Informasi Sertifikasi Guru 2013


Berikut info sergu: syarat peserta, urutan prioritas, daftar peserta, alur sertifikasi, proses penetapan bidang studi, dan buku pedoman sertifikasi.

Sebelum mengikuti PLPG, peserta wajib lulus UKA (Uji Kompetensi Awal). Bagi yang tidak lulus UKA, selajutnya diikutkan Diklat Pasca UKA selama 10 hari dan bila lulus berhak mengikuti PLPG tahun depan.

Berikut informasi seputar sertifikasi guru 2013:

  1. Urutan Prioritas Peserta Sertifikasi
  2. Penetapan Bidang Studi Sergu 2013
  3. Daftar Nasional Calon Peserta Sergu 2013
  4. Persyaratan Peserta Sergu 2013
  5. Unduh Pedoman Sertifikasi
  6. Alur Sertifikasi Guru 2013

 

About these ads

47 Tanggapan

  1. kak kapan pendaftaran sergu untuk depag?
    /ku udah 2x ikut gak pernah lolos verfikasi padahal aku guru honor sejak tahun 2004 …

  2. suhartini,
    saya mau tanya kak, apakah benar klu guru sd dengan sertifikat pendidik sbg guru kelas sedang guru yang bersangkutan s1 nya PKn,hanya akan menerima TPP 2 tahun saja sampai 2015 apabila tidak sekolah lagi S1 PGSD, mohon jawabannya makasih kak.

  3. Persyaratan apa sja yg di bawa bagi Mapel Penjaskes ?

  4. salam…mohon info apakah guru pns yang dinota tugaskan kepala dinas ke sekolah lain tidak bisa mengikuti plpg meski sudah lulus UKA.?

  5. kak ikhsan, mau nanya ya. Saya kan cpns apr 2006, jadi tidak memenuhi syarat plpg 2013. Trus nanti sergunya plpg tahun depan/berikutnya apa pake ppg? Suhun

  6. Kak Ichan Yth.
    Bagaimana kelanjutan Bagi yang belum Lulus SUTN
    pada tahun 2012 lalu ?
    Mohon Penjelasannya..!
    Atas Perhatian… Terima Kasih..!

    Kak Ichsan:
    Kebijakan sertifikasi guru, prosesnya: (1) PLPG. Kalau tidak lulus PLPG mengikuti (2) Diklat Pasca UKA. Jika tidak lulus Diklat Pasca UKA, berhak ikut sertifikasi untuk tahun 2013.

    • Kak Ichsan Yth.
      saya lulusan S1 Akuntasi dan saya ikut kursus Guru Tk di LPGTK saya bisa ikut sertifikasi guru tidak? sebelumnya saya ucapkan terimakasih>

      Kak Ichsan:
      Dari syarat ijazah, Insyallah bisa.

  7. Reblogged this on Defko's Weblog and commented:
    ijin re-post

  8. Bagaimana cara mengetahui data yang ada pada NRG.seperti nama,alamat,tempat tugas,NIP bagi guru PNS dan data lainnya.terima kasih.

    Kak Ichsan:
    Wah, maaf, untuk NRG saya tidak punya data/referensi untuk berbagi pencerahan.

  9. Kalau selama ini mengajar di Swasta trus ingin pindah menjadi honorer di Negeri. Apakah sertifikasi bisa pindah ke sekolah negeri? karena mengajar di dua sekolah tidak mungkin mengingat padatnya jam di sekolah negeri.

    Terima kasih.

    Kak Ichsan:
    Insyaallah bisa. Yang perlu diperhatikan, agar TPP tetap bisa diterima, mapel yang diampu harus sesuai dengan mapel yang tersebut pada sertifikat pendidik.
    Untuk prosedurnya, coba Mbak Yuni tanya ke Dinas Pendidikan

  10. kak ichsan mohon tanya kapan jadwal uji kompetensi guru 2013 prov jateng kab jepara

    Kak Ichsan:
    UK 2013 akan dimulai akhir Mei, jadwal pasti akan diumumkan oleh Dinas Pendidikan.
    Untuk Kab Jepara, coba cek di sini

  11. kakak, semoga selalu sehat amin. Kak, saya sudah lulus sertifikasi 2012 dan alhamdulillah sudah menerima tunjangannya.Namun pada SK dirjen besar tunjangan saya sudah sesuai dengan INPASSING saya (3A) TAPI, dana yang saya terima TIDAK sesuai dengan inpassing saya (hanya standar belum inpassing 1,5 jt).Mohon bantuan kakak bagaimana cara saya mengurusnya. terima kasih.semoga Alloh membalas kebaikan kakak.

    Kak Ichsan:
    Kalau memang fakta begitu, sebaiknya bertanya ke Dinas Pendidikan dengan membawa bukti (SK Tunjangan dan bukti penerimaan trnsfer TPP). Atau, coba hubungi ke pusat dengan melihat alamat yang ada pada kop surat.
    Ok, Mbak Wiwit, semoga usaha dirahmati Allah SWT.

  12. kak nama saya utami alam daulay, saya dapat nuptk waktu mengajar di smp swasta muhammadiyah 04 belawan sumatera utara no nuptk saya 9655-7636-6330-0022 kemudian saya jadi pns di smp n 5 panyabungan sumatera utara juga n tetap memakai nuptk yang sama tapi kok sekarang saya liat data nuptk saya di internet katanya gak valid, mksdnya apa ya kak? mohon bantuannya trims

    Kak Ichsan:
    Hasil penelusuran saya pada database NUPTK dengan memasukkan NUPTK 9655763663300022 adalah sbb
    Nama : utami alam daulay
    Sekolah : smp s muhammadiyah 6 Medan Kota Belawan

    • kok nuptknya gak 16 digit ya kak? jadi saya hrs ngelapor ke dinas dl supaya bisa ikut sertifikasi?

      Kak Ichsan:
      Kalau yang ini kan 16 digit: 9655-7636-6330-0022
      NUPTK ini atas nama utami alam daulay, lahir Medan 23-03-1985, ibu kandung LISMAWATI RANGKUTI
      smp s muhammadiyah 6 Medan Kota Belawan
      Nah, jika data ini memang milik Mbak Utami silakan lapor ke Dinas Pendidikan dengan segera untuk melakukan perubahan data.

  13. mas.. saya sudah terima TPP th 2012, untuk tahun ini didapodik saya tidak layak, di sinyalir apabila tetatp tidak berubah pada dapodik 2013 maka tpp 2012 2bulan yg blum di cairkan di anggap hangus…gmn mas itu hak sya dan sdah ada nrgnya ? trim banget mas infox

    Kak Ichsan:
    Informasi yang berkembang seperti itu. Untuk peraturannya, saya belum tahu.
    Semoga informasi tersebut tidak benar.

  14. Minta tolong mas untuk mencek NRG Guru Sertifikasi Thn lulus 2012 an. ERWIN JULFIAN HARAHAP, Bidang Studi Akuntansi dan Tempat PLPG UNIMED MEDAN, trims.

    Kak Ichsan:
    Maaf, web NRG sertinya bermasalah. Coba cek di sini

  15. kak ichan mau nanya saya guru bukan PNS dan sudah lulus plpg thn 2012, mengajar di SLB tetapi blm punya SK inpassing…saya sudah mengurus sk inpassing dari tahun 2011 tetapi belum ada kabar, saya juga dapat kabar katanya sk inpassing saya tidak perlu diurus lagi karena TPP tahun depan otomatis naik menyesuaikan dengan golongan, apakah benar seperti itu ?kemana saya harus bertanya soal inpassing ?

    Kak Ichsan:
    Petunjuk cek Sk Inpassing silakan lihat tulisan melalui klik “poster Inpassing”
    Mengenai besar TPP otomatis mengikuti golongan, saat ini, belum ada peraturannya.

  16. As,wr,wb. Mohon info, apa benar peserta sertifikasi tahun 2013 di pilih dr masa kerja yg paling lama dulu? Kalau iya masa kerja minimal brapa tahun bisa lolos ikut PLPG.

    Kak Ichsan:
    Berdasarkan Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2013, kriteria urutan prioritas sebagai berikut: (1) usia, (2) masa kerja, (3) pangkat dan golongan.
    Selanjutnya, yang memenuhi syarat dengan kriteria urutan di atas akan dipanggil yang banyaknya sesuai kuota per kab/kota.
    Silakan lihat posting “Prioritas Peserta Sergu 2013″

  17. Terimah kasi pak Hari berkat bantuan anda saya sekarang bisa lulus sertifikasi dan alhamdulllah NRG saya juga sudah keluar,bagi teman-teman yang mau lulus sertifikasi silahkan hub 082345353057

  18. Pada thn 2012 Saya sudah lulus PPG dan memiliki setifikat pendidik, apakah saya sudah bisa menerima tunjangan sertifikasi ∂ï tahun 2013 ini?????? Atau saya harus mengikuti UKA ∂ï tahun 2013 ini???? Karena nama saya ªϑɑ̈ dalam daftar nama guru ♈ǝлƍ belum memiliki sertifikat pendidik. Mohon informasi ya!!!!

    Kak Ichsan:
    Coba dicek pada web sergu dengan pencarin memasukkan NUPTK. Bila ada keterangan “Bukan Peserta UK 2013″ maka artinya tidak termasuk peserta UK.
    Tentang sudah memiliki sertifikat jalur PPG, seharusnya sudah tidak perlu PLPG. Untuk itu, segera ditanyakan ke Dinas.

  19. aslkum…….., mau nanya nic…., apa betul seluruh tunjangan guru yg tidak terdata melalui dapodik, tidak akan dicairkan? ksianlah yg sudah sertifikasi di daerah yg terkadang telat pendataannya, gimana solusinya

    Kak Ichsan:
    Wacananya serperti itu. Tapi, menurut saya (karena belum tahu peraturannya), kondisi daerah akan jadi pertimbangan dan verifikasi manual (secara kedinasan) mungkin masih akan ditempuh.
    Menurut saya, sekali lagi, TPP itu kan hak dan sudah jelas peraturannya sedangkan pendataan online dapodik sebagai dasar pemberian tunjangan itu sepertinya belum ada. Pendataan itu, menurut saya, baru tahap persiapan pemetaan yang fungsinya berjalan bertahap pada bidang-bidang tertentu. Jadi, tidak serta merta, hasil pendataan itu akan berlaku mutlak.
    Bagaimana menurut Pak Mardiansyah, tentang tanggapan saya?

  20. as….sya mau tanya.ap ad sertifikasi untuk gru honor??ap syaratnya???

    Kak Ichsan:
    Syarat sergu silakan klik/lihat tautan pada tulisan di atas.

  21. kak, mohon informasi terbaru tentang inpassing guru swasta. Sebelumnya pengurusan inpassing telah ditutup per tgl 31-12-2011. Adakah setelah tgl tersebut bisa mengurus lagi? info yg sy dpt inpassing guru swasta dapat dilakukan berbarengan dengan mengurus inpassing untuk PNS per kabupaten masing-masing apakah betul kak? mohon jawabannya terima kasih

    Kak Ichsan:
    Istilah inpassing untuk non PNS dan PNS beda. Pengertian istilah inpassing secara sederhana adalah “penyesuaian”. Jadi, bila membicarakan inpassing, perlu diperjelas, inpassing apa?
    (1) Inpassing bagi guru non PNS (hanya ada 1 macam), istilah yang benar menurut peraturan adalah Inpassing Guru Bukan PNS (Inpassing GBPNS). Inpassing Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil adalah proses penyesuaian kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil. Info selengkapnya di sini
    (2) Inpassing bagi PNS, adalah “hanya” bila ada peraturan baru. Misal, ada peraturan kenaikan gaji pokok baru maka akan ada “inpassing gaji dari gaji pokok lama ke gaji pokok baru”. Adanya peraturan tentang jenjang jabatan dan angka kredit maka akan ada “inpassing angka kredit”.
    Jadi, tidak ada inpassing GBPNS berbarengan dengan inpassing untuk PNS.

    • pa ichsan klw pngajuan SK Inpassing sy ditolak apakah bisa diajukan ulang? apakah di kemdiknas itu pngajuan Inpassing di periksa oleh individu? krn di TK sy mngajukan 3 orang & yg di proses hanya 2 orang.

      Kak Ichsan:
      Ketentuan secara detil saya tidak paham. Info penting pengajuan inpassing telah berakhir pada 2011 dapat dilihat di sini

  22. As wr wb Nama TOTO SUBAGYO, S. Ag
    NUPTK 1453-7516-5320-0013
    NRG 02 229 043 2002 SK Nomor : DJ.I/DT.I.I/1586/2011 NO URUT 79
    TERIMAKSIH PAK HARI INI DATA DATA SAYA YANG SUDAH SAYA DAPAT BERKAT BANTUAN DAN KERJASAMA PAK HARI SEMUANYA SUDAH LANCAR,,TAK LUPA SELURUH KELUARGA SAYA TITIP SALAM SAMA BPK, JIKA ADA TEMAN YG INGIN CEPAT TEMBUS DALAM PENGURUSAN NRG DAN NUPTK IKUTI JEJAK SAYA DAN SAYA SARANKA HUB PAK HARI STAFF AHLI MENDIKNAS DIRJEN PMTK LPMP PUSAT JAKRTA,,DI NO 085-398-230-167

    Read more: http://datapendidik.blogspot.com/2012/08/informasi-calon-peserta-sertifikasi.html#ixzz2MjOvch5r

  23. mau tanya pak, sebelumnya sertifikasi 2012, teman guru saya sdh menerimanya tapi pada tahun 2013 ini katanya namanya tidak terdaftar lagi dalam guru yang bersertifikasi.. bagaimana caranya untuk melihat nama-nama guru yang sudah bersertifikasi 2013 ini??? trimakasih sebelumnya..

    Kak Ichsan:
    Katanya siapa? Kalau berasal dari Dinas Pendidikan/kemenag Kab, sebaiknya ditwnyakan lebih jelas. Bila benar nama tidak muncul pasti ada sebabnya. Kalau memang nama tidak muncul sedangkan masih aktif sebagai guru dan memenuhi syarat menerima TPP, perlu bertanya “langkah apa yang harus ditempuh”.

  24. kak, saya disuruh ibuk saya Lihat apa ibuk saya sudah layak ikut sertifikasi 2013, iu Lihatnya dimana ya ? makasih ya :)

    Kak Ichsan:
    Silakan lihat pada websute informasi sertifikasi guru. Untuk membantu cara mengecek, silakan klik “poster Info Sergu 2013″ di sisi kanan blog ini, kemudian klik judul tulisan “Daftar Nasional Calon Peserta Sergu 2013″. Bila dalam pencarian nama ada pada daftar, maka memenuhi syarat/layak calon peserta sergu.
    Ok, Icha selamat mencoba semoga hasil seperti harapan.

  25. malam kak ! mo tanya ada temen tdk lulus plpg th 2012 sdh ikut ujian ulang 2 kali blm lulus juga, kemudian pada daftar guru belum bersertifikat yg bersangkutan ada datanya , kalau lht keterangan kak ichsan di atas berpeluang mengikuti plpg kuota 2013, yg saya tanyakan apakah utk mengikuti plpg kuota 2013 nanti yg bersangkutan hrs mengikuti proses UKA awal lg tatau langsung ikut plpg?

    Kak Ichsan:
    Bagi yang tidak lulus PLPG 2012, berarti sudah lulus UKA, maka untuk PLPG 2013 sudah tidak wajib mengikuti UKA.

  26. mau jadi guru makin lama kok makin ribet aja, tapi peminatnya jg makin lama makin banyak sampek berdesak-desakan segala, padahal jadi figur teladan itu sulit, lalu apa yang dicari, kaya, gak mungkin, belum ada ceritanya guru jujur itu kaya, dan ujung-ujungnya orang banyak tahu dari orang yang tak dikenal juga. dulu guru itu di kenal dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa, apa itu sekarang masih ada

  27. assalammualaikum kak Ichsan, tolong carikan NUPTK atas nama Suyanto Mengajar di SD Inpres II Fakfak, Kab. Fakfak, prov. Papua Barat. Tolong ya Kak….. Terimakasih…

    Kak Ichsan:
    nama Suyanto sudah ada pada daftar NUPTK SD Inpres II Fakfak, tapi NUPTK belum terbit

  28. SEMANGAT KAK ICHSAN….
    MAU TANYA….
    1.SERGUR 2013 IJAZAH SESUAI JURUSAN, MAKSUDNYA APA?
    2. KALAU GURU IJAZAHY S1 B. INDONESIA ATW BIDANG STUDY
    NGAJAR DI SD BISA IKUT SERGUR 2013 GA SEDANGKAN SY
    DAN BYK TEMAN2 YG BUKAN DARI PGSD NGAJAR DI SD.
    SEDANGKAN SDH LULUS DIKLAT UKA BGMANA TUH?
    3. TUGAS TAMBAHN DI LUAR TUPOKSI KIRA2 MANFAAT BUAT
    KARIR BGMN?
    4. SERGUR 2013 SELAIN UKA DAN PLPG KBRNYA ADA
    PORTOFOLIO BENER GA TUH, KLU ADA GAWAT ARSIP2 PD
    NYEMPIL?

    Kak Ichsan:
    1. Sesuai jurusan ini syarat bagi guru mapel (selain guru kelas). Guru mapel Bhs Indonesia harus berijazah jurusan Bhs Indonesia.
    2. Untuk guru kelas SD, ijazah S1 Bhs Indonesia/PKn/IPS atau lainnya yang bida studi ada di SD bisa sebagai syarat sergu.
    3. Tugas tambahan sebagi wakasek, ka lab, pembina pramuka, pembina PMR, … jelas memiliki andil dalam peningkatan karir.
    4. Sergu sejak 2012 terdiri dari jalur PLPG, portofolio, dan PSPL (Pemberian Sertifikat Pendidik Langsung)
    Uraian ketiga jalur sergu tersebut dapat dibaca di sini

  29. stres juga… kmarin ga lulus UKA 2012. Padahal di sklhn tugas tambahan byk banget. operator sekolah,simdik,bendahaRA barang,bantu2 tupoksi kepsek,tupoksi pribadi,,, maklum SD ane blm ada TU. Percuma tugas tambahan selama ini di lakukan ga ada manfaatnya buat karir apalagi ga lulus UKA…. SAKIT banget. padahal kmarin UKG ngajarian guru senior mghadapi UKG…… MAU DI AMBIL HIKMAHNYA jiwa ane bukan malaikat. tetap manusia punya keluh kesah. alhmdllh….UKA LULUS
    MAU TANYA KAK I Sory sambil Curhat…
    1. SETELAH LULUS DIKLAT UKA 2012 PLPG Kapan?
    2. kita yg ikut diklat UKA LULUS masuk PLPG Kuota 2012 atw 2013?
    3. kita bareng atw Sama ga dengan teman2 yg lulus UKA/PLPG thn 2012?
    teman2 angkatan ane masih pd blm tau statusnya……
    3 pertanyaan di atas mewakili rekan2…..
    mohon infonya…. dan very …….. thanks.
    buat yg baca…. sory pabila ga sopan, kata huruf dan kata2 yg salah mohon maaf lahir batin. slam kenal buat para teman seprofesi.

    Kak Ichsan:
    Setelah Lulus Diklat Pasca UKA 2012 maka berhak mengikuti PLPG 2013, dan sebagai peserta sertifikasi kuota 2013 bukan kuota 2012.Hak kewajiban peserta sergu 2013 adalah sama bagi peserta dari lulusan Diklat Pasca UKA 2012 dengan lulusan UKA 2013.
    Calon peserta sergu 2013 harus ikut UKA 2013 dan bila lulus baru masuk PLPG. Bagi yang tidak lulus UKA 2013 maka tidak bisa mengikuti sergu 2013 hilang, dan selanjutnya harus mengikuti Diklat Pasca UKA 2013 sebagai syarat mengikuti PLPG 2014.
    Semoga info ini bermanfaat.
    Salam persaudaraan dan tetap semangat semoga senantiasa sehat!

    • satu lg kak… maaf titipan pesan teman…
      dia ga lulus PLPG dan ikut remedial PLPG ga lulus juga…
      dia binggung statusnya sekarang bgmana?

      Kak Ichsan:
      Coba dicek dulu pada Daftar Guru Belum Bersertifikat di website informasi sertifikasi guru. Bila ada, ada peluang masuk kuota sergu 2013.
      Petunjuk cek bisa dilihat di sini

  30. kak Ichsan :
    Mohon informasinya, kapan penyerahan sertifikat bagi guru sd yang sdh lulus PLPG tahun 2012 ?

    Kak Ichsan:
    Sertifikat dikeluarkan oleh Rayon dan pembagian bisa langsung olrh Rayon atau Dinas Pendidikan.
    Waktunya, tergantung Rayon.

  31. aturan atau UU apa yang dilanggar?
    dan apabila ada informasi kapan sertifikat pendidik 2012 akan diberikan?

    Kak Ichsan:
    Sertifikat pendidik dikeluarkan oleh Rayon, coba cari info melalui website Rayon ybs atau Dinas Pendidikan setempat.

  32. Kak benarkah kalau pindah mengajar ke tingktan yang lebih tinggi sertifikasinya akan hilang?

    Kak Ichsan:
    TPP diberikan kepada guru sesuai mapel yang diampu sebagaimana tersebut pada sertifikat. Bila pada sertifikat tertulis mapel MM SMP maka TPP bisa diberikan bila mengajar MM SMP.

  33. Apakah sertifikasi guru honor di negeri bisa kami ikutin? karena belum ada guru honor ditempat saya mengajar yang sertifikasi di sekolah negeri, mohon petunjuknya,terimakasi.

    Kak Ichsan:
    Honorer pada sekolah negeri bisa ikut sertifikasi bila memenuhi syarat. Unuk persyaratan silakan baca pada tulisan Syarat Sertifikasi GTT Sekolah Negeri

    • ijasah sy penjaskes trus ambil sertifikasinya BK bs apa tidak ? mohon jawaban dan penjelasannya

      Kak Ichsan:
      Ijazah Penjaskes tidak lilinier dengan BK, jadi tidak memenuhi syarat sertifikasi.

  34. saya merasa peraturannya ga adil, yg honor d negeri dapet kesempatan buat jd PNs udah PNS dengan mudah dpt kesempatan buat Sertifikasi, lha kita yg honor d swasta buat sertifikasi yg katanya mudah tetep aza dipersulit apalagi buat jd PNS g da kejelasan sama sekali.padahal tenaga n waktu yg kita gunakan untuk mengajar sama dengan yg di negeri.

  35. Kapan pendaftaran terakhir ya kak?

    Kak Ichsan:
    Belum ada kepastian akhir pendataan, tapi agar tidak ketinggalan, sebaiknya segera hubungi Dinas Pendidikan.

  36. Sudah lapor tu, maksud saya terus kapan yang data susulan diumumkan ( bisa dilihat )

    Kak Ichsan:
    Coba dicek/dipantau melalui web Sertifikasi Guru.

  37. Sore kak, mau naya nich kalau yang pendataan susulan calon peserta sertifikasi 2013, karena namanya belum muncul di web, diumumkan nggak ya hasilnya? Kira2 kapan ?. Nuhun

    Kak Ichsan:
    Bila nama belum ada pada daftar guru belum ersertifikat, segera lapor kr Dinas setempat.

    • menghub siapa

  38. saya maw tanya apa ada nama2 guru yg lebih signifikan untuk kab.bulungan yang di panggil untuk sertivikasi.sebelum dan sesudahnya terimakasih banyak.dan semoga sukes selalu

    Kak Ichsan:
    Maaf, tidak punya.

  39. saya mau tahu informasi tentang pengangkatan cpns jalur sukwan apa masih ada ……

    Kak Ichsan:
    Peraturan yang ada, pengangkatan CPNS dari jalur honorer K2. Rencannya pertengahan 2013 akan ada tes honorer K2.

  40. trim infonya….

  41. saya mau tahu informasi mengenai prospek pengangkatan guru tahun 2015/2016?

    Kak Ichsan:
    Ayo, siapa punya info prospek pengangkatan guru tahun 2015/2016?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.030 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: