Data Guru dan SK Tunjangan


SK tunjangan mulai 2013 dapat diakses secara online, terutama jenjang Dikdas. Data SK ini bisa muncul melengkapi data guru jika data yang di-upload melalui pendataan dapodik benar dan lengkap. Data ini harus dikerjakan oleh operator sekolah.

Data SK tunjangan yang keluar adalah secara otomatis sesuai hak pemilik NUPTK yang dimasukkan. Misal, jika guru yang bersangkutan memiliki hak menerima tunjangan fungsional maka data yang tampil adalah “data sk tunjangan fungsional”.

Langkah Cek SK Tunjangan

1464b-p2tkdikdas_3

1. Masuk website info SK (klik poster di samping)
2. Ketik NUPTK
3. Ketik password (tahun lahir, bulan, tanggal)
4. Klik login

Bagaimana jika data SK tidak keluar?

Bagi guru yang sudah lulus sertifikasi berhak mendapatkan tunjangan profesi dan seharusnya dalam pengecekan akan keluar data  SK tunjangan profesi.

Jika data SK tidak keluar maka ada masalah dengan data guru. Untuk mengetahui data mana yang salah, silakan cek pada “Pengecekan Data Guru”. Dari rincian data ini akan diketahui mana yang salah. Selanjutnya, cara memperbaiki adalah lewat “pendataan dapodik” yang dilakukan operator sekolah.

Pengecekan Data Guru

Langkah cek data guru, masuk website “pengecekan data guru” dengan klik poster berikut kemudian masukkan NUPTK dan password (tahun lahir-bulan lahir-tanggal lahir)

Permasahan dan solusi

Jika data pada dapodik ada yang belum valid maka data yang belum valid itu perlu diperbaiki oleh operator.  Rangkuman permasalahan pada data guru dan data tunjangan beserta solusi, silakan lihat/unduh melalui tautan berikut:

14 Masalah SK dan 12 Masalah Tunjangan Profesi

 

Informasi lain tentang dunia pendidikan (UKG, Sertifikasi, PKG, NUPTK, dll) yang mungkin bermanfaat dapat dilihat pada blog berikut

ya sekolah dunia pendidikan

About these ads

21 Tanggapan

  1. […] File Name : Data guru dan sk tunjangan | tunas63 Source : tunas63.wordpress.com Download : Data guru dan sk tunjangan | tunas63 […]

  2. kak Ichsan thun 2014 saya kok tdk dapat tunjangan fungsional sebenarya yg mendapat syaratnya itu apa jam ya udah 24, nuptk 0661 7566 5830 0022 ada sk ada apa lagi kak mohon bantuan biar mendapatkan sbb sangat membantu kami trimakasih

    Kak Ichsan:
    Selain memenuhi syarat, tergantung juga dengan kuota. Jadi, yang memnuhi syarat tidak otomatis menerima.

  3. Pak tolong cari kan tunangan atas nama di bawah ini ya:
    NUPTK 9059 – 7376 – 4030 – 0023 Tgl : 27 – 07 – 1959 dan NUPTK : 9035 – 7436 – 4620 – 0043 tgl : 03 – 06 – 1965 Klu dah dapat orbitkan di status ini jug ya mas tau

    KAK ICHSAN:
    (1) NUPTK 9059 – 7376 – 4030 – 0023 = data pada web Lapor Tunjang Dikdas (update 8 Mei 2014), tidak ada yang salah tetapi SK belum ada. Keterangn yang menyertai tidak terbitnya SK juga tidak ada.
    (2) NUPTK : 9035 – 7436 – 4620 – 0043, ketika saya telusuri dengan NUPTK ini dan tgl lahir tsb, keterangan yang muncul “nomor ID dan password tidak sesuai”
    Saya coba cek di NPUK Padamu Negeri, NUPTK : 9035 – 7436 – 4620 – 0043 adalah atas nama IMAM JAJULI SD NEGERI 10 LUBUK TILAN.
    Jika NUPTK benar, mungkin tgl lahir yang keliru, sedangkan pada web NUPTK Padamu Negeri tidak memuat tgl lahir.

  4. ass…. Kak Ichsan, tahun 2013 saya mengikuti UKG udah dinyatakan lulus. tapi tidak diprbolehkan ikut PLPG alsannya karena SK mengajar. setelah saya ajukan bahan ditolak oleh dinas dan jawaban orang dinas tinggal berangkat PLPG langsung, yang membuat saya bingung setelah saya cek di SERGU NUPTK saya 5533761663210082 tidak ditemukan dalam kategori peserta UKG 2013 atau belum tercatat sebagai peserta sertifikasi pendidik 2013. atas solusinya saya ucapkan terima kasih!

    Kak Ichsan:
    Setelah saya cek pada web Informasi Sertifikasi Guru, hasilnya sbb.: “NUPTK 5533761663210082 tidak ditemukan dalam kategori peserta UKG 2013 yang belum tercatat sebagai peserta sertifikasi pendidik 2013″.
    Kemudian saya cek pada web http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu/, hasilnya Bu Ruri sudah melakukan verval.
    Sesuai tahapan penetapan calon peserta sergu 2014, Tahap 1 adalah Verifikasi data peserta UKG 2013 dan belum terdafatar sebagai peserta sertifikasi guru 2013 maka segarusnya Bu Ruri masuk pada DAFTAR CALON PESERTA SERGU 2014.
    Saran saya:
    1). Cek data Bu Ruri pada web Padamu kemudian cetak data tersebut.
    2). Lapor ke Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan bahwa nama belum masuk pada web Informasi Sertifikasi Guru dan tunjukkan hasil cetakan dari web Padamu.
    3). Atau langsung lapor ke Dinas Pendidikan bagian Kenenagaan/yang ngurusi sergu. Ceritakan dan tunjukkan hasil cetakan biodata verval Padamu.Karena operator yang mengentri data calon sergu ke pusat adalah operator Dinas Kab.
    Perlu dipahami, calon peserta sergu, nama harus tercantum pada web Informasi Sertifikasi Guru.
    Jika perlu, lapor ke Dinas dengan orang yang paham maslah sergu dan dengan orang Dinas kelnal baik.
    Terima kasih, semoga usaha Bu Ruri membawa hasil sebagaimana hak.

  5. Kak ikhsan,apakah saya masih dpt tunjngan fungsionl non pns thn ini ,kemren bulan 8 udah terima dan bln 12 besok apakah masih keluar,trims. khairul guru SDN 26/IX Sei Aur

  6. ma’af lau sk inpasing pengajuan 2011 dh terbit semua lum soalnya sy lum dapat info’y atas nama martajaya nuptk 8253761663200023

  7. Assalamu’alaikum Kak Ichsan yang baik dan pinter. Nama Sya A.Tendiansyah dari Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Sya ingin menyampaikan keluh kesah. Kenapa ya tunjangan sertifikasi saya belumkeluar untuk triwulan ke dua dari bulan April s.d Juni. Apalagi kemarin pas lebaran…sengsara rasanya…sedih….sedih. Mhon komentarnya ya Kak….

    Kak Ichsan:
    Belum keluar satu kab atau hanya sebagian guru? Kalau sebagian guru pasti ada masalah dengan data yang bersangkutan. Dan, agar jelas, coba tanya ke Dinas Pendidikan sekaligus minta penjelasan langkah yang harus ditempuh.
    Prinsipnya, TPP disalurkan lewat Pemda. Nah, cairnya di daerah berkaitan dengan kebijakan daerah. Maka, kita mendengar, cairnya TPP antar kab/kota berbeda.
    Semoga info sekilas ini ada manfaatnya.

  8. hallo tim operator dapodik pusat,ko saya belum dapat tunjangan fungsional?padahal teman saya pada dapodik sesuai dengan data saya.apa permasalahanya?

  9. Reblogged this on Msukriyono's Blog.

  10. Kak identitas sy pada SK TP masih kurang lengkap yaitu pangkat/gol dan masa kerja belum ada padahal dalam dapodik sudah dilengkapi bagaimana cara membetulkannya makasih

    Kak Ichsan:
    Silakan unduh dan pahami “14 Masalah SK dan 12 Masalah Tunjangan Profesi“.

  11. kak ikhsan saya guru sma lulus plpg th 2012, sk tunjangan pembayaran belum keluar, ngurusnya gimana yakak ?

    Kak Ichsan:
    Alamat cek secara online untuk SK TPP Dikmen saya belum tahu. Jika sudah mengetahi SK tidak keluar, sebaiklnya ditanyakan kepada pemberi informasi atau tanya Ke Dinas Pendidikan.

  12. Untuk cek data guru di pendataan DAPODIK sekarang susah saya temukan, tolong cara yang cepat gimana ya? makasih, Kak.

  13. kak aku sudh kirim data perbaikan masalah di sk tunjangn profesi masa kerja 6 tahun sedgkn di sk pangkt 01-04-2012 masa kerja sudah 8 thun 10 bln dan besar gaji 2.525.500 dan juga masalh Email saya tidak valid yang didapodik yang seharusxa email:urbanusmanggo@ymail.com dan data sudah kirim ke cekdataguru.dikdas@gmail.com tolong diperbaiki kak maksh……..

    Kak Ichsan:
    Maaf, saya bukan oranng pusat/sama seperti Anda.
    Sesuai informasi yang ada, jika kirim email ke cekdataguru.dikdas@gmail.com adalah untuk bahan penelusuran permasalahan, dan tidak akan ada balasan. Semoga segera ada perbaikan.

    • pencairan TPP sd dijadwal dr pusat uang sudah ada di kas daerah nemun kenapa pencairanya selalu dan selalu terlambat…dari jadwal yang telah ditentukan knapa ya….

  14. trims , untuk pengecekan info sk lancar tapi buat ngecek data guru yang belum sk gak bisa.

  15. As k ichsan. kenapa pengecekan dapodik untuk guru Taman Kanak-Kanak tidak bisa dilakukan? sehingga pengecekan sk tunjanganpun untuk guru TK tidak bisa juga di cek secara online? apakah memang dapodik hanya untuk guru jenjang dikdas? terimakasih banyak k atas informasinya. sukses slu buat k ichsan dan blog tunas 63.

    Kak Ichsan:
    Memang sarana yang tersedia untuk pengecekan SK tunjangan, baru dari Dikdas (untuk SD dan SMP). Sedang untuk PAUD, Dikmen, dan guru Kemenag sampai saat ini sepertinya belum tersedia.
    Semoga Dirjen PAUDNI, Dirjen Dikmen, dan Kemenag segera membuka sarana tersebut.

    • Aamiin.

  16. Mas Ickhsan tolong kirimkan rumus2 penghitungan JJM sudah berbagai cara penghitungan JJJ sekolah saya selalu tidak valid trimakasih atas bantuanya
    dari Pramana

    Kak Ichsan:
    Lho, bila kesalahan tentang JJM kan tinggal cek ulang pada pengisian pada “pendataan dikdas” yang dilakukan operator. Bila dirasa yakin, data upload sudah benar tetapi hasilnya masih belum valid bisa kirim permasalahan melalui email ke “cekdataguru.dikdas@gmail.com”
    Bila kirim email maslah ini, jelaskan permasalahan: salahnya di mana dan harusnya bagaimana. Jangan lupa data diri harus disertai NUPTK.

  17. Assalamualaikum wr.wb.
    Kak Ichsan yang setia ; bagaimana bisakah dapodik yang sebagian ada yang tidak valid diperbaiki dengan kirim lewat email ?
    Terima kasih .

    Kak Ichsan:
    Bila dirasa data upload sudah benar tetapi hasilnya masih belum valid bisa kirim permasalahan melalui email ke “cekdataguru.dikdas@gmail.com”
    Bila kirim email maslah ini, jelaskan permasalahan: salahnya di mana dan harusnya bagaimana. Jangan lupa data diri harus disertai NUPTK.
    Perlu diketahui, email ini nanti tidak ada balasan melainkan oleh petugas untuk bahan menelusuri permasalahan dan memperbaiki.

  18. Reblogged this on Naneyan's Blog.

  19. Reblogged this on Gerai Pendidikan Dasar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.031 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: