, Elis Kartika Sari, dan Novita Sari, SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah, dengan judul “Pembuatan dan Karakterisasi Peredam Suara dari Jerami Padi sebagai Bahan Baku Panel Akustik Ruangan serta Kabin Mobil”
  5. Reyner Jong dan Andrey Halim, SMA Santa Laurensia, Serpong, Tangerang, Banten dengan judul “Pengembangan Material Komposit Menggunakan Bambu Tali (Gigantochloa apus) sebagai Pengganti Bahan Kayu dan Bahan Sintetik”

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Saudara untuk melakukan pameran dan presentasi di hadapan Dewan Juri dalam acara Presentasi Finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-42 tahun 2010, yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 22 November 2010
Pukul : 09.00 WIB s.d selesai
Tempat : Hotel Bumi Wiyata
Jl. Margonda Raya, Depok, Jawa Barat

Berdasar agenda Panitia, setelah presentasi pada 22 November 2010, agenda terakhir rangkaian penyelenggaraan LKIR 2010 adalah Malam Penganugerahan  tanggal 23 November 2010.

Pemenang akan mendapatkan uang tunai, piala serta piagam Penghargaan serta dipilih menjadi kandidat yang akan mewakili Indonesia di ajang internasional

Pemenang I :Rp 12.000.000,- (Dua belas juta rupiah)
Pemenang II:Rp 10.000.000,- (Sepuluh juta rupiah)
Pemenang III: Rp 8.000.000,- (Delapan juta rupiah)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: