Tanggung Jawab Kepala Sekolah terhadap Usulan NUPTK


Alur-Pendataan-NUPTK

Download Buku Prosedur NUPTK

Buku ini merupakan “Buku Pokok” yang harus dipahami oleh pihak yang terlibat dalam proses NUPTK, yakni

  • PTK
  • Kepala Sekolah
  • UPTD/Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan
  • Dinas Pendidikan Kab/Kota
  • Dinas Pendidikan Provinsi
  • LPMP
  • Ditjen PMPTK

Alur-Validasi-Pendataan-NUPKepala Sekolah memiliki tanggung jawab yang penting sebagai legalisasi instrumen PTK yang telah diisi oleh PTK sebelum data tersebut dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota atau Ke Kantor Cabang Dinas Pendidikan.

Tanggung  jawab  Kepala  Sekolah  dalam  proses  pendataan  ini,  antara lain:

1.  Pengisian  instrumen pendataan sekolah sesuai dengan kondisi yang sebenarnya,  kalaupun pengisian  dilakukan  oleh Kepala Tata Usaha, tetap tanggungjawab berada di Kepala Sekolah.

( Silakan klik gambar untuk memperbesar)

2.  Melakukan  pemutakhiran  data  sekolah  setiap  tahun  tahun  dan dilakukan  setelah  penerimaan  siswa  baru  selesai,  yaitu  pada  bulan Juli atau Agustus. Hal tersebut dikarenakan perubahan data sekolah akan selalu berubah sejalan dengan siswa yang lulus dan siswa baru, atau adanya guru yang pensiun dan guru baru.

3.  Pengiriman data sekolah dan sejumlah data PTK yang dimiliki sesuai dengan  jadwal  yang  ditetapkan  untuk  disampaikan  ke  Dinas Pendidikan Kab/Kota  atau  ke Cabang Dinas Pendidikan  untuk  yang setingkat TK dan SD.

4.  Bertanggung jawab atas kebenaran data yang diisi, baik data sekolah maupun  data  PTK.  Pengiriman  data  diupayakan  dalam  bentuk hardcopy dan softcopy.

5.  Kepala Sekolah dapat melakukan pengecekan atas data sekolah dan PTK yang telah masuk melalui website nuptk.

Alur  pendataan  PTK  maupun  profil  sekolah  sudah  disederhanakan sehingga proses pengisian tidak terlalu sulit untuk menghindari penulisan yang  tidak  seragam  karena  salah  tafsir,  atau  kesalahan  penulisan. penyederhanaan  variabel  juga  untuk  menghindari  pertanyaan  penting seperti: riwayat keluarga dan riwayat pendidikan.

Pedoman pengisian  instrumen penjaringan data PTK dan profil sekolah tergambar dalam Diagram 1:

1.  Penjaringan  data  diawali  oleh  diterimanya  instrumen  data  PTK  oleh setiap  PTK,  dan  instrumen  data  sekolah  oleh  Kepala  Sekolah. Selanjutnya  instrumen  yang  telah  dilengkapi  oleh  PTK  dan  profil sekolah oleh Kepala Sekolah dikirimkan ke Dinas kecamatan (UPTD) bagi PTK di Sekolah Dasar, selanjutnya UPTD meneruskan ke dinas pendidikan  Kab/kota.  Untuk  PTK  di  Sekolah  Menengah,  instrumen yang  sudah  dilengkapi  dikirimkan  langsung  ke  Dinas  Pendidikan Kab/Kota, untuk dilakukan entry data pada software SIM NUPTK.

2.  Dinas  Pendidikan  Kab/Kota  memastikan  keseluruhan  data  masuk dalam  SIM NUPTK  sebelum  disampaikan  ke  LPMP.  Pengiriman  ke LPMP  sudah  dalam  bentuk  softcopy  sehingga  penggabungan  dapat dilakukan tanpa mengurangi kualitas data.

3.  Selanjutnya  data  dari  seluruh  LPMP  dikirim  ke Ditjen PMPTK  untuk digabung menjadi  data  PTK  secara  nasional  sebagai  acuan  semua pihak.  Jika  data  yang  masuk  memenuhi  persyaratan  maka  PTK tersebut  akan  mendapatkan  Nomor  Unik  Pendidik  dan  Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Download

Untuk mengunduh panduan prosedur usulan NUPTK silakan klik teks beriku:

Iklan

17 Tanggapan

  1. Reblogged this on tas@dmin blog and commented:
    nuptk

    Suka

  2. mantap informasinya

    Suka

  3. bagaimana untuk mendapatkan nuptk bila GTT tidak bertatap muka di kelas? dikarenakan jam tatap muka untuk guru sertifikasi. padahal kami (GTT) sudah mengabdi 4 tahun. balas…

    Kak Ichsan:
    Untuk mendapatkan NUPTK, usul dengan persyaratan dan prosedur yang ada.

    Suka

  4. ass…pak. tolong carikan NUPTK guru-guru mis almadani ds. sasak panjang kec. Tajurhalang kab.bogor. tks.wslm

    Kak Ichsan:
    Nama mis almadani belum ada pada daftar sekolah di kab.bogor

    Suka

  5. […] jelas klik laman berikut Like this:SukaBe the first to like this […]

    Suka

  6. minta tolong cek NUPTK IRFANDI MTs Al-Mubarak Cinnong, Kec Sibulue, Kab. Bone Sul-sel

    Suka

  7. […] Makalah Pendidikan: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak Karya Tulis Ilmiah Pendidikan: Membangun Motivasi Belajar Siswa KTI: Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Artikel Pendidikan: Manajemen melalui Pembicaraan KTI: Manajemen Sekolah Berbasis Perubahan Kurikulum Pedoman Penilaian Kelas SD/SMP/SMA/SMK/MI/MTs/MA/MAK/PLB Mekanisme dan Prosedur PenilaianTeknik dan Instrumen Penilaian Prinsip Peniliaian Jenis Ulangan Buku Pokok Pedoman Pembelajaran TK Tanggung Jawab Kepala Sekolah terhadap Usulan NUPTK […]

    Suka

  8. kak ichsan penulisan nama saya di data nuptk yang diterima kurang satu huruf, gmn cara pembenarannya?

    Suka

  9. saya dari 2008 klkok belum mendapata NUPTK saya sudah mengajukan 3 kali tapi saya belum dapat nuptk

    Kak Ichsan:
    (1) Seandainya Ibu menyertakan identitas lengkap (nama, sekolah, kec, kab, prov) saya akan coba bantu.
    (2) Ibu dapat cek setiap saat bila memiliki program web browser NUPTK. Bila ingin mengunduh programnya, klik di sini.
    (3) Sesuai prosedur usulan, sebaiknya Ibu tanyakan ke Dinas Pendidikan, berkas sudah dikirim ke LPMP apa belum.

    Suka

  10. Mengapa rekan kami guru agm islam di SDN 02 Pablengan Kec.Matesih,Kab.Karanganyar a.n ISMAIL,A.Ma nip.19541108 197802 1 005;masa kerja 32 th 04 bln belum juga mendapatkan panggilan untuk sertifikasi,pdhl yang angkatan jauh di bawahnya sudah ikut sertifikasi bahkan sudah banyak yg telah terima TPG.Trims sekali bantuan informasinya.

    Suka

  11. a.n: Yusuf Priyono;Nana Tulus Riyadi,Sularni,SE,Sri Mulyani Instansi: SDN 02 Pablengan Matesih,Karanganyar sampai sekarang belum muncul/ menerima NUPTK padahal sudah 2x mengajukan pengusulan via UPTD Kec.Matesih,Kab.Karanganyar.Mohon bantuannya.Trims

    Kak Ichsan:
    Data per April 2010, NUPTK SDN 02 Pablengan muncul 11 nama tetapi nama-nama itu (Yusuf Priyono;Nana Tulus Riyadi,Sularni,SE,Sri Mulyani) belum muncul.

    Suka

    • Kemudian langkah saya selaku Kepala Sekolah harus bagaimana ? Maturnuwun sekali atas jawaban dan informasinya.

      Suka

  12. mau tanya, jika saya mengirimkan berkas via pos apakah akan dilayani? saya sudah mengirimkan berkas nuptk lewat dinas tapi sudah 6 bulan ini tidak ada kabar apapun.

    Kak Ichsan:
    Prosedur usul NUPTK, sampai saat ini, hanya melalui kedinasan.
    Ibu dapat membaca: Prosedur Usul NUPTK
    Untuk konfirmasi, Ibu dapat menghubungi pusat pengelola NUPTK di 021-3249-0330 (Pk 09.00 – 16.00).

    Suka

  13. saya ingin mengurus NUPTK 2 Tahun yang lewat, tapi kepala sekolah tidak mau menandatangani formulir pengisian data NUPTK, menurut kepala sekolah bahwa 2 tahun yang lalu bahwa pendaftaran NUPTK sudah ditutup. Padahal menurut teman-teman saya yang mendaftarkan NUPTK mengatakan belum tutup. mohon informasikan apakah untuk mendaftarkan NUPTK sudah tutup sampai sekarang. Saya jadi sedih apalagi saya tidak pernah menang mengikuti seleksi CPNS, mengingat semua harus menggunakan uang untuk masuk menjadi CPNS

    Kak Ichsan:
    Pendaftaran NUPTK dapat dilakukan sewaktu-waktu. Ibu bisa coba tanya ke UPTD Pendidikan Kecamatan atau ke Dinas Pendidikan Kabupaten. Ungkapan “2 tahun” mungkin ada salah pemahaman, maksud saya, diantara syarat usul NUPTK adalah memiliki masa kerja minimal 2 tahun.

    Suka

  14. saya minta info terbaru soal nuptk kota semarang khususnya kecamatan. apakah saya bisa dapatkan itu?

    Kak Ichsan:
    Data NUPTK Jateng per Desember 2009, silakan klik di sini.

    Suka

  15. nuptknya ko ngga keluar- keluar sih? padahal udah masukin data.

    Suka

  16. Saya telah mengurus NUPTK dan InsyaAllah sudah beres, namun ketika saya coba download, ternyata nama saya belum mucul. Ada yg uptodatekah datanya?

    Kak Ichsan berkata:
    Hingga saat ini dat NUPTK yang dipublikasikan adalah data per September 2009.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: