Bantuan Mencari NUPTK


Fasilitas cara mudah melihat data NUPTK telah tersedia yakni meggunakan aplikasi NUPTK webrowser.

Meskipun demikian, masih ada yang belum bisa memanfaatkan aplikasi tersebut dikarenakan beberapa hal, antara lain koneksi internet yang belum sip.

Permintaan bantuan untuk mencari NUPTK melalui blog tunas63 ini, setiap hari tidak pernah sepi, rata-rata ada 10 permintaan. Meskipun pada posting sudah ada petunjuk syarat yang diminta namun selalu ada yang belum menunjukkan data lengkap. Sehingga, harapan tidak mampu saya penuhi.

Tulisan ini, sebagai usaha komunikasi saya dengan pembaca (khususnya yang minta bantuan mencari NUPTK), agar harapan pembaca dapat saya bantu sesuai dengan fasilitas yang ada juga keterbatasan kemampuan dan kesempatan saya.

Kesempatan saya untuk membaca komentar, yang rutin adalah malam hari. Bila ada kesbukan, pasti komentar akan menumpuk.

Cara saya menelusuri NUPTK adalah sama dengan publik karena memang aplikasi yang tersedia untuk publik. Jadi, hal-hal yang menyangkut teknis (misal,  kapan NUPTK keluar, apakah usulan sudah masuk, tolong segera NUPTK saya diterbitkan) tentu saya tidak bisa memberi tanggapan.

Syarat Minta Bantuan Mencari NUPTK

  • Nama
  • Sekolah
  • Provinsi
  • Kab/kota (kab dan kota berbeda, agar disebutkan dengan jelas kab … atau kota …)
  • Apabila empat data di atas kurang, bisa kesulitan. Misal hanya menyebutkan nama Kab, tentu saya kesulitan karena tidak hafal nama kab se Indonesia itu berikut provinsinya.

Tentang lembaga sekolah PAUD, ini perlu saya singgung (meskipun sudah saya tulis artikel Salah Paham terhadap Arti PAUD), agar isian jenis sekolah (satuan pendidikan) ditulis jelas: TK/RA/TPA/KB. Database NUPTK tidak memuat satuan pendidikan dengan nama PAUD.

Pendaftaran NUPTK Secara Online

Perlu diketahui, pendaftaran NUPTK hanya secara kedinasan, sampai saat ini, belum tersedia layanan pendaftaran secara online.

Mencetak Data NUPTK pada Aplikasi nuptk-webrowser

Data NUPTK pada aplikasi nuptk webrowser hanya untuk dilihat (tidak bisa dicetak/di-print). Namun, bila ingin menyalin bisa dengan memanfaatkan fasilitas komputer:

  • buka data nuptk webrowser
  • tekan tuts “print screen” pada keyboard komputer (deret atas kanan). Cara ini seperti “mengopi”
  • buka jendela ms word dan “paste”.

Minta Bantuan Menelusuri NUPTK,

klik teks ini.

Terimakasih kepada para pembaca dan pelanggan blog tunas63, semoga senantiasa sehat dan selalu semangat!

Salam persaudaraan

Kak Ichsan

2 Tanggapan

  1. [...] Bantuan Mencari NUPTK [...]

  2. [...] Bantuan Mencari NUPTK [...]

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.984 pengikut lainnya.

