100 Orang Paling Berpengaruh 2010


Seratus tokoh yang dianggap berprestasi dalam bidang masing-masing dinobatkan sebagai pemenang 100 Orang Paling Berpengaruh oleh majalah Time. Sejak edisi pertama tahun 1999, tahun 2010 ini adalah yang ke-12. Mulai pemimpin negara, politikus, selebriti, koki, ilmuwan, dermawan, sampai pebisnis,  mereka ditetapkan menempati empat kategori yakni;

  • pemimpin,
  • pahlawan,
  • artis, dan
  • pemikir.

Time menegaskan bahwa daftar tersebut tidak disusun untuk membuktikan betapa berpengaruhnya kekuasaan seseorang. Sebaliknya, daftar itu disusun sebagai wujud betapa kuatnya pengaruh seseorang. Juga, tidak harus menjadi pejabat atau orang terkenal untuk bisa menginspirasi dunia.

Lihat saja Chen Shu-chu yang hanya menjadi pedagang sayur di pasar dan dinobatkan sebagai salah seorang pahlawan. ”Beberapa nama yang tercantum dalam daftar kali ini memang dianggap berpengaruh karena jabatannya. Tapi, sebagian yang lain adalah mereka yang didengar karena ide dan aksinya,” terang Richard Stengel, managing director majalah terbitan Amerika Serikat (AS) tersebut. Yang pasti, 100 tokoh yang namanya masuk daftar Time kali ini punya kontribusi yang signifikan bagi masyarakat internasional.

Untuk menyusun daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia, Time sengaja membentuk tim khusus. Radhika Jones, assistant managing editor, didapuk sebagai ketua. Tim Jones-lah yang lantas bekerja keras memelototi dokumen tentang latar belakang dan kiprah para kandidat. Kali ini, jumlah kandidat dilaporkan mencapai 200 orang. Tim khusus yang bekerja selama sekitar satu tahun terakhir itu lantas menyisakan 100 kandidat terbaik.

Namun, daftar tersebut tidak hanya bergantung pada penilaian tim khusus Time. Tahun ini, Time juga mempertimbangkan popularitas para kandidat dengan menilik indikator yang sengaja dirancang khusus oleh Nate Silver, analis statistik, dan Lon Tweeten, desainer grafis. Keduanya menciptakan Influence Index untuk mengukur kadar ketenaran para kandidat secara global melalui Facebook dan Twitter. Mereka yang memiliki follower dan teman paling banyak sudah menjadi yang terpopuler.

Sementara itu, jajak pendapat online yang ditayangkan pada situs resmi Time juga menjadi indikator. ”Kami memegang teguh komitmen untuk memberikan tempat bagi tokoh-tokoh yang paling banyak divoting,” tegas Stengel dalam editorial Time. Menimbang tiga faktor penilaian itu, tim khusus yang dikomandani Jones lantas menyusun daftar tersebut.

Tahun ini, sejumlah tokoh kontroversial masuk dalam daftar. Di antaranya, tokoh reformasi Iran Mir-Hossein Mousavi, komandan tertinggi pasukan AS di Afghanistan Jenderal Stanley McChrystal, dan hakim Mahkamah Agung AS pertama yang berdarah Latin, Sonia Sotomayor. Juga, ratu talk show Oprah Winfrey yang sudah delapan kali masuk daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Time.

McChrystal menjadi salah seorang pemenang dalam kategori pemimpin. Sebab, sejak AS memutuskan menginvasi Afghanistan pada 2001, jenderal 55 tahun itu selalu terlibat. Strategi militer yang dia prakarsai pun banyak berhasil. Tapi, dia baru diterjunkan ke lapangan sejak Juni lalu. ”Semua yang terjadi di Afghanistan tidak ada yang mudah. Tapi, dengan kepandaian dan pengalaman Stan, semuanya beres,” ujar pendahulu McChrystal, Jenderal David H. Petraeus, kepada Time.

Seperti McChrystal, Mousavi yang menjadi salah seorang pemenang kategori pahlawan juga baru kali ini masuk daftar Time. Meski tidak mampu mengungguli Presiden Mahmoud Ahmadinejad dalam pilpres Juni lalu, Mousavi tetap menjadi magnet bagi sebagian besar masyarakat Iran. Terutama bagi kalangan reformis. ”Perubahan sudah dimulai dan tidak ada kesempatan untuk kembali lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Sotomayor yang sempat mengundang kontroversi ketika dicalonkan Presiden AS Barack Obama menjadi salah seorang hakim di MA memenangi kategori pemikir. Sebab, perempuan 55 tahun itu menjadi inspirasi bagi kaum Hispanik AS. Terutama kaum wanita. ”Dia adalah gambaran perempuan tangguh abad ini,” kata Chuck Schumer, senator New York, kepada Time. Teman Obama itu, menurut Schumer, ikut mengubah pandangan AS terhadap wanita dan imigran.

Tokoh perempuan lain yang juga menginspirasi dunia adalah Winfrey. Kali ini, dia menjadi salah seorang pemenang kategori artis. Sejak pertama meluncurkan program talk show pada 1967, Winfrey telah banyak mengubah dunia. ”Tidak ada yang bisa menyamai Winfrey dalam sepanjang sejarah media,” ungkap Phil Donahue, produser film AS yang juga teman Winfrey.  (Sumber: Koran Jawa Pos, edisi 2 Mei 2010)

Orang Berpengaruh tersebut  antara lain:

Seniman (Artists)

  1. Lady Gaga: penyanyi
  2. Conan O’Brien: host televisi
  3. Kathryn Bigelow :sutradara
  4. Oprah Winfrey: host
  5. Valery Gergiev: konduktor dan musisi opera asal Rusia
  1. Para Pemikir (Thinkers)
  2. Zaha Hadid: arsitek asal Iran
  3. Elizabeth Warren: pengacara dan profesor hokum
  4. Douglas Schwartzentruber & Larry Kwak: dokter, aktivis kanker
  5. Michael Pollan: penulis, profesor jurnalisme
  6. Atul Gawande: dokter, jurnalis

Orang-Orang Berjasa (Heroes)

  1. Bill Clinton: mantan presiden AS
  2. Kim Yu-Na: atlet skating Korsel
  3. Mir-Hossein Mousavi: politisi Iran
  4. Ben Stiller: aktor
  5. Temple Grandin: penyandang autis, penulis, pembicara, akademisi
  1. Para Pemimpin (Leaders)
  2. Luiz Inácio Lula da Silva: Presiden Brazil
  3. J.T. Wang: CEO Acer Groups
  4. Mike Mullen: Kepala Staf Gabungan Tentara AS
  5. Barack Obama: Presiden Amerika Serikat
  6. Ron Bloom: Penasihat Presiden AS bidang industri

Dokumen untuk diunduh

Daftar 100_Orang_Paling_Berpengaruh_2010

Satu Tanggapan

  1. Saya sulit mencari NUPTK saya
    Propinsi : Sumatera Selatan
    Kabupaten : Muara Enim
    Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Penukal Utara

    Kak Ichsan:
    Nama Babak dalam data NUPTK per April 2010 pada SMPN 1 Penukal Utara muncul dengan status NUPTK diterima:
    INSTANSI: SMPN 1 PENUKAL UTARA, NAMA: ALPANTO, NUPTK: DITERIMA 5460766668200002.
    Bapak dapat cek, klik: NUPTK APRIL 2010 KAB. MUARA ENIM

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: