Prangko Seri Gemar Membaca dan Menulis


Prangko-BacaTulisDalam rangka meningkatkan minat baca dan menulis bagi generasi muda, Ditjen Postel pada tanggal 2 Mei 2007, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, menerbitakan prangko seri “Gemar Membaca dan Menulis”. Prangko terdiri dari dua desain, yang merupakan hasil karya pemenang pertama dan kedua “Lomba Desain Prangko Nasional”.

Prangko ini termasuk prangko istimewa yang dicetak sebanyak 100.000 set dengan harga nominal Rp 1.500,00 atau Rp 30.000,00/sheet, memuat gambar hasil karya Elisabeth Christine Yowono dari Surabaya dan Suroso dari Yogyakarta. Sedangkan karya pemenang ke tiga Djoko Soejanto dari Bandung ditampilkan pada Sampul Hari Pertama (SHP). SHP tersebut dicetak sebanyak 5.000 buah dengan nilai nominal Rp 5.000,00.

Penerbitan prangko ini sebagai bentuk kepedulian terhadap rendahnya minat baca, hal terlihat dari jumlah surat kabar yang dikonsumsi masyarakat. Idealnya, satu eksemplar surat kabar dicetak untuk setiap sepuluh orang. Namun, di Indonesia perbandingannya satu surat kabar untuk 45 orang. Rasio itu masih di bawah Filipina yang perbandingannya 1 : 30 dan Srilanka 1 : 38.

Sumber | http://www.posindonesia.co.id | Akes pada 9 September 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: