UU Gerakan Pramuka 2010


Unduh UU Gerakan Pramuka, AD, dan ART terbaru. Para Praja Muda Karana (Pramuka) patut bersyukur UU Gerakan Pramuka segera lahir. Komisi X DPR dan Pemerintah telah bersepakat mengenai pengesahan UU Gerakan Pramuka.

Dengan lahirnya UU Gerakan Pramuka maka eksistensi Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan kepramukaan bagi anak dan generasi muda akan lebih memperoleh perhatian dari pemerintah.

Pada pasal 36 disebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah  bertugas

  1. menjamin kebebasan berpendapat dan berkarya dalam pendidikan kepramukaa.
  2. membimbing, mendukung, dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.
  3. Membantu ketersediaan tenaga, dana, fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan keparmukaan.

Semoga pemerintah dapat menjalankan amanat mulia pendidikan kepramukaan sehingga Gerakan Pramuka mampu berperan mencetak generasi bangsa yang “bertanggung jawab dan dapat dipercaya” sebagaimana kode kehormatan Gerakan Pramuka.

Dokumen untuk diunduh:

UU 12/2010 Gerakan Pramuka

AD Gerakan Pramuka Hasil Munaslub 2012

ART Gerakan Pramuka Hasil Munaslub 2012

atau Unduh Di sini

————————————————-


18 Tanggapan

  1. gimanasih caranya mendapatkan ataumendownload undang-undang yang baru?

    Suka

  2. Salam pramuka, kak, ada gx sih tata cara khusus utk pengambilan Laksana???

    Kak Ichsan:
    Harus menempuh/lulus SKU Penegak Laksana, baru dilantik menjadi Penegak Laksana.

    Suka

  3. ka’ g mana sih kedudukan gudep gerakan pramuka d skolah ?
    Di bwah naungan osis atau g mana ?

    Kak Ichsan:
    Gudep berdiri sendiri. Berdasar peraturan, struktur Gudep ada:
    Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus). Ketua Mabigus adalah Kepala Sekolah, Pembina Gudep, Pembina Satuan.
    Gudep merupakan bagian dari organisasi Gerakan Pramuka (Gerakan Pramuka lingkupnya Nasional/Internasional)
    Kalau OSIS lingkupnya hanya satu sekolah.

    Suka

    • betul itu,,,,

      Suka

  4. pramuka membuat dri lebih percy diri

    Kak Ichsan:
    Pendidikan Pramuka pada hakikatnya adalah pendidikan karakter. Dengan menikmati proses pendidikan pramuka akan menjadikan pribagi yang memiliki pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan hidup yang bermanfaat, antara lain: kepemimpinan, kedisiplinan, sopan, ramah, dll.

    Suka

  5. salam pramuka!
    ikhlas bhakti bina bangsa, berbudi bawa laksana…..

    Suka

  6. wahhhhh senang deh pramuka semakin diperhatikan tapi semoga ini berlanjut terus yah bukan hanya diawal saja gempar…..salam pramuka……

    Suka

  7. aku senang dah ada UU pramuka,,..,.

    sekali pramuka tetap pramuka,.,.,.,.,.

    Suka

  8. salam pramuka,
    kenalkan, saya pembina penggalang dari kwarran Lempuing, Kwarcab OKI, Kwarda Sumsel.
    saya butuh banget ad/art 2009. tolong kalo bisa send ke emailku secepatnya …
    terimaksih bnget,….

    Suka

  9. […] UU 12/2010 Gerakan Pramuka […]

    Suka

  10. […] UU 12/2010 Gerakan Pramuka […]

    Suka

  11. Minta tolong kalai bisa diberikan contoh AD/ART gerakan Pramuka tingkat Ranting

    Kak Ichsan:
    Adakah pembaca yang dapat membantu?

    Suka

    • Salam Pramuka
      AD/ART GP setauku kok jadi satu tinggal kita yang menerapkannya, dalam arti lingkup dan cakupannya
      Salam Pramuka

      Suka

  12. saya sangat butuh info tentang kepramukaan, karena saya agak dipedalaman, trim atas infonya

    Kak Ichsan:
    Ok, Kak Trisno, akan saya usahakan tambahan posting tentang kepramukaan.

    Suka

  13. Koh dalam UU GP 2010 yang dapat didownload belum ada nomor pengesahan…..

    Kak Ichsan:
    Ya, ini RUU yang sudah disahkan dengan ditandai pesngesahan Panja dan pemerintah per halaman. Sedang UU nya sendiri kan masih proses administrasi untuk menuju diundangkan dalam lembaran negara.

    Suka

  14. Terima kasih banyak atas link downloadnya

    Kak Ichsan:
    Ok, semoga bermanfaat dalam beraktivitas. Maju terus Praja Muda Karana!

    Suka

  15. Terima kasih atas UU Pramukanya pak Ichsan..

    Kak Ichsan:
    Ok, Kang Jaini semoga dengan lahirnya UU ini, Gerakan Pramuka semakin maju dan menjadi wahana aktivitas yang dicintai generasi muda.

    Suka

    • pa kah UU ni bisa dilaksanakan dengan baik n tertib????????
      GP Baron

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: