SBY Bicara Koalisi Menteri?


Presiden terpilih SBY dalam acara silaturahmi dengan wartawan, di kediaman Puri Cikeas, Kabupaten. Bogor, Jawa Barat, hari Rabu (14/10) malam.

Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono berpendapat, pemerintahan yang kuat bukannya tanpa ada cheks and balances. Di banyak negara seperti Jepang, Singapura dan lain-lain, di mana parpol mendukung pemerintahan dalam jumlah yang kuat, chek and balance tetap berlaku.

Pendapat SBY ini disampaikan dalam acara silaturahmi dengan wartawan, di kediaman Puri Cikeas, Kabupaten. Bogor, Jawa Barat, hari Rabu (14/10) malam. Hadir pula dalam acara ini wakil presiden terpilih, Boediono.

“Saya punya penglihatan berbeda dengan pandangan yang menyatakan kalau pemerintahannya kuat, lantas tidak ada checks and balances. Menjadi kuat, tidak berarti kalau dukungan pada pemerintah kuat, lantas checks and balances tidak berlaku. Checks and balances sebenarnya muncul diantara lembaga-lembaga negara, utamanya eksekutif, legislatif dan yudikatif.. Bahkan dalam perkembangannya, checks and balances lebih luas dari itu,” ujar SBY

Dalam arti tertentu, lanjut SBY, dalam DPR dan DPD ada semacam checks and balance antara kepentingan parpol dengan daerah, meskipun parpol juga mewakili daerah-daerah. “Kecuali checks and balances akan mati, kalau DPR tidak ada, pemerintah jalan sendiri, atau model dahulu pemerintahan yang otoritarian,” kata SBY.

“Dengan adanya koalisi yang besar, fungsi DPR untuk pengawasan dan daya kritis mereka untuk membahas rancangan UU, untuk menkritisi kebijakan pemerintah, tetap berlaku. Partai Demokrat misalnya, partai terbesar di parlemen, tidak berarti anggota dari Demokrat tidak boleh kritis dan tidak menjalankan tugasnya sebagai anggota parlemen. Dalam konteks itu, tidak relevan kalau dukungannya pada pemerintah kuat, checks and balances menjadi sirna,” kata SBY. (win/mit)

Sumber, diakses dari  http://www.presidensby.info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: