Hasil PLPG Angkatan 5 Tahun 2010 Rayon 6 UNP


PLPG sertifikasi guru tahun 2010 angktan 5 bagi guru-guru di lingkungan Kemendinas Rayon 6 Universitas Negeri Padang Sumatera Barat (Sumbar) telah diumumkan.

PLPG angktan 5 ini berasal dari guru Diknas (SD, SMP, SMK, SLB, SDLB). Ada dua kategori hasil penilaian PLPG:

  • L = Lulus
  • M = Mengulang

Dokumen untuk diunduh

1. Hasil_Angkt_5_PLPG 2010 Diknas

File pdf 170 kb,  sebanyak 33 halaman.

2. Petunjuk Cara Cepat Mencari Nama

Petunjuk ini praktis, hanya dengan dua langkah nama dapat langsung deketahui  tanpa harus bolak-balik menggeser skrol ke atas-ke bawah. Untuk mencari nama dalam file pengumuman hasil PLPG angkatan 5 yang sebanyak 33 halaman, cara ini sangat membantu.

3. Kisi-kisi Uji Tulis PLPG

Silakan klik tautan di atas untuk melihat/memilih materi sesuai yang diperlukan.

4. Modul PLPG

Kumpulan modul PLPG dari beberapa materi/mapel. Klik tautan di atas untuk memilih materi yang diperlukan.

Peringatan Hari Kereta Api Indonesia 2010


Tanggal 28 September merupakan Hari Kereta Api Indonesia. Dan, tahun 2010 imi bertepatan dengan peringatan berdirinya PT KAI yang ke-65. Tema HUT KAI  tahun 2010 ini adalah “Saatnya Untuk Berubah”.

Perubahan yang dilakukan bertujuan untuk memprioritaskan kepada pelanggan internal ataupun eksternal tentang keselamatan dan pelayanan prima. Melalui sikap kerja yang menjunjung tinggi integritas, profesional, dan selalu melakukan perbaikan terus menerus yang bermanfaat untuk semua pihak.

Ikrar perubahan dilakukan oleh semua insan PT KAI mulai dari berbagai lapisan, agar secara konsisten menerapkan perubahan yang dapat meningkatkan citra di mata masyarakat. Perubahan ini juga dilandasi oleh semangat kebersamaan, kemandirian dan kehormatan demi mensukseskan empat pilar utama. Yaitu keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan, dan kenyamanan.

Di hari ulang tahun ini, PT KAI mendapatkan kado dari Kementerian BUMN yang terkait dengan prestasi perusahaan PT KAI mendapatkan Anugerah BUMN 2010 Pengamanan dan Penyelamatan Aset BUMN Peringkat Kedua dari Deputi Bidang Usaha Infrastuktur dan Logistik Kementerian BUMN, Sumaryanto Widayatin.

Baca juga . . .

Sejarah Kereta Api Indonesia

Arti Logo Kereta Api

Visi Misi PT Kereta Api Indonesia (KAI)

Sejarah Kereta Api Indonesia


Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA didesa Kemijen Jum’at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh “Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij” (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada Hari Sabtu, 10 Agustus 1867.

Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen – Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang – Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA didaerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 – 1900 tumbuh dengan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 km, tahun 1870 menjadi 110 km, tahun 1880 mencapai 405 km, tahun 1890 menjadi 1.427 km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 km.

Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar – Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang – Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak – Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, juga pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.

Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang lebih 901 km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA disana.

Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm dibeberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 – 1943) sepanjang 473 km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah – Cikara dan 220 km antara Muaro – Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro – Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang memperkerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro – Pekanbaru.

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam “Angkatan Moeda Kereta Api” (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada ditangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperkenankan lagi campur tangan dengan urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya “Djawatan Kereta Api Republik Indonesia” (DKARI).

Ringkasan Sejarah Perkeretaapian Indonesia

  • 1864: Pertama kali dibangun Jalan Rel sepanjang 26 km antara Kemijen Tanggung oleh Pemerintah Hindia Belanda
  • 1864 s.d 1945: status Staat Spoorwegen (SS) Verenigde Spoorwegenbedrifj (VS) Deli Spoorwegen Maatschappij (DSM)
  • 1945 s.d 1950: status DKA
  • 1950 s.d 1963: status DKA – RI
  • 1963 s.d 1971: status PNKA (PP. 22 Th. 1963)
  • 1971 s.d.1991: status PJKA (PP. 61 Th. 1971)
  • 1991 s.d 1998: status PERUMKA (PP 57 Th. 1990)
  • 1998 s.d. …… : status PT. KERETA API (Persero) PP. No. 19 Th. 1998 dan Keppres No. 39 Th. 1999 Akte Notaris Imas Fatimah.

Sumber: http://www.kereta-api.co.id/  diakses pada 29.09.2010)

Lihat juga:

Arti Logo Kereta Api

Visi Misi PT Kereta Api Indonesia (KAI)


Visi Misi PT Kereta Api Indonesia (KAI)


Visi Perusahaan :Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.

Misi Perusahaan :Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan, dan kenyamanan. (Sumber: http://www.kereta-api.co.id/)

Artikel Hari Pariwisata Sedunia (UNWTO)


Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO / OMT) adalah sebuah badan khusus PBB dan organisasi internasional terkemuka di bidang pariwisata .‎ UNWTO memainkan peran sentral dan menentukan dalam mempromosikan pembangunan dari, berkelanjutan dan dapat diakses secara universal pariwisata bertanggung jawab, memberikan perhatian khusus terhadap kepentingan negara-negara berkembang .

Organisasi mendorong pelaksanaan Kode Etik Global Pariwisata, dengan maksud untuk memastikan bahwa negara-negara anggota, tujuan wisata dan bisnis memaksimalkan dampak ekonomi, sosial dan budaya positif dari pariwisata dan sepenuhnya menuai keuntungan, sementara meminimalkan nya negatif sosial dan lingkungan.

Keanggotaannya meliputi 154 negara, 7 wilayah dan lebih dari 400 Anggota Afiliasi mewakili sektor swasta, lembaga pendidikan, asosiasi pariwisata dan otoritas pariwisata lokal.

tindakan langsung yang memperkuat dan mendukung upaya Administrasi Pariwisata Nasional dilakukan oleh daerah perwakilan’s UNWTO ( Afrika , di Amerika , Asia Timur dan Pasifik , Eropa , yang Timur Tengah dan Asia Selatan ) yang berbasis di Markas Besar di Madrid.

UNWTO berkomitmen untuk PBB Millenium Development Goals , diarahkan untuk mengurangi kemiskinan dan mendorong pembangunan berkelanjutan. (Sumber: http://www.world-tourism.org/)

Artikel Hari Pariwisata Sedunia:

Menunggu Sentuhan Entrepreneurship

Tahun ini, dalam peringatan hari pariwisata sedunia, 27 September, yang dipusatkan di Tiongkok, United Nations World Tourism Organization (UNWTO) menetapkan tema tourism and biodiversity. Fokus pemikiran tersebut merupakan kelanjutan dari tema tahun sebelumnya yang juga memberikan penekanan kepada aspek keberagaman, tourism celebrating diversity, dan mendukung pencanangan 2010 oleh PBB sebagai tahun keanekaragaman hayati. Tentu, tema tersebut diharapkan tidak hanya manis di atas kertas yang tidak menggugah.

Di Indonesia, fokus tema peringatan hari pariwisata tersebut sangatlah relevan. Sejak tahun lalu, aspek keberagaman menjadi perhatian UNWTO dan masyarakat pariwisata di seluruh dunia. Indonesia dikenal tidak hanya beraneka ragam latar belakang masyarakatnya, namun juga memiliki keberagaman yang kaya dalam hal biodiversity. Baca lebih lanjut

Hasil Uji Ulang II PLPG 2010 Rayon 12 Unnes


Hasil penilaian Uji Ulang II PLPG 2010 Rayon 12 Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah diumumkan.

Untuk mempermudah mengunduh dan kebutuhan bagi teman, terdapat 2 file rar (untuk Diknas dan Depag)

Setiap file rar terdiri 11 file tiap kab/kota. Khusus, file Diknas ditambah file hasil bagi pst kuota 2009.

Kab/Kota yang menjadi wilayah Rayon 12 adalah:
1. Kota Semarang
2. Kota Tegal
3. Kota Pekalongan
4. Kota Salatiga
5. Kabupaten Batang
6. Kabupaten Pemalang
7. Kabupaten Tegal
8. Kabupaten Kendal
9. Kabupaten Pekalongan
10. Kabupaten Semarang
11. Kabupaten Brebes

Dokumen untuk diunduh:

Hasil-UU2_PLPG2010_R12_Mapenda rar

Hasil-UU2_PLPG2010_R12_Diknas rar

Hasil Ujian Ulang 2 PLPG 2010 Rayon 15 UM


Hasil Ujian Ulang II PLPG tahun 2010 Depag (Guru MI, MTs, MA) dan Diknas (SD. SMP, SMA, SMK, dan Pengawas) Rayon 15 Universitas Negeri Malang telah diumumkan.

Panitia Sertifikasi Guru Rayon 15 telah melaksanakan Ujian Ulang II untuk guru-guru yang belum lulus Ujian Ulang I Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2010. Pengumuman tentang nama-nama guru peserta Ujian Ulang II  yang dinyatakan (a) LULUS,  dan (b)  TIDAK LULUS dapat diunduh di bagian bawah tulisan ini.

Terdapt 3 file rar yang berisi 11 kab/kota yang menjadi wilayah Rayon 15 UM, yakni:

1.  Kota Malang

2.  Kota Batu

3.  Kota Pasuruan

4.  Kota Madiun

5.  Kab. Pasuruan

6.  Kab. Magetan

7.  Kab. Ngawi

8.  Kab. Ponorogo

9.  Kab. Pacitan

10.  Kab. Madiun

11.  Kab. Trenggalek

Dokumen untuk diunduh:

HasilUU2_PLPG2010_R15_dikdas.rar (Guru Kl SD, SLB, Penjas, dan SMP)

HasilUU2_PLPG2010_R15_dikmen.rar (Guru SMA dan SMK)

HasilUU2_PLPG2010_R15_Kemenag.rar (Guru MI, MTs, MA)

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.030 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: