Lowongan CPNS Guru Tahun 2010


Lowongan CPNS guru secara nasional telah terpeta berdasarkan data kebutuhan guru menurut jenjang sekolah. Kebutuhan telah terpeta untuk selama 5 tahun ke depan, yakni tahun  2010 s.d. 2014.

Khusus untuk kebutuhan Guru Kelas (SDN), kebutuhanya sbb.:

  • 2010 = 159.307,
  • 2011 =  24.670,
  • 2012 = 33.860,
  • 2013 = 33.881, dan
  • 2014 = 35.275.

Selain kebutuhan guru kelas untuk SDN, juga telah terdata kebutuhan guru untuk SMPN, SMAN, dan SMKN. Berdasarkan data yang diroyeksikan oleh Dirjen PMPTK, lowongan CPNS guru tergambar dalam tabel yang dirinci menurut jenis guru mata pelajaran per kabupaten atau kota.

Kebutuhan Guru Mata Pelajaran

Dalam dokumen yang siap diunduh ini, disebutkan guru mata pelajaran yang dibutuhkan adalah : Guru Kelas, Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, MM, IPA, IPS, Seni Budaya, Fisika, TIK, Sejarah, BK, Mulok, Biologi, Kimia, Geografi, Penjaskes, Bahasa Asing, Keterampilan, Sastra Indonesia, Ekonomi, Sosiologi, Anthropologi, Kewirausahaan.

Untuk guru produktif pada SMKN antara lain:

  • Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, dan Perikanan
  • Pertambangan dan Galian
  • Industri Pengolahan
  • Listrik, Gas dan Air Bersih
  • Perdagangan, Hotel dan Restoran
  • Transportasi dan Komunikasi
  • Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan
  • Jasa
  • Konstruksi

Data ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk pengambilan kebijakan penyusunan rencana masa depan, dan pemilihan jurusan kuliah. Untuk itu, pemerintah daerah, lembaga sekolah, juga para siswa baik yang telah lulus SLTA maupun akan masuk PT perlu mengetahui data ini.

Berikut dokumen kebutuhan guru menurut kab/kota per provinsi yang dapat diunduh:

Rekap_Nasional.pdf
Rekap_Guru_Produktif_SMKN
1. Bali
2. Banten.pdf
3. Bangka Belitung
4. Bengkulu.pdf
5. DIY.pdf
6. DKI_Jakarta.pdf
7. Gorontalo.pdf
8. Jambi.pdf
9. Jawa_Barat.pdf
10. Jawa_Tengah.pdf
11. Jawa_Timur.pdf
12. Kalimantan_Barat.pdf
13. Kalimantan_Selatan.pdf
14. Kalimantan_Tengah.pdf
15. Kalimantan_Timur.pdf
16. Kepulauan_Riau_pdf
17. Lampung.pdf
18. Maluku_Utara.pdf
19. Maluku.pdf
20. NAD.pdf
21. NTT.pdf
22. NTB.pdf
23. Papua.pdf
24. Papua_Barat.pdf
25. Riau.pdf
26. Sulawesi Barat
27. Sulawesi_Selatan.pdf
28. Sulawesi_Tengah.pdf
29. Sulawesi_Tenggara.pdf
30. Sulawesi_Utara.pdf
31. Sumatra_Barat.pdf
32. Sumatera_Selatan.pdf
33. Sumatra_Utara.pdf

82 Tanggapan

  1. info guru bhasa jawa tidak adakah????

    Suka

  2. tolong beritahukan kepada saya jika ada lowongan guru bahasa inggris terbaru.terima kasih..

    Suka

  3. kak ichsan kpan ada cpns di daerah banyuwangi jawa timur

    Suka

  4. Tolong beritahu info lebih lanjut ttg info guru Bahasa Indonesia di P.Bangka utk thn 2012,.trimakasih

    Suka

  5. sdn 03 pagi cengkareng timu
    smp AL HUDA cengkareng barat
    stm 4 pgri budi utomo
    jangan menangis menghadapin keadaan yang selama ini saya kita cari mungkin tuhan belum mengetahui apa yang kita inginkan terima kasih salam buat anak-anak boedoet 145

    Suka

  6. segitu jahatnya negara indonesia sampai sampai lupa sama yang namanya kebenaran ……….

    Suka

  7. Sy Lukman, sy masih kuliah semester IV prodi s1 pgsd, saya masih bingung mengenai cpns, tolong, jika bapak berkenan jelaskan kpada kami?

    Suka

  8. sedikit curhat.. diawal tahun ini, istri saya yg sudah lebih dari 6 tahun menjadi guru di salah satu SMP negri duren sawit di beritahu bahwa guru honor di smp tersebut akan dikurangi jumlah nya sesuai dgn intruksi dari pusat.
    Istri saya sedih..dan beberapa teman yg honor di smp tersebut juga sedih.

    yg lebih aneh lagi, salah satu temannya dinyatakan diangkat dari guru honor ke guru CPNS.. kok bisa pilih kasih ya.. info dari beliau yg baru saja diangkat ini adalah di situs internet memang sedang ada pembukaan pengakatan dari guru honor ke guru cpns..

    info2 pengakatan spt itu sangat2 dibutuhkan oleh orang2 spt istri saya, namun situs resmi yg memang menyediakan info spt itu kok ga jelas ya ?

    hiks.. kenapa ya spt ini?

    Kak Ichsan:
    Info ini ada beberapa kejanggalan:
    (1) Intruksi pusat itu dari siapa? Kalau memang sekolah masih membutuhkan tenaga itu, logikanya sekolah mempertahankan? Bukti instruksi apa?
    (2) Honor jadi CPNS adalah kebijakan nasional, jadi akan berlangsung serempak nasional?
    (3) Situs internet mana yang mengumumkan? Boleh bertanya untuk pembuktian.
    Semoga tanggapan ini ada manfaatnya untuk bahan renungan dan bersikap.

    Suka

  9. saya mau tanya kalau pembukaan cpns guru biasanya bulan apa ya dibukanya? terima kasih.

    Kak Ichsan:
    Hingga saat ini, belum ada pendaftaran CPNS. Bila ada info segera saya posting.
    Untuk dapat menerima kiriman email,
    silakan daftarkan email melalui menu Berlangganan Blog.

    Suka

  10. mohon bantuannya kirimkan formasi jumlah guru yang dibutuhkan untuk mata pelajaran tertentu di daerah klaten
    trims banget

    Suka

  11. kapan dimulainya penerimaan cpns kalimantan barat terutama di kota pontianak dan kab.kubu raya?
    trus formasinya apa aja??? tolong ya k’…..

    Kak Ichsan:
    Bila ada info segera saya posting.
    Untuk dapat menerima kiriman email,
    silakan daftarkan email melalui menu Berlangganan Blog.

    Suka

  12. saya baru tunggu penerimaan cpns kabuoaten Tangerang untuk guru, khususnya bidang TIK, mohon info

    Kak Ichsan:
    Bila ada info segera saya posting.
    Untuk dapat menerima kiriman email,
    silakan daftarkan email melalui menu Berlangganan Blog.

    Suka

  13. sebenarnya kpn pendaptaran cpns untuk guru wilayah tangerang dimulai

    Kak Ichsan:
    Informasi yang berkembang, pendafataran CPNS daerah adalah November 2010. Bila ada info segera saya posting.
    Untuk dapat menerima kiriman email, silakan daftarkan email melalui menu Berlangganan Blog.

    Suka

  14. Tolonk infokan lowongan PNS Guru dijakarta.

    Kak Ichsan:
    Bila ada info segera saya posting.
    Untuk dapat menerima kiriman email, silakan daftarkan email melalui menu Berlangganan Blog.

    Suka

  15. BANG, APA ADA PEMBERKASAN (DATA BASE) GURU SMP/ SMA LEWAT DINAS PENDIDIKAN? kAPAN?

    Suka

  16. mau tanya….
    sya kan sekarang sdh jadi PNS guru disalah kecamatan terpencil dikalimantan…nah sya ingin keluar dari PNS karena bermacam alasan yang mendukung sya untuk keluar dari PNS..apakah saya masih bisa suatu saat nanti jadi PNS guru diluar kalimantan atau dikalimantan (kota) lagi.
    terimakasih

    Kak Ichsan:
    Berdasar peraturan saya belum tahu. Tetapi, ada beberapa teman sudah PNS di daerah lain kemudian ditinggalkan dan bisa jadi PNS di daerah baru. Permasalahan yang timbul bagaimana, ini juga saya tidak tahu.

    Suka

  17. mengapa setiap penerimaan CPNS dibatasi usia sampai 35 th atau Wiata bakti sekian tahun?
    apa tidak ada penerimaan CPNS dengan batas usia 45th tanpa dibatasi wiata bakti

    Kak Ichsan:
    Penerimaan CPNS dan persyaratannya pasti berdasar peraturan yang ada. Tapi, maaf, peraturan yang berkaitan dengan batasan usia tsb saya belum pernah baca.

    Suka

  18. Kapan tes CPNs guru di daerah Pekalongan, khususnya guru bahasa Indonesia dibuka? Formasinya bagaimana? Tolong saya dikasih informasinya.. terimakasih

    Kak Ichsan:
    Sampai saat ini belum mendapatkan info pendaftaran. Posting segera saya buat bila dapat info. Silakan daftarkan email melalui menu di sisi kiri halaman blog tunas63 bila ingin menerima info melalui email.

    Suka

  19. tunas63 kok g masuk e-mail lg kak?ada trouble lg kah?jgn sampai banyak informasi terlewatkan…

    Informasi pendaftaran cpns pemprov jatim via internet,mohon dimonitorkan alamat e-mail nya y kak..biar segera akses,maturnuwun..

    Suka

  20. kpn ya dibuka penerimaan pns keguruan (mtk) di DKI, tolong kasih tau infonya dong. & syarat2nya ap aj ya???

    Suka

  21. kak klo untuk daerah sekitar klaten kpn ada pndftran cpns??mash banyak gak lowongan guru matik???
    klo udh ambl jursan pndidikan harus nempuh PPG ya??
    univ mana yang ad PPG nya?untk klaten sndiri ad ga?jateng,univrstas mana aj yang ad??

    Kak Ichsan:
    Sampai saat ini, sertifikasi masih dua jalur: melalui portofolio dan pendidikan (PPG).
    Info: syarat peserta serifikasi
    Tentang PPG, agar mendapat jawaban yang tepat, silakan tulis pertanyaan pada situs Konsorsium Sertifikasi Guru

    Suka

  22. pak/bu..masih adakah lowongan untuk gusru seni budaya..?saya S1+AKT-IV,seni,,,kalau masih ada tolong beri info ya pak/bu…terimakasih.no hp:081316557127

    Suka

  23. mohon bantuannya!
    minta tlg di infokan lowongan untuk cpns guru di jawa timur

    sebelumnya di ucapkan terimaksih…
    tlg diinfokan melalui email ya!

    Suka

  24. tolong infokan berita terbaru cpns dki jakarta ke email saya ya….

    Suka

  25. Alhamdulillah, trimakasih

    Suka

  26. mengapa tunas63 tdk kirim2 info di e-mail sy lg y kak,apakah mmg blm ada kiriman ato trouble connection?terakhir yg sy terima tentang pengumuman penerimaan cpns 2010 dep.perhubungan,jgn sampai sy ketinggalan newpost dr tunas63…mohon petunjuk kak..maturnuwun..

    Suka

  27. mohon diinfokan penerimaan cpns pemprov jatim/pemkot surabaya y kak, sy sd langganan blog tunas63, sy tunggu di e-mail y,thank u..

    Kak Ichsan:
    Ok, semoga segera ada info sehingga dapat masuk posting.

    Suka

  28. kl ada ifo guru PPKn kirimi yah…………
    fi FB aja yah tlg di sahre…………

    Suka

  29. klo ada info low cpns guru biologi tlg brtahu ya…thanks

    Suka

  30. tolong dong..bok ada lowongan cpns untuk d2 perpustakaan

    Suka

  31. du SD ga da lowongan guru bidang study kah?????????? tlg d jawab………

    Kak Ichsan:
    Tampaknya untuk SD, mapel penjaskes.

    Suka

  32. Peningkatan kwalitas tenaga pendidikan apa dipilih ?
    sudah lama menunggu….. belum ada respon… bagaimana caranya….? trims

    Suka

  33. untuk kab. mojokerto, kapan ya..?

    Suka

  34. Kak…mau request lg nih..klo nt sd ada info pendaftaran cpns 2010 surabaya,bisa ga sy dikirimi format surat lamaran nya?..klo ada sy tunggu di email y…matur nuwun…

    Kak Ichsan:
    Untuk mendapatkan kiriman melalui email, silakan masukkan email lewat menu langganan blog.

    Suka

  35. Kak Ichsan, sebenarnya saya masih gaptek neh..

    untuk pendaftaran OL nya saya harus ke situs apa yah..??? :d mohon maklum coz guru jadul..
    Thanx

    Kak Ichsan:
    Gaptek? tanggap teknologi, bagus tuh! he he
    Nanti bila pengumuman sudah dipublikasikan, segera saya posting. Masukkan email lewat langganan blog agar tidak ketinggalan info dari tunas63.

    Suka

  36. kak…sy sd memasukkan email melalui menu langganan blog tunas 63..mohon kirim update pendaftaran cpns guru 2010 surabaya y….matur nuwun..

    Kak Ichsan:
    Ok, Cak, info diperoleh pasti segera saya posting, dan Cak Setyo akan dapat kiriman email.

    Suka

  37. info syarat2 dan jadwal nya tolong di kirim dunk ke email saya,,,,,,,,thanx,,,,,junij16@yahoo.com

    Kak Ichsan:
    Ketentuan syarat dan waktu belum diumumkan. Saya akan memantau, bila ada info segera saya posting.
    Bila ingin menerima kiriman info melalui email, silakan masukkan email melalui menu langganan blog tunas63.

    Suka

  38. kapan lowongan cpns guru basa jawa dibuka kusus daerah jateng.trimakasih

    Kak Ichsan:
    Tunggu saja bila ada info segera saya posting. Untuk menerima info bila sewaktu nanti terposting, silakan masukkan email melalui menu langganan blog tunas63.

    Suka

  39. kapan pembukaan cpns guru untuk mata pelajaran bahasa jawa tahun 2010/201,kusus daerah provinsi jateng
    trimakasih

    Suka

  40. ass.
    gmn dngan lowongan cpns untuk sd yg d2 ada g?
    untuk daerah jawa barat

    Kak Ichsan:
    Ditunggu saja, bila ada info pendaftaran akan segera saya posting.

    Suka

  41. informasi cpns guru bahasa indonesia untuk wilayah ponorogo kaaak………….

    Suka

  42. Kak, lowongan cpns guru bahasa indonesia untuk wilayah ponorogo ada? mohon informasinya ya… terima kasih

    Kak Ichsan:
    Tunggu saja Mbak Ika, semoga segera ada pengumuman dan Mbak Ika nanti gapat lolos CPNS.

    Suka

  43. mas ichsan…tolong di up date utk prsyaratan jd cpns guru 2010…thanks ya

    Kak Ichsan:
    Sampai saat ini, belum ada pengumuman resmi pendaftaran CPNS. Bila dapat info segera saya posting. Untuk menerima info sewaktu-waktu, silakan masukkan email melalui menu langganan blog tunas63. Maka nanti akan mendapatlan info melalui email Mbak Mey. Salam.

    Suka

  44. mohon bantuannya info lowongan cpns 2010 guru sosiologi, makasih.

    Suka

  45. Utk thn 2010/2011 ini kapan ada penerimaan CPNS untuk Guru……….??????
    Terima kasih…….

    Kak Ichsan:
    Bila dapat info segera saya posting. Bila menghendaki menerima info melalui email, silakan Mbak Yeni memasukkan email melalui menu langganan blog tunas63.

    Suka

  46. UNTUK GURU PKN KAPAN YA 2010…TERIMAKASIH

    Suka

  47. kapan sih lowongan cpns 2010 dimulai khususnya untuk guru agama kristen diseluruh propinsi indonesia.klu sdh ada informasiny tlng y kak dikabarin.

    Suka

  48. tolong kak ichsan kalau ada info CPNS formasi PLB di daerah Banten atau jawa barat, mhon infona, kirim ke email sya. trimksih

    Suka

  49. tolong ya update untuk info bukaan pns 2010 klw sdh ad, untuk guru biologi di daerah sumatera selatan, jambi, bengkulu dan lampung. Pleace.. Thank U b 4… ^_^ (kirim lewat E-mail saya klw berkenan trmksh)

    Kak Ichsan:
    Ok, Mbak Dwi bila dapat data akan segera saya posting. Untuk mendapatkan info melalui email, silakan masukkan email melalui menu langganan blog tunas63.

    Suka

  50. ya mudah2an saya bisa masuk thn ini

    Suka

  51. tlng donk ksid informasi apabla udh dbka cpns 2010 ntuk daerah sumsel,bengkulu,babel,riau dan batam..trmksh

    Suka

  52. biaya PPG 2 semester brpa?

    Kak Ichsan:
    Biaya PPG ditentukan oleh PT. Tapi, maaf info besarnya belum saya dapatkan.

    Suka

  53. Kak sebelumnya terimakash… Tolong di kabri formasi CPNS 2010 utk guru sosiologi di seluruh provnsi indonesia. Terimakasih kak.

    Suka

  54. Kak Ichsan yg baik….jgn lupa segera posting klo sd ada pengumuman/pendaftaran cpns guru 2010 y…maturnuwun…

    Kak Ichsan:
    Ok, Mas Arie. Semoga kuota cpns 2010 segera diumumkan.

    Suka

  55. Mas, kapan pembukaan cpns guru di Banten?

    Suka

  56. pembayaran tunjangan profesi guru mulai bulan januari 2010 di kabupaten Bireuen sampai sekarang belum dibayar, mohon kepada dirjen PMPTK untuk meninjau ulang cara pemabayaran tunjangan tersebut agar tidak melalui Kas daerah, lebih baik langsung ke rekening guru masing-masing

    Suka

  57. tolong info lebis jelas kapan dibuka pendaftaranyya

    Suka

  58. kak… informasi tentang PPGnya sendiri itu bagaimana y..???? dan di surabaya ada PPG d univ mana y???

    Kak Ichsan:
    PPG di surabaya ada di unesa.

    Suka

  59. kami mohon dg hormat utk segera memberikan informasi pendaftaran CPNS guru th 2010..serta informasi ttg PPG sekaligus persyaratanya…kr melihat umur yg semakin bertambah..oleh kr itu kami mohon berikanlah sedikit kesempatan utk merasakan kesejahteraan pd para guru honorer khususnx

    Suka

  60. pendaftaran cpns guru dimulai kpn yah

    Suka

  61. Kapan ya akan dibuka pendaftaran CPNS guru 2010?
    Batasan umurnya berapa untuk pendaftaran CPNS guru?

    Suka

  62. tolong ksh persyaratan yg lengkap

    Kak Ichsan:
    Info yang diperoleh sebatas ini. Mudah-mudahan bila nanti ada info pelaksanaan dapat terposting.

    Suka

  63. jadwal pendaftaran cpns mohon di update sekalian mas,supaya bisa mempersiapkan persyaratan2 yg harus dipenuhi nantinya.
    Terima kasih

    Kak Ichsan:
    Oke, Mas bila dapat info akan segera saya posting.

    Suka

  64. Calon PNS guru itu bisa mahasiswa yang baru lulus kuliah atau yang sudah berpengalaman??? mohon jawabannya….

    Kak Ichsan:
    Penerimaan CPNS, bila dikatakan jalur umum artinya dapat dikikuti oleh guru sukawan maupun tidak sukwan, tahun ijazah tidak jadi masalah asal jurusan sesuai. Bila pemerintah merekrut CPNS jalur tenaga honorer artinya khusus bagi yang sudah menjadi tenaga honorer.
    Tambahan informasi, ke depan nanti calon guru harus memiliki “sertifikat pendidik” sebelum menjadi guru. Maka, bagi mahasiswa S-1 yang mengambil jurusan pendidikan, setelah lulus prodi, untuk menjadi guru harus menempuh PPG (Pendidikan Profesi Guru) selama 2 semester.

    Suka

    • untuk yang dari non pendidikan jika ingin daftar cpns apa harus punya gelar pendidikan atau biasa dengan menempuh PPG saja???

      Kak Ichsan:
      Ke depan, seorang guru harus bersertifikat pendidik. Sertifikat ditempuh melalui sertifikasi (jalur portofolio atau pendidikan/PPG). Syarat cpns pendidik ditentukan pada saat lowongan dibuka.

      Suka

    • KATA ABANG: Penerimaan CPNS, bila dikatakan jalur umum artinya dapat dikikuti oleh guru sukawan maupun tidak sukwan, tahun ijazah tidak jadi masalah asal jurusan sesuai. ( FAKTANYA: Daerah Sragen, Boyolali, Klaten dan sekitarnya, setiap penerimaan CPNS usia di atas 35 th harus dilampiri wiata bakti sesui tahun ijazah tersebut. TRUZ GIMANA BANG?)

      Suka

  65. saya mau tanya, lowongan PNS guru itu untuk para guru yang sudah mengabdi lama saja atau yang baru lulus kuliah bisa tidak yah???? dan kapan PNS buka lowongan??? mohon jawabannya…..

    Suka

  66. bagaimana dengan nasib saya sebagai guru honor penjaskes ? diangkat jugakah atau hanya guru kelas saja ?

    Suka

  67. kalau nasib guru honor penjaskes diangkat juga atau tidak ? atau hanya guru kelas saja ?

    Suka

  68. sya sdang mecri lwongan kerja untuk lulusan pendidikan sni tari di cianjur atau di bandung,,,mhon bantuanny

    Suka

  69. kenapa si untunk cpns skrg hrus memerlukan uang yg sangat besar smpai skitar rtusan juta bru jadi PNS,sya ga stuju saya aja msh honor gimana mau nyari uang sbnyak itu.klo emang prosedurnya kya gtu gimana msa depan sya.bsa jadi honor abadi donk

    Suka

  70. Katanya ada pemberkasan cpns guru sd bulan agustus. Bener ga?

    Suka

  71. KApan lowongan CPNS 2010 dimulai, khususnya untuk guru bahasa Inggris di Purworejo & Purwokerto?
    Balas ya. TErima kasih banyak

    Kak Ichsan:
    Semoga segera ada pengumuman.

    Suka

  72. Kok gak ada jur bahasa Arab yach?

    Kak Ichsan:
    Info awal yang saya dapatkan seperti ini, semoga pada saatnya nanti ada jurusan bahasa Arab yang dibutuhkan.

    Suka

  73. mau tanya kapan ada nya lowongan CPNS guru SD utk kabupaten bekasi (cikarang)?

    Kak Ichsan:
    Sampai saat ini, tanggal pasti lowongan cpns belum ada. Tapi, dengan data pada tulisan di atas, akan ada kebijakan. Semoga segera ada pengumuman dari pemerintah.

    Suka

  74. Kenapa sekarang untuk melamar kerja sebagai guru bakti atau gtt sangat susah. Hal ini diperkuat dengan adanya sertifikasi sehingga seolah-olah tidak memberikan kesempatan kepada calon guru baru untuk mengajar karena sisa jam mengajar yang lain sudah diambil oleh guru terdahulu untuk mengejar sertifikasi.

    Suka

  75. aku tunggu kabar fakta 2011 untuk persyaratan lowongan kerja CPNS…

    mohon bantuannya..

    Suka

    • kapan lowongan pns 2010 di mulai khususnya guru agama islam,khususnya untuk umur di bawah usia 40 minta untuk membuka lowongan yang tidak memiliki surat wiyata bakti.

      Kak Ichsan:
      Semoga pemerintah segera mengambil kebijakan.

      Suka

      • bagaimana nasib guru swasta yang umurnya di atas 40 thn, tapi pengin daftar cpns, sementara tidak tercatat sbg guru tphl

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: