Sejuta Jasa Gus Dur untuk Indonesia dan Dunia


Kematian Gus Dur telah menghentakkan dunia, para pemimpin di dunia turut memberikan simpatinya dan mengapresiasikan apa yang telah dilakukan oleh Gus Dur. Berikut kutipan dari pernyataan tokoh dunia yang dilansir oleh harian Seputar Indonesia, Sabtu (2/1).

Tun Najib Razak, PM Malaysia. “Pengaruh kuat Gus Dur dalam menentukan Indonesia tidak dapat dianggap remeh. Gus Dur merupakan negerawan dan ilmuwan. Dia berjuang untuk membawa perubahan dan reformasi yang didasari nilai-nilai Islam.”

Mahathir Mohamad, mantan PM Malaysia. “Gus Dur merupakan seorang patriot yang berjuang untuk Indonesia dan Islam. Meskipun ada kalanya ketika saya tidak sepakat dengan mantan presiden, saya masih menghargai pandangannya.”

Barack Obama, Presiden AS. “Gus Dur tokoh penting dalam transisi demokrasi di Indonesia. Dia akan selalu dikenang atas komitmennya terhadap prinsip demokrasi, politik inklusif, dan toleransi beragama.”

Kevin Rudd, PM Australia. “Gus Dur adalah tokoh utama dalam sejumlah agenda reformasi penting yang dilaksanakan Indonesia menuju sebuah demokrasi yang modern.”

Hu Jintao, presiden China.” Gus Dur telah memberikan kontribusi penting dalam pembangunan hubungan diplomatik antara Indonesia dan China.”

Lee Hsien Loong, PM Singapura.” Gus Dur akan selalu diingat sebagai tokoh Islam moderat dan pemberla kaum minoritas.” (mad)

Mantan Ketua MPR RI Prof Dr Amien Rais: “Sudah sepantasnya dan selayaknya kalau Gus Dur mendapatkan gelar pahlawan nasional. Siapa pun atau pihak mana pun tidak perlu lagi mempersoalkannya.”

Tulisan di atas  saya akses dari website nu online.
Melalui tulisan ini saya mengajak segenap pembaca untuk ikut urun komentar atau tanggapan mengenai jasa Gus Dur. Harapan ini bukan bermaksud mengkultus pribadi Gus Dur, Gus Dur manusia biasa yang juga memiliki kekurangan sebagaimana manusia umumnya.
Bahwa Gus Dur memiliki kelebihan-kelebihan telah diakui masyarakat Indonesia dan dunia.
Nah, Anda pasti punya kesan tersendiri akan kelebihan Gus Dur, atau punya referensi yang dapat dikutip, atau pernah mendengar ungkapan dari seseorang santri, teman, tukang becak, guru, buruh, atau pejabat.
Silakan tulis melalui kolom komentar. Bagi Anda, mungkin yang Anda tulis tidak istimewa tapi, bisa jadi, bagi orang lain/sahabat/keluarga/siapa saja memiliki nilai yang istimewa.

48 Tanggapan

  1. Ak tdk bs berkta ap2 tentang kehebatan an ketokhohanya hllo salm buat santri x wungu 1992

    Suka

  2. Pada hari Senin, 8 Pebruari 2010 Ombudsman Republik Indonesia menyelenggarakan acara Peringatan 40 Hari Wafatnya (Alm) KH. Abdurrahman Wahid di kantor Ombudsman Republik Indonesia. Dalam acara tersebut (Alm). KH. Abdurrahman Wahid akan ditetapkan sebagai Bapak Ombudsman Republik Indonesia, sebagaimana Surat Keputusan Nomor: 007/ SK-ORI/II/2010 tanggal 8 Pebruari 2010 yang dikeluarkan oleh Ketua Ombudsman Republik Indonesia.
    Sebagaimana diketahui, kelahiran lembaga Ombudsman di Indonesia ditandai dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2000 tentang Komisi Ombudsman Nasional. Keputusan Presiden Republik Indonesia tersebut ditandatangani oleh KH. Abdurrahman Wahid yang pada masa itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia keempat.

    Gagasan awal pembentukan lembaga Ombudsman ini bermula dari pemikiran KH. Abdurrahman Wahid yang kemudian melakukan pembahasan dengan Antonius Sujata (mantan Jampidsus dan Ketua Ombudsman Republik Indonesia 2000-sekarang), Marzuki Darusman (Jaksa Agung RI pada masa itu) dan Marsilam Simanjuntak (Sekretaris Kabinet pada masa itu).
    Gagasan membentuk lembaga Ombudsman pada awalnya muncul untuk menjawab keresahan masyarakat pada masa itu yang menginginkan adanya reformasi birokrasi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Untuk itu dibentuklah sebuah lembaga yang berfungsi melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

    Dalam perkembangannya lembaga ini kemudian mendapatkan kepercayaan lebih melalui penguatan landasan hukum berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Disamping mengalami perubahan nama dari Komisi Ombudsman Nasional menjadi Ombudsman Republik Indonesia, wewenang yang diberikan pun mendapatkan perluasan yang lebih baik.
    Melihat perkembangan yang terjadi dalam kelembagaan Ombudsman, maka sudah sewajarnya untuk menempatkan KH. Abdurrahman Wahid sebagai pelopor terbentuknya Ombudsman Republik Indonesia dengan visinya yang jauh ke depan untuk memperbaiki kehidupan bangsa demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. Untuk itulah Ketua Ombudsman Republik Indonesia beserta Anggota dan jajarannya bersepakat untuk menetapkan KH. Abdurrahman Wahid sebagai Bapak Ombudsman Republik Indonesia.

    Sebagai penghargaan lebih lanjut, maka Ombudsman Republik Indonesia juga memberi nama ruang pertemuan utama di kantor Ombudsman Republik Indonesia sebagai Ruang KH. Abdurrahman Wahid yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Ombudsman Republik Indonesia Nomor : 008/SK-ORI/II/2010 tanggal 8 Pebruari 2010.
    Demikian, untuk memperoleh perhatian dan peliputan pers, atas perhatiannya Ombudsman Republik Indonesia mengucapkan terima kasih.

    Jakarta, 8 Pebruari 2010

    OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA

    Antonius Sujata
    Ketua

    Sumber: http://www.ombudsman.go.id/

    Suka

  3. Gusdur bukan yang terbaik, tapi sudah melakukan yang terbaik untuk islam, dan untuk indonesia. Allah yang akan membalasnya.

    Suka

    • Benar, dan Gus Dur tak peduli apakah dipuji orang baik atau tidak, karena beliau punya prinsip yang terbaik adalah terbaik di sisi Allah Swt….!
      Mudah-mudahan, senantiasa kita bisa berbuat yang terbaik di sisi Allah Swt. Amiin…!

      Suka

    • Ammiiiiinnnnnnn………

      Suka

  4. Sewaktu menjadi Presiden, Gus Dur pernah berceramah di hadapan para pejabat negara Perancis tentang Islam. Segera setelah itu tema Islam moderat versi Gus Dur menjadi wacana di kalangan pejabat Perancis, dikaji oleh para ilmuwannya, dengan rasa ketertarikan yang tinggi. Setelah berceramah di hadapan pejabat, Gus Dur juga berceramah di hadapan perkumpulan orang-orang cacat. Segera setelah itu di Perancis terbentuk asosiasi perkumpulan orang-orang cacat dengan berbagai program kegiatan. Saat ini anggota asosiasi tersebut sudah ratusan perkumpulan.

    Kak Ichsan:
    Kebaikan adalah kebaikan dan akan tetap abadi.

    Suka

  5. Kata Cak Nun,GUSDUR itu bermaqom Nabi,hanya saja beliau tidak hidup di era kenabian.
    Sedikit sekali orang yang mau menerima Kebenaran,hanya karena kebenaran itu datang bukan dari golongannya!.

    Suka

  6. Terima kasih untuk pemilik Blog ini.
    Assalamu Alaikum.
    Untuk teman2 komentator yang masih Su’udzon dan gemar memfitnah Gusdur,: kontribusi apa yg telah kalian berikan untuk Islam dan Negara? .
    Insya Allah saya jawab Pertanya’an Seputar GusDur,silahkan via email saya.

    Suka

  7. Jasa-jasa Gus Dur bisa kita rasakan setelah Beliau meninggal. Itu merupakan bukti dari seorang yang tidak hanya sebagai bapak bangsa atau dunia, tapi lebih dari itu Belia adalah seorang Waliyullah. Apa yang telah Beliau perjuangkan, hasilnya dapat dirasakan dan bermanfaat bagi umat manusia. Dulu kita tidak tahu dan tidak paham apa yang Beliau sampaikan, tetapi lama-kelamaan apa yang Beliau sampaikan itu adalah benar. Itu yang luar biasa dari sosok seorang Gus Dur.
    Tokoh pejuang demokrasi dan pluralisme.

    Suka

  8. Memahami gus dur tidak cukup “hanya” dengan mata dan logika semata, lihat dlm Al kahfi Seorang nabi Musa yang tidak mampu memahami nabi Khidir. Lebih baik kita berhusnudhon ketimbang menggunjing, sebab kita tidak lebih baik dari beliau.

    Suka

  9. apa yang sudah terjadi biarlah terjadi…kita harus menghormati dan mendoakan arwah Beliau semoga mendapatkan tempat yang layak sesuai amal perbuatan Beliau..karena bagaimanapun juga jasa beliau sangatlah besar…mudah2an 10 tahun yang akan datang Gus Dur lain yang bisa memajukan negara ini.amiiiiinnn

    Suka

  10. Ketika,… saya mendengar berita bahwa Gus Dur dipanggil Sang Khalik, saya merasa dekat dengan jiwanya…. saat itu saya di kampung, jauh dari televisi. sekalipun demikian saya mendenganya dari fb. zy tidk menangis, saya sangat yakin bahwa roh perjuangan Gus Dur menyatu dalam diri kami anak2 bangsa, generasi penerus bangsa ini.
    saat ini pun saya mendokan semoga Gus Dur diterima disisi kanan TYME, kami menyerukan, bahwa Gusdur Pahlawan Nasional.

    Suka

  11. termasuk salah satunya menyakiti perasaan umat Islam…dalam hal ini jasa Gus Dur sangat Besar sekali
    1. Membiarkan peristiwa pembantaian umat Islam di ambon
    2. Anggota Yayasan Simon Peres
    3. Mengatakan natal wajib bagi umat islam
    4. Al Quran Kitab paling Porno
    5. Babi Halal (Ajinomoto)
    banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan ssatu persatu

    Suka

    • apa anda sensiri tidak pernah membuat salah

      Suka

    • wah basi bung yang begituanmah, sudah jelas kalau semua yang anda tuliskan di atas hanya fitnah belaka justru saya prihatin kepada anda yang masih saja memelihara pemikiran picik dan tidak mau keluar dari kegelapan anda sendiri sehingga anda sibuk mencari-cari fitnah2 yang ditujukan kepada beliau dan fatalnya anda menganggap semua itu benar tapi saya yakin sehebat apapun fitnah kepada beliau tidak akan sedikitpun mengkerdilkan kebesaran beliau sebagai tokoh panutan umat manusia justru fitnah2 yang jelas2 bagaikan kotoran seyogyanya akan berubah menjadi pupuk yang akan menyuburkan pemikiran2 beliau guna menuju dunia yang lebih damai dan saling menghargai

      Suka

    • Banyak dan sangat banyak lagi yang anda tidak mengerti, sehingga anda menjadi bingung,…?

      Suka

    • Anda perlu mondok dan mendalami islam secara luas, ingat…! jangan mengkaji islam hanya di komunitas anda sendiri, anda harus punya pengalaman mengkaji islam di berbagai komunitas/ organisasi islam yang ada, cobalah masuk pada komunitas pondok pesantren baik salaf maupun kholaf, anda mungkin memerlukan paling sedikit 15-20 tahun untuk itu…salam silaturrahmi dari saya sendiri.
      Wassalamualaikum Wr Wb

      Suka

    • Apakah anda sudah merasa lebih mulia dari Mbah kyai gusdur
      Jika anda islam apakah anda tidak pernah tahu bahwa mencela
      Orang yng meninggal adalah dosa besar,Terlebih jika itu finah
      Namun jika anda non muslim,Mungkin saya bsa maklumi,Karena mungkin
      Di agama anda tidak di ajarkan ”TATA KRAMA Menghormati orang yng
      sudah meninggal” Saya tidak merasa menggurui anda saya hanya
      Mengingat’kan terima kasih. 🙂

      Suka

  12. Gus Dur Hebat. semoga apa yang diperjuangkannya diRidlai dan Rahmati Allah. belum tentu kita dapat menirunya, meski kita mencacinya. kita patut mengambil ruh perjuangannya sebagai bagian dari perjuangan kita masing-masing. sungguh bodoh kita terjebak pada polemik terlalu menyanjung atau terlalu menghina beliau. semestinya kita patut dan seharusnya menyanjung hal positif pada diri beliau.

    Suka

    • Meski sudah meninggal, satu per satu penghargaan masih terus diterima KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Kemarin presiden ke-4 RI itu ditahbiskan rakyat Papua sebagai bapak demokrasi Papua.

      Sebutan bapak demokrasi Papua itu dideklarasikan dalam acara: Gus Dur, 10 Tahun Kembali Nama Papua (1 Januari 2000-1 Januari 2010). Acara tersebut diselenggarakan di GOR Cenderawasih, Jayapura.

      Don Flassy, salah seorang tokoh Papua yang memperoleh kesempatan memimpin renungan dalam acara itu, menegaskan bahwa jasa Gus Dur bagi masyarakat Papua cukup besar. Ketika menjabat presiden, Gus Dur-lah yang mengembalikan nama Papua sebagai pengganti Irian Jaya. Flassy bahkan mengibaratkan Gus Dur seperti Douwes Dekker-nya Papua. “Jika Douwes Dekker berjuang untuk kesetaraan antara rakyat Indonesia dan Belanda, Gus Dur berjuang agar masyarakat Papua setara dengan masyarakat lain di provinsi lain di Indonesia,” jelasnya.

      Flassy menyatakan, Gus Dur memiliki nama besar di dunia. Semasa hidupnya, dia memosisikan diri sebagai sosok humanis yang selalu peduli terhadap masalah kemanusiaan di belahan dunia mana pun. “Beliaulah yang menjadi jembatan untuk hubungan antara Islam-Yahudi dan Kristen, tanpa ragu sedikit pun,” ujarnya.

      Khusus tentang Papua, kembalinya nama Papua termasuk salah satu di antara tiga kebijakan Gus Dur. Saat menjadi presiden, Gus Dur pula yang mengizinkan bendera Papua, Bintang Fajar, berada di samping bendera Merah Putih.

      Acara di GOR Cenderawasih kemarin dihadiri adik kandung Gus Dur, Lili Chadijah Wahid yang menjadi anggota Komisi I DPR. Bersama Lili, hadir Inayah Wahid, putri kandung Gus Dur. (Sumber http://jawapos.co.id, ed 26/01/2010)

      Suka

  13. yang benar adalah yang tidak mengaku benar sendiri…..

    Suka

  14. Gusdur memang tokoh sekaligus pahlawan demokrasi yang bisa mempersatukan umat beragama yang berbeda, namun sayang banyak orang yang tidak mengerti pernyataan dan sikapnya kecuali khusus orang yang cerdas

    Suka

  15. Gus Dus the Best Of the Best

    Suka

    • siap pak !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!demi indonesia merdeka

      Suka

  16. saya ikut berduka cita atas meninggalnya bpk gusdur selaku mantan presiden negara indonesia..

    Suka

  17. Nama Gus Dur di bidang Islam dan Demokrasi Dunia, sudah tidak perlu disangsikan lagi. terbukti dari pimpinan pemerinyahan dunia sudah memberikan apresiasi tertinggi kepada KH. Abdurrahman Wahid. Kalau Presiden RI masih menuntut sesuatu yang macem-macem sebagai persyaratan, Biarlah Gus Dur tetap diakui sebagai Pahlawan Nasional tanpa secarik kertas dari Pemerintah RI. Gus Dur, Dikau telah diakui sebagai Pahlawan Masyarakat Dunia.

    Suka

  18. asmaul husna ada 99, 9 adalah sebuah rahasia Allah, sebuah angka yang luar biasa angka yang luar biasa rahasianya, penuh makna, subhanallah GUS DUR wafat pada jam 18, menit 45, tanggal 30 bulan 12 tahun 2009, kalau di amati semua angka tersebut jika dikalikan dengan angka itu sendiri jumlahnya ada 9.
    18×18=324=3+2+4=9, 45×45=2025=2+0+2+5=9, 30×30=900=9+0+0=9, 12×12=144=1+4+4=9, 09×09=81=8+1=9
    Kalau semua dikalikan jumlahnya juga 9. 18x45x30x12x09=2624400=2+6+2+4+4+0+0=18=1+8=9
    ada apa dengan jam 18.45? Lihat di AlQur’an Surat ke18 ayat 45.

    Suka

    • KALO DICERMATI QS. 18:45, bahw Allah menggambarkan kehidupan ini dengan air hujan yang menyirami bumi sehingga menumbuhkan tanaman, dan tanaman itu menjadi subur, tapi sayangnya tanaman itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin.
      artinya semua yang dianggap hebat dan indah itu (apa yang ada pada Gus Dur) oleh kebanyakan orang, sesungguhnya itu hanyalah tipuan yang melenakan manusia, tak ada manfaatnya, tak ada kebaikan, kosong dari dari kebenaran dan keindahan yang hakiki. kesimpulannya; tidak usah menyanjung-nyanjung Gus Dur, bahkan apa yang telah dilakukan olehnya justru banyak sekali yang bertolak belakang dengan Islam, dan telah menghina ajaran agamanya sendiri. coba lihat… bagaimana dia begitu gigih membela aliran sesat yang telah keluar dari islam, begitu gigih dia bersahabat dengan para penjajah zionis. dan begitu dia menganggap remeh penderitaan kaum Muslimin dan nilai-nilai universal kemanusiaan. kalao mau jujur… mestinya dia bersikap adil dalam mensikapi seluruh etnis dan penganut agama. Maka Marilah kita menjadi pembela KEADILAN DIMANAPUN DAN PADA SIAPA PUN. TANPA KECUALI. TERMASUK DALAM MENSIKAPI BELIAU….GUS DUR….YG BENAR ITU BENAR DAN YG SALAH ITU SALAH.

      Suka

      • SAYA SETUJU DENGAN ANDA, BUKTI LAIN ANAK DAN ISTRINYA TIDAK BERJILBAB, ITUKAH YANG DIKATAKAN KH

        Suka

      • andaikan sy bisa ketemu anda, akan sy jelaskan apa yang menurut pemikiran anda itu benar atau salah.
        Suatu kesimpulan tidak bisa diambil dari satu atau dua sumber referensi saja.
        Bila menurut anda tidak benar, sudahkah anda tanyakan kepada yang bersangkutan kenapa dia berbuat demikian.
        Ingat persangkaan itu tidak cukup mewakili sebuah kebenaran.
        Mudah-mudahan suatu saat Allah memberi pencerahan hati dan fikiran kepada kita! Amin…..

        Kak Ichsan:
        Matur suwun Mas Saiful. Ya, semoga Allah menuntun langkah pikiran kita. Amiin.

        Suka

      • apakah anda sudah paham betul tentang ayat tersebut?
        sehingga anda berani mengutarakan seperti itu

        Suka

      • Bung atau bude Akias, . . .
        Dalam Surat Al Qur’an:18.45 itu berbunyi “Dan berilah mereka(manusia) suatu perumpamaan tentang kehidupan dunia adalah sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”.
        Coba saya tanya pada anda:
        Dalam surat tersebut,
        1.Siapa yang disuruh oleh Alloh untuk membuat suatu perumpamaan?
        2.Ditujukan pada siapa perumpamaan tersebut?
        3.Siapa yang berkedudukan sebagai air hujan?
        4.Siapa lagi yang berkedudukan sebagai tumbuh2an?
        5.Kenapa tumbuh2an itu menjadi kering?
        6.Siapa yang berkedudukan sebagai angin yang menghamburkan?
        Sebelum menjawab saya sarankan anda mempelajari beberapa tafsir yang dikaji dari berbagai disiplin keilmuan!
        Dan jangan lupa pelajari sejarah kehidupan Rosululloh, para Nabi, para sahabat, tabi’in,dan jumhur ulama’!
        OK! Saya tunggu……

        Suka

      • masya allah
        dalam ajaran agama kita tidak diperkenankan kita menggunjing orang yang masih hidup apalagi orang yang sudah wafat, membicarakan yang baik baiknya pun saja kurang baik
        semoga allah swt akan selalu melindungii kita semua
        kita tidak pernah tau mengapa gus dur melakukan itu dan kita tidak pernah mengerti apa maksud semua itu berprasangka baiklah terhadap orang lain jangan suka menjelek jelekan orang lain

        dan untuk mas yang diatas tadi jangan seeenaknya perut kalo menafsirkan al quran ada ilmunya mas hati hati dengan alquran

        Suka

    • kreatif banget deh…saluutthh.

      Suka

  19. turut berduka
    salam hangat dari blue

    Suka

  20. oleh karena itu Alm. Gus Dur harus diberi gelar PAHLAWAN, beliau berani melawan Kebiasaan2 rezim penguasa yg suka menafikkan amanat rakyat, merombak paradigma2 penguasa yg sdh ketinggalan jaman, dan muara semua itu adalah beliau tidak takut sama siapa2, hanya takut pada Allah Swt, Selamat jalan. ke haribaan sang Khaliq, …Smga Allah akan membalas ketulusan beliau dlm menegakkan nilai2 kemanusiaan bagi semua umat di Indonesia khususnya dan dunia umumnya

    Suka

    • ya betul….. Pahlawan untuk para pembela pluralisme, kapitalisme, dan isme-isme apa aja lah….intinya Pahlawan bagi para pembela penjajahan (terutama non fisik) yang anti terhadap nilai-nilai naionalisme & patriotisme para pejuang kemerdekaan bangsa ini, …..(PELAJARI FAKTA SEJARAH DONG…)
      eh… jangan begitu……. mari kita cintai bangsa indonesia ini, jaga dari penjarahan aset-aset bangsa…. jangan sampai bangsa ini tergadai akibat ulah para penikmat kesenangan sesaat, yg bgtu egois melupakan anak cucu generasi bangsa yang akan datang……
      save Indonesia…….SELAMATKAN INDONESIA KITA…

      Suka

  21. Yang jelas, dunia media kehilangan salah satu sumber berita mereka. Sulit menemukan sosok sekontroversial beliau.

    Suka

  22. Gus Dur…banyak orang berpikir aneh tentang beliau…mayoritas orang juga hanya melihat hanya dari fisik beliau saja…mereka tidak tau siapa Gus Dur dan bagaimana Gus Dur…sekilas emang kontroversial, tp aq sendiri yakin kalo apa yang diucapkan dan dilakukan Gus Dur tu benar…aq adalah orang yang sangat mengagumi Gus Dur..4 kata yang paling aq suka dari beliau…”Gitu Aja Kok Repot”

    Suka

    • wah gw setuju banget tuh,,

      His The Real President. Pejuang demokrasi, menjamin hak asasi manusia. Semua kalangan pun mengaku dia.

      Terima kasih atas Jasamu. Bapak Pluralisme.

      salam.

      Suka

    • Bener mas, yg aku suka dr almarhum adalah keberaniannya melawan penguasa yg tirani, masih ingat kan Forum Demokrasi (Fordem) adalah dibidani oleh almarhum yg dilatarbelakangi oleh tersumbatnya media kebebasan berpendapat pada jamannya rezim orba yg otoriter dibawah pimpinan almarhum mantan presiden RI juga, kesahajaan almarhum juga patut kita tauladani.

      Suka

  23. Gus Dur adlah phlwn bg bgsa ini…smga suatu saat akn lahir Gus Dur yg laen yg dpt membawa ngara ke arah yg lbih baik lgi….
    Amin

    Suka

  24. meskipun saya tidak pernah berjumpa dengan beliau, meskipun saya tidak tau keseharian beliau… saya merasa sangat mengenalnya… dan ketika berita duka itu datang saya sangat sedih dan merasa kehilangan… selamat jalan Gus Dur… semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT

    Suka

  25. turut berduka….

    Suka

  26. Presdien SBY dalam sambutan sebagai Inspektur Upacara pemakaman Gus Dur menyatakan bahwa Gus Dur adalah Bapak Pluralisme.
    Semoga sikap dan pemikiran Gus Dur menjadi teladan para pejabat dan kita semua untuk bersikap bijak: tidak membeda-bedakan.

    Suka

    • semoga cukup satu gusdur saja yang lahir didunia……….
      dan banyak hitler atau bush………..

      karena gusdur membunuh islam dari dalam…… dan sembunyi
      sedang hitler dan bush adalah musuh secara terang benderang !!!

      Kak Ichsan:
      Alhamdulillah, semoga Anda juga cukup sekali ini saja berkomentar, dan merasa puas. Setelah itu, seluruh sisa hidup dapat digunakan untuk berbuat sebagaimana perbuatan orang-orang yang dirahmati Allah, yakni nafas, ucapan, sikap senantiasa menyejukkan diri sendiri dan orang lain.

      Suka

      • Manusia itu ada yang:
        1. Hidupnya hidup, matinya juga hidup
        2. Hidupnya hidup, matinya mati
        3. Hidupnya mati, matinya hidup
        4. Hidupnya mati, matinya mati.
        Coba dicermati siapa orang di indonesia ini yang “Hidupnya hidup, matinya juga hidup” berarti masa hidupnya orang itu banyak memberi manfaat kepada manusia (menjadi rahmatallilalamin), setelah mati juga masih dimulyakan oleh Allah, sehingga keilmuaannya, jasa-jasanya banyak dipelajari dan dikenang oleh umat/ generasi berikutnya.
        Mudah-mudahan kita termasuk golongan yang pertama! Amin….

        Suka

Tinggalkan Balasan ke AKIAS Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: