Teks Doa Upacara Hari Kesaktian Pancasila


Tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 153/TAHUN 1967 tanggal 27 September 1967.

Untuk tata urutan upacara, sesuai buku pedoman yang diterbitkan Panitia Nasional, urutannya sama dengan tahun sebelumnya.

Urutan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Sekolah/Kampus, klik teks ini.

Dalam tata upacara tersebut, ada pembacaan Ikrar. Lihat teks Ikrar, klik di sini.

Berikut naskah do’a kutipan dari buku pedoman penyelenggaraan upacara peringatan Hari Pancasila Tahun 2012.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang,

Berkat rahmat dan kasih sayang-Mu, pada hari ini rakyat Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila, sebagai ucapan syukur atas nikmat-Mu yang agung. Dengan syukur kiranya Engkau tambahkan nikmat-Mu dan keberkahannya kepada bangsa dan negara kami.

Ya Allah, dalam suasana yang khidmat ini, kami memohon kiranya Engkau jadikan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai momentum untuk memperkuat persatuan bangsa kami, agar kami dapat berkonsentrasi dan mengerahkan seluruh tenaga, pikiran, dan semua potensi yang kami miliki secara optimal untuk membangun negeri ini.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pemurah,

Tekad kami sangat kuat dan upaya kami tak pernah berhenti untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu kami membangun negeri ini. Oleh karena itu, pertolongan dan bimbingan-Mu terus kami dambakan agar cita-cita mereka dapat kami wujudkan.

Ya Allah, berikan kepada kami dan kepada para pemimpin kami kekuatan iman serta keteguhan hati utuk menegakkan kebenaran dan menjunjung tinggi keadilan.

Tanamkan dalam diri kami dan dalam diri para pemimpin kami kearifan dalam berpikir, kecermatan dalam bertindak, serta kejujuran dalam menjalankan tugas dan kewajiban, agar setiap urusan kami membuahkan hasil yang bermanfaat untuk bangsa dan negara kami.

Ya AllahYang Maha Penyelamat,

Selamatkanlah bangsa dan negara kami dari segala macam bencana, fitnah dan adu domba yang membawa malapetaka.

Ya Allah, jangan Engkau hukum kami, jika kami lupa atau alpa. Jangan Engkau bebankan kepada kami beban berat seperti yang pernah Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Dan jangan pula Engkau pikulkan kepada kami sesuatu yang kami tidak sanggup memikulnya.

Maafkanlah kami, ampunilah kami, rahmatilah kami, dan tolonglah kami.

Ya Allah Yang Maha Pelindung,

Kami berlindung kepada-Mu dari kecemasan, kesedihan, kemalasan, ketakutan, kenistaan, lilitan hutang, kekerasan, dan kezaliman.

Ya Allah, kami juga berlindung kepada-Mu dari segala bentuk kejahatan yang telah kami ketahui maupun kejahatan yang belum kami ketahui, sesungguhnya Engkau adalah zat tempat berlindung.

Ya Allah, hanya kepada-Mu kami kembali dan hanya kepada-Mu pula kami berserah diri. Kiranya Engkau mengabulkan permohonan kami.

Buku Pedoman Upacara

Untuk mengunduh buku pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila, klik di sini

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.031 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: