Tujuan, Tugas, dan Fungsi Karang Taruna


Sesuai Pedoman Dasar Karang Taruna, pengertian Karang Taruna adalah Organisasi  Sosial  wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas  dasar  kesadaran  dan  tanggung  jawab  sosial  dari, oleh, dan  untuk  masyarakat  terutama  generasi  muda  di  wilayah desa/kelurahan  atau  komunitas  adat  sederajat  dan  terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial.

Pembinaan Karang Taruna diatur dalam Permensos 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. Berikut kutipan isi pedoman:

Tujuan

Tujuan Karang Taruna adalah :

a.  Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan  kesadaran dan  tanggung  jawab  sosial  setiap  generasi  muda  warga Karang  Taruna  dalam  mencegah,  menagkal, menanggulangi  dan  mengantisipasi  berbagai  masalah sosial.

b.  Terbentuknya  jiwa  dan  semangat  kejuangan  generasi muda  warga  Karang  Taruna  yang  Trampil  dan berkepribadian serta berpengetahuan.

c.  Tumbuhnya  potensi  dan  kemampuan  generasi  muda dalam  rangka mengembangkan  keberdayaan  warga Karang Taruna.

d.  Termotivasinya  setiap  generasi  muda  warga  Karang Taruna  untuk  mampu  menjalin  toleransi  dan  menjadi perekat  persatuan  dalam  keberagaman  kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

e.  Terjalinnya kerjasama antara generasi muda warga Karang Taruna  dalam  rangka  mewujudkan  taraf  kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

f.  Terwujudnya  Kesejahteraan  Sosial  yang  semakin meningkat  bagi  generasi  muda  di  desa/kelurahan  atau komunitas  adat  sederajat  yang  memungkinkan

pelaksanaan  fungsi  sosialnya  sebagai  manusia pembangunan  yang  mampu  mengatasi  masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.

g.  Terwujudnya pembangunan  kesejahteraan  sosial generasi muda  di  desa/kelurahan  atau  komunitas  adat  sederajat yang  dilaksanakan  secara  komprehensif,  terpadu  dan

terarah  serta  berkesinambungan  oleh  Karang  Taruna bersama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya.

Tugas

Setiap  Karang  Taruna  mempunyai  tugas  pokok  secara bersama-sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan social  terutama  yang  dihadapi  generasi  muda,  baik  yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

Fungsi

Setiap Karang Taruna melaksanakan fungsi :

a.  Penyelenggara Usaha Kesejahteraan Sosial.

b.  Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat.

c.  Penyelenggara  pemberdayaan  masyarakat  terutama generasi  muda dilingkunggannya  secara  komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan.

d.  Penyelenggara  kegiatan  pengembangan  jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya.

e.  Penanaman  pengertian,  memupuk  dan  meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosial generasi muda.

f.  Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial dan memperkuat nilai-nilai kearifan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

g.  Pemupukan  kreatifitas  generasi  muda  untuk  dapat mengembangkan  tanggung  jawab  sosial  yang  bersifat rekreatif,  kreatif,  edukatif,  ekonomis  produktif  dan

kegiatan  praktis  lainnya  dengan mendayagunakan  segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya.

h.  Penyelenggara  rujukan,  pendampingan,  dan  advokasi social bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial.

i.  Penguatan  sistem  jaringan  komunikasi,  kerjasama, informasi dan kemitraan dengan berbagai sektor lainnya.

j.  Penyelenggara  usaha-usaha  pencegahan  permasalahan sosial yang aktual.

Dokumen unduhan:

Permensos 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna

UU Nomor 40 Th 2009 tentang Kepemudaan

About these ads

61 Tanggapan

  1. Sukses selalu KARANG TARUNA INDONESIA

  2. karang taruna harus punya jiwa sosial yang tinggi.mampu memberikan kontribusi dan nilai yang positif baik untuk organisasi itu sendiri dan atau masyarakat.

  3. […] http://tunas63.wordpress.com/2009/12/27/tujuan-tugas-dan-fungsi-karang-taruna/ […]

  4. gmna caranya supaya karang taruna tetap jaya,..?

    Kak Ichsan:
    Membina organisasi agar tetap eksis memang tidak ringan. Masalah internal organisasi Karang taruna, dukungan pemnerintah desa, dan kegiatan yang merakyat adalah merupakan sebagian kunci kehidupan Karang taruna.
    Jika para pemuda di desa membutuhkan pekerjaan maka Kegiatan produktif sangat mungkin bermanfaat. Ini pun harus ditunjang dengan pemasaran.
    Ada pembaca yang punya kiat?

  5. saya ihsan karang taruna RW 06 cibaduyut bandung dngan BISMILLAH bserta smua anggota & program2 yg kami bawakn smoga mnjadi batu loncatan bgi karang taruna kami khusus nya bgi warga cibaduyut dan kdepan nya bagi indonesia untuk bisa mnjadi lebih baik dan membawa kesejahteraan.. mohon doa dan dukungan nya

  6. Assalamualaikum…saya mau tanya…berapa dana yg di keluarkan dari pemerintah untuk karang taruna desa?terima kasih

    Kak Ichsan:
    Ayo siapa punya info atas pertanyaan ini?

    • Biasanya karang taruna di beri dari anggaran Dana Desa ( ADD ) Besaranya beda setiap desa… kalau Desa saya biasa cuman di kasih 1,5 jt.an….

  7. Minta do’a dan dukungannya,,saya ketua karang taruna kp. Pasir domas, tarogong, garut,,semoga semua nya lancar

  8. Karang taruna itu di bikin setiap desa.? ato setiap kampung.?

  9. uu csr,,,mungkin bisa membantu karang taruna di dalam pencarian dana ke perusahaan,,,karna setiap pengusaha wajib menggali potensi setiap masyarakat yang ada di sekitar nya,,,

  10. Assalamu alaikum sobat seperjuangan…Salam Kesejahteraan sosial…Sy herman, ketua karang taruna desa balusu kec. balusu kab. barru (sulsel), mau nanya nih sob, kira2 jenis usaha apa yg paling bagus dilakukan oleh pengurus KT agar bisa mensejahterakan masyarakat sekitar khususx kpd kalangan pemuda…??Thanks sbelumx sob…!!!

    • membuka bahan pokok seperti beras,minyak ,gula dsb,karna dengan adanya bahan polok kebutuhan masyarakat akan terjamin.karna kalo di lihat ke butuhan pokok semangkin meningkat.mudah2han dengan usaha tersebut masyarakat yg ada di sekitar kmu akan merasa senang dan tidak terbebani.demikian saran saya agar dapat di pahami.thx andi

      • saya andi tolong dukungan dan doanya ke pada teman2 agar karang taruna yg saya bentuk akn menjadi akan karang taruna yg di percayaai oleh masyarakat rt 02 kp sigan kosambi kel cengkareng ……amin

        Kak Ichsan:
        Setiap usaha pasti ada tantangan, demikian juga pada Karang Taruna. Mengawali kegiatan, kekompakan pengurus dan anggota adalah kunci utama untuk berbuat. Dan, berbuatlah untuk memberi kepada masyarakat, baru kita berpikir untuk minta bantuan masyarakat.
        Selamat berkarya, semoga sukses.

  11. Assalamu alaikum wr wb.
    Nii Q chandra dari karang taruna semarang
    Coze nii kn Q ru aj d pilih mjdi ketua karang taruna…q bingung coze bru pertama jdi ketua karang taruna…Q mau minta saran.bagaimana siih klo setiap kumpulan biar gk vacum/jenuh…N tema pembahasan ap aj yg d keluar kn pd saat pertemuan rutin bulanan…
    Sekian dri saya terima kasih
    Wassalamu alaikum wr wb.

  12. baru proses pembentukan karang taruna,mohon doanya

    • assalamualaikum,wr,wb…mau tanya apa yang harus dilakukan pertama membentuk karangtaruna…

  13. Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakatuh

    Mohon do’anya sy br diangkat mnjdi ketua karang taruna di desa cilolohan tasikmalaya….

    boleh mnta sarannya jg pndptnya…sy pnya usul ingin mengadakan uang infak sodakoh 1000 rupiah/warga stiap blnya.tjuannya utk bljr sadar sosial jg utk keperluan masyarakat jga…sprti u/bantuan sosial jg usaha krng trna…bagaimana pndpt anda…
    trima kasih ats perhatiannya

    wassalam

    Kak Ichsan:
    Selamat untuk Mas Sopyan atas amanat sebagai Ketua Karang Taruna.
    Tentang rencana infaq setiap warga, karena melibatkan warga maka keputusan itu tepatnya ditentukan oleh pemerintah desa. Wewenag membuat keputusan yang menyangkut masyarakat kan di tangan pemerintah desa. Syukur ada Perdes nya maka legalitas mejadi kuat. Dan, karang taruna tinggal menjalankan.

    Sebelum melangkah menggalai dana dari masyarakat, perlu ada kegiatan/aksi yang mendapatkan simpati masyarakat.

    Mengelola Karang Taruna pasti ada tantangan: dari pemuda sendiri maupun masyarakat. Program yang baik tidak selalu diterima dengan baik. Tapi, yang pasti, melaksanakan program memerlukan perjuangan/pengorbanan.

    Selamat berbakti semoga selalu sehat dan dirahmati Allah SWT.

  14. Assalamu alaikum,saya anggota karangtaruna desa dayeuh cileungsi bogor,wilayah kami adalah daerah industri tetapi kesejahteraan di wilayah kami kurang begitu baik jadi apa yang mesti kami lakukan?

  15. ayo smangat karang taruna…!

  16. bagai mana cara nya agar karang taruna mempunyai anggaran untuk kpentingan organisasi..?

  17. Assalammualaikum wr wb.
    Saya Dara pemuda Desa Jatirowo kec.Dawarblandong kab.Mojokerto Jatim.
    Kartar di desa saya hampir 4taun vakum.dan taun ini sudah ada pergantian masa jabtn Kepala desa,begitu pula keorganisasian Karang Taruna..akan dibentuk baru,dan saya ingin lebih maju menjadi sebagai Ketua Karang Taruna..karna saya ingn desa saya seluruhnya berkembang.
    Pertanyaan saya,bagaimana caranya untk menunjukkan sikap kepemimpinan yg saya punya untk terpilihnya sbg ketua karang taruna?
    Terimakasi
    Wasalammualaikum wr wb.

    • no hp pean brp

  18. Sehubungan dengan kurangnya perhatian pemerintah setempat dimana kami tinggal pada kepemudaan dan pemberdayaan pemuda maka kami ingin merilis karang taruna, mohon dukungan dan doanya

  19. saya ingin mengaktifkan karang taruna yang sekarang sedang koma, namun saya belum tahu langkah-langkah apa saja yang harus ssaya tempuh…. terimakasih

  20. ASSALAM MUALAIKUM,,,,APAKAH KARANG TARUNA DI DESA BOLEH MENGUNDANG bpd SERTA JAJARAN PEMERINTAH DESA .? APAKAH KARANG TARUNA JUGA BOLEH MENEMPATKAN DIRI SEANDAINYA DI DUGA PEMERINTAH DESA MELAKUKAN PENYIMPANGAN DALAM MNJALANKAN RODA PEMERINTAHAN DESA.?TRIMKASIH MOHON ADA YANG MEMBERI MASUKAN….

    • sama seperti pertnyaan saya..ingin bpd serta jajaran pemerintah desa . saya ganti semua

  21. assalamu alaikum
    perkenalkan nama saya RUDIN, dr desa ARGOPENI,KEBUMEN. sy dan teman2 di kmpung sy,sedang merencanakan re organisasi karta, krna kepengurusan lama sdh vakum kurang lbh 5 thn, sy minta cra bikin struktur organisasi atau k0nsep yg sederhana gmn ya ka?trmksh

  22. begitu banyak tugas dan tanggung jawab dari pemuda karang taruna. mereka harus mampu menjaga kekompakan, kerukunan diantara meraka, oleh kami jasa konveksi hadir untuk memberikan kemudahn kepada pemuda-pemudi karang taruna dengan menggunakan jasa konveksi kaos karang taruna. untuk informasi lebih lanjut anda dapat mengunjungi situs resmi kami di http://www.freshitemm.com

  23. aslamualaikm wr.wr
    EGIE SHOLIHIN anggota karang taruna DESA TANJUNG BARU
    saya ingin menanyakan bgay mana cra nya meningkatn swadaya dan skil usaha pemuda yg tidak akan ada mati nya dan selalu d butuhkn oleh masyarakt tetapi dng cra tidak terlalu besar mengeluarkan modal .

    Kak Ichsan:
    Waalaikum salam wr. wb.
    Ayo, bagi yang punya pengalaman kita bagikan agar bermanfaat untuk yang lain.
    Sedikit ikut urun pendapat: Membangun swadaya perlu perjuangan, kesabaran, tak kenal putus asa. Karena, di mana pun kita berusaha akan selalu menemui tantangan. Tantangan bisa datang dari diri sendiri, keluarga, sahabat, atau masyarakat.Menurut saya, dengan mengedepankan “komunikasi” segala tantangan akan mendapatkan jalan keluar.
    Tentang “skil usaha” melalui komunikasi akan dapat menemukan jenis yang baik demi tujuan bersama. Tetapi, membangun komunikasi itu sendiri juga membutuhkan “perjuangan, kesabaran, tak kenal putus asa”

  24. doakan kami yang baru ingin membentuk karang taruna,mudah2an lancar.salam dari karang taruna karang asam ilir samarinda (kaltim)

    Kak Ichsan:
    Selamat berjuang dalam pengabdian Mas Agus. Melalui Karang Taruna jadikan sebagai wahana juga “belajar” memimpin dan dipimpin. Pengalaman sangat berharga untuk bekal kehidupan dibanding ilmu yang tidak diamalkan. Semoga sukses!

  25. Saya pengurus karang taruna kel pemping kec blk padang kota batam saya mau nanya kayak mana cranya bisa membangun kemitraan dgan perusaan dan apa ada dana khusus dr pemerintah untk karang taruna

    Kak Ichsan:
    Dana dari pemerintah untuk karang taruna masuk pada ADD (Alokasi Dana Desa). Selain itu, pada Dinas Sosial Kab ada pos untuk kegiatan kepemudaan.

    • setiap berapa bulan sekali anggaran kartar itu d kucurkan oleh pemerintah?

  26. ass….saya badru zaman bendahara karangtaruna desa tanjungbaru kec.ciktim kab.bekasi,,mohon petunjuk cara pembuatan surat proposal atk untuk perusahaan?

    Kak Ichsan:
    Ayo siapa bisa membantu contoh proposal?

  27. kemajuan pemuda ada di tangan pemuda sendiri,dengan berdikari jiwa sosial dan hati yg tulus ikhlas akan terbentuknya kebersamaan yg solidaritas tanpa harus saling menunjukkan keunggulan masing2. saya ketua karang taruna perempuan satu-satunya sekecamatan cimanggis-depok.saya tetap ingin berjuang demi terbinanya karakter pemuda yg berkualitas dan membangun.do’akan sy agar sy bs berjuang untuk rekan2 pemuda lainnya.aamiin………

    Kak Ichsan:
    Alhamdulillah, semoga Mbak Inu selalu sehat dan dirahmati Allah dalam mengabdi dan belajar bersama demi masa depan yang cerah.
    Setiap kegiatan pasti ada tantangan, dengan mengedepankan komunikasi maka tantangan akan dapat teratasi. Maju terus dan tetap semangat Mbak Inu!

  28. [...] Link : http://tunas63.wordpress.com/2009/12/27/tujuan-tugas-dan-fungsi-karang-taruna/ [...]

  29. Asmiqum kkawan2 karang taruna,saya geerasi baru yg ingin membangun warga desa khusus nya rw kkami,tp byak kendala yg qm hadapi,trutama dlm komunikasi,saya seorang pgway di prusahaan swsta,dan sdang mlanjut kan pndidikan di stie bina niaga bogor,bagay mana cara mengatuurr waktu agar bisa bisa saya hadle,karang taruna sukadamay,bogor,jawa barat
    Tank!!!!!

    Kak Ichsan:
    Masukan: Di pedesaan, pada umumnya, pada pagi-siang hari bekerja. Nah, bila mengadakan kegiatan, sebaiknya waktu menyesuaikan dengan kesempatan pemuda. Dan, jenis kegiatannya, pilih yang peminatnya banyak. Tapi, yang utama, membuat suatu keadaan bahwa pemuda merasa “butuh”.

  30. Askum…Slm knl dri kami ahmad pauzan satgas dri karang taruna,,kedung jaya bbln bekasi,, menghimbau kpd para pemuda pemudi khususnya pemuda indonesia,, agar memilih ketua karta yg bervotensi agresif berwawasan berwibawa dn berpendidikan,, tenks.

    http://www.kartababelan.com

  31. Mungkin nie acuan buat Anda saudara seperjuangan…
    tuk awal memang terasa berat…
    pi usaha keras sangat dibutuhkan.klo boleh saya kasih saran.pertama anda ajak dari unsur pemuda-pemudi dari desa anda yg berpengaruh terhadap pergaulan pemuda-pemudi dari desa anda.kemudian anda juga harus lebih kooperatif terhadap pemerintah desa dan kegiatan desa.karena itu semua bertujuan untuk menarik simpatik pemerintah desa dan masyarakat…

    Ach Bayu
    ketua karang taruna Desa Durungbedug-Candi-Sidoarjo

    • setuju mas…..

  32. Assalamualaikum wr.wb.
    Saya didik dari lampung tengah. Mau tanya seputar karang taruna. Saya pengen sekali memajukan desa saya terutama para pemudanya, tapi status saya sekarang masih mahasiswa dan saya kost dan jarang pulang sehingga jarang sekali berkumpul dg para pemua di desa saya. Sebenarnya karang taruna di desa saya dulu aktif, tp sekitar 5 tahun ini vakum. Naaah…. yg ingin saya tanyakan, bagaimana mengajak para pemuda di desa saya & bagaimana menumbuhkan semangat teman2 saya agar mau berorgnisasi?
    Terimakasih….!!!!

    Kak Ichsan:
    Coba baca tanggapan sekilas saya di bawah! Semoga berguna

  33. apa sangsi tidak mengikuti karang taruna

    • ga ada sangsi buat yg ga ikut….

      • sangsi bagi pengurus/anggota karang taruna tergantung tingkat kesalahan selama menjadi anggota. Dari teguran baik secara lisan maupun tertulis sampai dg pemecatan.

      • assalamualaikum
        salam persahabatan sy di2k dr karang taruna ds bandarlor kediri ni br ja terbentuk karang taruna d rt kami sy mw tnya gmn sih cara na supya dlm pertemuan rutin anjangsana tdak da kebosenan atau jenuh terima ksh

  34. assalamu’alaikum,,
    saya tari dari Desa Sukamulia kec. Sukarame kelurahan. Talang Betutu.
    saya ingin mengajak pemuda dan pemudi di desa saya untuk mendirikan karang taruna didesa kami. Bagaimana caranya saya mengajak pemuda dan pemudi di desa saya, agar mau bergabung di karang taruna serta bagaimana cara mendirikan karang taruna?.

    terima kasih sebelum nya.

    ini nomor HP tari:
    087769835811

    Kak Ichsan:
    Berdasrkan Permensos 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna, pembentukan Krang Taruna adalah melalui musyawarah pemuda di desa setempat, kemudian pengurus yang terbentuk dikukuhkan dengan suarat keputusan Kepala Desa.
    Agar Karang Taruna diminati pemuda maka kegiatannya harus berupa kegiatan yang dibutuhkan pemuda setempat. Maju tidaknya Karang Taruna tergantung pada pemuda (pengurus Karang Taruna) dan dukungan Pemerintahan Desa.

  35. pedulikan kami karang taruna di pangkalan lada,kotawaringin barat kalimantan tengah, kami di sini kurang adanya dukungan dari orang” yg lebih dewasa.. dan disini kami kekurangan adanya anggota yang aktif, di sini kami ingin menjadikan generasi muda agar lebih baik , dan kami brharap di desa kami mendapat dukungan dari pemerintah, walaupuin dalam bentuk pengajaran ttg hal’ yang berguna bagi kami generasi muda, dan bagi masyarakat di sini,,,
    sekian dan terima kasih..

  36. saya ketua karang taruna desa jabong kecamatan pagaden kabupaten subang provinsi jawa barat. pada hari senin tanggal 12 november 2012 karang taruna yang saya pimpin sudah mengadakan acara ruatan bumi (pesta rakyat). acara tersebut alhamdulilah berjalan lancar dan meriah. tetapi sayang kepedulian generasi muda (karang taruna) untuk menghormati atau menjaga adat budaya sebagai tolak ukur bangsa tidak ada respon maupun bantuan dari pejabat pemerintah dari bawah sampai atas, oleh sebab itu kami mohon untuk kedepannya pada para pejabat yang ada di wilayah karang taruna kami untuk bisa membantu morail maupun materil supaya karang taruna bisa lebih memiliki adat budaya yang ada di daerahnya masing masing
    bung karno bilang ” jangan sekali kali meninggalkan sejarah” sebab bangsa indonesia lahir dengan sejarah.
    terima kasih

  37. Reblogged this on Dey Faith Fully.

  38. terimah kasih infonya yg sangat bermanfaat

  39. saya adalah ketua karang taruna kampung umpu kencana kec.blambangan umpu kab. way kanan prov. lampung Hp.085768259212. sejauh ini tak merasakan adanya partisipasi sistem struktural dari jajaran kabpten, provnsi, bhkan negara. bantuan finansial hanya saya dapatkan dari para anggota dan masyarakat sekitar kampung saya saja. mohon ditindak lanjuti oleh pihak yang berkompeten agar karang taruna bukan hanya nama saja , terimakasih. (eko Prasetyo)

    • ASslm, hai bung eko,Senang jugadan prihatin kpd karang taruna yg saudara pipmin. Cobalah kordinasi dan konsultasi ke dinas terkait, dlmhailini, dinas sosial .ada kok dana bantuan untuk pemuda karang taruna. trims
      by. Indra yuniardi. Ketua Kt Desa Air Merbau, Tanjungpandan

  40. karang taruna harus menjadi wadah pengembangan bakat generasi muda

    • Saya baru mengawali membentuk karang taruna di desa sy tepatnya desa bumiayu kec.wonomulyo kab.polewali mandar.dan harapan sy bersama teman-teman dapat mengarahkan pemuda dan masyarakat dlm berorganisasi serta dapat mengentaskan segala permasalahan di desa sy dan juga saran dari senior karangtaruna sangat kami harapkan dari Agus .

    • stuju

  41. terimah kasih infonya yg sangat bermanfaat ini…

  42. bwt w sosial bagi pemuda penting bngt?

  43. tnx info.n bermanfaat bgt ,, menambah pengetahuan saya:)

  44. Maju dan Terus Berkarya Karang Taruna Indonesia….

    Karang Taruna RW. 01, Kel Rawa Bunga – Jakarta Timur

    • mari teman teman kita selaku generasi muda harapan bangsa yang berbendera karang taruna. mari bersatu untuk maju mengabdi untuk berkarya,demi bangsa dan negara tercinta yaitu indonesia.

  45. terimaksih infonya

  46. bagus. sangat membantu bagi mahasiswa yang sedang KKN. tks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.038 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: