Cara Menentukan KKM


Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah, sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM adalah sebagai berikut:

1.   Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas!

2.   Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek:

a.   Aspek Kompleksitas:

Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.

b.   Aspek Sumber Daya Pendukung

Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.

c.   Aspek intake

Semakin tinggi kemampuan awal  siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.

3.   Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk menentukan KKM setiap KD!

4.   Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran!

5.   KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.

Contoh:

Dokumen untuk diunduh:

Format KKM dan Contoh.xls

Format KKM dan Contoh.doc

About these ads

32 Tanggapan

  1. bagi yang memiliki contoh kkm tolong
    dikirikan ke e-mail saya

  2. Very good. thanks a lot for helping me to be a good and a professional English teacher

  3. udah sanagt membantu saya yg blm tau maksh,,,,

  4. terimakasih…membantu saya banget nih

  5. Trimaksih banyak nih pa…sangat membantu saya yg lg klimpungan nyari cara buat KKM…izin copy rumus2 KKM …sekali lg makasih..

  6. Terima kasih, semoga ilmu Anda menjadi ilmu yang bermanfaat

  7. Pak kalau bisa tolong terapkan rumus dalam format excel, terima kasih sebelumnya.

  8. Terima kasih atas info ini dan akan menjadi bahan bagi saya dalam mmelaksanakan tugas.

  9. Makasih atas artikelnya….

  10. Alhamdulillah Akhirnya ngerti deh drmana dpt KKM … makasiiii

  11. [...] Menentukan KKM Cara Menentukan KKM Posted on 12 Juli 2009 by Kak [...]

  12. kak ichsan tolong berikan contoh penentuan KKM Matematika Kelas 5

  13. Ibu Aspiah Yth : Menanggapi artikel ibu mslh evaluasi terhadap kemampuan tu cara mengatasi enak aja. 1.Kita profesi guru ibaratnya penjual kacang, bukan penjual kulit kacang.Artinya jgn lulusan hanya sbg simbul lulusan tetapi isinya jg hrs sesuai dgn lulusannya : Programnya,wawasanya,pelaksanaanya,observasi dan evaluasinya. 2. Rajin meng Eksploitasi tebar ilmiah. 3. Buat PTK. 4. Jgn hanya mengandalkan buku yg hanya sebagai pedoman,shngga kita tidk memberian yg bersifat teks book thinking. 5. jgn mls bertanya klu mmng kurang mampu bahkan tdk ngerti apa2. 6. Sesuaikan diri anda mendidik pada era modern tapi tetap mengacu pedoman ethieka. 7. Intros dan Ekstrospeksi hrs selalu,agar ilmu kita secara perspektif dapat terakumulasi oleh rangsangan inteligensia. 8. Baca selalu Theminoogi jurusan ibu. 9. Rajin mencari Nara sumber yg blm dimengerti. 10. Rajin membaca glosarium karena banyaknya istilah2 yg kegila gilaan selalu asok kawruh Itu bu kunci sy terutama. Asal 10 kunci kita kuasai maka segalanya rangsang kita mudah mengakses.
    Drs Untung Sudarmo Psical Education of SMK Yaspika,Karimun,Kepri. Sorry ya bu.

  14. Bagaimana Menentukan KKM kalau ranah Afektif dan Psikomotornya memiliki prosentase yg minimal bahkan dpt dikatakan O/KOSONG? Benar ngak teman2!!!! Padahal enaknya mendidik,mengajar dengan sisitem disiplin,perilaku yg baik,Karakteristik,senioritas praktek fisikis dan kesehatan adalah sumber segalanya untuk meneksplorasi kompetensi siswa.Yang jelas klu ditanamkan : disiplin,kelakuan baik,sopan santun.pasti si siswa jadi orang yg peduli,pemerhati,berani mengungkapkan dgn cara yg santun. Drs Untung Sudarmo Psical education of SMK Yaspika Karimun,Kepri

  15. Menentukan KKM ada rumusnya. Yang namanya rumus dah pasti dalil yg tidak bisa diganggu gugat.Maka dengan beberapa rumus yang ada asalkan kita rajin mencari dan mau saling memberikan yang sifatnya Comprehenship kpd teman seprofesi,jelas kita bisa tebar keilmuan,asal kita ngak sekedar tebar pesona.Bahkan yg sudah sangat kecil prosentase mendidiknya adalah Ranah Afektif dan Psikomotornya.Apalagiyang terutama teman2 bidang study : Bindo,Bingris,Matematik,Ipa,yg NOTA BONE hanya KOGNITIFNYA aja.

  16. Kak ichsan yth : Cara menentukan KKM itu kan ada rumusnya. Malah2 ada beberapa aspek dan ranah yg dapat membantu ketemunya KKM.Jadi mana mungkin kita ini mengira ira begitu saja.Dasarna kan banyak.Melalui MGMP,Komite,Ortu siswa,Kompeksitasnya.Daya dukungnya,Intakenya,Tingkat daya serap,Daerah sekolah,Pengaruh faktor lingkungan,SK,KD,INDIKATOR,MATERI,LANGKAH dan keberhasilan pelaksanaan pembelajarannya. Maka klu semua itu terakumulasi dalam pelaksanaan pembelajaran,pasti kan ketemum KKM yg sebenarnya.Drs Untung Sudarmo Psical education of SMK Yaspika Karimun,Kepri.

  17. baguuus . Mkasih bnget atas infony tp saya mau dong contoh kkm ny.. Bagi tmn2 y ada tlong d krim ya.

  18. ALHAMDULILLAH. AKHIRNYA TAU CARA BUAT KKM….

  19. terima kasih banyak pencerahannya

  20. terima kasih banyak

  21. terima kasih atas artikelnya , tapi saya ada yang belum mengerti tentang sumber daya pendukung tentang pendidik yaitu evaluasi terhadap kemampuan diri sendiri. tolong jelasin doong ?????????

  22. kkm itu apa diperbolehkan ditetapkan berdasarkan kesepakatan musyawarah guru bidang studi, trims

    Kak Ichsan:
    Berdasar kriteria KKM pasti ada kerugian pada sekolah tertentu bila KKM ditentukan oleh beberapa sekolah (kesepakatan). Sumberdaya pendukung (faktor pendidik dan sarana) dan potensi siswa kan berbeda tiap sekolah. Pada sekolah yang “maju” berani dengan KKM 7, tapi bagaimana dengan sekolah yang “tidak maju”?
    Jadi, yang benar, KKM ditentukan oleh sekolah (bahkan perlu melibatkan orang tua dan komite sekolah).

    • Sarana dan prasarana pendidikan bisa di atasi dengan kreatifitas guru dalam membuat inovatif model pembelajaran demi tuntasnya KKM siswa.

  23. trus kriteria ngitung intake di beri nilai sekian, kompleksitas, sekian, daya dukung, sekian, gimana?? thnxs bntuannya

    Kak Ichsan:
    Pada prinsipnya, angka nilai yang menulis (mengukur) adalah guru dengan mempertimbangkan:
    > intake (kemampuan awal/potensi siswa) = guru memperkirakan kemampuan awal siswa terhadap KD yang bersangkutan.
    Demikian juga, bagaimana guru melihat kompleksitas dan daya dukung.
    Semoga info sekilas ini bermanfaat. Terimakasih.

  24. bagi rekan-rekan yang memiliki contoh kkm tolong
    dikirikan ke e-mail saya

  25. baguuuus….thank banget atas infonya

  26. bagus…..tambah referensi nih….thank yaa

  27. thank for all……….

  28. Wah makasih ini semua cukup membantu saya sbg guru

    Kak Ichsan:
    Oke, Pak semoga bermanfaat.

  29. mohon dihilangkan saja animasi flashnya, sangat mengganggu !

  30. Terima kasih atas artikelnya. Saya dapat menambah ilmu, pengetahuan dan wawasan saya sebagai seorang guru sd.

  31. Anda bisa lebih mempopulerkan artikel anda dan cari teman sebanyak-banyak di http://www.infoGue.com

    http://pendidikan.infogue.com/cara_menentukan_kriteria_ketuntasan_minimal_kkm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.031 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: