Modul Bahasa Indonesia SD Materi KKG


Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bahasa memiliki tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas guru bahasa dan tenaga kependidikan seperti kepala sekolah, pengawas sekolah, dan lain-lainnya. Dalam rangka memperbaiki mutu dan profesionalitas mereka, PPPPTK Bahasa berperan serta secara aktif dalam proyek  Better Education Through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU).

 

BERMUTU bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui profesionalisme dan kinerja guru secara berkelanjutan dengan pemberdayaan berbagai kelompok kerja, termasuk KKG/MGMP. Agar kegiatan yang diselenggarakan oleh KKG/MGMP berkualitas dan dapat diakreditasi oleh perguruan tinggi, maka perlu disusun paket pembelajaran yang berkualitas berupa modul dan suplemennya atau pendukung dan pelengkap Bahan Belajar Mandiri (BBM) program BERMUTU.

Berikut Buku Suplemen BERMUTU Bahasa Indonesia ( Bila berminat mengunduh buku suplemen, silakan klik buku ).


Setelah mempelajari modul ini, diharapkan dapat memahami konsep dan proses pembelajaran kebahasaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yang dapat diuraikan dalam bentuk perilaku sebagai berikut. (1) Menjelaskan, memahami, membedakan dan mencontohkan materi kebahasaan.  (2)  Memilih bahan modul kebahasaan yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran kebahasaan. (3) Menyusun dan menerapkan model pembelajaran kebahasaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang terintegrasi ke dalam empat keterampilan berbahasa di antaranya: keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

 

 

Setelah mempelajari modul suplemen  ini,  peserta KKG diharapkan dapat menguasai kompetensi yang berkaitan dengan:  (a)  Pengertian sastra, periodisasi sastra Indonesia, dan aliran sastra. (b) Genre karya sastra. (c)  Pembelajaran apresiasi sastra  (d)  Mengekspresikan perasaan melalui karya satra, baik secara tulis maupun lisan.

 

 

 

Suplemen modul ini bertujuan untuk:  (1) Membantu pendidik memahami konsep dasar media pembelajaran, yang terdiri atas: pengertian media, jenis-jenis media dan kriteria pemilihan media;  (2) Memberi panduan pada pendidik dalam  memanfaatkan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya: memilih media pembelajaran sesuai karakteristik materi dan menggunakan media yang telah dipilih dalam pembelajaran;  (3) Memberi panduan pada pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran, yang terdiri atas: mengembangkan media berbasis lingkungan dan mengembangkan media berbasis TIK.

 

 

Modul suplemen ini membahas mengenai  Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan sasaran guru Sekolah Dasar (SD). Setelah mempelajari modul suplemen ini diharapkan dapat  mempermudah guru dalam  memahami dan menerapkan metodologi pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

 

 

 

Tujuan yang ingin dicapai dari modul ini  adalah sebagai berikut: (1) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman  guru peserta program memahami konsep berbicara, tujuan,  jenis berbicara,  metode, dan  faktor penentu keberhasilan berbicara . (2) Meningkatkan  pengetahuan dan pemahaman guru peserta program dalam memhami konsep pembelajaran berbicara, pemilihan  metode, karaktreristik pembelajaran  berbicara, pemilihan media, pemilihan metode.(3) Meningkat  pengetahuan peserta dalam mengaplikasikan pembelajaran pembelajaran berbicara di sekolah  : penentuan  bahan, metode, media dan penilaian.

 

Modul suplemen membaca ini memuat beberapa hal, yaitu: (1) konsep membaca, (2) konsep pembelajaran membaca, dan (3) perancangan pembelajaran membaca.

Dengan membaca materi tentang konsep membaca, diharapkan guru dapat menjelaskan pengertian, tujuan, jenis-jenis, teknik, dan tahap-tahap membaca. Selain itu juga mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi membaca. Selanjutnya, dengan membaca materi kedua tentang konsep pembelajaran membaca, diharapkan guru dapat menjelaskan konsep, karakteristik, kriteria pemilihan bahan, metode, media, dan kriteria penilaian dalam pembelajaran membaca. Pada  akhirnya guru akan mampu merancang pembelajaran membaca yang dimulai dari memetakan KD membaca, menjabarkan KD menjadi indikator, menentukan materi dan sumber belajar, menentukan media pembelajaran, mengembangkan langkah-langkah pembelajaran, menentukan penilaian, dan merancang tindak lanjut setelah melakukan penilaian.

 

Modul ini disusun dengan tujuan agar teman-teman guru memiliki pemahaman tentang: (1)  konsep mendengarkan, (2) konsep pembelajaran mendengarkan, (3)  rancangan pembelajaran mendengarkan.

 

Modul ini ditulis dengan pokok bahasan  keterampilan menulis bahasa Indonesia untuk guru SD. Setelah mempelajari Modul  ini diharapkan pesertamampu; (1) memahami pengertian menulis, tujuan  menulis, jenis–jenis menulis, teknik menulis, tahap-tahap menulis, dan faktor-faktor yang mempengaruhi menulis; (2) memahami konsep pembelajaran menulis, karakteristik pembelajaran menulis, metode pembelajaran menulis, media pembelajaran menulis, dan karakteristik  penilaian pembelajaran menulis: (3)  menyusun rancangan pembelajaran menulis.
Modul ini membahas tentang penilaian, khususnya penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Setelah mempelajari modul ini, peserta diharapkan dapat memahami konsep dan proses penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yang secara khusus dapat dirinci dalam bentuk-bentuk perilaku berikut ini. (1)  Membedakan penilaian, pengukuran, dan evaluasi. (2)  Menjelaskan  tujuan, prinsip, teknik, dan bentuk penilaian. (3)  Membuat kisi-kisi dan menyusun soal berdasarkan kisi-kisi tersebut.  (4)  Menganalisis dan menginterpretasi hasil penilaian.

Tujuan penyusunan modul pembelajaran Tematik adalah sebagai berikut: (1)  Memberikan pengetahuan dan wawasan tentang  konsep dan pengembangan tematik. (2) Memberikan pemahaman kepada guru tentang pembelajaran tematik yang sesuai dengan perkembangan peserta didik kelas awal sekolah dasar. (3) Memberikan keterampilan kepada guru dalam menyusun perencanaan, melaksanakan dan melakukan penilaian dalam pembelajaran tematik.

 

About these ads

11 Tanggapan

  1. Terimakasih atas download buku pembelajaran bahasanya. Semoga menjadi ‘amal shaleh disisi sang pencipta. Diharapkan juga pada mata pelajaran lainnya.

  2. Aslkm Pak Ichsan, tolong beritahu saya mengenai modul untuk pelajaran SMK jurusan administrasi perkantoran dan penjualan , Trims

  3. terimakasih ya buat artikelnya , bermanfaat sangat ya

  4. terimaksih banyak kak’

  5. Terima kasih banyak! Kalau ada bahan terbaru tentang bahasa Indoensia tolong dibagikan. Makasih!

  6. terima kasih, mudah-mudahan kebaikan kakak diterima Allah. jempooooooooooooool banyak buat kakak!

    Kak Ichsan:
    Amiin, Matur suwun Mbak Aini, semoga silaturahim kita dirahmati Allah SWT.

  7. maturnuwun nggih,, mugi-mugi, modul niki saged dipundut manfaatipun lan saged nyerdasaken lare bangsa indonesia. amin,,,,,!

  8. Alhamdulillah, terima kasih banyak saya telah banyak ngunduh macam2 artikel yang sangat bermanfaat bagi saya. semoga menjadi amalan baik di sisi Allah SWT.!

    Kak Ichsan:
    Amiin.
    Ok, Kang semoga bermanfaat dan kita dirahmati Allah SWT.

  9. assalamu’alaikum, Kak Ichsan..
    sy sangat bersyukur diberi ijin mengunduh modul ini
    ,terimakasih.

  10. berguna banget ini, kak…. thanks ya

  11. Terima kasih.

    Semoga Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa yang telah diikrarkan pada 1928 oleh Para Pemuda dapat terwujud secara Paripurna

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.040 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: