Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) 2009 Depdiknas


TUJUAN:
Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) bertujuan untuk membangkitkan minat dan memupuk kegemaran remaja untuk melakukan kegiatan penelitian yang bersifat ilmiah.

SYARAT PESERTA:
Warga Negara Indonesia; Siswa SMA/MA negeri/swasta; Perorangan atau kelompok; Usia maksimum 19 tahun; Bersedia  menyerahkan hak cipta hasil karyanya; Tunduk kepada keputusan Dewan Juri.

RUANG LINGKUP KEILMUAN:
Pertanian, Biologi, Matematika, Fisika, Mesin, Elektronika, Kimia, Geologoi, Kesehatan, Psikologi, Bahasa, Kesusastraan, Sejarah, Kebudayaan, Ekologi, Antar Bidang, Ekonomi, Manajemen, Pendidikan, Sosiologi.

Karya tulis dapat berupa penemuan baru, rekaan asli, inovasi, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan masyarakat.

PENYAJIAN:
Judul menarik, singkat, dan mencerminkan isi karya penelitian; Menyertakan pendahuluan yang menerangkan intisari masalah yang diteliti, metode atau tatacara lain yang dipakai untuk mendapatkan data dan informasi; Menguraikan hasil penelitian berdasarkan pustaka yang dipakai; Memberikan secara lengkap daftar pustaka (nama penulis, tahun, judul buku/laporan, nama penerbit, kota).

CARA MENGIKUTI:
Karya dikirim kepada: Sekretariat PanitiaLomba Penelitian Ilmiah Remaja DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Gedung B Ditjen Mandikdasmen Jl. RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan 12410
Telp. +62 21 75912056, Fax. +62 21 75912057
email:bagpro_pwk@yahoo.com, www.dikmenum.go.id

Setiap karya disertai Nama Lengkap, Tempat/Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Nomor Induk Siswa, Alamat Rumah dan Alamat Sekolah lengkap dengan nomor telepon, Nama Orang Tua dan Pendidikan Orang Tua. Dilengkapi dengan fotocopy kartu OSIS/Kartu Pelajar.

Penerimaan karya penelitian ilmiah oleh Sekretariat panitia dimulai tanggal 2 Mei 2009 dan berakhir tanggal 30 Juni 2009.

PENENTUAN FINALIS & PEMENANG:
Semua karya yang masuk ke Sekretariat Panitia akan diperiksa kesesuaiannya dan persyaratannya. Semua karya yang memenuhi persyaratan akan dinilai oleh Dewan Juri untuk dipilih dan ditentukan sejumlah karya terbaik sebagai finalis. Para finalis hasil penilaian Dewan Juri akan diminta kehadirannya di Jakarta pada waktu yang telah ditentukan untuk diwawancarai guna menentukan pemenang.

HADIAH DAN PENGHARGAAN:
Menteri Pendidikan Nasional akan memberikan penghargaan berupa TABANAS, Piagam Penghargaan, serta hadiah lain kepada semua finalis.

Pemenang Pertama:
TABANAS sebesar Rp. 10.000.000,-
Pemenang Kedua:
TABANAS sebesar Rp. 7.500.000,-
Pemenang Ketiga:
TABANAS sebesar Rp. 6.000.000,-
Pemenang Harapan Pertama:
TABANAS sebesar Rp. 3.500.000,-
Pemenang Harapan Kedua:
TABANAS sebesar Rp. 3.000.000,-

KETENTUAN KHUSUS:
Karya LPIR yang dikirim tidak boleh merupakan bahan yang diajukan untuk persyaratan ujian, penyelesaian tugas sekolah, dan lain – lainnya.

Karya yang diajukan tidak boleh diikutkan pada lomba lain dan juga bukan karya yang pernah diikutsertakan dalam lomba sebelumnya atau lomba lain yang sejenis.

Apabila hasil karya yang terpilih sebagai finalis merupakan hasil karya kelompok, maka yang diundang hanya ketua atau salah satu anggota kelompok yang mendapat kepercayaan untuk mewakili kelompoknya, dengan persyaratan tertulis.

Sumber: http://www.depdiknas.go.id.       Up date 30 Juni 2009

33 Tanggapan

  1. Kak, perkenalkan nama saya Teja Sukmana, alumni LPIR tahun 1994 sekaligus saat itu Juara Pertama dengan karya berjudul “Kolang-Kaling Taoge” pengen sekali bikin Grup di Facebook dgn nama Alumni Finalis LPIR Depdikbud RI, dgn harapan siapapun itu yang pernah menjadi Finalis bisa BERGABUNG dan dapat saling berkomunikasi di Grup ini siapa tahu ada manfaat lebih dari sini. Kaloboleh bisa diliat di fb saya :teja_sukmana@yahoo.co.id…boleh minta bantuan kakak untuk membantu ‘promosi’?..Trima kasih sebelumnya…

    Kak Ichsan:
    Ok, Mas Teja suatu niat mulia. Silakan siapkan medianya (grup atau halaman di fb), akan saya bantu untuk publikasinya. Ok, saya tunggu. Salam persaudaraan.

    Suka

    • Terima kasih kak…sblumnya sy sdh buat Grup di alamat Facebook sy…mhn supportnya agar para Alumni LPIR bisa sama sama bergabung…tq

      Kak Ichsan:
      Fb Mas Teja sudah saya kunjungi tetapi tidak menemukan pernyataan (kalimat) “Grup Alumni LPIR”.

      Suka

    • aku alumin LPIR jug adari bengkulu jadi finalisnya tahun 2009 🙂

      Suka

  2. ka ,.LPIR tahun ini nsdh lewat apa blum

    Kak Ichsan:
    September ini sudah memasuki tahapan bimbingan, baca infonya di sini

    Suka

  3. duuhhh punya.q kpn yach …

    Suka

  4. Kalau bisa,
    Hari di sana di tambah,
    jangan hanya 5 hari,
    dan para peserta di ajak jalan-jalan ke berbagai tempat,
    jangan hanya ke TMII….

    Suka

  5. 5f,
    Saya adalah salah satu peserta LPIR SMP tahun 2009,yang kemarin tgl 10-15 agustus mengikuti lomba d hotel grand cempaka,
    saya hanya ingin mengusulkan,
    sebaiknya penjaminan pembina peserta lebih di tingkatkan,
    agar peserta seperti saya ini, sudah siap ketika akan menghadap dewan juri, karena telah mendapat dorongan dan semangat dari pembina,
    apalagi dewan jurinya para profesor…
    Trims…..

    Suka

  6. maaf,,pengumuman LPIR belum ?
    saya ingin memastikan karya kami sudah masuk,,bagaimana ?

    Kak Ichsan berkata:
    Pengumuman LPIR sudah ada. Sebanyak 34 peserta ditetapkan sebagai finalis. Silakan lihat informasinya, klik disini.

    Suka

  7. ka’ za mw nanya nich,,, kpn yach pengumuman lpir???

    Kak Ichsan berkata:
    Dari penelusuran Kakak pada website Direktorat SMA (www.dikmenum.go.id) belum menemukan pengumuman hasil LPIR. Mungkin Adik dapat memanfaatkan alamat yang disediakan, yakni : Telp. +62 21 75912056, Fax. +62 21 75912057
    email:bagpro_pwk@yahoo.com, http://www.dikmenum.go.id.

    Suka

  8. ka’. indah mw nanya nich,, kapn yach pengumuman lpir????

    Suka

  9. kak……
    mo tanya, kpn yah….
    pengumuman LPIR????

    Suka

  10. kak, saya mau tanya, karya tulis saya yang di LPIR ini dah masuk belum di Panitia nya????? karena saya masih Harap-harap cemas nungguin pengumuman nya???
    karya saya masuk tidak sebagai finalis????

    Suka

  11. aslmkm.. kak pengumumannya kapan??????? bisa dilihat lewat internet kan??? nama saya chairul ichsan, KTI saya dah diterima belum? soalnya KTI yang saya kirim itu sampai tepat waktu penutupan(30 juni 2009), udah nyampai kan?

    Kak Ichsan berkata:
    Hasil penelusuran Kakak belum menemukan teknis pengumuman hasil. Kakak sangat berharap karya Ichsan, eh Chairul Ichsan telah diterima panitia dan berhasil masuk sebagai pemenang.

    Suka

  12. pengumuman lpir tuh kapan sih kak?
    kalo udah ada dimana?

    Kak Ichsan berkata:
    Hasil penelusuran saya belum membuahkan hasil. Alamat panitia seperti yang tercantum dalam tulisan ini dapat dimanfaatkan dan semoga dapat memberi jawaban. Terima kasih.

    Suka

  13. mas, pengumumannya lewat apa?
    apa lewat internet juga?

    Kak Ichsan berkata:
    Hasil penelusuran saya belum membuahkan hasil. Alamat panitia seperti yang tercantum dalam tulisan ini dapat dimanfaatkan dan semoga dapat memberi jawaban. Terima kasih.

    Suka

  14. mas, saya mau tanya.
    pengumumannya lewat mana ya?

    Suka

  15. Assalamu’alaikum..

    wahh..kalo karya sya dkumpulin cap pos 30 Juni, kira2 smpai tjuan tgal 2!!! mungkin gak mas ada toleransi?….. coz sy sndr bingung, cap pos 30 juni atau pnerimaan t’akhir’x yg 30 juni…

    trimakasih…

    Suka

  16. Asslmu alaikum wr. Wb,
    Kak, sya bertanya..
    Karya ilmiah dari Sulawesi Selatan atas nama Muh. Nur sigit h, sudah terkirim.
    Soalnya, saya takut bila karya ilmiahnya belum sampai..
    Wassalam, dan terima kasih

    Kak Ichsan berkata:
    Kakak mencoba mencari data dimaksud tapi belum nmenemukan daftar peserta. Mungkin dapat mencoba bertanya melalui alamat yang ada baik telepon atau email.

    Suka

  17. assalamualaikum kak..
    kak maou nanya hasil LPIRnya kapan sih diumumkan?
    makasih

    Kak Ichsan berkata:
    Wa’alaikum salam wr. wb., dari brosur pengumuman memang tidak tercantum kapan hasil LPIR diumumkan. Kakak akan bantu, bila ada hasil segera saya tulis.

    Suka

  18. informasi tentang hasil seleksi bagaimana?
    Apakah ada situs untuk mengetahui makalah apa saja yang di kirim,? karena saya ingin tau apakah makalah kami sudah di terima.
    bagaimana tenang informasi LPIR selanjutnya?
    karena tiap aku e-mail gak pernah di balas.

    Thanks…

    Kak Ichsan berkata:
    Untuk kejelasan, sebaiknya manfaatkan alamat yang yang sudah disediakan Panitia, misalnya telepon di +62 21 75912056. Semoga karya Sella menjadi yang terbaik.

    Suka

  19. kak, nanya dong jadi maksud jika karyanya diterima tanggal 30 juni misalnya jam 12 siang karyaku masih diterima ya balas please …

    Kak Ichsan berkata:
    Sesuai ketentuan panitia, penerimaan karya berakhir 30 Juni. Insyaallah masih bisa diterima. Untuk kejelasan, Kakak sarankan komunikasi langsung ke Panitia sesuai alamat yang ada pada tulisan ini. Kalau email tidak ada balasan, bisa lewat telepon di +62 21 75912056. Semoga karya Hartono dapat diterima dan menjadi karya yang berhasil.

    Suka

  20. kakak, itu up.date penerimaan terakhir atau cap.pos yang tgl 30 juni???? blz iiah di ha-nie@telkom.net

    Kak Ichsan berkata:
    Sesuai kalimat yang tertulis, tanggal 30 Juni itu batas panitia menerima kiriman karya.

    Suka

  21. Kakak, saya kalau mau mengirim karya saya langsung ke alamat tujuan, bisa atau tidak ??
    karena kalau saya kirim lewat pos, sering tidak sampai pada alamat tujuan. Boleh tidak saya kirim langsung ? ( jadi saya yang kesana )

    dan apa bila saya telepon ke nomer yg ada di atas kok, tidak pernah diangkat ya kak ??

    terimakasih Kak.

    Suka

  22. ketentuan penulisannya apa?
    kok tidak dicantumkan?
    seperti, marginnya berapa, ukuran huruf apa,dll?

    Kak Ichsan berkata:
    Bila ada pertanyaan tentang materi tulisan ini, sebaiknya dialamatkan langsung kepada Panitia sesuai alamat yang ada. Ok, kepada adik-adik yang berminat, Kakak ucapkan selamat mempersiapkan dan semoga sukes!

    Suka

  23. saya baru tau info ini, sekarang tgl 19 juni 2009,
    saya mau nanya, apakah boleh penelitian karya ilmiah ini saya lakukan dengan mengambil data dari wawancara dan data dari internet.
    dan apabila saya boleh dr wawancara, pada daftar pusataka, nanti saya tulis apa..???

    Kak Ichsan berkata:
    Belum terlambat, kan? Untuk kejelasan sebaiknya langsung ditanyakan ke Panitia melalui alamat yang tersedia. Ok, selamat mempersiapkan diri semoga berhasil.

    Suka

  24. Tolong persyaratannya apa saja? soalnya di sekolah saya tdk ada inform…

    Ichsan berkata:
    Untuk kepentingan masa depan tunas bangsa, hari ini tulisan saya perbarui dengan menampilkan informasi lengkap. Selamat mempersiapkan diri untuk adik-adik. Hanya dengan semangat dan ulet, masa depan akan ceria.

    Suka

  25. bisa gak smk mengikuti event ini

    Ichsan berkata:
    Sesuai persyaratan peserta, LPIR ini diperuntukkan bagi SMA/MA. Namun, untuk kejelasan, sebaiknya menghubungai panitia sesuai alamat yang tercantum dalam pengumuman.

    Khusus bagi SMK, ada kegiatan Festival Film dan Lomba Seni tingkat Nasional Tahun 2009. Untuk informasi, silakan klik disini.

    Suka

  26. saran saya:
    untuk panitia:
    1.”diharapkan bagi yang mengirim naskah hendaknya dipanggil untuk mempersentasikan hasil karyanya, karena dengan terpanggil peserta tersebut dapat menambah wawasan berfikir dan menambah pengalaman dimasa yang akan datang. aligato’

    Suka

  27. saya calpes ingin bertanya:
    bisa minta contact person (hp) panitia yang melaksanakan LPIR tingkat SMP 2009.

    Ichsan berkata:
    Mudaha-mudahan komentar harapan ini sempat dibaca panitia sehingga harapan dapat jawaban seperti harapan. Salam hangat dan sukses selalu!

    Suka

  28. LPIR keren banget…

    kak boleh minta daftar judul-judul karya tulis yang sudah masuk …dan diangkat di LPIR ini..

    Ichsan berkata:
    Sesuai pengumuman yang ada, pengiriman naskah baru dmulai 2 Mei 2009. Mudah-mudahan naskah yang masuk, judulnya dipublikasikan sehingga dapat memenuhi harapan Mas Badry. Ok, semoga Mas Badry sudah siap untuk berlomba?

    Suka

  29. pak/bu, informasi LPIRnya apakah sudah disampaikan ke sekolah-sekolah?

    Ichsan berkata:
    Weblog ini bertujuan membantu berusaha menyajikan tulisan di bidang pendidikan yang bermanfaat. Tentang LPIR saya kurang tahu sudah sampai sekolah atau belum. Justru info dari taut tulisan ini lengkap dan jelas sehingga siapa tahu lebih dahulu memiliki kesempatan yang lebih untuk persiapan. Semoga Mas Khoiri siap mengiktui dan sukses.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: