Festival Film dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional 2009


LATAR BELAKANG
Film adalah hasil olah cipta, rasa, dan karsa manusia untuk memberi arti kehidupan masa lalu, hari ini, dan mendatang. Film adalah sebuah karya kolaborasi antara seni, komunikasi, teknologi, dan sintesis keilmuan lain, yang mampu menyampaikan pesan yang bermanfaat kepada masyarakat. Hal ini menjadikan film -yang merupakan salah satu bagian dari budaya populer- memiliki peran penting sebagai instrumen pendidikan, public relation, dokumentasi, dan edutainment yang dapat ditonton secara massal dan populer.

Tumbuhkembangnya Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki program keahlian Televisi, Film, Animasi, Multimedia dan seni audio visual lainnya memberikan angin segar bagi masa depan film dan industri audio visual di Indonesia. Hegemoni film-film horor, percintaan, dan kekerasan yang saat ini merajalela harus diimbangi dengan pembuatan film-film dengan tema lain yang lebih mencerahkan. Hal ini tidak lepas dari peran sumber daya manusia di bidang film yang berada di balik layar. Maka, menciptakan ruang untuk berkreasi dan apresiasi film (festival) yang sehat adalah salah satu alternatif jalan yang dapat dilakukan.

Festival ini adalah sebuah ruang yang diharapkan menjadi kawah candradimuka bagi munculnya calon-calon pembuat film masa depan yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi terbaiknya bagi bangsa. Festival ini akan menjadi ikon nasional dan memiliki reputasi yang baik
melalui penyelenggaraan yang dikelola secara profesional dengan dukungan berbagai pihak. Festival ini akan mendorong visi pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Indonesia yang mandiri dan tangguh dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku. Nilai-nilai yang akan dijadikan pedoman dalam membangun tema besar film yang akan diapresiasi dalam festival ini adalah pancasila, kebangsaan, nasionalisme, dan kemandirian berdiri di atas kaki sendiri.

TUJUAN & MANFAAT

1. Memperkuat kesadaran dan kecintaan pelajar SMK terhadap tanah air, bangsa, dan negara Indonesia.

2. Menumbuhkembangkan kreativitas pelajar SMK Indonesia dalam kegiatan yang bermanfaat bagi pembentukan pola pikir, sikap, dan perilaku yang positif.

3. Menumbuhkembangkan ruang ekspresi seni, komunikasi, pergaulan sosial, dan penghargaan terhadap ragam hubungan sosial dan budaya di Indonesia.

4. Mendorong komunitas pendidikan/sekolah di Indonesia untuk peduli terhadap kegiatan siswa/siswinya dibidang film (apresiasi, literasi media film, pembuatan film, dan ekshibisi/pemutaran film).

5. Mendorong komunitas pendidikan/sekolah di Indonesia untuk aktif mengembangkan kewirausahaan yang terkait bidang film, program televisi, dan seni audio visual lainnya.

TEMA:

INDONESIA KITA

Sub-Tema:
Tentang kepekaan seni/budaya/tradisi, relijiusitas, kemanusiaan, persatuan, persahabatan, kebijaksanaan, kebangsaan, nasionalisme, toleransi, keadilan sosial, alam dan lingkungan, dan kemandirian berdiri di atas kaki sendiri.

KATEGORI KARYA:

1. Fiksi/Cerita

2. Dokumenter

3. Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Announcement/PSA)

4. Musik Video

PESERTA:

Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (Bidang Keahlian Broadcasting &
Multimedia) seluruh Indonesia.

PENERIMAAN KARYA:

23 Maret – 30 April 2009 (cap pos)
Dikirimkan ke:
Pusat Pengembangan Media Alternatif
Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta
Jl. Cikini Raya 73, Jakarta 10330
Telp. 021-3161258, 3156176. Faks. 021-31923603
Email: kotaksurat@ppma.or.id

DEWAN JURI:

1. Perwakilan dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional.

2. Perwakilan dari Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.

PENYELENGGARA:

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional & Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.

KRITERIA:

1. Film fiksi/cerita, dokumenter, iklan layanan masyarakat (PSA) dan/atau musik video.

2. Durasi karya maksimal 10 (sepuluh) menit.

3. Tahun pembuatan karya antara 2006 – 2009.

4. Karya dibuat berkelompok dan/atau pribadi/individu, dikirim atasvnama sekolah (dibuktikan dengan tanda tangan kepala sekolah dan stempel/cap sekolah).

5. Tim produksi/pembuat adalah pelajar SMK aktif (dibuktikan dengan photocopy kartu pelajar).

6. Apabila karya menggunakan dialog/narasi bahasa daerah, maka harus diberi subtitle bahasa Indonesia.

7. Tiap sekolah maksimal mengirimkan 2 (dua) karya.

8. Karya yang pernah diikutsertakan ke dalam festival lain, atau pernah ditayangkan di televisi, boleh diikutsertakan lagi di festival ini.

9. Karya dikirimkan ke penyelenggara festival dalam bentuk kaset Mini DV atau cakram DVD (PAL system).

10. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, grafis, dll) yang digunakan dalam film tidak boleh menggunakan milik orang lain, kecuali ada ijin tertulis dari pembuatnya.

11. Hak cipta karya tetap menjadi milik peserta lomba. Khusus untuk kepentingan publikasi festival, penyelenggara dapat menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta.

12. Keputusan juri adalah mutlak, tidak bisa diganggu gugat.

13. Jika dikemudian hari ternyata didapatkan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan serta hadiah yang sudah diberikan.

Attachment
Edaran FLS2N 2009 Bidang Film
Formulir Pendaftaran FLS2N 2009 Bidang Film
Kriteria Penjurian
TOR FLS2N 2009 Bidang Film

Sumber :http://www.depdiknas.go.id        Up date 5 Juni 2009

Satu Tanggapan

  1. SMK Sinematografie ataupun Audiovisual kalaupun dimungkinkan terlaksana akan sangat membantu menumbuh-kembangkan kreasi, citra & rasa terhadap kebangunan kebangsaan dalam antisapi merebaknya keinginan runtuhnya NKRI sebagai bangsa yang berdaulat & merdeka.
    Kita sudah sangat dikenal di Mancanegara karena kebangsaan kita yang solid dibawah dasar negara Pancasila. Dengan adanya SMK Sinematografie/Audiovisual diharapkan berbagai suku bangsa dan agama serta budaya dg adat-istiadatnya yg beragam dpt dicover para generasi muda untuk dipertunjukkan ke Mancanegara.
    Semoga.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: