Basket NBA: Aturan Pertukaran Pemain dan Aksi Kobe Lakers


Musim regular NBA dimulai Oktober 2008 hingga April 2009. Ada 30 tim yang berlaga dan setiap tim bermain 82 kali. Tukar pemain dibolehkan dengan syarat nilai sebanding. Berikut dua beritanya dari http://www.jawapos.co.id

Aturan Pertukaran Pemain Basket NBA

Kamis, 19 Februari 2009, adalah hari penting bagi tim-tim NBA. Itu adalah hari terakhir mereka boleh melakukan pertukaran pemain di musim 2008-2009 ini. Antara sekarang sampai deadline itu, jangan heran kalau bakal ada banyak bintang pindah alamat.

Musim reguler NBA berlangsung sangat panjang. Mulai akhir Oktober 2008 hingga pertengahan April nanti. Setiap tim harus bermain 82 kali, separo di kandang, separo tandang. Karena waktu panjang itu pula, 30 tim peserta punya waktu untuk terus berbenah. Kalau ada yang dianggap kurang pas, bisa melakukan pertukaran dengan tim lain.

Agar setiap tim tidak bisa terus bertukar seenaknya, NBA pun punya batasan-batasan. Yang paling utama, nilai kontrak pemain yang ditukar harus sebanding. Maksimal berbeda 125 persen. Jadi, pemain bernilai USD 10 juta per musim harus ditukar dengan satu atau lebih pemain yang nilai gaji totalnya setara dengan USD 10 juta.

Batasan penting lain adalah batas akhir pertukaran. Agar adil, pertukaran maksimal boleh dilakukan hingga 19 Februari 2009 ini. Dengan demikian, tim-tim yang lolos ke playoff tidak bisa mendadak menambah kekuatan untuk mengejar juara.

Deadline itu memang masih sebulan lagi. Namun, karena proses pertukaran tidak semudah membalik tangan, mulai sekarang semua manajemen tim sibuk memantau pemain-pemain lawan dan menghitung kemungkinan pertukaran.

Mereka yang paling sibuk biasanya yang ada dalam posisi tanggung. Yaitu, tim-tim yang hanya butuh sedikit perubahan untuk mencapai potensi dahsyat.

Saat ini, yang terkesan paling sibuk mencari partner saling tukar adalah Miami Heat dan Detroit Pistons. Kalau Heat, mereka tampaknya bakal masuk playoff dengan aman. Masalahnya, mereka mungkin tak bisa berbuat apa-apa di babak itu nanti. Dwyane Wade tak punya banyak bantuan, dan dia harus mengandalkan dua orang rookie sebagai senjata pendukung (Michael Beasley dan Mario Chalmers).

Kebutuhan utama Heat adalah big man. Sekarang mereka disebut sedang berbicara dengan Toronto Raptors. Mereka akan meminta forward/center Jermaine O’Neal, menukarnya dengan Shawn Marion plus satu atau dua pemain lagi agar nilai kontraknya setara.

Satu-satunya kendala adalah kesehatan O’Neal. Pemain 30 tahun itu sepertinya belum pulih benar dari operasi lutut yang dia jalani saat masih bersama Indiana Pacers tahun lalu. Pat Riley, bos Heat, disebut sedang memantau O’Neal secara mendetail dalam beberapa game ke depan. Kalau O’Neal tampak oke, pertukaran bakal dilakukan.

Sementara itu, Pistons sedang dalam posisi “aneh.” Mereka masih kuat, dan hampir pasti lolos playoff. Hanya, mereka tidak cukup kuat untuk kembali mengejar gelar. Datangnya Allen Iverson beberapa bulan lalu tidak memperburuk performa, tapi juga tidak melonjakkan kemampuan tim.

Bos Pistons, Joe Dumars, punya dua pilihan. Menukarkan lagi Iverson ke tim lain, atau menukarkan Richard Hamilton. Kedua pemain guard itu sekarang bermain di posisi “tumpuk.” Keduanya saling mengganggu.

Michael Curry, pelatih Pistons, masih hati-hati dalam mengomentari kemungkinan pertukaran itu. “Saya tidak bilang bahwa kami akan (melakukan pertukaran). Tapi kami akan memperhatikan (masalah) itu,” ucapnya.

Bagi penggemar NBA, sebulan ke depan adalah masa-masa seru untuk memperhatikan gosip liga tersebut. Jangan heran kalau akan terjadi pertukaran heboh (blockbuster). Bukan hanya dari Heat atau Pistons, juga dari tim-tim lain yang tidak pernah kita duga. (azrul ananda)

< Judul asli Tim-Tim NBA Sibuk Saling Kontak Jelang Deadline Pertukaran Pemain; Siap-Siap Pindah Rumah – Selasa, 20 Januari 2009 >

basket2

http://www.jawapos.co.id Rabu, 21 Januari 2009

Tahan Sakit,

Kobe Kalahkan LeBron

Lakers Akhiri Lima Kekalahan Berturut-turut dari Cavaliers


LOS ANGELES – Dislokasi jari manis kanan tidak menghalangi Kobe Bryant untuk menjadi leader bagi Los Angeles Lakers. Guard berusia 30 tahun itu tampil komplet, dengan mendulang 20 poin, 6 rebound, dan 12 assist, mengantarkan Lakers menang telak atas Cleveland Cavaliers 105-88 di Staples Center, Los Angeles, kemarin WIB.

Kemenangan tersebut mengakhiri rekor selalu kalah Lakers dari Cleveland dalam lima pertandingan terakhir. Kemenangan itu semakin berarti karena Cavaliers yang juga kandidat juara tahun ini diperkuat calon MVP-nya, LeBron James.

Kobe mengalami dislokasi jari manis kanan pada awal kuarter pertama ketika dia salah dalam menerima bola. Karena dia pemain ortodoks, cedera itu tentu saja memengaruhi penampilannya. Setelah itu, dia langsung mendapatkan perawatan. Jarinya yang cedera kemudian dibalut dengan plester.

”Begitu sakit,” jawab Kobe ketika ditanya bagaimana rasa cedera itu sebagaimana dilansir Associated Press. ”Saya sempat takut akan parah. Rasanya seperti dua jari yang cedera. (Dokter tim) Gary (Vitti) kemudian membetulkannya (jari yang keseleo, Red),” paparnya.

Setelah pertandingan itu, Kobe langsung menjalani X-ray untuk memeriksa cedera tersebut. Hasilnya, cedera itu tidak parah karena dia tidak mengalami fracture.

”Beberapa saat kami merasa dia (Kobe) hanya akan menjadi playmaker. Tetapi, pada paro waktu kedua dia mulai menemukan kembali akurasi tembakannya,” puji pelatih Lakers Phil Jackson. Kobe memang mencetak 15 dari 20 poin totalnya pada paro waktu kedua.

Ketika Kobe di bawah form, permainan Lakers tertolong agresivitas Pau Gasol. Dia sukses melesakkan 11 dari 13 upaya tembakannya. Total, pemain asal Spanyol itu membukukan 22 dan 12 rebound. Andrew Bynum dan Sasha Vujacic mendonasikan masing-masing 14 poin. Sedangkan Derek Fisher menyumbang 11 poin. Dengan kemenangan itu, Lakers mengukuhkan posisinya di puncak klasemen wilayah barat dengan rekor 32-8.

Dari kubu Cavaliers, James tampil kurang maksimal dengan ”hanya” mendulang 23 poin dan sembilan rebound. Akurasinya payah karena hanya sembilan tembakan yang masuk di antara 25 percobaan. Itu tidak lepas dari sukses Kobe menjaganya. Sejak kuarter pertama, Kobe terus menempel LeBron yang selalu mendapat sorakan dari para pendukungnya.

”Membanggakan bermain dengan pemain terbaik,” kata LeBron mengenai Kobe.(nar/ang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: