• Sedang Berkunjung

  • Statistik Kunjungan

    • 27.906.007 hits
  • Negara Pengunjung

    Flag Counter
  • Arsip Tulisan

  • Kategori

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabung dengan 8.377 pelanggan lain
  • Komentar Baru

    Kak Ichsan pada Gratis, Buku Husein Mutahar da…
    Asli Arpani pada Gratis, Buku Husein Mutahar da…
    Harvest Moon: Light… pada Lirik Lengkap Indonesia Raya (…
    andri pada Download Indeks Alquran 30 Juz…
    alex sutja pada Kalender: Nama Bulan Masehi, H…
    stevenz pada Lambang Nahdlatul Ulama (NU) d…
    Bahagia dengan Menci… pada Pemakaian Tanda Tanya (?) dan…
    Dr.Prabowo Endropran… pada Syair Lagu Mars PGRI
    Dr.Prabowo Endropran… pada Syair Lagu Mars PGRI
    Matsan Saga pada Partitur Paduan Suara Himne…
    ayu cahyani pada Lagu Pramuka: Kelana Rimb…
    Kak Ichsan pada Melihat Nilai Akreditasi Sekol…
    Subandi pada Melihat Nilai Akreditasi Sekol…
    ugick adjach pada Puisi: Aku (Chairil Anwar…
    Kak Ichsan pada Tujuan dan Manfaat NISN
  • RSS Partitur Piano

  • RSS Partitur Paduan Suara

  • RSS Partitur dan Kunci Gitar

  • MP3 Pilihan

  • Pintu Khusus

  • Cek Tagihan

  • RSS Lagu Daerah

  • RSS Sayembara

Tentang NUPTK


Menanggapi banyaknya permasalahan mengenai NUPTK yang ditulis pada blog tunas63, berikut tulisan seputar NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

Fungsi NUPTK

NUPTK sebagai nomor identitas PTK yang berlaku secara nasional dan menjadi syarat dalam mengikuti berbagai program peningkatan mutu dan kesejahteraan PTK yang di programkan oleh Pemerintah?Kemendiknas sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2005

Bagaimana Memiliki NUPTK

PTK dapat memiliki NUPTK dengan mengisi Kuisioner/Instrumen Pendataan PTK dan pengisisan kuesioner harus dengan lengkap, benar dan rasional. (formulir kuisioner dapat diunduh di bagian akhir tulisan ini)

Cara pengajuan NUPTK

Mengajukan NUPTK adalah dengan melegalisir kuesuioner yang telah diisi dengan stempel sekolah dan tanda tangan kepala sekolah lalu mengirimkan kuesioner ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat

Syarat Usul NUPTK

Persyaratan standar minimal tentang PTK yang bisa dijaring baik pendidikan Formal maupun Non Formal untuk mendapatkan NUPTK
Persyaratan umum
  1. WNI dan WNA yang sudah naturisasi
  2. Menjadi Pendidik (melakukan tatap muka di depan kelas) dan Tenaga Kependidikan (menunjang proses pendidikan) baik pada pendidikan formal maupun non formal, PNS maupun non PNS dan baik dibawah binaan Kemendiknas maupun Kemenag.
Persyaratan Khusus
a. PTK Pendidikan Formal
  1. Untuk PNS/CPNS yang dibuktikan dengan bukti SK Penetapan sebagai Guru/Pendidik untuk segera dilakukan proses pendataan berdasarkan bukti fisik pendukung.
  2. Untuk Non PNS pendataan usulan baru dilakukan Ā maksimal 2 (dua) kali dalam setahun (pada bulan Juni dan Desember menjelang awal semester) dengan syarat : Minimal telah memiliki masa kerja 2 tahun yang dibuktikan dengan SK Penugasan dari lembaga yang berwenang.
b. PTK Non Formal
Segera melakukan pendataan PTK-PNF berdasarkan bukti fisik pendukung. Pengusulan NUPTK bagi PTK-PNF dengan syarat :
  1. Sampai akhir tahun 2010 semua PTK PNF segera dimasukkan ke dalam database SIM NUPTK-PNF untuk diproses generate NUPTK.
  2. Mulai tahun 2011, PTK-PNF yang diusulkan masuk database SIMNUPTK PNF minimal memiliki masa kerja 2 tahun (TMT minimal bulan Juli tahun 2009).
  3. Lembaga/instansinya terdaftar di dinas pendidikan setempat

Apa kaitan LPMP dalam proses pengajuan NUPTK

LPMP melakukan verifikasi dan konsolidasi data di tingkat propinsi dalam bentuk SIM-NUPTK, kemudian mengajukan data ke pusat atau setditjen PMPTK dalam bentuk database SIM_NUPTK

Dimana Proses Penerbitan NUPTK

Proses penerbitan NUPTK adalah di Bagren Setditjen PMPTK. Tim NUPTK Bagren akan mengolah data hasil verifikasi dan konsolidasi dari LPMP untuk kemudian di periksa kembali keunikan data yang dikirim sebelum diterbitkan NUPTK

Bagaimana pendistribusian data NUPTK

NUPTK yang telah diterbitkan oleh Bagren akan di kirim ke LPMP untuk didistribusikan ke Dinas Pendidikan Kab/KotaĀ  wilayah masing masing

Dimana melihat hasil pengajuan NUPTK

NUPTK Secara Nasional dapat menggunakan NUPTK WebBrowser.

Bagaimana Melakukan Perbaikan data NUPTK yang di tunda karena tidak rasional

Hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota Setempat dengan membawa bukti otentik seperti Akta Lahir, Ijazah dll untuk mempercepat proses

Bagaimana NUPTK untuk guru yang mutasi

Prinsipnya mutasi seorang PTK tidak menyebabkan NUPTK yang bersangkutan hilang atau berubah. Kemanapun PTK tersebut pindah tugas, maka NUPTK akan tetepa seperti semula. Oleh karena itu untuk guru yang telah mengalami mutasi harus melakukan langkah berikut :

1. Mutasi ke instansi lain yang dalam satu Kabupaten/Kota

  • PTK tersebut harus melapor ke operator SIM-NUPTK

2. Mutasi Ke Instansi Lain berbeda Kabupeten/Kota pada provinsiĀ  yang sama atau berbeda

  • PTK yang melapor ke operator SIM-NUPTK pada dinas Pendidikan Kabupaten/Kota asal, meminta cetak profile memalui SIM-NUPTK yang mencantumkan data-data lengkap PTK yang bersangkutan serta nomor NUPTK nya. Jika memungkinkan, PTK tersebut meminta database PTK yang bersangkutan di muat dalam CD.
  • PTK yang bersangkutan melapor kepada operator SIM-NUPTK di Dinas Kabupaten/Kota tujuan mutasi, dengan membawa data-data tersebut dan surat keterangan dari instansi tempat bertugas yang baru.
  • Petugas/Operator NUPTK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tujuan melakukan imprt data dari data base yang di bawa PTK yang bersangkutan atau melakukan entri ulang namun harus diisi NUPTK yang bersangkutan pada kolom ā€NUPTK Pindahanā€.

Komplain NUPTK

Untuk PTK yang memiliki masalah tentang data (Nama, tanggal lahir, dll) dapat mengisi formulir komplain dan mengirim formulir komplain yang telah diisi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat. (formulir kuisioner dapat diunduh di bagian akhir tulisan ini).

Pembatalan dan Pengajuan kembali NUPTK

NUPTK dapat dibatalkan jika memenuhi kondisi sebagai berikut:

  • PTK yang bersangkutan sudah tidak aktif lagi sebagai PTK karena sebagai sebab
  • PTK yang bersangkutan memiliki lebih dari satu NUPTK
  • PTK tidak mencantumkan data0data dengan benar, terutama untuk data-data yang sifatnya mandatori (Nama, Tempat Tugas, Riwayat Pendidikan, Tanggal Lahir, Data keluarga).

Pembatalan NUPTK dapat dilakukan atas inisiatif pengelola NUPTK pusat dengan sebab salah satu di atas, atau karena usulan dari operator tingkat Provinsi(LPMP) atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Pengajuan kembali NUPTK dapat dilakukan dengan mengisi form kompalin atau kuesioner dan mengembalikan kepada operator NUPTK dinas setempat.

Dokumen untuk diunduh

Tautan tulisan

NUPTK Web Browser Exe

Tanggung Jawab Kepala Sekolah terhadap UsulanĀ NUPTK

Kumpulan Tulisan Data NUPTK

179 Tanggapan

  1. aslmkm pak.
    saya gtt dr sd negeri sudah 7th alhmdlilah sdh pny nuptk. tpi kmarin ada guru pns baru pindah ke sd saya. agar saya dpt jam mgajar mau tdk mau saya hrs pindah.
    pertanyaan saya. saya mau mutasi nuptk masih dalam satu kecamatan. status saya gtt.. bila saya mutasi nanti nuptk saya hanya jadi page id apa nuptk saya amann2 saja.

    Suka

  2. Maaf kak ichsan, mohon bantuannya, saya ari saputra pernah mengajar di SD negeri dan sudah punya NUPTK 9652759660200012 tapi pada tahun 2013 saya keluar, dan kembali mengajar 2014 di SD yg berbeda yakni SD swasta. Apakah NUPTK saya bisa aktif kembali? Mksh

    Suka

  3. selamat siang pak……tolong carikan saya nomor induk siswa nasional (NISN) . atas nama mikhael wae, sdk mulakoli, kecamatan boawae, kabupaten Nagekeo.minta bantuannya pak..trima kasih.

    Kak Ichnsa:
    Untuk cek NISN perlu data nama, tempat lahir, dan tanggal lahir. Petunjuk cek NISN silakan klik poster NISN di sisi kanan halaman blog tunas63.

    Suka

  4. Assalamualaikum
    Nama saya Ainun Amalia Hasanah, sya sdah mngajar dri tahun 2009 dan alhamdulilah sya sdah pnya NUPTK swaktu sya mngajar d SMPN Satap 2 salopa sbagai guru B.inggris trus sya pndah rumah ke bandung dan mngajar d SDN. Bojongsempur sbagai guru b.inggris jga (nuptk sudah d mutasi ke SD) tp krena peraturan kurikulum 2013 skarang ini pljaran B.inggris d tiadakan jd sya hrus pndah lg skolah untk mempertahankan sbg gru bidang. Yang ingin sya tanyakan dlu swktu sya dpt NUPTK kan dri dinas skrg mau d pndahkn ke MTS. (dibawah depag), kira2 pemindahan nuptk dri dinas ke depag bsa ga ya pak?trimakasih perhaatiannya sya tunggu blasannya pa

    Suka


    • Kak Ichsan:
      Prinsip, satu guru hanya berhak satu NUPTK. NUPTK yang sudah memiliki tetap melekat meskipun mutasi kerja.
      Prosesnya, lewat operator dapodik mengedit data dengan memasukkan SK surat mutasi. Atau, lebih jelasnya tanya ke Ke Dinas Pendidikan atau Kemenag Kab/Kota di tempat kerja yang baru. Konsulasi ini penting agar proses mutasi NUPTK benar. Siapa tahu pegawai ybs pro aktif membantu mutasi.
      Selamat menjalankan ibadah puasa semoga dirahmati Allah dan usaha berjalan dalam hidayah Allah.

      Suka

  5. assalammualaikum. bapak saya sudah mengajukan NUPTK Beberapa kali. tapi ada saja alasannya. sehingga ketika ada pengajuan lewat internet saya mencoba sendiri. dan saya berhasil mendapatkan Peg ID. Bagaimana caranya supaya Peg ID saya bisa berubah menjadi NUPTK. Krna setiap Kali mengajukan k kantor tidak pernah diberikan kejelasan.
    atas nama Rika wandira. sekolah SDN Pataonan 4 kec. socah kab. bangkalan. provinsi jawa timur. mohon bantuannya pak…

    Kak Ichsan:
    Pengajuan NUPTK baru pada 2013 memang hasilnya hanya mendapatkan Peg ID. Nah, dari Peg ID inilah nantinya sebagai syarat usul NUPTK.
    Sampai saat ini belum dibuka proses usulan NUPTK dari Peg ID menjadi NUPTK. Ditunggu saja!

    Suka

  6. met malam ka ichsan tlng cek no NUPTK atas nama emerensiana sole A.Ma alamat kec.boawae kab.nagekeo propinsi NTT

    Suka

    • NUPTK atas nama Emerensiana Sole, SD INPRES OLAEWA, Kab. Nagekeo = 5640756657300022

      Silakan cek di sini kemudian ketik nomor NUPTK lalu klik “Cari Data”. Bila data nama sudah muncul, silakan klik ikon ” i ” untuk melihat detil data PTK.

      Suka

  7. assalamualaikum….
    nama saya Bangbang eko sutisno sudah 5 tahun honor di SDN Bulak III Kec. Kandanghaur – Kab. Indramayu. namun sampai saat ini saya belum ada kejelasan mengenai NUPTK walaupun sudah enam kali mengajukan pengajuan,,,, mohon bantuannya untuk mendapatkan NUPTK saya,,,,,, trimakasih.
    wassalamualaikum……

    Kak Ichsan:
    Waalaikum salam wr. wb.
    Usulan baru NUPTK, masih pada tahap terbitnya PegID. PegID ini nantinya sebagai syarat proses terbitnya NUPTK. Jadi, ditunggu saja dibukanya tahap penerbitan NUPTK.
    PedID Mas Bambang 20216339186001.

    Suka

  8. Assalamualaikum. Pak Ichsan, saya mau bertanya tentang NUPTK a/n. Zulkarnaini Deli Maulana No. 6744763665200002, tempat kerja SDN 3 Banda Baro, Kec. Banda Baro, Kabupaten Aceh Utara, Prov. Aceh, apakah masih aktif? Terima kasih ataa bantuannya.

    Suka

  9. ass pak saya mau tanya ,, th 2011 sy mengajar di pos paud melati gombang ,, sekarang saya pindah di TK PERTIWI gombang ,,yang mau saya tanyakan apakah masa kerja saya bisa saya tambahkan di sk TK ,,guna mengajukan NUPTK BARU,,terima kasih,nama khasanah ,gombang ,cawas,klaten ,jawa tengah ,, alamat mengajar saya yg sekarangsama dg yg dulu

    Suka

  10. Saya bekerja sebagai guru mulai tahun 2005 dan sudah memiliki NUPTK tetapi sejak tahun 2009 saya diterima PNS di kota lain, NUPTK saya sudah berulangkali hampir satu tahun ini memutasikan NUPTK saya tapi tanpa hasil bahkan terakhir kali data NUPTK saya yang berada di sekolah asal sudah tidak ada tetapi di sekolah barupun tidak muncul. Data saya hanya tercantum di komputer petugas yang mengurusi mutasi di dinas pendidikan yang sekolah saya yang baru.

    Kak Ichsan:
    Bila perlu bantuan menelusuri NUPTK, silakan tulis data lengkapnya.

    Suka

  11. kak Ichsan, mohon bantuan, kenapa NUPTK saya sudah dua tahun lebih belum diterbitkan, padahal nama saya sudah diajukan. Terima kasih

    Kak Ichsan:
    Coba tulis data lengkap untuk bahan saya membantu menelusuri.

    Suka

    • Data saya:
      Nama: Aloysius Kurniawan Seputra
      Nama Sekolah: SMP Dian Harapan Makassar
      Kota : Makassar
      Provinsi: Sulawesi Selatan

      Kak Ichsan:
      Nama: A. Kurniawan Seputra (ejaan nama sesuai pada database NUPTK)
      Nama Sekolah: SMP Dian Harapan Makassar
      Status NUPTK : – (masih kosong)
      NUPTK: belum terbit

      Suka

      • Terima kasih Kak, tapi kalau boleh tahu, kenapa lama sekali NUPTK saya tidak terbit? mohon penjelasannya, Kak.

        Kak Ichsan:
        Wah, maaf, masalahnya dimana NUPTK belum terbit. Yang tahu, petugas NUPTK di pusat.

        Suka

    • kak ihsan tolong cekkan nuptk sy;sdah setahun tp kok belum keluar nama:nur azizah sekolah :RA MIFTAHUL FALAH kabupaten:demak kecamatan:bonang propinsi:jawa tengah

      Kak Ichsan:
      Hasil penelusuran saya melalui situs padamu negeri, Nama nur azizah di kabupaten demak tidak ditemukan.

      Suka

  12. maaf pak,
    saya :juli perangan-angin
    nuptk:2433744646200182

    kekurangan berkas saya pak ???? kok bisa di kembalikan ?

    Kak Ichsan:
    Maaf, berkas apa ya? Saat menerima mestinya kan ada keterangan alasan dikembalikan?

    Suka

  13. Selamat sore kak Ichsan.
    Kakak, tolong cek NUPTK atas nama:
    1. BIBIANA LEBHO
    2. NURHAYATI SALEH
    Nama Sekolah:
    SDI WAEMBURUNG.
    Kecamatan: Aesesa.
    Kabupaten: Nagekeo
    Propinsi: Nusa Tenggara Timur.
    Terima kasih atas bantuannya kak.

    Kak Ichsan:
    Nama BIBIANA LEBHO dan NURHAYATI SALEH belum ada pada daftar NUPTK SDI WAEMBURUNG

    Suka

  14. Kak, tolong cek NUPTK atas nama:
    OKTOVIANUS SANGGU.S.Pd
    nama sekolah:
    SDI Waemburung, Kabupaten Nagekeo, Propinsi Nusa Tenggara Timur.
    Makasih y kak. šŸ™‚

    Kak Ichsan:
    nama OKTOVIANUS SANGGU belum ada pada daftar NUPTK SDI Waemburung

    Suka

  15. Mas, benarkah saat ini pendaftaranan NUPTK masih tutup, saya telah mengajukan NUPTK 1 th yg lalu, tp blm dpt juga. Saya Budi Hartoyo pengawas TK/SD Kec.Boja Kendal Jateng.

    Kak Ichsan:
    Sepertinya begitu (masih tutup), setidaknya ada web daerah yang memublikasikan demikian, cek di sini.

    Suka

    • mas ichsan,tolong cekkan atas nama L.RONI SURIADI,SMPN 6 SIKUR LOTIM,NTB.
      untuk data NUPTK udah ada apa blum,kalau blum bagai mana cara mengajukan untuk dapat NUPTK itu?trims

      Kak Ichsan:
      Hasil pelacakan, pada database NUPTK, di Lotim tidak ditemukan nama SMPN 6 Sikur.

      Suka

  16. saya mau nanya nuptk aceh timur apa …..tolong kasih daftar website nuptk .sekian dan terima kasih

    Kak Ichsan:
    Silakan cek di sini

    Suka

  17. Assalamualaikum. bapak saya :
    nama :Indra apriandi
    unit kerja : SMP YApissa Cicurug
    Jl. SIliwangi Desa Benda kecamatan cicurug kabupaten sukabumi.
    saya ingin bertanya. apabila di daftar NUPTK ada. bagaimana statusnya. apakah harus di ajukan lagi apa menunggu?
    sampai saat ini saya belum memiliki NUPTK. padahal saya yang mengajukan guru-guru untuk mendapatkan NUPTK termasuk Updet

    Kak Ichsan:
    Nama Mas Indra sudah ada pada database NUPTK, sbb:
    nama :Indra apriandi
    unit kerja : SMP YApissa Cicurug
    status NUPTK: – (kosong)
    NUPTK: – (kosong)
    ID NUPTK: 0206.20110916..062004.28844

    Suka

  18. Ass.wr.wb. pak ichsan mohon bantuannya berapa nomor nuptk atas nama : IZZATUL AMNIYAH, SPdI
    Alamat : Suntalangu Kelayu Jorong Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat
    Sekolah : MI NW AIK AMPAT

    Kak Ichsan:
    nama IZZATUL AMNIYAH belum ada pada daftar NUPTK MI NW AIK AMPAT

    Suka

    • Assa. Wr. Wb.
      pa saya mau tanya. saya indra apriandi dari SMP YApissa CIcurug Sukabumi. Saya TMT di sekolah juli tahun 2010. saya di bertugas guru plus operator. saya ingin bertanya. bagaimana status NUPTK saya. apakah di tunda apa gmana? karena sampai sekarang saya belum punya NUPTK.

      Kak Ichsan:
      Nama Mas Indra sudah ada pada database NUPTK, sbb:
      nama :Indra apriandi
      unit kerja : SMP YApissa Cicurug
      status NUPTK: ā€“ (kosong)
      NUPTK: ā€“ (kosong)
      ID NUPTK: 0206.20110916..062004.28844

      Suka

  19. Ass.wr.wb. pak mohon bantuannya tolong carikan nomor nuptk atas nama : NAILIATUL ULWI
    Alamat : Kelurahan Kelayu Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat
    Sekolah : MTs Mualimin NW Kelayu

    Kak Ichsan:
    Sudah saya telusuri, nama MTs Mualimin NW Kelayu tidak ditemukan.

    Suka

  20. Assalamualaikum,,,,,,,,
    saya mau tahu, apakah saya sudah mendapat NUPTK apa belum?
    saya sudah mengajar sejak tahun 2008 di SDN 3 Sokanegara Purwokerto Timur Kab Banyumas.
    Nama : SUHARIYADI
    TTL : Purworejo, 31 Desember 1984

    Kak Ichsan:
    Nama SUHARIYADI belum ada pada daftar NUPTK SDN 3 Sokanegara

    Suka

  21. Assalamu’alikum Pak Ichsan, boleh minta tolong carikan NUPTK atas nama,
    Nama: anita,S.Pd
    Nip : 19840822 201001 2 023
    unit kerja : SMPN 2 Lewa
    Kabupaten : Sumba Timur
    Propinsi : Nusa Tenggara Timur.

    Terima kasih sebelumnya.

    Kak Ichsan:
    Nama anita sudah ada pada daftar NUPTK SMPN 2 Lewa, tetapi NUPTK belum terbit.

    Suka

  22. assalamualaikum
    pak saya sudah dari tahun 2009 mengabdi tapi untuk pengajuan nuptk sulit.
    tadinya saya fikir nuptk itu gak penting, makanya saya tidak terlalu memaksakan saya fikir dengan TU ja cukup,saya hanya ngajar ngajaar dan ngajar.
    kenyataannya bantuan apapun tergantung nuptk,
    t\

    Suka

  23. ka tolong cari atas nama endik kusnadi
    tmpt.tgl.lhir.: smi,25 maret 2012
    unit kerja : SDN 2 CIMANGGU
    Kec. Cimanggu Kab. Sukabumi

    Kak Ichsan:
    NUPTk endik kusnadi SDN 2 CIMANGGU = 3657-7686-7020-0002

    Suka

  24. pak bagaimana mendapatkan NUPTK?
    selama ini susah sekali mendapat NUPTK

    Kak Ichsan:
    Silakan lihat tulisan “prosedur dan syarat usul NUPTK”, klik ikon NUPTK di sisi kanan halaman blog tunas63!

    Suka

  25. Kak tlg carikan nuptk an. LASRI SINAGA, ttl. Pagar batu,14/07/1965, SDN 009 SENAMA NENEK. Kec. Tapung hulu, Kab. Kampar, Riau

    Kak Ichsan:
    nuptk LASRI SINAGA, SDN 009 SENAMA NENEK = 9046-7436-4630-0053

    Suka

  26. Assalamu’alaikum
    Pak …saya mau tanya..teman saya yang bermama sitisarah nurjannah sudah mengajukan untuk permohonan Nuptk..tapi sampai sekarang belum keluar ..sedangkan teman saya yang satu lagi sudah..dan pengajuan Nuptk siti sarah nurjannah lebih dulu…mohon bantuan dan penjelasan .karena dia membutuhkan nomor tesebut sebagai persyaratan kuliah S1 di UT. terimakasih atas tanggapannya

    Kak Ichssan:
    Coba cek dengan aplikasi nuptk webrowser.

    Suka

  27. Assalamu’alaikum
    Pak,saya ingin tahu bagaimana caranya untuk sekolah PLS bisa mendapatkan NUPTK tidak ? Mohon penjelasannya. terimakasih

    Kak Ichsan:
    Prosedur dan syarat usul NUPTK lihat pada tulisan dengan klik ikon “NUPTK” di sisi kanan halaman blog tunas63.

    Suka

  28. Kak tlg carikan NUPTK an. JUWANDI, SDN 034 RIMBA JAYA, Kec. Tapung hulu, Kab. Kampar, Riau

    Kak Ichsan:
    NUPTK a.n. JUWANDI, SDN 034 RIMBA JAYA = 7351-7626-6420-0003

    Suka

  29. Kak tlg crkan nuptk an. JUMRIAH
    SDN 009 SENAMA NENEK, Kec. Tapung hulu, Kab. Kampar, Riau

    Kak Ichsan:
    NUPTK an. JUMRIAH, SDN 009 SENAMA NENEK = 1649-7506-5230-0092

    Suka

  30. Kak tlg carikan NUPTK sy, Nama Hartono, ttl Madiun 16/04/1979,
    SDN 034 RIMBA JAYA, Kec. Tapung hulu, Kab. Kampar. Riau.

    Kak Ichsan:
    NUPTK Hartono SDN 034 RIMBA JAYA = 3748-7576-6120-0002

    Suka

  31. pak kalau sudah ada nama pada daftar nuptk berarti no id peg kita sudah ada. bisa minta tlg lihatkan no-id peg saya an.
    HERLINA SARING
    SMK NEGERI 3 PALU
    SULAWESI TENGAH. TERIMA KASIH

    Kak Ichsan:
    HERLINA SARING
    SMK NEGERI 3 PALU
    NUPTK = belum terbit
    ID NUPTK = 1860.20111116.112519.53685

    Suka

  32. assalamualaikum tlng cek nuptk saya dan ingin tahu. a.n taufik aziz smpn 4 patok beusi kab.subang prop jawa barat.trim’s

    Kak Ichsan:
    Nama taufik aziz belum ada pada daftar NUPTK smpn 4 patok beusi

    Suka

  33. mohon pencerahan, mengapa nuptk webbrowser untuk prov banten kabupaten tangerang seluruh nuptk tidak muncul, sedangkan saya coba untuk kabupaten atau kota yang lain nuptknya muncul…

    Kak Ichsan:
    Ketika saya buka pk 21.30, kab Tangerang dapat menampilkan data dengan normal. Silakan coba lagi, mungkin dengan cara restart.

    Suka

  34. pak,sy bingung kok sampai skrg nuptk say blm keluar,pdhl udah lama di usul,klu di cek blm keluar terus,,pdhl penting bgt,,bantuin dong.namax org kecil jdi susah urus ini itu,,mohon bantuannya pak.udah 2x usul pertama di sdn 155 patudu,yg kedua sdn 140 pa’tengko,sulsel,kab.tator.,mksh sblm n ssdhx,,,

    Kak Ichsan:
    Hasil pengecekan saya, nama arniyani rumbo remak belum ada pada daftar NUPTK pada kedua sekolah tersebut.

    Suka

  35. Assalamualaikum ……….
    Pak……..saya ingin mengetahui NUPTK atas nama Linda Astuti,SD Negeri Kartoharjo,kec. grabag,kab. Magelang prov.Jawa tengah.

    Kak Ichsan:
    nama Linda Astuti belum ada pada daftar NUPTK SD Negeri Kartoharjo

    Suka

  36. Ass.wr.wb! Maaf pak salam kenal, mw nanya pak tentang nuptk knp no sy g’ keluar sedangkan dh lama saya ajukan pada tahun 2010 saya ajukan lewat SMPN 2 Manggelewa,pd 2012 saya ajukan lewat MA. Fadilatul Islamiyah lanci Dompu. Tolong bantu saya! Dari Muhammad Nursin, S.Pd Sekolah : SMPN 2 manggelewa, Madrasah :MA. Fadilatul Islamiyah Manggelewa, TTL : Dompu, 18 agustus 1986, nama ibu : Hj. Hadiah terimah banyak sblmx

    Kak Ichsan:
    nama Muhammad Nursin belum ada pada daftar NUPTK Dari dua sekolah tsb

    Suka

    • Gimana solusi pak supaya saya dapat nomor nuptk.mohon bantu pak.kpn pendataan nuptk lagi!

      Kak Ichsan:
      Coba konsultasi ke LPMP setempat.

      Suka

  37. Assalamu ‘alaikum wr.wb. Salam kenal, nama sy Zulkifli guru non-PNS.
    Kak sy minta tolong, pd thun 2010 sy mngajar di SMK Muhammadiyah Palopo, kota Palopo-Sulsel dan mngusul NUPTK. Tahun 2011 smpai sekarang sy pindah dan mngajar di SMPN 3 Towuti Kab. Luwu Timur-Sulsel dan mngusul NUPTK lg. Kak tolong cek dr kedua skolah tersebut apakah NUPTK sy sdah ada?? Syukran, wassalam.

    Kak Ichsan:
    Pada kedua sekolah tersebut nama Zulkifli sudah muncul tapi NUPTK belum terbit.
    Pada SMK Muhammadiyah Palopo = usulan diproses pada Maret 2011
    Pada SMPN 3 Towuti = usulan diproses pada Des 2011

    Suka

  38. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    apakah masih bisa mengajukan NUPTK untuk teman saya yang belum keluar hingga sekarang. An. Ani Kusmindarwati SD Wringingintung 02 Kec. Tulis Kab. Batang , Jateng. Dia mulai mengajar sejak tahun 2007 hingga sekarang belum keluar NUPTKnya. mohon infonya


    Kak Ichsan:
    Usul NUPTK coba hubungi Dinas Pendidikan Kab.

    Suka

  39. pak, tlg bantuannya..NUPTK saya brp?
    Nama : rike triasandi
    Sekolahan : MTsN al-azhar
    Kec : mojowarno
    Kab : jombang
    Prov : Jawa Timur
    trimakasih atas bantuanya

    Kak Ichsan:
    NUPTK Rike Trias Sandi (ejaan sesuai database NUPTK)= 1842-7616-6230-0052

    Suka

  40. Assalamualaikum…..
    Pak, saya mau tanya tentang status kepegaian istri saya, apakah sudah PNS atau masih honor? karena setelah mengecek data yang bernama Dahlia, tempat tanggal lahir Nipah Panjang 22 Mei 1985, Kabupaten Tanjungn Jabung Timur, Propinsi Jambi, dengan no NUPTK 1854763664300082, ternyata statusnya sudah PNS tapi kenyataannya istri saya masih honor.
    Mohon bantuan dan penjelasannya….. terimakasih.

    Kak Ichsan:
    Lho, status PNS itu kan jelas karena sudah pernah menerima SK PNS. Bapak cek data itu di mana? Kalau pada data itu tertulis honor sedangkan sudah memiliki SK PNS, artinya data itu yang keliru. Kalau yang dimaksud data itu pada data NUPTK maka untuk perbaikan data NUPTK, coba Bapak menemui operator NUPTK di Dinas Pendidikan dengan membawa dokumen bukti.
    Semoga usaha Bapak memperoleh hasil sesuai harapan.

    Suka

    • terimah kasih sebelumnya ,,,saya cek melalui internet search nuptk,,one line,,,,dan waktu pengajuan infasing jga keluar statusnya pns,,,,sekali lg tolong cek data yang bernama Dahlia, tempat tanggal lahir Nipah Panjang 22 Mei 1985, Kabupaten Tanjungn Jabung Timur, Propinsi Jambi, dengan no NUPTK 1854763664300082,,,,terimah kasih

      Suka

    • Slmt siang,pak sy mau tny,istri saya kn sdh 2 thn jd guru honor di smp n 1 monterado kab bengkayang atas nama MARIA RITA YUVIENTI kok kata kepsek nya blm bisa bikin NUPTK,bgmn ni pak,padahal kata bapak minimal 2 thn.
      mohon penjelasan nya……..

      Kak Ichsan:
      Persyaratan di atas saya kutip dari sumber resmi. Coba ditanyakan langsung ke Dinas Pendidikan Kab, sebab usulannya nanti melalui operator Dinas Kab, sekalian bisa tanya persyaratannya.

      Suka

      • selamat pagi pak,….saya mau tnya kemarin mereka isi pertanyaan lwt email tentang pengajuan NUPTK, apa sekarang sudah bisan di cek kh pak nmr NUPTK nya?…….mohon penjelasan bapak. TRIMA KASIH SEBELUM NYA.

        Suka

  41. Selamat malam.
    Saya sudah ada NUPTK (non-PNS) dari SD “A” Kabupaten “B”.
    Kebetulan saya juga bantu2 di sebuah PAUD/TK “C” Kotamadya “D”.
    SD dan PAUD/TK itu ada dalam 1 propinsi, sebut saja Propinsi “E”.

    1. Tahun ini saya diajak teman mencoba mendaftar sertifikasi melalui PAUD/TK “C” Kotamadya “D” tsb. Selain masa kerja, salah satu syarat lainnya daftar sertifikasi adalah harus memiliki NUPTK.

    Pertanyaannya : bisakah NUPTK saya yg dari SD “A” Kabupaten “B” dipakai utk daftar sertifikasi melalui PAUD/TK “C” Kotamadya “D”.

    2. Saya sempat dengar katanya NUPTK bisa untuk dimana2, tapi katanya juga NUPTK SD ya utk SD, ga bisa utk TK, apalagi utk SMP/SMA/PT.

    Katanya juga NUPTK hanya bisa di tempat pembuatan, jadi kalau membuatnya di Jakarta yag hanya utk Jakarta, kalau ke Surabaya, harus buat lagi.

    Karena simpang siur, saya jadi bingung sendiri.

    Kak Ichsan:
    NUPTK itu melekat untuk pribadi PTK (pendidik dan Tenaga Kependidikan) tapi perlu perbaikan data bila terjadi perubahan, misal pindah kerja, mendapat ijazah baru, dll.
    Selain memiliki NUPTK, ijazah juga harus relevan dengan tugas yang diampu.
    Tentang, daftar sertifikasi yang beda antara tempat terbitnya NUPTK dengan satuan pendidikan, saya velum paham, coba tanya ke Dinas Pendidikan sebelum mengambil keputusan.

    Suka

  42. siang kak icsan,, mo minta tolong cariin NUPTK
    sandy yuliana
    SDN Grogol 1
    kabupaten kediri

    Sri Wulan Presetiani
    SDN Grogol 1
    Kabupaten Kediri
    terima kasih

    Kak Ichsan:
    Berikut hasil penelusuran dari database NUPTK:
    Sandy Yuliana = 6936-7626-6321-0172
    Sri Wulan Prasetiani = 4235-7686-7021-0013

    Suka

  43. Assalamu’alaikum wr wb
    Kak Ihsan, bagaiman LKD NUPTK Non Formal yang sudah ada?

    Kak Ichsan:
    Saya belum paham maksudnya, tolong diperjelas maksud LKD NUPTK, mungkin saya bisa bantu.

    Suka

  44. Asslkum….maaf pak ,,,saya mau tanya apakah saya sudah mendapatkan NUPTK???
    Atas nama SUHARTINI sekolah TK IT ANTARIKSA Cimanggis depok,,,,
    Mohon dibalas terima kasih…

    Kak Ichsan:
    Hasil penelusuran saya, tidak menemukan nama TK IT ANTARIKSA Cimanggis.

    Suka

  45. mas ichsan, istri sy dah 4 x bolak-balik ke dinaspend. kota bandung untuk mengajukan nuptk (persyaratan lengkap) tp selalu dipersulit/ditolak,malah kabarnya harus bayar, pertanyaannya, bisakah daftar langsung ke LPMP (Di Cimareme kalo gak salah)

    Kak Ichsan:
    Jalurnya tetap melalui Dinas Pendidikan, kemudian Dinas Pendidikan kirim ke LPMP.
    Tapi, usulan NUPTK saat ini masih tutup, baru dibuka pada Agustus. Baca info lebih lanjut di sini

    Suka

  46. mas ichsan, bagaimana cara login registrasi ulang data ptk-pnf tahun 2012 yang akan dilakukan pada bulan mei 2012?

    Kak Ichsan:
    Maaf, sat ini, saya belum tahu masalah ini.

    Suka

  47. Sdh hampir 2 tahunnuptk sy kok blm keluar

    Suka

  48. Assalamu’alaikum..
    maaf pak , sya mw tanya, NUPTK sya sdh kelwr blm. sudah 2 tahun yang lalu sya ngajukan.. ats nama MUTIAH sekolah TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL Tl. Jembatan, Kec. Abung Kunang Kab. Lampung Utara..
    ats jwbannya sya ucpkan trmksh…

    Kak Ichsan:
    Nama MUTIAH belum ada pada daftar NUPTK TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL Tl. Jembatan

    Suka

  49. pak.. saya ingin tahu, apakah punya saya sudah keluah NUPTK nya.??
    atas nama SAPUAN sekolah ulumul quran kec.bebesen kab.Ateh Tengah prov.aceh

    Kak Ichsan:
    Nama sekolah harap diperjelas: SD, MI, Mts dll.

    Suka

  50. saya binggung cara membuat NUPTK krna sekolah tdk ada pemberitahuan padahal sya sdh bekerja 4 thn

    Suka

  51. Ass. wr. ka ichsan yth, gmana caranya agar NUPTK saya bisa diterima, soalnya di daftar itu tertulis bisa diproses…apa saya harus usul ulang atau ditunggu saja?nama saya Muhammad Nur MTs. Darul Kamilin Jati Bakan kecamatan janapria lombok Tengah NTB..trims sebelumnya

    Suka

  52. Ass.Kak Ihsan yang terhormat,gimana caranya biar NUPTK sy bisa keluar disitu tertulis “bisa diproses” saja dan sudah lama sekali,pernah juga daftar lagi tapi belum juga diterima bisa diproses saja minta sarannya,atau saya tunggu aja Trims sebelumnya.

    Suka

  53. Asslmkm kak,,nuptk yg saya lihat disini mengapa tidak sama dengan nuptk sy di dinas kabupaten ,,karena sy sudah cek didinas kabupaten pada18 maret 2012. .,, saya cek disini ( melalui blog sergu tunas 63 ) masih data lama,,terus no nya beda sekali,,lalu yang mana yg benar,,data disini atau data di kabupaten saya,, trims ya kak,tolong pencerahannya…

    Kak Ichsan:
    Maaf, saya belum paham Mbak Desy, yang dimaksud NUPTK melalui blog sergu tunas63.
    Saran saya, gunakan saja NUPTK yang selama ini dipakai. Pada Mei nanti akan ada registrasi ulang secara nasional.

    Suka

  54. Kak, tolong dong carikan NUPTK atas nama:

    Diana Sari
    SDN 3 Kalirejo lampung tengah

    Tuharti
    SDN 2 kalirejo lampung tengah

    Prasetiawan, S.Pd.I
    SDN 1 Kaliwungu Lampung tengah

    tolong banget ya kak…

    Kak Ichsan:
    Maaf, saat itu, server NUPTK sedang gangguan.
    Diana Sari = nama sudah ada pada daftar NUPTK, tapi NUPTK belum terbit
    Tuharti = nama belum ada pada daftar NUPTK
    Prasetiawan = nama sudah ada pada daftar NUPTK, tapi NUPTK belum terbit

    Suka

  55. Kak ikhsan.. tlong saya dibantu yaa? Bagaimana sih cara menghitung masa kerja di nuptk, misal cpns saya TMT 01-01-2005 dengan masa kerja 3 tahun 0 bulan, tidak pernah sukwan, berapa masa kerja saya per 1 januari 2012 kemarin? karena di data nuptk saya skarg per 1 januari 2012 masa kerja 07thun 11 bulan. tolong dibalas dan trima kasih sebelumnya

    Kak Ichsan:
    Masa kerja pada data NUPTK dihitung berdasarkan SK tugas yang dilampirkan saat usulan NUPTK. Kalau belum pernah sukuan, berarti masa kerja Mbak Puspa dimulai sejak 01-01-2005 dan saat ini 07 tahun 11 bulan sudah benar.
    Sedangkan masa kerja 3 tahun 0 bulan itu adalah masa kerja golongan.

    Suka

  56. Pak, mohon bantuannya apa nuptk kami sudah jadi? atas nama neni ekawati dan yuliyanan SDI Pelita Hati kec. lenteng kab sumenep Madura Jatim. terima kasih atas bantuannya.

    Kak Ichsan:
    Nama neni ekawati dan yuliyana sudah ada pada daftar NUPTK, tapi NUPTK belum terbit.

    Suka

  57. Ass.wr.wb. Pak Ichsan..saya minta tolong dicarikan nomor NUPTK atas nama YULI HAULIYATIN NAHDLAH
    Sekolah : MI NW AIK AMPAT Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat.

    Kak Ichsan:
    Nama YULI HAULIYATIN NAHDLAH belum ada pada daftar NUPTK MI NW AIK AMPAT

    Suka

  58. aslm.met malam kak ichsan.saya mau minta tolong dicarikan nuptk saya udah terbit belum.
    nama : Ahmad satibi
    asal sekolah : Mts Ma’arif 19 Gedung Ratu
    TTT : Gedung RaTU, 18 Mei 1986
    ALAMAT : Desa Gedung Ratu kEcamatan Anak Ratu Aji Kab. Lampung Tengah

    Kak Ichsan:
    Nama Ahmad Satibi sudah ada pada daftar PTK tapi NUPTK belum terbit.

    Suka

  59. ass.wr.wb., kak ichsan
    mohon bantuannya unk megetahui & mencetak nuptk ibu kami a.n. Mukminah A. Bakar, S.ag
    ttl : Bima, 8 des. 1953
    nama ibu : asiah.

    sy sdh coba cari, tp blm berhasil2. kasihan ibu saya, selalu diinfokan “sedang diproses”….sampai mendekati batas akhir tgl 7 Maret 2012 ini…belum jg diberitahu brp nuptknya :((

    terima kasih sebelumnya atas bantuan kak ichsan. smga Allah swt memberikan balasan yg baroqah…amiiin

    Suka

  60. Kak Ichsan, tolong minta bantuan Cara Cetak NUPTK, komp saya pakai office 2010

    Kak Ichsan:
    Maksudnya mencetak data NUPTK dari aplikasi nuptk webrowser?
    Tampilan data dari aplikasi nuptk webrowser memang hanya untuk dilihat dan tidak bisa di-print.
    Bila ingin mengopi agar tidak menulis dapat disiasati dengan memanfaatkan fasilitas pada keyboard komputer, caranya:
    > buka data dari aplikasi nuptk webrowser
    > tekan tuts “print sreen”, di deret atas kanan (cara ini sama dengan klik “copy”)
    > buka jendela word, dan “paste”
    Semoga info sederhana ini ada manfaatnya.

    Suka

  61. salam kenal saya putu dari bali saya sudah punya no NUPTK dan kartu NUPTK tapi di kartu NUPTK itu isi masa brlaku kartu dan kartu yg saya punya masa berlakuny sudah abis yg saya tnyakan kemnaa saya arus memprpanjang kartu nuptk saya lagi?terimakasih

    Kak Ichsan:
    Kartu NUPTK itu kebijakan daerah, andai masa berlaku kartu habis, NUPTK tetap bisa dipakai.
    Untuk alamat memperpanjang kartu, bisa dilihat pejabat yang tandatangan, mungkin Disdik.

    Suka

  62. Assalamu’alaikum. Afwan ka ichsan minta tolong carikan data nuptk udah keluar pa belum atas nama :
    nama : ahmad satibi
    ttl : gedung ratu, 18 mei 1986
    asal : Mts 19 Ma’arif Gedung Ratu Kec. Anak Ratu Aji kab. lampung tengah. Propinsi Lampung.

    nama : Melania ragil puspita
    asal : SDN 2 Srimulyo kec. anak ratu aji kab. lampung tengah propinsi lampung

    jazakallah khoiron katsiro.

    Kak Ichsan:
    Nama Ahmad Satibi ada pada daftar NUPTK tetapi NUPTK belum terbit, sedang nama Melania belum ada.

    Suka

  63. Pak…Ichsan Minta tolong bantuannya dicek nuptk
    nama : misrawati
    sekolah : PAUD Kelompok Bermain Nur Falah
    Kecamatan : Rambah Samo
    Kabupaten : Rokan Hulu
    Propinsi : Riau

    nama : nora peli
    sekolah : PAUD Kelompok Bermain Harapan Bunda
    Kecamatan : Rambah Samo
    Kabupaten : Rokan Hulu
    Propinsi : Riau

    terima kasih atas bantuannya..

    Kak Ichsan:
    > Data NUPTK PAUD Kelompok Bermain Nur Falah, belum berhasil saya temukan
    > Data NUPTK PAUD Kelompok Bermain Harapan Bunda berhasil saya lihat, tapi nama Nora Peli belum ada.

    Suka

  64. tolong infonya,saya dulu ngajar di riau waktu itu masih honor tp udah punya nuptk,trus 2010 saya lulus pns di sumatra barat,yang jadi pertanyaan bagi saya apakah saya harus buat nuptk yang baru atau yang dari riau kemaren aja ?

    Kak Ichsan:
    NUPTK tetap yang sudah dimiliki. Tapi karena ada perubahan data (menjadi PNS dan tempat tugas baru) maka perlu lapor ke Disdik di Riau agar dilakukan perbaikan data (dengan membawa SK tempat tugas baru).

    Suka

  65. Bagaimana bila seorang Guru memiliki 2 (dua) NUPTK, apakah salah satu NUPTK harus dibatalkan?? Bagaimana caranya dan kemana harus dilaporkan ????

    Kak Ichsan:
    Pasti harus punya satau NUPTK, kalau ada dua NUPTK, bisa merugikan yang bersangkutan. Coba lapor ke Dinas Pendidikan. Pastikan NUPTK yang dipilih adalah yang sudah (sering) dipakai.

    Suka

  66. salam kak ikhsan, saya neni purnamasari, NUPTK 643875665730033, januari kmaren saya lolos utk dapat A0, tapi A1 nya ga turun bln Februari ini saat tmen2 yg laen sdh mndapatkannya, alasannya dari Dinas Kota Serang, katanya karena mutasi, critanya saya honor di SDN I Mandalaherang Sumedang dari Tahun 2005 s.d 2007, tahun 2007 saya pindah ke SDIT Insantama Serang sampe skarang, dan SK krja dll dari SD mandalaherang sumedang tidak diakui/diterima di Kota serang ini , jadi di anggap tidak pernah ada, dan pihak dinas memberi waktu sampe hari senin tg 13 Februari ini, utk melakukan perbaikan2, karena tgl 14 sdh masuk pmbekalan PLPG, pertanyyaannya APA YANG HARUS DIPERBAIKI? truzz kira kira apa alasan SK yg dulu ga di akui ? lalu bagaimana agar saya dapat mendapatkan hak saya lagi yang terhapus di tmpat sbelum mutasi?TERIMA KASIH SEBELUMNYA

    Kak Ichsan:
    Bukti telah bekerja di sekolah sebelumnya adalah SK penugasan di SDN I Mandalaherang, kemudian tambahkan surat keterangan dari Kepala Sekolah dibuat sekarang yang isinya bahwa Mbak Neni bekerja di SDN I Mandalaherang sejak tanggal … s.d. … dan bila perlu surat keterangan ini mengetahui Kepala UPTD Pendidikan.
    Perbaikan yang dimaksud adalah data pada A0 yang tidak sesuai fakta: nama, tgl lahir, masa kerja, dll.
    Nah, kalau masa kerja tidak sesuai, maka perlu diperbaiki dan didukung bukti tadi. (foto kopi surat penugasan dilegalisasi, surat keterangan harus asli.
    Ok, Mbak Neni, semoga perjuangan Mbak Neni dirahmati Allah SWT.

    Suka

  67. Pak ,apa nmr nuptk bisa sy dpt bln ini? Sy merasa sedih, blm dpt nuptk? Trims

    Kak Ichsan:
    Coba dicek pakai aplikasi nuptk webrowser.

    Suka

  68. kak iksan , tolong di carikan NUPTK saya :
    nama : Henny Susianawati , MS
    sekolah : SDK YBPK PURWOREJO SEGARAN
    alamat : ds.segaran kec.wates kab.kediri prov.jawa timur

    Suka

    • saya akan membantu k ichsan menjawab….atas nama HENNY SUSIANAWATI. MS tidak ada dalam daftar SD Kristen YBPK Purworejo..yang ada atas nama HENNY INDRAWATI kelahiran Kediri..

      Suka

    • TOLONG DI JAWAB TO KAK IKSAN , BUTUH BANTUAN šŸ™‚

      Suka

  69. Kak Ichsan, tolong minta bantuan dicekkan untuk NUPTK saya
    Nama : DIAH RINI KUSWANDARI
    Sekolah : SD Manyaran 02
    Kecamatan : Semarang Barat
    Kota : Semarang
    Propinsi : Jawa Tengah
    Trimakasih sebelumnya.

    Kak Ichsan:
    Nama DIAH RINI KUSWANDARI sudah muncul pada daftar NUPTK SDN Manyaran 02, tetapi NUPTK masih kosong dan keterangan status juga kosong.

    Suka

    • untuk Mba Diah..agar melapor ke Dinas Pendidikankabupaten tempat Mba mengajar soalx saya liat data di input 2007 tapi nomor belum keluar…

      Suka

  70. Saya memiliki 2 (dua) NUPTK yang berbeda, bagaimana caranya membatalkan salah satu NUPTK saya???? Kemana saya harus melapor????

    Kak Ichsan:
    Lapornya ke Dinas Pendidikan (Kepegawaian, operator NUPTK).
    Sebelum melapor, pastikan satu NUPTK yang dipilih adalah yang sudah sering dipakai.

    Suka

  71. Tlg dibantu dicarikan no. NUPTK

    Nama : Ida susanti
    Sekolah : SD N 1 curug wetan
    Kecamatan : susukan lebak
    Kab : Cirebon
    Provinsi : Jawa barat

    Terima Kasih sebelumnya

    Suka

    • saya akan membantu k ichsan menjawab kalo atas nama IDA SUSANTI di SDN 1 CURUG WETAN belum masuk dalam daftar SDN 1 Curuk wetan…kalo bisa datang langsung di kantor dinas pendidikan Kab.cirebon untuk menanyakan kepastiannya

      Suka

  72. Tolong di cek No.NUPTK teman2 guru Honor saya dari SMP Negeri 6 Duampanua Kab.Pinrang-Sulsel,soalnya sampai sekarang belum ada No.NUPTKnya.terima kasih atas perhatiannya.wassalam

    Kak Ichsan:
    Ada 12 nama yang semuanya berstatus “diajukan” (NUPTK dalam proses penerbitan).

    Suka

  73. kak, tolong carikan NUPTK
    atas nama

    TUHARTI SDN 2 Kalirejo

    Prasetiawan SDN 1 Kaliwungu.

    Udah 6 bulan NUPTKnya Blm Keluar…
    Trim’s

    Kak Ichsan:
    Tolong, ditulis ulang yang lengkap kab atau kota dan provinsi.

    Suka

  74. pa..kmarin sewaktu saya cek dgn NUPTK webbroser..nama saya sudah ada tapi..nomor NUPTKnya belum ada..kenapa bisa sperti it yah pa..kira-kira masalahnya dimana..

    Kak Ichsan:
    Kira-kira proses belum tuntas. Secara berkala coba dicek.

    Suka

  75. Nama rusmiaty,s.pd tlh dinyatakan lulus berkas sergur 2012. Kapan tes tertulis dlaksanakan? Mau tanya nuptk an.eva maria dan uanto peg tkn penbina palangkaraya kalteng

    Kak Ichsan:
    Uanto, NUPTK 2844-7366-3811-0072
    Eva Maria, NUPTK 9935-7636-6421-0112
    Nama sekolah: TKN Pembina Palangka

    Suka

  76. sejak 2007 saya ngaiar di sd negri 105 sumpang alee kab,soppeng,sul-sel,kemudian 2011 saya pindah ke MIS YPRI Wawondula kab.luwu timur,sul-sel.yg mw saya tanyakan NUPTK Saya masih bisa dipakai nggak,makasih banyak….

    Kak Ichsan:
    NUPTK bisa dipakai seterusnya selama menjadi guru. Kalau mutasi kerja, perlu lapor ke Dinas Pendidikan (operator NUPTK) untuk dimutasikan data NUPTK ke tempat tugas baru.

    Suka

  77. Pak Ichsan tolong dicek juga nomor NUPTK atas nama IZZATUL AMNIYAH,S.Pdi Mengajar di MI NW AIK AMPAT Provinsi Nusa Tenggara Barat Kabupaten Lombok Timur kecamatan Selong.

    Suka

    • berdasarkan penegecekan saya di NUPTK web browser..cuma satu saja nama yg terdaftar di MI NW AMPAT…hanya atas nama DEWI RATNA SURYANI….atas nama IZZATUL AMNIYAH..belum masuk dalam daftar

      Suka

  78. Pak Ichsan saya minta tolong dicarikan nomor NUPTK atas nama FATHURRAHMAN Tugas di MTs NW Aik Ampat Propinsi Nusa Tenggara Barat Kabupaten Lombok Timur Kecamatan Selong.

    Suka

    • belum terdaftar di daftar PTK atas nama FATHURRAHMAN di MTs NW Aik Ampat…kalau bisa ajukan kembali ke kantor dinas Pendidikan Lombok Timur

      Suka

  79. kak ichsan,tlg di cek kan nuptk atas nama istiqomah nc dari tk/RA aisyiyah ponggok blitar apa sudah ada?bila ditempat ngajar terdahulu sudah dapat nuptk,kita pindah kota,ngajar jg,apakah qt harus mendaftar ke diknas n buat nuptk lagi,ato kita pake nuptk lama?gmn cara ngurusnya kak?makasih jawabannya..

    Suka

  80. assalamualaikum.
    Pak…saya ingin tahu, saya sudah mendapatkan no NUPTK bagaimana cara untuk membuat kartu NUPTK apa bisa datang sendiri atau kolektif dari sekolah, kalau pribadi apa saja syarat yang harus dipenuhi.
    Trims.
    Balas

    Kak Ichsan:
    Kartu NUPTK itu kebijakan Dinas Pendidikan. Untuk itu, ditanyakan saja ke Dinas Pendidikan setempat. Dinas Pendidikan Kab/Kota yang belum membuat kebijakan menerbitkan NUPTK juga banyak.

    Suka

  81. assalamu’alaikum wr.wb
    sebelumnya minta maaf sudah mengganggu.mas minta tolong ya, tolong cekin nuptk saya A/N abdul fatah dr mts sabilul huda bojonegoro jatim.sudah 1 tahun saya mengajukannya tp kok belum ada kabarnya sama sekali.terimakasih atas bantuannya. wassalamu’alikum wr. wb

    Kak Ichsan:
    Nama Abdul fatah belum muncul pada database NUPTK MTs Ngumpakdalem.

    Suka

  82. assalamualaikum….mo menanyakan nuptk a.n fegga analiya di sd negeri 2 lungbenda kecamatan palimanan kabupaten cirebon, jawa barat sudah di proses belum ya,, mohon di bantu mas..
    terima kasih

    Kak Ichsan:
    Hasil pengecekan saya, nama Fegga Analiya sudah muncul pada database NUPTK SDN 2 Lungbenda tetapi NUPTK dan status NUPTK masih kosong.

    Suka

  83. assalamualaikum
    tolong Pakā€¦saya ingin tahu, apa saya sudah mendapatkan NUPTK?
    Atas nama ABDUL JALIL sekolah MA NAHDLATUL ULAMA’ Kec. KEMBANG Kab.JEPARA Prov.Jawa TENGAH

    Kak Ichsan:
    Hasil pengecekan saya, nama Bapak belum muncul pada database NUPTK MA NAHDLATUL ULAMA Jinggotan

    Suka

  84. maaf pak..
    mau tanya..
    selama 2 tahun lebih saya menjdi guru honor.. itu sebelum saya lulus, sedangkan saya baru lulus tahun 2011 bulan juli. apakah saya sudah bisa mengajukan NUPTK atau belum?
    terima kasih banyak

    Kak Ichsan:
    Bisa, syarat masa kerja minimal 2 tahun. Baca syarat selengkapnya pada tulisan di blog ini, lihat di kanan halaman blog.

    Suka

  85. assalamu’alaikum wr.wb.
    pak, ijin untuk copy tulisan, untuk blog.
    salam kenal…
    wassalamu’alaikum wr.wb

    Kak Ichsan:
    Waalaikum salam wr. wb.
    Mangga Mas, jangan lupa sumber ditulis dengan jelas. Semoga info yang kita sajikan dirahmati Allah SWT.
    Salam persaudaraan dan semangat!

    Suka

  86. assalamualakum
    Pak…………. saya ingin tahu, apa saya sudah mendapatkan NUPTK ?
    atas nama SEPTYA NOVI WIDYAWATI sekolah SDN Karanganyar 1 Kec. Kraton Kab. Pasuruan Prov. Jawa Timur.
    Trim’s

    Kak Ichsan:
    Sudah saya cek, nama Ibu belum muncul pada database NUPTK SDN Karanganyar 1.

    Suka

  87. pak tolong cek nuptk atas nama Ni putu nanik aryantini,SE sekolah : smp negeri 1 penebel,kec penebel,kab Tabanan,prov BALI terima kasih banyak.

    Kak Ichsan:
    Ni Putu Nanik Aryantini
    SMPN 1 Penebel
    NUPTK: 2852-7596-6030-0102

    Suka

  88. assalamualaikum…! tolong cek nuptk saya pak! A/N endang kurniawati dari sdn 41 kota bima sudah ada atau belum

    Kak Ichsan:
    Saya temukan nama yang mirip sbb
    Nama: ENDANG KURNIATI
    SDN 41 Kota Bima
    NUPTK: 7360-7546-5821-0003

    Suka

  89. PAK SAYA MINTA TOLONG DI LIHATKAN APAKAH NO nuptk SAYA SUDAH KELUAR titi ayu andari tk. pusporini sawahan rembang jateng

    Kak Ichsan:
    Nama Ibu belum muncul pada databse NUPTK.

    Suka

    • pak saya minta tolong apakah no NUPTK saya sudah keluar? titi ayu andari tk. pusporini sawahan rembang jateng

      Suka

  90. Pak saya minta tolong apakah no NUPTK saya sudah ada apa belum nama saya TITI AYU ANDARI , TK. PUSPORINI SAWAHAN REMBANG JAWA TENGAH

    Suka

  91. ass….
    mas maaf saya ingin tahu apa saya sudah mendapatkan NUPTK?
    atas nama Wiwit Mushofihah, S.Pd sekolah SDN 2 MAJASARI Kecamatan sobang Kabupaten Lebak Provinsi Banten
    saya sudah mendaftar tahun 2010 tapi saya belum dapat NUPTK sampai sekarang
    mohon informasinya
    trima kasih

    Kak Ichsan:
    Nama: Wiwit Mushofihah
    Sekolah SDN MAJASARI 02
    NUPTK: 6361-7606-6121-0073

    Suka

  92. pak bagaimana cara mutasi NUPTK dalam satu yayasan dalam naungan kemenag. Sya sdh ngajukan tp blm ada perubahan.dlu ajukan NUPTK ke MA. AL-FUDLOLA’ tp kluarnx MI. AL-FUDLOLA’.Minta tolong penjelasannya. Makasih..

    Kak Ichsan:
    Coba lapor ke Kemenag Kab (Mapenda).

    Suka

  93. Asslmualaikum…
    Tlong pak cek NUPTK saya,
    Nama : rosiyati dewi,SE
    instansi : SMK NUSANTARA RANTAU RASAU
    KEC.RANTAU RASAU KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI
    TERIMA KASIH
    wassalamalaikum….

    Kak Ichsan:
    Nama : Rosiyati Dewi
    Sekolah : SMK NUSANTARA RANTAU RASAU
    NUPTK: 8557-7646-6521-0102

    Suka

  94. Assalamu’alaikum. Ternyata byk komentar n keluhan diatas yg senasib dgn sy ttg NUPTK yg telah diusul tp blm jg mdpat hsil. Sdah 2 thun sy mengajukan permohonan NUPTK dan info trakhir yg sy dpt dr dinas PK bahwa berkas sy sdang dproses dan berkas trkhir yg sy ajukan april 2011, knp ya tuk urus NUPTK saja susahnya minta ampun! Mungkin ini slah stu prjuangan. Wlo bgaimana pun sy hrus smgat n jgn pantang mnyerah. Tlisan2 bpak tnyta sgt mmbantu dan bmanfaat. trimakasih sblmnya ats smua info bpk.
    Tlong pak dicek NUPTK sy dah kluar blm.
    Nama :Kinsky Ananta Helmy. S.Pd.I .
    Tgas di MAS Samudera, Geudong.
    Kec.Samudera.
    Kab.Aceh Utara.
    Prov.Aceh
    Trimakasih ya pak.
    Salam…

    Kak Ichsan:
    Nama :Kinsky Ananta Helmy
    Sekolah: MAS Samudera
    NUPTK: 6452-7656-6621-0073

    Suka

  95. Assalamu alaikum,

    Pak Ichsan, saya mhn info mengenai syarat2 pengajuan NUPTK krn pd waktu saya ke SUDIN JAKUT untuk mengajukan permohonan NUPTK ditolak dengan alasan masa kerja belum 4 tahun padahal saya telah menjadi guru tetap dan sesuai dengan yang keterangan yang Bapak tulis bahwa masa kerja minimal 2 tahun. Menurut Bapak, bagaimana solusinya agar saya bisa mendapatkan NUPTK ?

    Terima kasih atas jawabannya, semoga Allah membalas amal baik Bapak.

    Wassalam,
    Ibu Rivi

    Kak Ichsan:
    1. Penuhi persyaratan sebagaimana ketentuan.
    2. Usulkan kembali ke diknas dengan tambahkan bukti ketentuan dari web Kemendiknas, lihat di sini (kemudian print). Sampaikan dengan baik-baik.
    Bila tetap menolak dengan alasan tertentu, mintalah penjelasan/bukti peraturan yang ia maksud.
    Ok, Bu semoga usaha Ibu dirahmati Allah SWT.

    Suka

  96. mas ikhsan…. sungguh besar baik budi anda.. walaupun bukan tugas anda tapi anda mau membantu sesama… semoga allah swt membalas semuanya…. ada yang mau saya tanyakan….
    1. bisa atau tidak NUPTK didaftar secara langsung atau online tanpa melalui prosedur bag. ketenagaan kab. ?
    2. kenapa hanya guru yang mendapat kan tunjangan? kenapa tenaga pendidikan tidak pernah di berikan? apakah ada peraturan nya?

    Kak Ichsan:
    Amiin. Matur suwun doa Mas Bobby, semoga kita dirahmati Allah SWT.
    Yah . . . memang berat Mas, sudah telanjur buka blog dengan misi Berbagi Ilmu dan Persaudaraan. Walau berat tapi ada kepuasan manakala tulisan yang ada beranfaat.
    Setiap hari rata-rata ada 15 komentar bahkan tidak jarang di atas 20, sungguh butuh waktu yang ekstra karena yang mayoritas minta bantuan mencari “NUPTK” dan “NISN”.
    Ok, Mas BObby, usulan NUPTK hanya bisa secara kedinasan (sampai saat ini belum ada layanan secara online). Operator NUPTK paling rendah ada di Dinas Pendidikan Kab/Kota.
    Semoga tenaga kependidikan selain guru juga segera mendapatkan perhatian.

    Suka

  97. Mas minta tolong lagi ya! hehehe .Minta Tolong dicarikan data nuptk, atas nama ARINI MUSTAIDAH,S.Ag.
    Unit kerja:mts wahid hasyim kab.Blitar jawa timur. Trims

    Suka

  98. Assalammualaikum Mas Ichan tolong lihatin NUPTK saya (guru honorer di Papua Barat) 1. Nama: Guruh Satria Wibowo Tempat Tuggas: SD Inpres II Fakfak Kab: Fakfak Provinsi: Papua Barat. Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā 2. Nama:Suyanto Tempat Tugas:SD Inpres II Fakfak Kabupaten:Fakfak Provinsi:Papua Barat Terimakasih atas pertolongannya Mas Ichan wassalammualaikm wr…wb….

    Suka

  99. Asslmualaikum…
    Pak tlong liatin NUPTK atas
    nama : Rosiyati Dewi, sekolah : smk nusantara rantau rasau, Provinsi : jambi, kab. Tanjung jabung timur.
    trims….
    Wassalam

    Suka

  100. Assalmualaikum..
    pak … saya mau tanya kenapa NUPTK saya tidak keluar keluar padahal saya sudah daftar berkali2
    tolong diperlihatkan…terimakasih
    atas nama Tiger Ruswanto
    surabaya 30 januari 1965
    MTs Al Asy-Ariyah banjarsari bandarkedungmulyo jombang jawa timur
    harap bantuannya

    Kak Ichsan:
    Hasil penelusuran saya, nama Bapak belum ada pada databse nuptk M Ts. Asyariyah.

    Suka

  101. saya seorang guru gtt di kab kediri,sejak 2004,dI SD.,kok gak ada pengakatan,pns. kata 2010,ada berita ada pengakatan,sampai 2011.kok gak ada,trs gaji dari sekolahan cuma 125,ribu,trs gaji dari daerah kok gak ada pada kota dan kab lain ada,cuma kab kediri tok,sambil bakul gorenga.

    Kak Ichsan:
    Hayo, kalau berita dan fakta begini, apa kata dunia?

    Suka

  102. Saya mengajar di SD dr Januari 2009 – Juni 2010, lalu dr Juli 2010 – sekarang saya mengajar di SMP.

    Pertanyaan saya, apakah saya sudah memenuhi syarat untuk mengajukan NUPTK?

    Kalau saya sudah memenuhi syarat, berkas2 apa saja yg perlu dilampirkan saat mengajukan NUPTK ke dinas? trima kasih…

    Kak Ichsan:
    Syarat masa kerja sudah terpenuhi,
    Untuk usul: mengisi formulir pendataan PTK yang dapat diunduh di akhir tulisan di atas, foto kopi SK penugasa awal dan akhir yang disahkan, ft kopi ijazah, usulan dikirim ke dinas pendidikan bagian kepegawaian.

    Suka

    • Makasih pak atas infonya…

      Apakah yg dimaksud melampirkan foto kopi SK awal dan akhir adalah foto kopi SK awal saat di SD dan SK akhir yg sekarang di SMP?

      Mohon penjelasannya? trima kaih…

      Suka

  103. Pak tolong bgt cek kan NUPTK saya ANDRIYANTO, CILACAP 19 DESEMBER 1974 SMK SRIWIJAYA KARANG PUCUNG KAB. CILACAP JAWA TENGAH kalo bisa jawabnnya lewat email saya nggih…maturnwun…

    Kak Ichsan:
    Hasil pengecekan saya, pada database NUPTK SMK SRIWIJAYA KARANG PUCUNG ada 4 nama tapi nama Bapak belum ada.

    Suka

  104. tolong dicarikan NUPTK atas nama Agustina Marsie,
    SMPN 6 Mengkendek Kab.Tana Toraja Prop. Sulawesi selatan. Tks

    Kak Ichsan:
    Maaf, pada database nuptk web browser belum memuat nama lembaga SMPN 6 Mengkendek.

    Suka

  105. NUPTK atas nama juraidi apa sudah keluar.SDN lueng Keubeu Jagat Kec.Darul Makmur Kab,Nagan Raya Aceh

    Suka

  106. Tlg dibantu dicarikan no. NUPTK

    Nama : Suardi
    Sekolah : SD Inpres Tidung I
    Kecamatan : Rappocini
    Kota : Makassar
    Provinsi : Sulawesi Selatan

    Terima Kasih sebelumnya

    Kak Ichsan:
    Nama : Suardi
    Sekolah : SD Inpres Tidung I
    NUPTK: 3934-7616-6211-0052

    Suka

  107. Mengakses info NUPTK lewat web browser.exe,bisa lewat PC/Notebook maupun Hp yang berkemampuan internet,Hp juga mampu mendownload file file yang ada,tapi membaca file hasil unduhan tidak selamanya perangkat monitoring mampu membaca file tsbut(,PC & Notebook tidak ada masalah),tapi kalo menggunakan Hp pasti tidak bisa membacanya,karena browser yang bekerja pada file (exe,zip,rar,cab & sejenisnya),bukan browser.txt, file yang dapat dibaca oleh Hp.
    Sekedar saran alangkah lebih mudahnya lagi,kalau yang pengguna Hp,juga bisa melihat dan membaca data data NUPTK itu lewat Hp,tanpa harus lewat Komputer atau NtBook-nya.

    Aplikasi Hp Adobe Reader PDF mampu membaca file pdf, aplikasi pembaca file data ini terdapat pada Hp Symbian S60v5, S60v3 & S40.
    Nah,Apakah kita kita yang pengguna Hp boleh dibuatkan semacam link yang isinya sama persis dengan nuptkwebbrowser.exe dicopy atau dialihkan ke dalam file PDF supaya hasil download Hp bisa juga membaca informasi tentang NUPTK ?????

    Semoga saran dan permohonan ini sekiranya dapat dipertimbangkan,terima kasih !

    Suka

  108. pak ichsan, tolong dibantu saya untuk mencari nomor NUPTK saya.
    atas nama:
    Ferrydika Indra Yuana
    SDN BONO
    kecamatan Pakel
    kabupaten Tulungagung
    Jawa timur

    terimakasih

    Kak Ichsan:
    Hasil pengecekan saya, nama Bapak tidak/belum ada baik pada SDN 1 Bono maupun SDN 2 Bono.

    Suka

    • Kak Ichsan:
      saya Endik Nur Roman dari SDN Gebang 1 Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, saya mengajukan NUPTK 2x kok ditolak terus sama Dinas Pendidikan Kabupaten padahal masa krja saya sudah 2 tahun.
      saya mohon bantuannya bagaimana caranya saya bisa mendapatkan NUPTK?
      trima kasih.

      Kak Ichsan:
      Dari pengecekan saya, ada 17 NUPTK yang tervit untuk SDN Gebang I tetapi nama Bapak belum ada.
      Mengajukan ditolak? Alasannya apa?

      Suka

  109. saya mau bertanya sekaligus memohon bantuan kepada Bapak/Ibu DIITJEN PMPTK Yth, sepengetahuan saya sesuai dengan tuntutan UU SISDIKNAS NO.20 tahun 2003 dan UU GURU DAN DOSEN NO.14 tahun 2005 ada 10 kriteria yang harus dilaksanakan, salah satunya :Diberikan tunjangan khusus bagi PTK, yang saya ingin tanyakan kepada Bapak/Ibu DITJEN PMPTK Yth, kenapa saya belum mendapatkan tunjangan tersebut, padahal saya mempunyai NUPTK sejak tahun 2007, dan saya memohon yang sebesar besarnya kepada Bapak/Ibu DITJEN PMPTK, dapat membantu saya, sekaligus memperhatikan kesjahteraan saya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Suka

    • buat saudara guru diatas… coba cek kembali ke DINAS PENDIDIKAN setempat… faktor utama sebab terjadi nya anda tidak mendapat tunjangan adalah kurangnya jam mengajar disekolah… ada ketentuan jam mengajar tetap yang harus dipenuhi untuk mendapat tunjangan NUPTK. coba cek ke DINAS setempat dan update kembali data anda

      Kak Ichsan:
      Maaf, ikut urun rembug. Tunjangan NUPTK itu tidak ada lho, jangan keliru. Tunjangan inpassing juga tidak ada.

      Suka

  110. assalamu ‘alaikum…
    mohon dicarikan info no.nuptk saya,
    atas nama: ANDRIANI, A.Ma/ NIP. 19860303 200904 2 002/ SDN MANTIGOLA, KEC. KALEDUPA, KAB. WAKATOBI. SULAWESI TENGGARA.
    TERIMA KASIH ATAS PERHATIAANNYA.
    SUKSES SLALU

    Suka

  111. assalamu alaikum…
    saya guru sd di kab. wakatobi, sulawesi tenggara. saya sudah mengisi dan menyetorkan usulan nuptk sejak 2008 saat masih sebagai tenaga honorer di sebuah sd di kab. ketika saya terangkat sebagai pns 1 tahun kemudian dan ditugaskan di daerah terpencil, saya kembali mengisi formulir usulan nuptk melalui sd tempat tugas yang baru. dan hingga sekarang belum ada perkembangan. tolong dicarikan infonya…
    terima kasih…

    Kak Ichsan:
    Seandainya ada data lengkap saya bisa bantu menelusuri.
    Ok, coba sampaikan permasalahan dengan jelas ke email nuptk@kemdiknas.go.id

    Suka

  112. siiip buanget infonya thanks….

    Suka

  113. Malam Mas.. Mau Tanya…

    NUPTK saya sudah ada tapi yang pertama masih honorer di SMP Negeri 1 Mukomuko

    Sudah 2 tahun ini saya PNS di SMP 4 Ketahun Bengkulu Utara Bagaimana caranya memindahkan NUPTK saya dari SMP negeri 1 Mukomuko ke SMP Negeri 4 Ketahun.
    dan bagaimana memindahkan dari status Honorer menjadi status PNS!!

    Terima kasih sebelumnya

    Kak Ichsan:
    Datang saja di Dinas Pendidikan Kab/Kota di bagian operator SIM NUPTK. Perubahan status tidak mempengaruhi NUPTK, hanya perlu mengubah data diri. Tunjukkan SK dan bukti lain yang menguatkan kedudukan PNS dan tempat kerja.

    Suka

    • assalamu ‘alaikum…
      malam…pak! tolong carikan info no. nuptk saya. atas nama ANDRIANI, A. Ma/ NIP. 19860303 200904 2 002. SDN MANTIGOLA, KEC. KALEDUPA, KAB. WAKATOBI, SULAWESI TENGGARA
      TERIMA KASIH SEBELUMNYA…
      SUKSES SLALU DAN WEBX SMAKIN INOVATIF DAN INFORMATIF

      Suka

  114. Mas/Bapak yang sangat saya hormati
    Maaf saya minta tolong di cek NUPTK saya atas nama
    SUWARNO sekolah SMA NEGERI 1 MANTUP, KEC. MANTUP, KABUPATEN LAMONGAN, JAWA TIMUR,
    Dan minta link untuk download software nuptk web browser yang terbaru

    Kak Ichsan:
    Nama: SUWARNO
    Sekolah: SMAN 1 MANTUP
    NUPTK: 7856-7566-5611-0002
    Peg_ID: 0607.20100719.145614.92585
    Tautan untuk mengunduh file aplikasi terbaru nuptk-webbrowser, silakan klik di sini
    Bila mengalami gangguan, silakan klik atau kopi paste pada perambah: http://www.ziddu.com/download/12201567/nuptkwebbrowser161exe.rar.html

    Suka

    • Terima kasih banyak kak Ichsan…tapi ini saya dah dapat dari sekolahan ada 2 macam NUPTK yang berbeda yang bulan agustus 2010
      NUPTK: 7856-7566-5611-0002
      tapi yang terakhir update januari kemarin
      NUPTK: 7856-7566-5620-0002
      bedanya 5611 dengan 5620
      yang benar yang mana ya mas Ichsan…maaf kalo sempat dilihat lagi yang benar yang mana
      Matur sembah nuwun mas…semoga sampean jadi orang yang sukses dan masuk surga

      Kak Ichsan:
      Ok, Mas Suwarno kita ini kan berbagi pengetahuan saja. Alhamdulillah, doanya dan semoga kita bertemu di surga dalam rahmat Allah SWT.
      Begini Mas, sistem pengelolaan data NUPTK, yang saya pahami, sensitif terhadap data. Artinya, terhadap data yang sama (persis, supaya “marem”), sistem akan menolak. Jadi, kasus Mas Suwarno sampai muncul dua NUPTK, dugaan saya, ada data Mas Suwarno yang “beda” pada saat usul di dua sekolah. Data yang beda ini, mungkin tidak sengaja atau mungkin “sengaja” (Mas Suwarno tidak perlu tersinggung, he . . . he?!).
      Sebelum menyikapi masalah ini, cek dulu “status NUPTK”: bila yang satu “diterima” dan yang satu “dibatalkan”, berarti NUPTK yang sah adalah yang “diterima”.
      Bila status keduanya diterima maka perlu mengajukan “komplain” dengan mengisi formulir. Formulir diisi kemudian dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota.
      Info pengajuan komplain dan formulir dapat disimak di sini.

      Suka

      • lagi2 terimah kasih mas….saya ngirim data pengajuan NUPTK cuma sekali dan cuma satu sekolah saja, mungkin itu ada kesalahan dari DINAS PENDIDIKANNYA, karena lembaran kertasnya berupa file excel bukan aslinya, jadi kemungkinan ke edit, nanti saya konfirmasi ke Dinas, masalahnya dah saya cek menggunakan NuptkWebserver 161.exe data yang kedua 5620 tidak ada alias tidak dikenali…saya sudah print screen sebagai bukti untuk konfirmasi ke Dinas pendidikan kota….Makasih mas Ichsan….semoga selalu mendapat berkah atas kebaikan mas Ichsan diberi kesehatan agar selelu bisa beramal membantu banyak orang

        Kak Ichsan:
        Ok Mas Warno, semoga segera ada hasil. Permasahan NUPTK dapat dijuga disampaikan ke email nuptk@kemdiknas.go.id

        Suka

  115. Asslmualaikum….
    Mohon bantuan na, tlong cek nuptk atas nama rosiyati dewi, dari smk nusantara kab. Tanjung jabung timur jambi. Sudah ter entri ataw blm…
    Makasih

    Kak Ichsan:
    Data sekolah di Tanjung Jabung Timur masih kosong (kami lihat dengan program nuptk webrowser).

    Suka

  116. kak di NUPTK Web.Browser Kementerian Pendidikan Nasional Ditjen PMPTK kok gak tercantum nama TK AINUL HIKMAH, kenapa?

    Suka

  117. kak tlg carikan no nuptk atas nama SITI ROMILAH mengajar di TK AINUL HIKMAH Sumberjati Kec.Tempeh Kab.Lumajang Prov.Jawa Timur dan kalau belum keluar apalagi yang harus aku lakukan

    Kak Ichsan:
    Data nama sekolah TK Ainul Hikmah belum ada.
    Coba kirim permasalahan/pertanyaan ke email nuptk@kemdiknas.go.id

    Suka

  118. Assalamuā€™alaikum warahmatullahi wabarakatuhā€¦
    Kak Ichsan tolong kakak carikan nomor NUPTK ahmad qomaruddin guru dari MI MU sekuro, Kec. mlonggo Kab. jepara. hingga saat ini belum juga keluar NUPTK, padahal sudah berkali kali MENGAJUKAN ke KEMENAG saya sudah berusaha dari tahun 2008 samapi sekarang tapi belum juga ada hasil.
    Demikian dengan harapan saya agar kak ichsan dapat membantu saya.
    Wassalamuā€™alaikum Wrb.

    Kak Ichsan;
    Waalaikum salam wr. wb.
    Sudah saya telusuri namun ada kesulitan karena data NUPTK untuk kec. Mloggo, ada banyak yang mirip dengan inisial MU
    MI Miftahul Ulum, ada tiga
    MI Matholibul Ulum ada dua
    Untuk itu, tolong bantu menyebutkan identitas diri NSS madrasah. Dengan NSS, meski nama sama akan mudah menemukan dan jelas.

    Suka

  119. boleh g buat nuptk nya g lewat diknas dlu,tp lgsung ke lpmp?

    Kak Ichsan:
    Berdasar petunjuk alur usul NUPTK: dari sekolah-Dinas-LPMP-Dirjen PMPTK. Usul NUPTK ada jadwal, kapan Dinas harus setor ke LPMP dan LPMP harus setor rekap provinsi ke Dirjen.
    Saat ini, publikasi NUPTK adalah melalui program aplikasi nuptk-webbrowser, info program ini dapat dibaca di sini.

    Suka

  120. knp lama terbit Nuptk nya?dah sy cek nomor dah ada di diknas,tp di internet NUPTK sy blum terdaftar….

    Kak Ichsan:
    Publikasi NUPTK di internet secara resmi dilakukan oleh Dorektorat Profesi Pendidik Kemendiknas dalam bentuk aplikasi program nuptk-webbrowser. Informasi program ini dapat dibaca di sini.

    Suka

  121. bagaimana cara qta mengecek nuptk lwt internet?kbetulan sy di mataram,ntb.mngkin nnti sy bs ngecekin dt tmn2.bisa dbntu mengecek nuptk atas nama jumilah herawati,a.ma bekerja di sdn 26 cakranegara.trims

    Kak Ichsan:
    Sudah saya coba, tapi data sekolah di Kota Mataram masih kosong, atau mungkin ada gangguan.
    Untuk mengecek NUPTK secara online, saat ini hanya dapat menggunakan program aplikasi nuptk-webbrowser, info program dapat dilihat/diunduh di sini

    Suka

  122. Assalaam….wr wb,
    Saya sebagai PTT d daerah lampung utara, telah melampirkan aplikasi NUPTK secara kolektif dari pihak sekolah tempat saya mengabdi, tetapi hingga berita ini saya tulis tidak ada hasil dan tanpa ada kelanjutan berarti.
    Harapan saya, semoga anda dapat membantu solusi terima kasih

    Kak Ichsan:
    Pemantauan publikasi NUPTK, saat ini, hanya dapat dilihat melalui program aplikasi nuptk-webbrowser. Melalui apalikasi ini, usulan yang sudah diproses dapat dilihat status NUPTKnya.
    Untuk info program aplikasi NUPTK, dapat di lihat di sini.
    Langkah lain, permasalahan NUPTK dapat disampaikan melalui email nuptk@kemdiknas.go.id
    Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

    Suka

  123. Assalamuā€™alaikum warahmatullahi wabarakatuhā€¦
    Kak Ichsan tolong kakak cek lagi nomor NUPTK AFDHALUL RIZAL guru dari SD Swasta Iskandar Muda, Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara. hingga saat ini belum juga keluar NUPTK, padahal awal bulan Agustus 2010 sudah saya serahkan lagi berkas biodata ke DINAS PENDIDIKAN Kabupaten Aceh Utara di Lhokseumawe. saya sudah berusaha dari tahun 2008 samapi sekarang tapi belum juga ada hasil.

    Demikian dengan harapan saya agar kak ichsan dapat membantu saya.

    Wassalamu’alaikum Wrb.

    Kak Ichsan:
    Waalaikum salam wr. wb.
    Alhamdulillah, usulan NUPTK Bapak sudah diterima admin pengelola. Pada saat saya cek stausnya sbb.:
    Nama: AFDHALUL RIZAL
    Status NUPTK: diajukan
    NUPTK: —
    Keterangan NUPTK: Bisa diproses
    PEG-ID: 0603.20081115.031500.70746
    Nama sekolah: SD S Iskandar Muda
    NSS: 104060303018
    Memperhatikan nomor PEG-ID Bapak, terbaca proses usulan memang pada 2008.
    Bapak dapat memantau setiap saat perkembangan proses NUPTK dengan program aplikasi nuptk-webbrowser, termasuk penelusuran saya ini juga menggunakan program aplikasi itu. Program ini hanya untuk melihat data NUPTK secara online.
    Mungkin saja beberapa hari ke depan, status NUPTK Bapak sudah “meningkat” menjadi “diterima” ( NUPTK sudah terbit) Untuk info program aplikasi tersebut dapat dilihat/diunduh di sini

    Suka

  124. Tentang database GTT yang sudah mengantongi NUPTK sejak tahun 2007

    Suka

  125. terima kasih atas informasinya pak.

    Suka

  126. Pak tolong akun dapodik sekolah kami
    yang terblokir di aktifkan kembali

    terima kasih

    Kak Ichsan:
    Silakan kontak Call Center Dapodik

    Suka

  127. ass. saya mau tanya sebetulnya fungsi dari NUPTK itu untuk apa, saya sudah memiliki NUPTK tapi tidak berpengaruh apa2…
    tks.

    Kak Ichsan:
    Fungsi NUPTK dapat dibaca di sini

    Suka

  128. kepala sekolah saya tidak mau mengusulkan guru untuk mendapatkan NUPTK.

    Kak Ichsan:
    Saran: Bila sudah memenuhi syarat, siapkan saja berkasnya. Jika ada surat yang seharusnya ditandatangani/dilegalisasi KS kok tetap tidak mau, sebaiknya koordinasi ke Dinas Pendidikan.

    Suka

  129. Saya guru MIN 18 Jakarta, mau tanya ke Bapak, Kenapa sih guru Madrasah itu nggak boleh daftar NUPTK ke LPMP? Apa ada instansi lain yang bisa membuat LPMP? Soalnya pada saat saya mengajukan pendaftaran NUPTK ke LPMP, mereka bilang, untuk guru Madrasah bukan lahan kami karena instansi anda belum ada M-O-U dengan kami, begitu kata petugasnya Pak. SAMPAI saat ini kami jadi bingung. padahal untuk mendapat tunjangan sertifikasi harus ada NUPTK. Mohon penjelasannya. terima kasih

    Kak Ichsan:
    Sepengetahuan saya, proses pengajuan NUPTK, dari sekolah dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota. Tapi, bagi guru di lingkungan Kemenag, usulan melalui Kantor Kemenag Kab/Kota.
    Ada dua alamat yang tepat untuk menyampaikan keluhan tentang NUPTK:
    (1) Kontak Tim NUPTK Dirjen PMPTK nelalui email nuptk@kemdiknas.go.id
    (2) Kontak melalui Situs Kemendiknas

    Suka

  130. pak, tlg bantuannya..NUPTK saya brp?
    Nama : Fariq Qoirul Fuadi
    Sekolahan : MTsN Bonang
    Kec : Bonang
    Kab : Demak
    Prov : Jawa Tengah
    Trimakasih,,,smg tuhan mmbalas, amin

    Kak Ichsan:
    Sudah saya cek, nam Mas Fariq belum ada, termasuk status usulan belum kelihatan. Silakan ungkapkan permasalahan dengan jelas ke PMPTK melalui email nuptk@kemdiknas.go.id

    Suka

    • ASSM pak saya nurholid sdn 3 kebondalem kec bawang nuptk saya statusnya belum di registrasi padaha saat pemutakhiran data manual sy sudah mengusulkan gimana ya tolong dibantu ini nuptk saya 3534756660200002. thx

      Kak Ichsan:
      Data NUPTK memang belum di-update.

      Suka

  131. Assalmualaikum….
    Pak, saya mau tanya bisa tidak mendapatkan NUPTK secara online?. Saya sudah 2 tahun mengajar dan belum memiliki NUPTK. Kalau bisa bagaimana caranya dan kalau tidak saya harus mengurus kemana?

    Kak Ichsan:
    Usul NUPTK tidak dapat secara online. Pengusukan secara kedinasan, prosedurnya, isi formulir dan kirim ke Dinas Pendidikan. Formulir dan cara usul klik di sini.

    Suka

  132. pak, sampai saat ini nuptk di sekolah kami ( MI SUKODONO ) yang keluar cuma 3 dari 25 guru, saya sudah ke dinas pendidikan katanya MI wewenang KEMENAG, KEMENAG katanya belum koordinasi denagan DINAS , bagaimana solusinya sementara ada beberapa guru yang butuh NUPTK terkait dengan adanya SERTIFIKASI, BEASISWA belajar dll. matur suwun

    Kak Ichsan:
    Ingin membantu tapi sayang, data kab dan prov tidak disebutkan. Sudah tak coba melacak, nama Sukodono ada di beberapa kab/kota.
    (1) coba cek ulang hasil usulan NUPTK, cara cek baca di sini
    (2) permasalahan NUPTK dapat diungkapan melalui email nuptk@kemdiknas.go.id
    Semoga info ini ada manfaatnya.

    Suka

  133. Ahmad syopari khozin,SE dari MTs Al-futuhat Al-attasiyah kota Bekasi. Tanks

    Suka

  134. kepada yth.kepala bagian NUPTK diknas kota bekasi saya sampai sekarang belum dapat respon tentang NUPTK yang saya buat 7 bulan lalu, tolong direspon secepatnya ,,,terimaksih

    Suka

  135. Maaf Pak nama saya Bambang Firmanu Dwijopitoyo

    Suka

  136. Pak tolong bantu mencari NUPTK kami yang benar yang mana. Bambang Firmnau Dwijopitoyo SMP K Aletheia Ampenan- kota Mataram – NTB. Trims

    Suka

  137. MAU TANYAK WAHYU UDAH DAPET nuptk BLOM YA PAK, PTT MTs MURO’ATUDDIN MAGETAN PAK

    Kak Ichsan:
    Maaf, berulangkali cek nama MTs Muro’atuddin belum ketemu sehingga belum tahu apakah NUPTK sudah keluar/belum.

    Suka

  138. trus sebenarnya NUPTK ini berfungsi untuk apa sih??
    penting ga sih???
    katanya buat pendaftaran calon pns, iya tah???
    berapa lama bisa jadi PNS kalo udah punya NUPTK???
    makasih banyak atas infonya …
    maklum newbi….. ga tau apa2
    hehehe

    Kak Ichsan:
    Fungsi NUPTK sebagaimana tersebut pada tulisan di atas. NUPTK bukan merupakan persyaratan melamar jadi PNS.

    Suka

  139. Trima kasih banyak atas info tentang Nuptk ini bpk.kebetulan saya guru mutasi dari ponorogo ke magetan, proses mutasi nuptk sudah saya lakukan sesuai petunjuk diatas.tapi kenapa sampai dengan sekarang begitu saya cek status saya masih instansi yang lama?apa yang harus saya lakukan lagi bapak?mksh

    Kak Ichsan:
    Usul NUPTK atau usul perubahan tidak dapat secara online. Usulan perubahan yang sudah dikirim melalui proses dan butuh waktu sesuai dengan prosedur penetapan NUPTK. Termasuk NUPTK yang dipublikasikan saat ini adalah data per April 2010.

    Suka

  140. Di kecamatan Semarang utara yang mendapatkan NUPTK kebanyakan guru dari swasta dan wiyata bakti,
    guru yang negeri sulit mendapat padahal sudah mengajukan pendataan hampir 5 kali ternyata tidak masuk . Mohon perhatian yang serius …… terimakasih.

    Suka

  141. yth.Diknas Kota bekasi tolong NUPTK saya yang telah 2 bulan lalu diajukan diselesaikan secepatnya .Trimakasih

    Suka

  142. Mohon mendapat copy-an iklan-iklan SMK Bisa, saya sangat memerlukannya sebagai tayangan di SMK Negeri 3 Pamekasan agar peminat untuk masuk SMK lebih banyak lagi.
    Perlu saya sampaikan bahwa saya adalah operator SIMSMK.
    Atas bantuan dan kerjasamanya saya sampaikan terima kasih

    Suka

  143. Assalmualaikum..
    Pak…saya ingin tahu, apa saya sudah mendapatkan NUPTK?
    Atas nama M.IDRIS sekolah MI AL-IMAROH Kec. Cikarang barat Kab.Bekasi Prov.Jawa Barat.
    Trim’s..

    Suka

Tinggalkan komentar