• Sedang Berkunjung

  • Statistik Kunjungan

    • 27.905.679 hits
  • Negara Pengunjung

    Flag Counter
  • Arsip Tulisan

  • Kategori

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabung dengan 8.377 pelanggan lain
  • Komentar Baru

    Kak Ichsan pada Gratis, Buku Husein Mutahar da…
    Asli Arpani pada Gratis, Buku Husein Mutahar da…
    Harvest Moon: Light… pada Lirik Lengkap Indonesia Raya (…
    andri pada Download Indeks Alquran 30 Juz…
    alex sutja pada Kalender: Nama Bulan Masehi, H…
    stevenz pada Lambang Nahdlatul Ulama (NU) d…
    Bahagia dengan Menci… pada Pemakaian Tanda Tanya (?) dan…
    Dr.Prabowo Endropran… pada Syair Lagu Mars PGRI
    Dr.Prabowo Endropran… pada Syair Lagu Mars PGRI
    Matsan Saga pada Partitur Paduan Suara Himne…
    ayu cahyani pada Lagu Pramuka: Kelana Rimb…
    Kak Ichsan pada Melihat Nilai Akreditasi Sekol…
    Subandi pada Melihat Nilai Akreditasi Sekol…
    ugick adjach pada Puisi: Aku (Chairil Anwar…
    Kak Ichsan pada Tujuan dan Manfaat NISN
  • RSS Partitur Piano

  • RSS Partitur Paduan Suara

  • RSS Partitur dan Kunci Gitar

  • MP3 Pilihan

  • Pintu Khusus

  • Cek Tagihan

  • RSS Lagu Daerah

  • RSS Sayembara

Pengertian Pembelajaran Tematik


Pembelajaran tematik merupakan strategi pembelajaran yang diterapkan bagi anak kelas awal sekolah dasar.

Sesuai dengan tahapan perkembangan anak, karakteristik cara anak belajar,  konsep belajar dan pembelajaran bermakna, maka kegiatan pembelajaran bagi anak kelas awal SD sebaiknya dilakukan dengan Pembelajaran tematik.

Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat  memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).

Dengan tema diharapkan akan  memberikan banyak keuntungan, di antaranya:

1)  Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,

2) Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama;

3) pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;

4) kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa;

5) Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas;

6) Siswa lebih bergairah belajar karena dapat  berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain;

7) guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan,  waktu selebihnya dapat digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.

Arti Penting Pembelajaran Tematik

Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan  terlatih untuk dapat  menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Melalui pengalaman langsung  siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya. Teori pembelajaran ini dimotori para tokoh Psikologi Gestalt, termasuk Piaget yang menekankan bahwa pembelajaran haruslah bermakna dan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak.

Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing). Oleh karena itu, guru perlu mengemas atau merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar siswa. Pengalaman belajar yang menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga siswa akan memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan. Selain itu, dengan penerapan pembelajaran tematik di sekolah dasar akan sangat membantu siswa, karena sesuai dengan tahap perkembangannya siswa yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik).

14 Tanggapan

  1. tmksh informasi ttg pembelajaran tematik tingkat SD.

    Suka

  2. terimaksih atas wawasan yang diberikan tentang pembelajaran tematik untuk siswa kelas awal sekolah dasar

    Suka

  3. ini alamatnya ferigramesa.blogspot.com

    Suka

  4. terimakasih, ini sangat membantu
    jangn lupa juga lihat artikel saya yang judulnya analisis model pembelajaran.

    Suka

  5. teriam sih yaa,, mantap betul bila perlu buat juga nanti model-model pembelajaran lainnya

    Suka

  6. saya mengajar di Tk sdh 6 tahun di kabupaten mojokerto, saya sdh memiliki NUPTK.
    NAMA : IKA KRISTINASARI
    NUPTK : 8141760662300013

    yang mau saya tanyakan, apa saya sdh masuk database?

    Kak Ichsan:
    Maksudnya database apa? Kalau memang NUPTK sudah terbit, otomatis pada database NUPTK terdaftar.

    Suka

  7. TOP BGT dach. . . .
    makasih bgt yao tas bntuan artikel ny

    Suka

  8. matur nuwun sanget

    Suka

  9. […] Pengertian Pembelajaran Tematik Karakteristik Pembelajran Tematik Landasan Pembelajaran Tematik Ciri dan Manfaat Pembelajaran Tematik Standar Kompetensi Mata Pelajaran SD/MI Silabus/RPP/SKL/Model Penilaian untuk SD/MI/SMP/SMPLB/MTs/SMA/SMALB/SMK/MA KTSP SD/MI/SMP/SMA/SMAK/MI/MTs/MA dan LB […]

    Suka

  10. terima kasih blognya

    Suka

  11. lagi nyari-nyari artikel tentang tematik, eee…dapatnya yang ini dan bagus deh, makasih ya. Salam kenal ya, artikel dari tahun 2009 berarti masih hangat khan, semoga koment ini dibaca deh pemilik blog ini,

    PISS ALWAYS

    Kak Ichsan:
    Oke, Kang Sohib. Matur suwun, semoha silaturrahim ini dirahamti Allah SWT. Amiin.

    Suka

  12. ThaNkzzz
    Ya bantu bgt ne

    Suka

  13. trima kasih byk atas artikelny… sangat membantu mengerjakan tugas kuliah saya..

    Suka

Tinggalkan komentar