Pembelajaran tematik merupakan strategi pembelajaran yang diterapkan bagi anak kelas awal sekolah dasar.
Sesuai dengan tahapan perkembangan anak, karakteristik cara anak belajar, konsep belajar dan pembelajaran bermakna, maka kegiatan pembelajaran bagi anak kelas awal SD sebaiknya dilakukan dengan Pembelajaran tematik.
Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).
Dengan tema diharapkan akan memberikan banyak keuntungan, di antaranya:
1) Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
2) Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama;
3) pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
4) kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa;
5) Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas;
6) Siswa lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain;
7) guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya dapat digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.
Arti Penting Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Melalui pengalaman langsung siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya. Teori pembelajaran ini dimotori para tokoh Psikologi Gestalt, termasuk Piaget yang menekankan bahwa pembelajaran haruslah bermakna dan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak.
Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing). Oleh karena itu, guru perlu mengemas atau merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar siswa. Pengalaman belajar yang menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga siswa akan memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan. Selain itu, dengan penerapan pembelajaran tematik di sekolah dasar akan sangat membantu siswa, karena sesuai dengan tahap perkembangannya siswa yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik).
Filed under: Pedoman Guru, Pedoman Pembelajaran, SD, TK/RA/PAUD | Tagged: Pedoman Pembelajaran |
tmksh informasi ttg pembelajaran tematik tingkat SD.
SukaSuka
terimaksih atas wawasan yang diberikan tentang pembelajaran tematik untuk siswa kelas awal sekolah dasar
SukaSuka
ini alamatnya ferigramesa.blogspot.com
SukaSuka
terimakasih, ini sangat membantu
jangn lupa juga lihat artikel saya yang judulnya analisis model pembelajaran.
SukaSuka
teriam sih yaa,, mantap betul bila perlu buat juga nanti model-model pembelajaran lainnya
SukaSuka
saya mengajar di Tk sdh 6 tahun di kabupaten mojokerto, saya sdh memiliki NUPTK.
NAMA : IKA KRISTINASARI
NUPTK : 8141760662300013
yang mau saya tanyakan, apa saya sdh masuk database?
Kak Ichsan:
Maksudnya database apa? Kalau memang NUPTK sudah terbit, otomatis pada database NUPTK terdaftar.
SukaSuka
TOP BGT dach. . . .
makasih bgt yao tas bntuan artikel ny
SukaSuka
matur nuwun sanget
SukaSuka
[…] Pengertian Pembelajaran Tematik Karakteristik Pembelajran Tematik Landasan Pembelajaran Tematik Ciri dan Manfaat Pembelajaran Tematik Standar Kompetensi Mata Pelajaran SD/MI Silabus/RPP/SKL/Model Penilaian untuk SD/MI/SMP/SMPLB/MTs/SMA/SMALB/SMK/MA KTSP SD/MI/SMP/SMA/SMAK/MI/MTs/MA dan LB […]
SukaSuka
terima kasih blognya
SukaSuka
lagi nyari-nyari artikel tentang tematik, eee…dapatnya yang ini dan bagus deh, makasih ya. Salam kenal ya, artikel dari tahun 2009 berarti masih hangat khan, semoga koment ini dibaca deh pemilik blog ini,
PISS ALWAYS
Kak Ichsan:
Oke, Kang Sohib. Matur suwun, semoha silaturrahim ini dirahamti Allah SWT. Amiin.
SukaSuka
boleh kenal yaeh
SukaSuka
ThaNkzzz
Ya bantu bgt ne
SukaSuka
trima kasih byk atas artikelny… sangat membantu mengerjakan tugas kuliah saya..
SukaSuka