Syarat dan Cara Daftar Operator NISN


Mulai 2012, data pokok pendidikan (dapodik) dikelola oleh PDSP. Dapodik ini meliputi data sekolah, PTK, dan siswa. Operator sekolah yang pernah ada, sekarang tidak berlaku dan harus mendaftar baru dengan ketentuan baru.

Operator adalah petugas pendataan yang diberi tanggungjawab dan wewenang untuk mengelola data tertentu, seperti input data, pemeliharaan data, backup data, mengunduh dan mengunggah data.
Operator sekolah ditunjuk oleh Kepala Sekolah dengan surat keputusan. Dan, usulan operator, dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat. Syarat dan prosedur lengkap pendaftaran dapat dilihat pada uraian di bawah ini.

Mekanisme dan Kewenangan Administrator dan Operator

PDSP adalah Unit kerja di lingkungan Kemdikbud yang mempunyai tugas mengelola data pendidikan, baik di pusat sampai ke tingkat provinsi/kabupaten/kota.
Untuk menunjang kegiatan tersebut diperlukan tenaga terampil seperti administrator  dan operator.

Administrator adalah pengelola Data Pokok  Pendidikan (DAPODIK)  di tingkat pusat dan daerah yang ditetapkan melalui SK dan bertanggungjawab terhadap keamanan data.

  • Administrator Pusat ditetapkan dengan SK dari Kepala Pusat Data dan Statistik Pendidikan. Administrator Provinsi ditetapkan dengan SK dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
  • Administrator Kabupaten/kota ditetapkan dengan SK dari Kepala Dinas Kabupaten dan Kota.
  • Administrator Dapodik di Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota, masing-masing 1 (satu) orang.

Operator adalah petugas pendataan yang diberi tanggungjawab dan wewenang untuk mengelola data tertentu, seperti input data, pemeliharaan data, backup data, mengunduh dan mengunggah data.

  • Operator Pusat ditetapkan dengan SK dari Kepala Pusat Data dan Statistik Pendidikan.
  • Operator Provinsi ditetapkan dengan SK dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
  • Operator Kabupaten/kota ditetapkan dengan SK dari Kepala Dinas Kabupaten dan Kota.
  • Operator sekolah ditetapkan dengan SK dari Kepala Sekolah.
  • Operator Dapodik di Provinsi, Kabupaten dan Kota, maksimal 7 (tujuh) orang.
  • Operator Dapodik di Sekolah, sebanyak 1 (satu) orang.

A. Kewenangan PDSP

  1. Memberikan akun dan sandi  admin Dinas Pendidikan Provinsi/ kabupaten/kota
  2. Melakukan sosialisasi pemberian akun dan sandi  admin Dinas Pendidikan Provinsi/ kabupaten/kota
  3. Menerima SK penunjukan Admin dan operator dari Dinas Pendidikan Provinsi/ kabupaten/kota
  4. Menyetujui dan mengaktifkan akun dan sandi admin Dinas Pendidikan Provinsi/ kabupaten/kota

B. Kewenangan Provinsi

  1. Berdasarkan butir A.2. menetapkan/menunjuk admin dan operator di Dinas Pendidikan Provinsi
  2. Menyusun SK admin dan operator Dinas Pendidikan Provinsi
  3. Mengirim SK admin dan operator Dinas Pendidikan Provinsi ke PDSP
  4. Mengaktifkan akun dan sandi admin Dinas Pendidikan Provinsi
  5. Berwenang merubah sandi admin Dinas Pendidikan Provinsi
  6. Admin provinsi berwenang memberikan akun dan sandi operator di Dinas Pendidikan  Provinsi
  7. Setiap operator Dinas Pendidikan Provinsi dapat merubah sandi operator
  8. Admin berhak menata ulang/reset sandi operator  Dinas Pendidikan  Provinsi

C. Kewenangan Kabupaten / Kota

  1. Berdasarkan butir A.2. menetapkan/menunjuk admin dan operator di Dinas Pendidikan Kabupaten/kota
  2. Menyusun SK admin dan operator Dinas Pendidikan Kabupaten/kota
  3. Mengirim SK admin dan operator Dinas Pendidikan Kabupaten/kota ke PDSP
  4. Mengaktifkan akun dan sandi admin Dinas Pendidikan Kabupaten/kota
  5. Admin berwenang merubah sandi admin Dinas Pendidikan Kabupaten/kota
  6. Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/kota berwenang memberikan akun dan sandi operator di Dinas Kabupaten/kota
  7. Setiap operator Dinas Kabupaten/kota dapat merubah sandi operator
  8. Admin berhak menata ulang/reset sandi operator Dinas Pendidikan Kabupaten/kota
  9. Menerima SK operator sekolah
  10. Menetapkan akun dan sandi operator  sekolah
  11. Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengkoordinir operator Kabupaten/Kota dan sekolah

D. Kewenangan Sekolah

  1. Kepala sekolah menetapkan operator
  2. Membuat SK operator
  3. Mengirimkan SK operator ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  4. Menggunakan akun dan sandi yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  5. Setiap operator sekolah dapat mengubah sandi operator

About these ads

48 Tanggapan

  1. pak klo nisn tidak terdeteksi gimana? dan kalau mau ada perbaikan data NISN harus gimana? trm ksh

  2. hello, mau saya ingin bertanya bagaimana cara mengurus validasi untuk mutasi sekolah SD dari pekan baru ke jakarta? sampai saat ini anak saya tidak bisa sekolah karena sekolah jakarta memerlukan surat validasi sedangkan di pekanbaru tidak bisa mengeluarkan dikarenakan jaringan offline. apakah ada solusi? tolong dibantu..

  3. mhn dbntu pak..saya guru dari pedalaman papua hampir semua siwa di sekolahku brlum ada NISN…APAKAH boleh updste dat2nya via rmsil ? bantu pak kmi kesulitan info…thx

  4. bagaimana agar lebih mudah dalam pengurusan NISN, sekolah kami sangat terpencil

    Kak Ichsan:
    Saat ini, pengajuan NISN langsung ke pusat via email. Lebih jelas dapat membaca petunjuk pada web NISN di sini

  5. kayaknya lebih mudah dg mnggunakan akun DAPODIK yg lama…saat ni harus mendaftar ke kabupaten..yaach beginilah kl dipasrahkan ke tingkat kabupaten…pendaftaran akun ja kadang sulit…lha wong kl peg daerah gt kerjanya gk maksimal…ujung”nya NISN siswa lama n pihak sekolah sulit dalam mengelola langsung baik mutasi atau pndaftaran NISN baru…sebaiknya sperti kyak dulu dimana pendaftaran langsung ke data pusat…

  6. ass…. saya sudah mendaftar anak-anak nisn dan keluar nombernya pada tahun 2011 tapi sekarang di cek lagi kok data anak tidak ada knapa ya g keluar2 mohon solusinya……

    Kak Ichsan:
    Coba koordinasi dengan operator NISN Mapenda Kemenag Kab.

  7. kok NISN saya ga terdaftar ya…

    pedahal sekolah minta NISN. tp sekolah SMP saya hanya ada NIS dan itupun cuma ada 8 digit.. whyy !!

  8. trims atas data nisn sangat berguna sekali bagi sekolah dan kepala sekolah jadi tidak perlu repot – repot pak

  9. asslamu’alaikum.

    kak ichsan, nama adik saya ko belum terdaftar ea?
    pihak sekolah sudah mengirim email dan mengirim via surat tapi belum ada BALASAN.a

    Nama : rizki annisa
    ttl : bogor, 27 juli 1995
    asal sekolah : SMP Bina Sejahtera

    mohon bantuan.a

  10. puzing ni anak anak belum punya NISN! dengan segala hormat tolong minta solusi yang acurat!

  11. Kak, saya tenaga operatir dari sd negeri 2lahat..salah satu siswa kami yang sedang duduk di kelas 6 belum mempunyai NISN..serangkaikan prosedur untuk mendaftar dan mengajukan nisn telah dilakukan tetapi hasilnya tetqap nihil..mohon petunjuk pencerahannya …thanks a lot kak…mohon direplay secepatnya :)

    Kak Ichsan:
    Coba ditanyakan saja lewat email.
    (Pastikan berkas yang dikirim sudah ditandatangani KS)

  12. kak ichsan, saya minta tolong bantuannya utk mendaftarkan NISN milik murid saya. murid saya adalah alumni tahun 2004-2005 dan belum memiliki NISN. saya sdh daftarkan tapi tdk berhasil. saya bingung.
    ini datanya :
    Nama : Erik Indrawan Permana
    Tempat ,tgl lahir : Surabaya ,29 Oktober 1992
    Asal sekolah : SD ISLAM MARYAM Surabaya
    Asal sekolah sekarang : SMA GIKI 3 Surabaya
    Alamat rumah : Jln. Manyar Dukuh 62
    Nama ibu : Sunarlik
    NPSN : 20532975

    Terimakasih atas bantuannya, kak ichsan

    Kak Ichsan:
    Daftar NISn saat ini dapat dilayani secara kolektif dan didaftarkan oleh sekolah.
    Petunknya silakan baca pada postingan di sisi kanan halaman blog tunas63.

    • Ka tolong cariin NISN SDN Buluh Kec.pacet Kab. Bandung.trims sebelumnya

  13. gmna sih kak cara mendaftar nisn murid kelas 1 sd

    Kak Ichsan:
    Lihat petunjuknya pada tulisan di sisi kanan halaman blog tunas63!

  14. Jika ada instansi yg mengurus NISN mohon layani dengan baik. Terimakasih wassalam..

  15. Mohon kirimkan

  16. adik saya belum punya NISN bagai mana itu kak

  17. Saya mau mendaftarkan NISN siswa siswi sekolah kami karena sudah 3 tahun/angkatan NISN siswa kami tidak keluar, bagaimana caranya mohon info

  18. KAK GIMANA MENCARI NISN KAK

    Kak Ichsan:
    Petunjuknya lihat boks disisi kanan halaman blog “Posting Pilihan”.

  19. mohon informasinya.sy berniat mau mindahin sekolah ank sy,dri sd negri dikabupaten bogor.ke sd negri dikabuptn kuningan.permasalahannya dri sd negri dikuningan diminta surat validasi dri sd dibogor,sedangkan menurut kepsek sd dibogor sekarang ngk perlu surat validasi karena sudah online,cukup memberi data sekolah yg dituju.nah sy jd ragu.tolong informasinya jd yg benar yg mana nich.makash sebelumnya

    Kak Ichsan:
    Surat validasi NISN dapat diterbitkan bila sekolah sudah punya operator NISN atau dapat diterbitkan oleh operator NISN Dinas Pendidikan (bila operator Dinas sudah ada).
    Oleh karena itu, kalau sekolah belum punya operator NISN, coba datang ke Dinas Pendidikan untuk minta surat validasi mutasi. Nah, kalau Dinas Pendidikan juga belum punya operator NISN, ya tidak mungkin mendapatkan surat validasi.

  20. bang kapan webnya bisa digunakan karna di sekolah saya banyak yang belum terdaftar nih..
    padahal nomornya udah dibutuhkan

    Kak Ichsan:
    Petunjuk usul NISN baru, silakan baca posting “Mekanisme Usul NISN Kolektif Tahun 2012″ (lihat kategori posting “NISN” di sisi kanan halaman blog tunas63.

  21. gimana mengajukan nisn secara online ,, saya butuh nisn sekarang saya mau nisn secepat mungkin,, tolang bantu saya ya,,,

    Kak Ichsan:
    Daftar NISN melalui sekolah (yang mendaftarkan sekolah, tidak bisa perorangan secara online.

  22. Ane juga nanya kak mohon dibantu tolong cariin datan anak ini Hendri febrianto ttl pacitan, 04/02/2000

  23. kak tolong carikan nisn a.n
    Nama : Amelia Anggraini
    Tempat Lahir : Lamongan
    Tgl Lahir : 05/09/1989

    krim k sini ya
    fenti_virgo59@yahoo.com
    makasih


    Kak Ichsan:
    Nama Amelia Anggraini tidak ditemukan pada daftar NISN

  24. tolong diberi surat edaran yang mengharuskan bhwa pihak sekolah dasar memiliki operator sendiri terima kasih.

    Kak Ichsan:
    Ya, semoga Dinas Pendidikan membaca komentar ini dan menindaklanjutinya.
    Atau, silakan lihat ketentuannya di sini

  25. assalamualaikum..
    kak ichsan tolong anak saya ,karena beberapa kali anak saya mencari2 no nisn y tdk pernah ketemu..jadi saya atas nama orang tua y ,ingin minta tolong kpda kak ichsan untuk tolong carikan nisn atas nama muhammad muadz ,tgl lahir 01/11/1994 ,tmpt lahir d tangerang, bertempat tinggal d kab. serang ,prov banten bersekolah d smkn 2 kota serang,yg dulu sd ya sdn ranjeng,tolong bantu ya kak ichsan.
    terima kasih


    Kak Ichsan:
    Nama muhammad muadz tidak ditemukan pada daftar NISN

  26. nama saya muslimin, tgl lahir saya 16 agustus 1998..sya dulu sekolah pindah pindah.. jd sya ga punya nis,, tolong dibntu ya ka……

  27. Selamat pagi,,saya minta tolong,anak saya mau daftar masuk smp tapi nisn nya tidak bisa,saya mohon bantuanya – nama Kirey Gabriel kadir tendean, 19/11/1999,,paniki 2 manado,terima kasih


    Kak Ichsan:
    Nama Kirey Gabriel kadir tendean tidak ditemukan pada daftar NISN

    • Ka bantu sy dong..
      Nisn sy knapa sdah ga kedaftar lagi di situs baru milik dapodik..
      tapi sewaktu masih situs lama Nisn sy masih terdaftar..jdi bgmana mohon petunjuknya?
      NIsn sy 9962406797
      nama : Wawan julianto
      tempat lahir : Palu
      tgl lahir 23 07 1996
      mhon bantuannya?

      Kak Ichsan:
      Setelah saya cek, benar NISN itu sudah tidak terdaftar.
      Meski pada daftar tidak ditemukan, NISN tetap dipakai saja, mungkin ada masalah pada operasional situs saja.

  28. ka apasi format 8355 itu….sy mau pindah sekolah kejkrt .dn phk jkrta pinta format itu

    Kak Ichsan:
    Format 8355 maksudnya Daftar Siswa format excel model 8355. Daftar ini dikeluarkan oleh sekolah.
    Bila Adik Masita ingin tahu model 8355 silakan unduh di sini

  29. Askum…. Kak Ichsan met pagi,,,, dulu udah daftar di padodik, nah sekarang ketika log in lagi gimana, apa musti daftar lagi ? mohon penjelasannya

    Kak Ichsan:
    Sebagaimana tulisan di atas, pada paragraf awal sudah tersebut, operator yang lama sudah tidak berlaku. Jadi, harus daftar lagi.

  30. ka ichsan
    tolong carikan NISN Saya, saya perlu bgt
    ini data diri saya
    nama : azizah az zahara (perempuan)
    kelahiran : cirebon, 01 oktober 1994
    asal sekolah : smpn 1 arjawinangun lulusan thn 2009
    asal sekolah : sman 1 arjawinangun lulusan thn 2012
    kota : cirebon
    provinsi : jabar
    tolong ya ka, makasih


    Kak Ichsan:
    Nama azizah az zahara tidak ditemukan pada daftar NISN

  31. maap pak tolong kirimkan format sk kepala sekolah untuk operator sekolah yang benar ke smps_almuttaqien@yahoo.co.id terimakasih atas pertolongannya

    Kak Ichsan:
    Maaf, saya belum pernah menyusun/mengusulkan karena Operator Disdik di kab saya belum siap on.

  32. Kak…., kalau untuk operator Madrasah proses pengajuan operator sekolah kemana……??

    Kak Ichsan:
    Wah, maaf, saya belum tahu. Coba konsultasi ke Mapenda Kemenag setempat. Mulai Mei ini tampaknya operator tingkat sekolah mulai dipersiapkan (sudah ada diklat operator tingkat kab dan kecamatan).

  33. semoga Username dan fasword-nya di setiap kabupaten/kota sudah ada dalam penerimaan murid baru (semester 1) pada ajaran 2012-2013 ini.

  34. untuk persiapan regristrasi ulang NUPTK Guru, bukannya ada instrumen Data ulang?dari tiap SUDIN ke Kasi Setempat baru diserahkan dan diisi oleh para guru disekolah?

  35. kak ichsan tolong info daftar nominatif tenaga honorer kategori 2 kab jombang jatim trims

    Kak Ichsan:
    Maaf, tidak punya datanya.

  36. kak ichsan ,tolong carikan NISN saya kak
    karena saya cari kok gak muncul ya nama saya
    sedangkan NISN teman-teman saya pada ada semua…
    tolong carikan ya kak…. karena saya butuh sekarang buat sekolah saya….
    ini data” saya…
    Nama : Indah Setyowati
    Tempat ,tgl lahir : Surabaya ,13/09/1994
    Asal sekolah : SMP GIKI 3 Surabaya

    tolong ya kak….

    Kak Ichsan:
    Sudah Kakak cari tapi tidak berhasil.
    Coba hubungi call center NISN!

    • kak ichsan,tolong carikan nisn saya kak
      karna sudah sana cari nihil hasilnya kak
      tolong carikan ya kak..
      nama:Riki saputra
      tempat,tgl lahir:pekanbaru,9/07/1993
      asal sekolah:sd 012 pekanbaru
      tolong ya kak,karna sekarang saya butuh buat sekolah saya…

  37. waktu di dapodik contoh form n sk tinggal download…. napa skrg malah kemunduran ya???

    • iya.. saya setuju dengan anda, yg sekarang lebih rumit dan berbelit-belit.

  38. untuk akun yang sudah ada apa perlu membuat / mengajukan lagi ? karena terus terang kami kesulitan untuk mencari NISN siswa kami. terima kasih untuk informasinya.

    Kak Ichsan:
    Pada awal tulisan di atas, sudah disebut bahwa akun yang lama sudah tidak berlaku.

    • maaf, maksud saya.. kapan sekolah bisa mengajukan akun lagi? karna untuk siswa pindahan kan butuh mencantumkan no NISN. terima kasih

      Kak Ichsan:
      Karena pengajuan akun ke Dinas Pendidikan, coba langsung hubungi Disdik setempat.

  39. Kak Ichsan, tolong carikan informasi ttg SK Inpassing atas nama saya.

  40. terimakasih, tapi kami dibawah naungan Kemenag, apakah sama saja dalam pelaporanya ..? maksudnya apakah ke dinas kabupaten atau kemenag masing2… mohon untuk diberi contoh sk operator sekolah..!

    Kak Ichsan:
    Coba saja datang ke Dinas, nanti akan mendapat petunjuk. Atau, tanya ke Kemenag

  41. Terima kasih atas infonya. Apakah ada formulir pengajuan operator sekolah atau contoh SK operator? kenapa ya di jaman era TI ini pengajuannya masih secara manual dan banyak birokrasi masih kalah dengan sistem yang dulu.

    Kak Ichsan:
    Contoh formulir tidak ada, juga contoh SK.

  42. terima kasih info’nya pak. mudah2an mekanisme usulan untuk operator sekolah tidak sulit. sehingga dapat memudahkan untuk usulan NISN. jangan sampai siswa kelas 3 smp masih belum punya NISN.
    kira-kira kapan sosialisasi akun/operator NISN untuk sekolah dilaksanakan pak?

  43. Berita NISN sangat berguna terutama untuk para pendidik.Sekalian dong informasi SK Inpassing untuk guru SMK di Jambi th 2012.
    Oke.

    Kak Ichsan:
    Sampai saat ini, web resmi untuk publikasi sk inpassing baru jenjang Dikdas. Untuk jenjang Menengah saya belum pernah tahu, dan sepertinya belum ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.028 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: