Hasil Akhir Pilpres 2009


Rapat Pleno Terbuka KPU untuk merekapitulasi hasil Pilpres 2009 telah berhasil diselesaikan dalam dua hari. Hari  ini, 23 Juli penghitungan hasil pilpres telah ditetapkan. Sesuai dengan hitung cepat, pasangan SBY-Boediono berhasil mengumpulkan suara terbanyak. Data selengkapnya sebagai berikut :

  1. Megawati-Prabowo : 32.548.105 (26,79%)
  2. SBY-Boediono      : 73.874.562 (60,80%)
  3. JK-Wiranto          : 15.081.814 (12.41%)

Meski tidak dihadiri oleh saksi dari pasangan nomor urut 1 (Megawati-Prabowo) dan saksi pasangan nomor urut 3 (JK-Wiranto), jalannya sidang yang sempat diskor karena protes dari pasangan nomor urut 3, tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Saksi pasangan nomor urut 3 sempat mengikuti sidang. Tapi pada saat pembacaan hasil rekapitulasi suara dari provinsi Jawa Tengah, saksi pasangan nomor urut 3 mengajukan keberatan soal DPT. Karena keberatannya tidak ditanggapi, saksi pasangan nomor 3, Chairuman Harahap tidak puas dan langsung walk out. Aksi walk out ini diikuti oleh saksi pasangan nomor urut I, Arief Wibowo yang memang sejak awal tidak masuk ruangan. Pada pukul 16.30, saksi pasangan nomor urut tiga, kembali masuk ruangan pleno. Namun, tujuannya bukan lagi mengikut rapat pleno, melainkan hanya menyampaikan nota keberatan dari pasangan nomor urut tiga. Intinya, surat tersebut meminta agar KPU tidak melanjutkan rapat rekapitulasi penghitungan suara.

Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary menerima dengan baik nota keberatan tersebut. Namun menurutnya, keberatan-keberatan tidak bisa dijadikan alasan yang kuat bagi KPU untuk menghentikan jalannya rapat pleno. Karena itu, sesuai kesepakatan peserta, rapat pleno rekapitulasi tetap dilanjutkan.

Hari terakhir ini dibacakan rekapitulasi suara dari provinsi Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, Banten, NTB, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Maluku Utara, Maluku, NTT, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Papua, dan Papua Barat. Dibacakan juga rekapitulasi suara dari 117 perwakilan luar negeri.

(Sumber: Media Center KPU | Update Kamis, 23 Juli 2009 06:44)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. untuk hasil pemilu 2009 ada gak bos

    http://bukandahlaniskan.wordpress.com/2012/03/25/bukan-pemimpin-visioner-yang-kami-butuhkan-saat-ini-tetapi-pemimpin-yang-tau-penderitaan-rakyat/

    terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: